14 fakta unik kopi yang harus sobat tahu

14 fakta unik kopi yang harus sobat tahu

Via.pixabay

kuat dilakoni, yen ra kuat ditinggal ngopi.
Tetep cinta senajan bojoku galak…
(Just song, sebab yang nulis adalah jomblo๐Ÿ˜†)

Ngopi….☕☕

Iyups, kali ini kopi jadi trending topik dalam artikel ini.

Untuk kalian para pecinta kopi, udah pada ngopi belom? Atao sekarang lagi bikin kopi….

Kopi memang jadi salah satu minuman paling populer dan faforit bagi kaum pria, mendunia dan bisa jadi mahal harganya.
Tapi nggak sedikit juga para wanita yang menggilai minuman yang identik dengan warna hitam ini.
Lantas, selain enak dan ngangenin kopi menyimpan rahasia apa lagi sih…
Sini, tak kasih tau…

1. Kita mulai dari sejarah kopi. Kopi pertama kali dikonsumsi di Abyssinia, sebuah wilayah di Afrika yang kini lebih dikenal dengan  Ethiopia dan Eritria. Suku-suku di sana menkonsumsi kopi dengan cara menjadikannya cemilan. Mereka biasa mencampur biji kopi dengan lemak yang mirip  mentega. Cemilan tersebut dipercaya sangat baik untuk menambah energi. Pada waktu itu juga para gembala di sana menyadari bahwa kafein pada kopi bisa membuat para kambing menjadi lebih heboh alias lincah, lari ke sono, lari ke sini, lompat ke sana, lompat ke sini๐Ÿ‘๐Ÿ‘
Udah kayak atlet  deh pokoknya itu kambing.
Namun meski pertama kali dikonsumsi di Ethopia bangsa yang berjasa dalam penyebaran kopi adalah bangsa Arab.

2. The bean belt atau the coffee belt adalah garis lintang yang melintasi negara-negara atau wilayah yang ditumbuhi kopi. Indonesia termasuk di dalamnya. The bean belt terletak di wilayah tropis 23 derajat sebelah utara dan 23 derajat selatan garis khatulistiwa.

Via.pixabay

3. Meski sekarang kopi jadi minuman yang sudah mendunia bin go internasional, di mana-mana ada. Dari warung pinggir jalan sampai restauran pinggir lautan.
Tapi dulu, kopi sempat dilarang di beberapa negara lho.
Pada tahun 1511 para ulama di Mekah menganggap bahwa kopi bisa menimbulkan pikiran-pikiran radikal sehingga menyebabkan minuman ini dilarang diminum. Begitu juga dengan negara Turki dan Italia yang menganggap kopi adalah minuman yang menyesatkan. Paus clement VIII juga pernah menegaskan bahwa kebiasan minum kopi adalah budaya luar yang dapat menimbulkan dosa. (Ya aun, segitunya๐Ÿ˜•)
Bahkan pada abad ke 17 raja Murad IV dari dinasti Ottoman memberi hukuman berupa penyiksaan dan dibuang ke laut jika ada warganya yang ketahuan minum kopi
Ada lagi, ada lagi, pada tahun 1675 raja Inggris melarang adanya kedai kopi yang dibuka karena ia menduga bahwa kedai kopi adalah tempatnya orang-orang berkumpul, ngrumpi untuk menyusun rencana perlawanan terhadapnya.  Suudzon banget yak...
(yah nggak ada acara warkop dong “nongkrong di warung kopi….๐ŸŽค๐ŸŽค" Dah)

Kalau sekarang kopi dilarang diminum kalau kamu lagi puasa.
Ya kalle siang-siang di bulan puasa minum kope

Krik๐Ÿท
Itu gambar babi ngok๐Ÿ˜‘

Baca juga : Sepatu punya 16 fakta unik ini lho
Baca juga : Inilah 17 fakta unik seputar uang

Via.pixabay

4. apanya kopi sih yang bisa bikin kita tahan begadang sampe pagi, mantengin tv, mantengin laptop, mantengin tugas sekolah yang nggak kelar-kelar (gimana mo kelar kalau Cuma dipantengin)

Kafein…
Nggak sepenuhnya benar, nggak sepenuhnya salah juga.
Jadi…
Faktanya bukan kafein doang lho jawabannya. Ada peran adesonine juga. Ketika kita beraktivitas tubuh memproduksi zat bernama adesonine, jika kita sudah terlalu lama beraktivitas dan tubuh merasa lelah maka kadar adesonine akan meningkat sehingga otak akan mengirimkan sinyal ngantuk pada kita. Tapi jika ada kafein dalam tubuh, maka kerja reseptor adesonine akan terganggu sehingga si ngantuk pun nggak terdeteksi.

