16 fakta unik kelinci yang imut banget

16 fakta unik kelinci yang imut banget

Via.pixabay

pyon… pyon…
Duh...imutnya....mau peluk..๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

kelinci, binatang imut satu ini gemesin banget, persis kayak sobat-sobat semua yang saat ini lagi baca artikel ini.

Dan…. Daan saya sebenarnya bingung mau bikin pembukaan macam apa. Otak saya lagi nggak mau diajak basa-basi maunya to the point aja. Tapi hati saya merasa harus bikin pembukaan.
(Ribet banget deh..)

Dan… saya memutuskan untuk mengikuti kata hati saya.
(kebanyakan dan nih….)

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi, siang, malam sobat semua. Bicara soal kelinci, apa yang paling kalian ingat? Kalau saya pasti langsung terbayang telinga panjangya, juga matanya yang bulat, juga badannya yang imut, bulunya yang halus, duh, jadi pengen punya kelinci. Karena sayangnya saya nggak punya kelinci saya mau bagi-bagi fakta uniknya aja ya…๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

By the way, makan bakwan di busway. kalau inget saya kebayang apa nih....๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ
(mirisnya, nggak ada yang inget saya....)

Via.pixabay

1. Kelinci adalah binatang mamalia yang masuk dalam keluarga  Leporidae, ordo lagomorpha,  jadi bukan merupakan rodensia atau binatang pengerat. Sejauh ini ada 45 jenis kelinci yang diketahui masyarakat.  Secara umum kelinci dibagi menjadi 2 jenis, kelinci liar dan kelinci peliharaan. Berdasarkan jenis bulunya kelinci juga dibagi menjadi 2, kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjang. Berdasarkan rasnya ada kelinci angora, Lyon, American chinchilla, dutch, english spot, himalayan dan banyak lainnya yang bisa bikin sobat capek bacanya.

jadi untuk menghindari hal tak diinginkan semacam kehilangan minat baca di awal tulisan, langsung aja...
lanjoot๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰

2. Apa sih makanan kesukaan kelinci? Kebanyakan orang pasti akan menjawab wortel. Tapi faktanya makanan kesukaan kelinci bukan wortel lho ataupun kangkung. Kelinci sebenarnya lebih menyukai rumput atau hay. Selain itu mungkin kita berpikir memberi sayuran segar pada kelinci kesayangan adalah pilihan terbaik, ternyata oh ternyata kelinci lebih suka sayur dan buah yang agak layu lho.
Ada yang kepo makanan kesukaan saya nggak…..
Hue..he...๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

Via.pixabay

3. Makanan pokok kelinci adalah rumput dan hay. Hay bukan kata sapaan ya,

hay yang ada di sana yang ada di sini semua ikut bernyanyi๐ŸŽค๐ŸŽค

(Healah, kok malah kumat nyanyinya..)

hay yang dimaksud di sini adalah jerami atau rumput kering. Kelinci menkonsumsi hay ini untuk mencegah terbentuknya gulungan bulu di dalam perut mereka. Hay sendiri mengandung banyak serat yang bagus untuk binatang herbivora seperti kelinci atau sapi.

Via.pixabay

4. Ada banyak sebutan untuk kelinci. Dalam bahasa inggris penyebutan kelinci berbeda berdasarkan jenis kelaminnya. Kelinci jantan disebut buck, kelinci betina disebut doe dan kelinci anak-anak disebut litter.

baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia
baca juga : 15 fakta unik televisi yang jarang diketahui orang

5. Masuknya kelinci ke Indonesia diperkirakan terjadi pada tahun 1835 pada masa kolonial Belanda. Kata kelinci sendiri berasal dari bahasa Belanda “ konijntje” yang artinya anak kelinci. Tapi sebenarnya Indonesia juga memiliki kelincinya sendiri yang ditemukan di Sumatera pada tahun 1972 dan dikenal dengan kelinci Sumatera atau Nesolagus netscheri.

