Si tikus dan 13 fakta uniknya

Si tikus dan 13 fakta uniknya

Via.pixabay

Iyuw….😣

jangan jijik dulu sob, karena dibalik prilakunya yang menjijikkan tikus juga makhluk hidup lho. Ingat, sesama makhluk hidup harus saling menyayangi.

Iyuw… iyuw… iyuw…πŸ˜–πŸ˜–

Ha…ha… oke deh, saya nggak bisa maksa kalian suka sama si tikus ini, tapi siapa tahu setelah saya perkenalkan lebih dalam, kalian jadi tertarik sama tikus dan berniat memeliharanya, kali aja kan….

Biar anti maenstrim gitu..😁
Atau malah nyereminπŸ‘»

Wak.. wak…
Ini dia fakta unik tikus.
Baca ampe kelar ya😊

Via.pixabay

1. tikus masuk dalam binatang pengerat, suku muridae, ordo rodentia. Ada banyak jenis tikus juga di dunia tapi hanya 2 jenis tikus yang paling sering kita jumpai. Yakni tikus got (rattus norvegicus) dan tikus mencit ( mus spp).
Kedua jenis tikus ini sering banget wara-wiri di layar kaca, eh, di rumah maksudnya. Saya sering banget lho, lagi diem gitu di toilet eh tiba-tiba...
Cit..cit…cit… itu makhluk kecil berkumis udah lewat aja kayak iklan, untungnya saya nggak phobia, malah kadang suka merhatiin, lucu jugaa lho.
Ha…ha…
beda jenis tikus beda juga habitat tempat tinggalnya
Tikus yang tinggal di atas pohon (arboreal), yang tinggal di dalam tanah (fossorial), dan di atas tanah (terestrial). Dan yang bisa terbang, itu bukan tikus tapi burung....πŸ˜‚πŸ˜‚

2. biar kecil, dekil kayak gitu tikus adalah binatang yang tangguh lho. Dibalik kejorokannya, tikus bisa beradaptasi di berbagai lingkungan berbeda yang ekstrem. Bahkan tikus  bisa hidup tanpa air alias tahan nggak minum, nggak mandi, nggak cuci piring. (lah, itu tikus apa emak gue…?) lebih kuat dari unta.
He… he… peace makπŸ™πŸ™, anakmu ini Cuma bercanda, lope you pull mak😘

Bisa nggak mati walaupun kalian lempar dari lantai 5, bisa berenang juga, pinter dan nggak mudah dijebak, (itu tikus apa agen rahasia...)
Karena kemampuannya yang luar biasa dalam beradaptai tikus ada hampir di seluruh belahan dunia. Kecuali di antartika dan beberapa pulau yang ada di tengah samudera.

Via.pixabay

3. ada alasan kenapa tikus itu gampang banget beradaptasi, bukan karena tingkat percaya dirinya yang tinggi ya.
yaitu karena dari waktu ke waktu tubuh tikus juga mengalami yang namanya evolusi. Semakin berkembangnya jenis racun tikus, semakin kebal pula sistem imunnya si tikus. Tubuh mereka dengan sendirinya membangun kekebalan pada beberapa jenis racun, itu kenapa kadang tikus nggak mati padahal udah di kasih racun tikus, bia jadi racun yang kamu beli udah waktunya di upgrade ha... ha…

atau kasih si aida aja…😌

eh, sianida maksudnya.😬

Via.pixabay

4. meskipun tikus makin kebal dengan berbagai macam racun, tapi tikus punya kelemahan juga. tikus tidak bisa muntah dan bersendawa. Mereka tidak bisa memuntahkan makanan yang sudah ditelannya, jadi kalau makanan itu beracun, yah… bye mouse.
Untuk menghindari hal semacam mati tak bangkit lagi, tikus akan menggigit sedikit makanan yang ia lihat untuk mengetes apa makanan itu membuatnya mual.