5. mungkin setahu kalian kopi luwak adalah kopi paling mahal di dunia. Dan yang paling bikin bangga kopi luwak ini berasal dari Indonesia. But….. ternyata kopi paling mahal di dunia bukan kopi luwak lho.
Kecewa….๐Ÿ˜”

Yaitu black ivory coffe atau kopi yang berasal dari kotoran gajah thailand. Nggak tanggng tanggung harga segelas black ivory coffe adalah Rp.661.000, sedangkan satukilo gramnya Rp.14. 000.000
Gilla…. ๐Ÿ˜ฑKopi apa toko kopinya tuh…

Via.pixabay

6. Indonesia pun merupakan negara yang masuk dalam the bean belt, dan kita patut bangga karena Indonesia punya sederet nama kopi terkenal selain kopi luwak. ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ
Ada kopi Mandailing yang hanya bisa tumbuh di wilayah Mandailing, Sumatera utara. Kopi yang dibawa Belanda ke Indonesia pada tahun 1699 ini bahkan sudah dijual sampai ke Amerika serikat, Jepang, dan Korea selatan.
Ada lagi kopi Kintamani yang ditanam di Bali dan memiliki citarasa serta cara tanam yang unik, kopi gayo dari dataran tinggi Gayo yang menjadi kopi termahal tahun 2011 dan mengalahkan Brazil yang merupakan produsen kopi terbesar di dunia. Kopi bajawi, kopi toraja, kopi gunung puntang, kopi tanggamus.
Wah, banyak banget kan, dan semuanya sudah diakui dunia.

Mantap jiwa.๐Ÿ‘๐Ÿ‘

7. yang saya tahu pohon kopi itu nggak tinggi-tinggi amat (ya persis kayak badan saya ini, minimalis๐Ÿ˜‚) tapi ternyata pohon kopi bisa tumbuh sampai 9 meter. Namun untuk mempermudah proses panen para petani selalu memangkas pohon kopi setinggi 3 meter saja.

Baca juga : Uniknya 12 fakta bintang laut ini

8. Ada sekitar 50 jenis kopi di dunia, nggak bisa saya sebut satu-satu soalnya bisa panjang ceritanya. Dari sekian banyaknya jenis kopi ini hanya ada 2 jenis kopi yang paling terkenal dan sering digunakan dalam industri penjualan coffee. Yaitu robusta dan arabica, familiar banget kan.  Sekitar 70% penggemar kopi lebih menyukai arabica dan 30% nya menyukai robusta.
Sobat masuk yang mana nih?
Perbedaan dari 2 jenis kopi ini adalah arabica memiliki rasa yang lebih kuat dan aroma yang menggoda๐Ÿ˜˜, kadar kafeinnya pun 50% lebih lebih sedikit ari robusta. sedangkan robusta lebih kalem-kalem gimana gitu rasanya.

Via.pixabay

9. saya memang bukan penikmat kopi sejati, tapi jika kamu ingin menikmati rasa kopi yang lebih nikmat saya dapat beberapa saran nih buat sobat semua. Jika sobat membuat kopi diamkan kopi itu selama kurang lebih 4 menit, jangan diaduk, jangan ditiup, apalagi dibuang (yah, gak jadi bikin namanya) biarkan ampasnya mengendap gaes, setelah itu baru disruput perlahan lahan. Rasanya akan lebih otentik, dan akan lebih sehat kalau minum kopi nggak pakai gula banyak-banyak.
Atau kalian mau meniru cara orang-orang Austria yang suka menambahkaan whipped cream, orang-orang Meksiko yang suka tambahan kayu manis, atau… menambahkan merica seperti yang dilakukan di negara Maroko.