Via.pixabay

6. Aduh, sob, saya ingatkan jangan mengulangi kebiasaan mengangkat kelinci melalui telinganya ya. Ternyata hal ini berbahaya bagi kesehatan kelinci. Telinga kelinci yang panjang ini adalah tempatnya saraf dan pembuluh darah berkumpul. Jika telinganya ditarik maka beban tubuh kelinci akan betumpu di telinganya, lama-kelamaan kelinci bisa stress bahkan sakit. Nggak mau kan kelincinya sakit.
pokoknya say no to angkat kelinci dari telinganya.
Bahasa inggrisnya apa sih?
Say no to take rabbit by their ear.
Haduh, kalau ada bule baca artikel ini, isin tenan aku….๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

7. Kelinci termasuk mamalia yang bisa berumur panjang. Jika dirawat dengan baik kelinci bisa hidup sampai usia 15 tahun.  tuh, lihat gambarnya udah bikin gemes, bikin sayang juga๐Ÿ˜

Via.pixabay

8. Kelinci bukan binatang jorok lho. Mereka juga terbiasa membersihkan diri seperti kucing, bahkan kelinci tidak suka buang air sembarangan. Jika sudah terbiasa buang air pada satu tempat kelinci akan mengakui tempat tersebut sebagai toilet pribaddinya, wkwkwk…. Lucu tapi nyata.

9. Beruntungnya kelinci pernah menjadi binatang yang diizinkan tinggal di area gedung putih, karena presiden Abraham lincoln mengizinkan anaknya memelihara binatang itu di sana.

10.  sama halnya dengan manusia kelinci juga bisa mengalami osteoporosis lho. Tulang kelinci akan mudah keropos jika mereka hanya berdiam diri, karena itu kelinci akan bergerak minimal 4 jam perhari untuk mencegah osteoporosis.
Nah, tuh, kelinci aja bisa olahraga masak kita kalah…..
ngejogrok seharian di kamar ato depan tv pas hari libur (eh, saya banget tuh๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘)

Via.pixabay

11. meski para binatang nggak pernah ikut lomba tapi mereka selalu dapat yang namanya rekor muri. Termasuk si kelinci ini. Dari data yang saya dapatnya (jiah… udah kayak ibu peneliti wkwkwk…. Tapi KW) kelinci dengan tubuh terpanjang di dunia memiliki panjang sekitar 31,125 inchi. Kelinci dengan lompatan tertinggi berhasil melompat setinggi 1 meter, dan lompatan terjauh kelinci yang pernah tercatat adalah 3 m.

baca juga : 30 fakta unik si imut kucing
baca juga :

12. saya peringatkan sob. Jangan, jangan sampai balapan makan kerupuk sama kelinci. Kenapa? karena kelinci itu kalau makan cepet banget. Mereka bisa menguyah dengan kecepatan fantastis yakni 120 kali per menit.  Selain itu mereka juga punya gigi-gigi yang tajam.
Ngomong-ngomong siapa orang nggak waras yang ngajak kelinci lomba makan kerupuk, emang kelinci doyan kerupuk….?

Via.pixabay

13. kelinci juga merupakan mamalia yang berkembang biak dengan baik. Induk kelinci bisa melahirkan rata-rata 20-40  bayi kelinci pertahun. Jadi nggak perlu khawatir bakalan punah ya….

14. anak kelinci itu hoby banget tidur lho, mereka hanya akan bangun ketika si induk membangunkan mereka untuk menyusu. Dan lamanya proses menyusu ini hanya 5 menit dalam sehari.

Via.pixabay


15. kelinci dipercaya juga bisa mengurangi stress lho karena bisa membuat suara yang mirip dengan si manis… hi… hi… kucing maksudnya.

Saya juga bisa menirukan suara kucing, tapi kok malah dikatain stress...๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•

baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

16. dan fakta penting and singkat juga, sama dengan tikus kelinci ternyata kagak bisa muntah lho.