Kalau mual, tinggal jabat tangan trus kasih selamat…
Atau kalau salah, tinggal kasih minyak kayu putih

Becanda sobπŸ˜‹

Baca juga : Jomblo? 9 hal asyik ini pasti milik kamu
Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

5. untung tikus bukan maling.
Lah, kenapa emang?πŸ˜•

Untungnya tikus, bukan maling yang bisa masuk melalui celah-celah kecil di rumah, bahkan yang ukuranya hanya seprempat besar tubuhnya. Coba kalau itu maling. Ya gawat lah…

Ma yang nyolong maling apa tikus…?

Ih, papa… tikus apa maling kok udah ilang

Malingnya tikus kali….

6. Selain itu tikus juga punya gigi yang kuat lho, lebih kuat dari besi atau pun baja. Makannya doi bisa gigitin kayu dengan mudah, selain itu tikus suka gigit apa aja yang ada di dekatnya karena gigi tikus terus bertumbuh sepanjang hidup, jadi kebiasaan gigit-gigit tersebut untuk menghindari pertumbuhan gigi yang bisa mencelakainya. bahkan ada kejadiaan lucu dimana kadang-kadang tikus menggigit anggota tubuh manusia saat sedang tidur. (hih… serem)
Saya pernah lho kayak itu, pagi-pagi jempol kaki udah berdarah aja.
Karena ternyata dia adalah ksatria baja tikus.

7. gimanapun juga tikus tetep binatang yang bisa membawa berbagai macam penyakit pada manusia. Cara hidup mereka yang kotor mengundang banyak bibit penyakit berbahaya, seperti penyakit pes, HPS (hantavirus pulmobary syndrome), RBF (rat bite fever) dan penyakit lainnya yang bahkan bisa berujung kematian. Apa sobat pernah mendengar tentang wabah hitam alias black death, yaitu wabah pes yang melanda Eropa pada abad ke 13. Wabah ini menewaskan 75-200 juta penduduk Eropa kala itu, bayangkan sob bahkan perang dunia dunia ke dua tidak menelan korban jiwa sebanyak itu. Dan beberapa ahli percaya bahwa penyebab wabah tersebut adalah kutu-kutu yang dibawa para tikus. Benar atau tidaknya kita harus selalu menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari sarang tikus.

Ingat, rumah kita bukan kontrakan tikus.

8. ada hal yang menjijikan dari tikus
Lah emang menjijikan tow
Terkadang tikus suka makan fesesnya sendiri untuk menambah nutrisi tubuh. Hiiii…. jangan ditiru ya sob.

9. kalian pasti pernah secara nggak sengaja lihat tikus kan, dan tahu kalau tikus punya kebiasan mengendus sesuatu. Ternyata hal itu karena  tikus memiliki indra penglihatan yang cukup buruk, bahkan buta warna. Tapi karena hal itu tikus justru memiliki indra peraba, penciuman dan pendengaran yang sangat baik.
Kasihan bener, pasti nggak tahu indahnya warna pelangi.πŸ˜”
Lah, pelangi aja dia nggak tahu kallee.

Baca juga : 14 fakta unik kopi tang harus sobat tahu

Baca juga : Gajah dan 20 fakta uniknya yang bikin takjub

Via.pixabay

10. tikus masuk dalam binatang dengan jumlah populasi terbanyak di bumi, hal ini karena selain mudah beradaptasi juga karena tingkat perkembangbiakan tikus sangat besar. Dalam satu tahun tikus bisa  beranak sampai empat kali dengan 3-8 ekor anak di tiap proses melahirkan. Anak-anak tikus akan memasuki usia dewasa pasa umur 3-4 bulan, itulah sebabnya jumlah tikus bertambah dengan luar biasa cepat.
Untungnya masa hidup tikus hanya 2-3 tahun saja.

11. fenomena “raja tikus” apa sih artinya?
Jangan bayangin kerajaan tikus dengan rakyat jelatanya ya….πŸ€πŸΉ
Fenomena raja tikus adalah suatu fenomena dimana tikus-tikus berkumpul dan mengikat ekor mereka menjadi satu sehingga tampak ruwet dan tidak bisa dilepas.  Fenomena raja tikus yang benar-benar terbukti alias diabadikan di museum ditemukan pada tahun  1828 di Buchheim Jerman, dengan jumlah 32 ekor tikus. Belum diketahui pasti alasan tikus-tikus tersebut berbuat demikian, ada yang  bilang itu hanya tipuan atau  sebuah fenomena budaya masyarakat zaman pertengahan, namun ada yang percaya bahwa itu adalah pertanda buruk.