Kalau saya milih ditambahkan cinta aja lah, biar makin nikmat.
Ea…..๐Ÿ˜˜

Jomblo, sukanya gombalin diri sendiri jadilah jones๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Nggak ding✌

Via.pixabay

10. kopi itu mengandung kafein, dimana kafein merupakan zat adiktif yang katanya dapat menimpulkan sifat candu. Minum kopi sebelum jam 9 pagi katanya bikin kecanduan, karena pada saat itu hormon kortisol dalam tubuh sedang meningkat, jika hormon kortisol sedang meningkat dan tubuh mendapat asupan kafein, hal itu dapat menyebabkan kecanduan. Namun jangan khawatir karena kadar kafein yang masuk dalam tubuh secara wajar tidak akan menimbulkan dampak negatif.
Segala sesuatu yang berlebihan kan emang nggak baik, kecuali berlebihan dalam berbuat baik๐Ÿ˜Œ

Prok..prok...prok...๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Baca juga : Kamu suka musik? Wajib tahu 23 fakta unik musik ini
Baca juga : 9 fakta unik pelangi yang mengaggumkan

11. Enaknya di zaman yang modern ini kalau kita malas bikin kopi di dapur secara manual, masukin gula, masukin kopi, masukin susu.
kita bisa beli kopi instan.
Penasaran tak, siapa sih orang yang sudah berjasa bikin kopi instan?
Penasaran, ngak penasaran bakal saya jawab. Ya kalee nggak dijawab, trus itu pertanyaan fungsinya apa?
George constant louis washington, dialah pria asal Guatemala tapi berkebangsaan Belgia yang berhasil membuat kopi instan yang enak, George menemukan kopi instan ini pada tahun 1906.
Udah lama juga ya, saya belom lahiran tuh...
Eh, belom lahir maksudnya๐Ÿ˜‚

Via.pixabay

12. Adek-adek warna bji kopi apa sayang?
Hitam kakak cantik (he.. he… kesempatan muji diri sendiri๐Ÿ˜)
Kopi emang identik dengan warna hitam, tapi nggak semua biji kopi berwarna hitam. Baru-baru ini kita kan mengenal yang namanya whitee coofee atau coofee putih. Tapi ada lagi yanag namanya kopi hijau. Biji kopi ini berwarna hijau karena masih mentah, tapi dipercaya memiliki fungsi yang sama dengan teh hijau yakni untuk menurunkan berat badan. Bagi sobat yang mau kurus, bisa dicobi nih.

13. kopi mendapat rangking ke 3 sebagai komoditi terbesar yang diperdagangkan di dunia lho. Dengan brazil sebagai negara penghasil kopi terbesar, dari data tahun 2017-2018 Brazil sudah mempproduksi sekitar 51 juta karung biji kopi. Diikuti oleh negara vietnam di urutan kedua, lalu Kolombia di urutan ketiga dan… Indonesia di urutan ke 4 yang berhasil memproduksi sekitar 10 juta karrung biji kopi. Dan Ethiopia negara yang memliki sejarah kopi paling panjang menempati posisi kelima dengan total ekspor kopi 384.000 ton kopi pertahunnya.

Via.pixabay

14. meski ada negara-negara penghasil kopi terbesar tapi belum tentu menjadi negara dengan peminum kopi terbanyak.
Finlandia, Swedia, Islandia, Norwegia, Denmark. Adalah negara yang penduduknya menjadi peminum kopi paling aktif. Orang-orang finlandia contohnya minum kopi 12,5 KG per orang tiap tahunnya.


Ternyata domba suka kopi juga, wkwk, samaan dong sama bapak saya..
(nyamain bapak kok sama domba๐Ÿ˜ก…)
Eh, nggak gitu maksudnya,๐Ÿ˜ฐ  hadeh.