Bicara soal kelinci bikin saya inget sama inci dan inco. Kangen banget sama mereka. Sayangnya itu bukan kelinci saya, tapi punya orang yang selalu saya lihat tiap berangkat kerja. Nama aslinya siapa juga nggak tahu, pokoknya saya panggil inci dan inco.
Haisss… cerita nggak jelas tak perlu dibagi. Intinya sampai disini perjumpaan kita, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan bosen buat mampir ke sini ya….
Saya mau pamit nonton asian games lagi. (harusnya ini diposting sejak masa itu๐Ÿ˜ž)

See you……

39 komentar

  1. Balasan
    1. Gemesin dan imut pake bumbu banget..๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Hapus
  2. saking lucun ya kadang gak tegel kalau makan sate kelinci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan sampai nangis aja mbk.
      Bayangkan jika mau makan sate kelinci mata malah bercucuran, entar abang satenya yang gak tega trus satenya digratisin ding.
      (Wah, asyik dong....๐Ÿ˜๐Ÿ˜)

      Hapus
  3. wah kreatif segala yang unik ada di sini, coba lihat gambar terakhir dari tulisan ini, benar-benar imut antara kelinci dan si kecil, boleh.. ini kreatif. salam kenal mbak Astria...menanti yang unik berikutnya.. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yey, makasih atas kunjungannya kaka vila๐Ÿ˜€

      Gambar yang terakhir emang imut ya, bikin pengen meluk juga. Ha..ha...
      Sayang, anak orang, kagak tahu siapa...
      Salam kenal lagi.....

      Hapus
    2. Ia menggemaskan sekali gambar itu,sukses selalu ya. semoga yang unik bisa saya peroleh dari blog ini semakin banyak. salam, semangat!

      Hapus
    3. Salam semangat 45 juga kaka villa, semoga sukses kembali...
      Doaku menyertaimu๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Hapus
    4. Amin, mbak Tri ko belum ada postingan yang baru ne?

      Hapus
    5. He..he.. Masih dalam proses kak๐Ÿ˜๐Ÿ˜, bginilah, kdang suka mogok.

      Hapus
    6. heheheh jangan kelaman euu nanti keburu dijambret orang kwkwk, bercanda ya. ups maaf saya komen dengan blog saya yang lain, kebetulan lagi oll, tetap semangat ya.. saya tunggu yang unik unik dari blog ini. salam

      Hapus
    7. Wah... Makasih buanyakkk atas semangatnya kak,๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ insyaallah udah hampir selesai nih,
      Ternyata punya blog lain tow...
      Wow...๐Ÿ˜ฎ

      Hapus
  4. kelinci oh.. kelinci.. kenapa engkau lucu.
    tenang aja kami inget kok sama kamyu...
    inget kalau pas liat kelinci. hihi
    *piss

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Karena aku kelinci bukan pak guru BP kakak"
      Ha...ha... Jawaban sang kelinci sungguh menggugah
      jiwa๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  5. Kasihan ya kalau mengangkat kelinci dari kuping panjangnya itu, ibaratnya kalau manusia itu dijewer begitu kan ya Kak Anjani. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. He'eh kasihan banget. Kelihatannya diem, manut, tapi aslinya diem karena nahan sakit. Coba kalau bisa teriak pasti kelincinya bakal bilang "betapa sadis caramu....๐Ÿ‡๐Ÿ‡"

      Hapus
  6. Jadi inget waktu msh SD pernah piara kelinci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asyik dong. Saya belum pernah sama sekali๐Ÿ˜ž, tapi dulu banget waktu masih kecil bangettt... Saya inget kakek nenek pernah piara kelincu juga, banyak banget... Tapi yang jenis trowelu itu lho.

      Hapus
    2. Trowelu ama kelinci bedanya apa ya, saya malah ga tau...

      Hapus
    3. Sama aja mas, cuma beda nama aja. Wkwk....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    4. Kirain yg satu lebih panjang telinganya hehe....