12. jangkrirk bos…
He... he... maksudnya saya mau kasih tahu kalau jangkrik bisa membantu kalian dalam mengusir tikus. Lah… kok bisa, badannya aja sekecil itu
Hal ini karena suara jangkrik dipercaya mampu menggangu pendengaran tikus dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

13. mungkin kalian akan jijik mendengarnya, tapi percaya deh di beberapa negara seperti di India dan Vietnam tikus menjadi santapan yang lezat. Bahkan di India setiap tanggal 7 maret suku adi yang bermukim di sebuah desa terpecil di perbukitan timur laut India selalu merayakan festifal unying aran, sebuah festifal yang menjadikan tikus sebagai hidangan utamanya.
Ada yang penasaran dan mau coba...
Big no..πŸ™Š

Gimana? Udah pengen jadiin tikus peliharaan? Atau malah bikin peternakannya?
Iyuw……
Eh, belom ternyata. Padahal tikus ada bakat buat jadi agen rahasia lho, kan doi pinter renang, tangguh dan pinter banget nyelip-nyelip(disangka cabe kali nyelip-nyelip)πŸ˜‚

Tapi seenggaknya kalian jadi tahu dikit kan soal jangkrik, soal tikus yang nggak suka suasana
Krik…

Becanda loe nggak keren tahu.
Yah, sudahlah…

Bye…. Mouse.
Eh, see you….πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹

35 comments

  1. Saya taunya dulu tikus takut sama suara jangkrik, dulu pernah dicoba naruh jangkrik di atap rumah, tapi kok masih ada tikusnya ya, apa jangkriknya yg malah takut ama tikus hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi jangkriknya kurang mas atau bunyinya kurang nyaring...
      Tenggorokannnya sakit....😞
      He...he....

      Delete
    2. Jadi harus pakai tim paduan suara jangkrik ya mbak biar suaranya menggelegar hihihi...

      Delete
    3. Ha..ha... Iya mas, biar menggelegar badai pokoknya, kan kalau udah menggelegar tikusnya pasti tersambar...πŸ˜‚

      Delete
  2. Salah satu hewan pengganggu. Di dapur sering ada tikus yang turun dari genteng lewat pipa. Dikasih jebakan gak kena juga, umpannya doang yang ilang, tikusnya mah kabur, hahaha... Pengen diselepet kalo deket mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, handal banget tikusnya. Persis kyak agen rahasia.... Kan jadi bikin esmosi ya mas... 😑 pengen langsung duel sama tikusnya.

      Delete
  3. Dulu saya pernah nangis pas emak saya ngebuang tiga ekor anak tikus. Soalnya kasian ngeliatnya, udah gitu tikus kan lucu sebenernya. πŸ˜‚

    Sayang banget fenomena raja tikus gak dikasih pictnya, padahal menarik loh itu. Sekumpulan tikus yang ekornya saling melilit satu sama lain. Ada dugaan itu terjadi ketika musim dingin, mereka berkumpul kayak gitu agar badan mereka hangat. Eh malah menempel permanen jadinya. Kesian..

    Aku pernah juga tuh, naruh jangkrik di tempat penyimpanan gabah. Niatnya biar tikusnya pada takut. Eh, malah dimakan jangkriknya.
    Terus tiap tikusnya papasan sama aku, dia bilang gini, "jangkrik boss!". *halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk...πŸ˜‚πŸ˜‚ Nangisin anak tikus, saya juga pernah gitu lho, sampe tikus yang dibuang itu saya ikutin ke tempat sampah. Ya ampun kasihan tapi bingung mao diapain. Akhirnya cuma diliatin aja.

      Iy nih , mau cari picnya tapi nggak nemu. Ya sudahlah....