Akhirnya kelar juga ya mengelilingi dunia buat lihat sejarah dan fakta uniknya kopi. Kira-kira pada makin suka kopi nggak nih.
Saya sih sebenernya juga berharap kopi dari seseorang.
Kopi paling enak, nikmat, idaman lah pokoknya๐Ÿ˜š
itu adalah kopi…

Kopinang kau dengan bismilah
Ea….
Jadi malu hi..hi…๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

See you sob.๐Ÿ‘‹

35 komentar

  1. Saya punya buku dengan judul The Miracle of Caffeine yang di dalamnya banyak cerita soal kopi dan teh. Konon, ketika seorang sopir beristirahat dan untuk melanjutkan perjalanan ia minuk kopi. Namun ia perlu menunggu 15 menit untuk melanjutkan lagi perjalanannya. Karena 15 menit awal setelah konsumsi kopi, adalah saat saat paling mengantuk dan caffeine baru bekerja setelah 15 menit setelahnya.

    Eh di kota saya ada pusat penelitian kopi dan kakao, hayuk main ke mari. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi bagi penghobi kopi bisa belajar sambil berlibur ya mbak Ajeng?

      Hapus
    2. Wah, haruanya saya juga baca buku itu ya... Sayang nggak punya.
      Pengen deh maen ke pusat penelitian kopinya๐Ÿ˜€, mukin nanti pas udah punya rejeki
      Amin ya Allah...

      Hapus
  2. Bicara tebtang kopi jd inget waktu dulu pernah kerja di sebuah cafe di Ubud, kadang2 bikin kopi buat pesanan tamu. Kalo pas ngantuk saya bikin espresso.....
    Tapi kalo sekarang dirumah saya minumnya paling instant white coffee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga pernah kerja di.. Rumah makan ding, kadang bikinin kopi buat pengunjung juga, kalao pengen kopi ya bikin sendiri juga...
      Nah, kalo sekarang, kok jarang banget minum kopi saya...seringan makan wkwk..๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Kalo udh nggak suka minum kopi, kirim sini kopinya wkwkwk...

      Hapus
    3. ☕☕☕☕☕, ini mas kopinya, monggo diminum, mumpung masih anget. Hi..hi...๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

      Hapus
    4. Wadoh!! Ternyata kopinya masih panas mbak...๐Ÿ˜€

      Hapus
    5. Biar makin kerasa mas, kerasa panasnya he..he...๐Ÿ˜‚

      Hapus
    6. Dikasih es batu aja ah biar dingin hihihi

      Hapus
  3. Kopi Jawa, mengilhami penamaan kode "Js" atau Java Script. ..๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, beneran tow? Kalau bener, ini kolom komentar jadi tempat belajar juga๐Ÿ˜€

      Hapus
  4. wihhh..memang pas sekali bagi saya yang penikmat kopi, setiap dikantor pasti ngopi, kalau tidak ada kopi di atas meja kerja, kaya ada yang kurang gituu...hheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopi udah kayak belahan rambut ya eh belahan jiwa maksudnya๐Ÿ˜, kalau nggak ada hari-hari jadi terasa ada yang kurang-kurangnya gimana gitchu....

      Hapus
  5. Banyak sekali manfaat kopi, salah satunya buat masker wajah juga hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bener mbk tuteh. Saya sering juga lho maskeran pakai kopi, sampai bau kopi semua di kamar gegara ketiduran pas maskeran dan bubuk kopinya nyebar kemana-mana๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  6. nambah wawasan.
    bermanfaat. Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, nambah wawasan=nambah pahala

      your welcome ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  7. Saya termasuk salah satu pencinta kopi (dulu ya). Oh ya saat saya ke Jogja (Kulon Progo) saya bingung, masyarakat di sana ada yang buat kopi pakai gula merah. jujur saya agak gimana gitu, tapi saat dicicipi enak juga, kayak permen kopiko.

    Terkait kopi semoga sehabis komen ini saya tidak tergoda ngopi hehhee...

    Terima kasih mbak artikelnya sangat informatif dan menarik, dan juga bermanfaat. Terutama saya jadi tahu sejarah kopi...