      Hapus
  7. Hay, jerami dan rumput kering. Saya baru tahu itu kalau ada nama hay, oh hay disan dan sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay... Hay... Mas djangkaru๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, asyik juga ya bilang hay..
      "Hay yang ada di sana yang ada di sini semua ikut bernyanyi, hay yang ada di sana yang ada di sini marilah mampir ke sini๐ŸŽค๐ŸŽค"
      He..he... Nyanyi lagi.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  8. loh kan biasanya memang cara angkatnya lewat telinganya
    ternyata dilarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilarang pake banget mas, ibarat orang kalo dijewer kan juga sakit...๐Ÿฐ๐Ÿฐ

      Hapus
  9. Hay Kelinci...sini kamu kok nggemesin, kayak siapa ya? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak aku...kayak aku... Wkwk๐Ÿ˜๐Ÿ˜ (pede banget....)

      Hapus
  10. Suka bngt sama kelinci tp sayang ga punya lahan yg cukup buat dia lompat2, soalnya kan kelinci ga bsa stress dikit bisa koit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, sayang banget ya mbk. Saya juga pengen kelinci tapi udah ada kucing.... Ntar takutnya malah diincer si ucil๐Ÿฑ๐Ÿฑ
      Bisa-bisa koit juga

      Hapus
  11. suka banget sama tulisannya yang lengkao ini yaaaa.. kebetulan kakaku juga rawat kelinci dan alhamdulilah sekarang sudah besar.. thanks untuk ilmunya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbk vika, maksih sudah mau mampir๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š,
      Salam buat kelinci kakaknya ya... (Eh...๐Ÿ˜•)

      Hapus
  12. Jadi inget kelinci sulung yang mati, dia sampai nangis ngurung diri saking sedihnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, kasihan.... Binatang kesayangan emang bisa jadi kayak sahabat deket bahkan keluarga. Kucing nggak pulang 3 hari aja, saya udah nangis tiap malem, nggak tahunya si kucing cari pacar.๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘

      Hapus
  13. imut banget, dan pastinya enak kalau dibuat sate kelinci :D dagingnya itu lho sesuatu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha...ha.. Penggemar sate nih kayaknya, penggemar sate yang sesuatu banget.

      Hapus
  14. saya pecinta kelinci dan pernah memeliharanya sampai banyak jumlahnya tapi mau motongnya ngga tega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena waktu mau dipotong si kelinci memandang kita dengan matanya yang bulat, seolah berkata "jangan bunuh aku tuan"
      Hua.. Siapa yang tega coba๐Ÿ˜ญ
      Imut-mut gitu, kita mau ambil golok jadi amit-amit

      Hapus
  15. Hay hay .. hay ... ๐Ÿ‘‹
    Pembaca imut [ menurut kak Astria ] kayak kelinci ini datang berkomentar belakangan hehehe ๐Ÿ˜ ...

    Maklum, kak akhir-akhir ini lagi lebih banyak fokus ke youtube ๐Ÿค˜

    Aku juga pernah dapat info tentang pakan kelinci, katanya malah jangan keseringan makan wortel karena pipisnya jadi bau dan bikin dia jadi beser ..., dikit-dikit pipis [ untuuung ..., ngga pakai pampers. Kan borooos kalau bentar-bentar pipis ๐Ÿ˜… ]

    Kalau Hay aku baru tau infonya dari kak Astria ..., ternyata jerami kering.
    Tadinya kukirain sibuk berhay-hay ria sesama kelinci loh ...
    Xixixi ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kedatangan pembaca imut...๐Ÿ˜
      Hay mas himawant.
      Hay..hay... Hay...
      (Malah yang komen yang berhay ria..)

      Kelinci pakai pampers... Wkwk... Iya ya, untung kelinci nggak perlu pampers, bisa repot dong. Pelihara kelinci berasa punya bayi...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus


EmoticonEmoticon