      Wah... Nantangin tuh tikusnya pakai bilang jangkrik bos..😠, tapi wajar juga sih. Entar kalau bilang monyet lu
      Lah, kitanya marah atau kabur....
      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      (Sumpah garing banget)

      Delete
  4. Apa benar mbak kalo tikus kelemahannya di bagian mulut dan katanya kalo di pukul mulutnya tikus langsung KO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas, cuma nggak cuma tikus aja. Siapaapun, apapun, kalau dipukul mulutnya juga bakal diem. Cuma kalau mau mukul mulut tikus, gimana caranya ya... Susah ding...
      Dan... Kesian.. 😰

      Delete
  5. sepakat dengan ke 13 fakta unik soal tikus diatas, yang ngga sepakat...kenapa setelah saya mencuri sedikit uang rakyat...ko saya disamain dengan tikus sih...saya kan bukan tikus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencuri uang rakyat?, 😱😱
      Serem banget mas...

      Delete
  6. Gara-gara nonton film mouse hunt sama ratatouille, kepingin piara tikus dulu. Eh malah kena omel hahahah. Yhaaa ga jadi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha... Gagal deh melihara hewan anti mainstream.πŸ˜„

      Delete
  7. Hwaaaa ternyata banyak fakta unik tentang tikus ini! Tikus selalu mengingatkan saya pada filem Ratatoullie ... semua orang bisa masak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film yang bikin saya malu, karena tikus aja bisa masak, saya bisanya.makan he..he...😁,

      Delete
  8. Padahal mata tikus itu lucu. Karena jorok, jadinya tetap geli sama tikus ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju... Mata tikus itu imut-imut gimana gitu... Gemesin sayangnya emang jorok dan gak mau mandi... Wkwk..πŸ˜‚

      Delete
  9. artikel bermanfaat...nambah ilmu.
    thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome... Jangan bosen mampit kesini ya.
      He..he...πŸ˜πŸ˜πŸ˜€

      Delete
  10. Jijik klo masih hidup tapi klo klo udah ga bergerak berani mindahin pakai lapisan kertas gitu.
    Karena pernah rebut tikus dapetan kucing. Ga rela dia ganti menu makan serealnya dg tikus πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha... Lucu banget, saya juga pernah mindahin tikus mati dari kucing mbak, yang lebih menjijikan tikusnya itu udah dimakan sebagian...
      Duh... Berasa mo muntah.😣😣

      Delete
  11. Dan karena musim tikus di daerah gua, beberapa anak bebek dimangsanya hehe,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun tragis banget, udah berapa korban jiwa itu...
      Si emak bebek yang garang mana lagi...

      Delete
  12. Saya pernah lihat tikus got, ternyata gede juga yach kalau dibandingkan dengan tikus rumahan.

    Tapi kok ada juga yach tikus berwarna putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di kota kebanyakan tikusnya gede-gede ya mas, padahal kalau di kampung kecil-kecil kayak kena busung lapar gitu..
      Tikus warna putih itu juga masuk dalam jenis rattus norvegicus mas dan lebih banyak dipakai untuk keperluan laboratorium.

      Delete
  13. dibalik kejorokannya dia bisa beradaptasi, hm.. jangan jangan selama ini dia jorok karena lingkungannnya. jika dia berada di lingkungan bersih apakah mungkin dia berubah jadi rajin dan bersih juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan iya mas, tapi kok lucu juga jadinya. πŸ˜‚Apa mungkin dia bisa berubah jadi binatang kesayangan...
      Ha...ha..
      Kan bentuknya nggak jauh beda sama hamster...

      Delete
  14. hahaha, tikus. jadi ingat yang ada diatas rumah.
    hayo mbak tambahin lagi tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang diatas rumah, kerajaannya tikus ya..πŸ˜πŸ˜πŸ˜‚
      Iya mas, baru semangat nulis lagi nih....

      Delete
  15. hhhehe....ihhh...paling takut sama tikus mbaa...hhhehe

    ReplyDelete
  16. Tambah satu fakta lagi, tikus itu pintar, buktinya Jerry bisa mengelabui Tom...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tuh bukti paling nyatanya... Udah pinter, seneng banget bikin tom kesel dan penonton ketawa wkwk..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete


EmoticonEmoticon