    Notes:
    Mbak Astria, ini hanya saran. coba mbak login blogger (kemudian pilih tema), lihat di bagian SELULER (ada dua pilihan YA dan TIDAK). Saran saya pilih tidak, kemudian simpan...Hanya saran ya mbak, maaf kalau salah. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kakavilla atas sarannya, langsung saya jalankan lho. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘
      Sumpah ini orang (saya maksudnya) nggak paham soal tema dan segala macamnya. Asal nulis aja, nggak tahu tampilannnya kek gimana (getok kepala sendiri...) kayaknya harus mulai belajar nih...๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜€,
      Eh, malah saya yang tergoda ngopi sambil belajar hi...hi...๐Ÿ˜‹

      Hapus
    2. untuk sementara pilih model salah satu tema cotempo. LEbih responsive, enak dilihat jika pakai hape.

      Hapus
    3. Wah, makasih mas djangkaru. Sneng banget dapat banyak saran๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ, jadi belajar beberapa hal baru dan pengen belajar lagi. Langsung saya terapin juga lho sarannya, dan emang bagus ternyata, he...he...
      Saya jadi terharu๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜Š

      Hapus
  8. Kopi sempat dilarang dibeberapa negera. Dan saya juga sempat membaca berita tersebut. Sungguh betapa ekstrimnya kala itu ya, minum saja kok sampai kena hukuman seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya sekarang udah nggak ada ya mas, kan jadi pusing kalau mau cari teman begadang.
      Dikala kerjaan numpuk, teman begadang yang setia ya cuma kopi.. Lagi dan lagi.

      Hapus
  9. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga bagus di minum saat berduaan sama kamu... ciee.. ciee.. pd banget nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk... Biar ada tambahan rasa cintanya ya...
      Misal pas malam minggu, nama kopinya ganti, robusta apeliano..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  10. Mantap ulasan kopinya mbak Astria,.
    Aku bisanya minum kopi yang 2 in 1, 3 in 1.
    Bahkan ada satu merk kopi yang bikin perut aku mules.. Mana tahan..?
    Pernah nyoba ngopi supaya nggak ngantuk eh nggak ngaruh juga ya? malamnya tetap aja ngantuk.
    Enak itu kalau ekstrak kopi dibuat ice cream ya..Atau kopi dicampur ice cream.. Olala mamamia, perfecto..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, mbak sandri, kita kok samaan. Sehati nih....
      Aku juga nggak ngaruh kalau minum kopi buat begadang.
      Kopi rasa ice cream, eh, ice cream rsa kopi boleh dicoba, kebetulan saya pecinta ice cream....
      Bakmi...
      Eh,๐Ÿ˜ข
      Yummy...๐Ÿ˜

      Hapus
  11. Sekarang lagi viral kopi sachetan bisa menyala ..., aku kok jadi seram.
    Kebetulan aku lebih suka kopi hitam.

    Jadi takut sendiri, gimana efek kandungan kopi bisa menyala akan merusak kesehatan kita jangka panjang.
    Anehnya kok ya lolos badan POM ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bner mas, kopi hitam aja lebih aman dan manis, si hitam manis kan.๐Ÿ˜‚
      Zaman sekarang banyak bahan kimia berbahaya dalam makanan dan minuman, jadi sebagai pembeli kita harus lebih bijak.

      Hapus
  12. Saya gak suka kopi hitam, sukanya kopi Torabika yang creamy latte yang gulanya pisah itu loh, soalnya jarang pakai gula.

    Kafein pada kopi dipercaya bisa menambah semangat atau bisa bikin lincah. Maka penggembala kambing juga mempercayainya, berarti Shaun The Sheep juga minum kopi kali ya, kok lincah dan cerdas sangat, hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah lebuh bagus nggak pakai gula mas, lebih sehat dan terasa manfaaatnya

      Barangkali shaun the sheep emang trunannya domba-domba di abbyssinia, ha...ha...๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Betul, karena kebanyakan manis juga kurang bagus buat kesehatan. Makanya creamy latte itu inovatif sekali, mengerti selera konsumen, hehehe

      Hapus
    3. Kebanyakan konsumsi manis-manis emang nggak boleh, kalau sikapnya yang manis baru boleh...
      Wkwk...๐Ÿ˜‚

      Hapus
  13. belum nyoba kopi mandailing nih, next coba ah.... #jejakbiru

    BalasHapus


EmoticonEmoticon