10 fakta unik si panas api

10 fakta unik si panas api


Via.pixabay

panas, pasti itu yang terpikir di kepala kita saat mendengar kata api. Yah, mau gimana lagi api kan emang panas. Dan karena panasnya inilah kita bisa makan makanan kesukaan upin dan ipin
ayam goreng

betul.. betul.. betul๐Ÿ—๐Ÿ—๐Ÿ—

api sendiri adalah salah satu elemen yang ada di bumi ini dan tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk masak, untuk masak, untuk masak, untuk…. Masak lagi
he... he…๐Ÿ˜๐Ÿ˜

ada juga api yang nggak boleh dibiarkan terus-terusan, berbahaya, dan waspadalah, waspadalah…. Ia ialah…
Api cemburu.๐Ÿ˜ก
Wkwk….
Hayoo siapa yang suka terserang api cemburu ini....

Sebelum jiwa-jiwa sobat memanas karena ocehan saya, langsung aja lah kita meluncur.๐Ÿ‚๐Ÿ‚

Tarik nafas dulu…
Keluarlah.
Eits… keluarkan๐Ÿ™

1. api  punya sejarah yang panjang, (mungkin tak sepanjang jalan kenangan) banyak sumber yang menerangkan api ditemukan sejak zaman purba. Kira-kira pada zaman lower paleolitik, sekitar 790.000 tahun yang lalu. Tapi dalam sebuah makalah yang diterbitkan Nature mar 2011 seorang peneliti, Roebroeks dan villa menjelaskan bahwa itu adalah sisa kebakaran pada masa itu. Penemuan api untuk keperluan manusia diperkirakan terjadi pada 200.000 – 400.000 tahun yang lalu, hal ini dibuktikan melalui situs penemuan di gua Qesem, Israel.

Via.pixabay

2. warna api bisa digunakan untuk membedakan suhunya lho. Warna api sebenarnya dibagi menjadi 4, transparan/hitam, putih, biru, dan terakhir kuning. Api berwarna transparan adalah api yang paling panas dengan suhu paling tinggi, kemudian diikuti oleh putih, biru dan kuning dengan suhu paling rendah. Ada juga api yang warnanya hijau, yaitu api yang timbul karena adanya campuran alkohol.

3. nggak cuma makhluk hidup yang perlu oksigen, api pun juga perlu udara untuk menyala. Jika kadar udara makin rendah nyala api juga akan lemah. Contohnya saat kita menyalakan kompor, api yang berada dibagian bawah pasti transparan, kemudian putih, biru dan terakhir kuning. Warna transparan tersebut timbul karena mendapatkan lebih banyak udara dari gas.

4. hanya di bumi lho. Ada api. Kenapa? Karena hanya di bumi lho ada yang namanya oksigen. Jadi kamu nggak akan menemukan api jika berkunjung ke mars, jupiter, atau bahkan pluto. (Jauh banget liburannya....)
Dan hanya kamu lho yang ada di hatiku...
Ea...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜’

Baca juga : Ini nih, 8 fakta luar biasa lautan
Baca juga : 10 angka ini, katanya pembawa sial lho

5. kalian pasti pernah dengar yanga namanya api abadi kan, yaitu api yang tidak  bisa padam, bahkan kalau diguyur air satu ember ๐Ÿšฟ๐Ÿšฟ(satu ember mah sedikit)
Yah, tambah 9 ember jadi total 10 ember
Kurang banyak atuh...
Oke, tambahin 5 ember jadi 15 ember.
(Kok malah tawar menawar๐Ÿ˜•)

Banyak banget api abadi di bumi ini. Di Indonesia sendiri juga ada api abadi, yaitu api abadi Mrapen di kabupaten Grobogan, Jawa tengah. Ada sebuah legenda yang menceritakan bahwa api abadi Mrapen ini muncul ketika Sunan kalijaga yang baru mengalahkan Majapahit mencari air untuk para prajuritnya. Ia kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah, tapi bukan air yang keluar, justru api.
di Australia tepatnya di gunung wingen juga ada api yang sudah menyala sejak ribuan tahun yang lalu, sekitar 6000 tahun lalu. Api ini bersumber dari batu bara yang ada di bawah tanah’
Tapi api abadi yang paling menakutkan itu ya Cuma satu.

Api NERAKA.๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ
Belum bayangin aja udah ngeri duluan.
Amit-amit deh.๐Ÿ˜–

Via.pixabay

6. kebakaran pasti hal paling menakutkan yang disebabkan oleh api, hampir tiap hari rasanya saya lihat berita di tv tentang kebakaran. Dan kebakaran terparah yang pernah tercatat dalam sejarah terjadi pada tahun 1666 di London, atau yang lebih di kenal dengan Great fire london. Saking dahsyatnya kebakaran ini menghanguskan hampir 80% isi kota. Namun kebakaran besar ini juga telah berhasil membunuh binatang yang membawa wabah pes yang telah merenggut 65.000 jiwa.

7. pernahkah sobat mendengar kata spontaneous human combustion (SHC),
Tik...tok...tik...tok...๐Ÿ™Ž๐Ÿ™Ž๐Ÿ™Ž๐Ÿ™Ž
Krik...krik...
mungkin pada jawab enggak (bacanya aja males banget)
SHC adalah suatu kejadian dimana tubuh manusia bisa terbakar secara tiba-tiba tanpa bersentuhan dengan api. Agak aneh dan tidak masuk akal memang, tapi peristiwa ini sudah banyak terjadi lho. SHC sendiri pertama kali diperkenalkan oleh dokter Thomas Bartholin tahun 1641. Penyebabnya belum diketahui pasti sampai sekarang, berbagai macam teori diungkapkan, seperti, listrik statis dalam tubuh penyebabnya.
Pada tahun 2010 lalu, di Galway, Irlandia seorang pria bernama Michael faherty di temukan tewas dirumahnya dengan kondisi tubuh yang sudah hangus terbakar. Meskipun ia terdapat di dekat tungku perapian namun hasil penyelidikan tidak membuktikan bahwa penyebab kebakaran berasal dari perapian tersebut. Banyak sekali kejadian seperti ini, jika penasaran bisa cari selengkapnya di internet ya. (capek juga kalau nulis panjang, entar malah kayak koran)

Baca juga : Ini dia, 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

Via.pixabay

8. Ada great fire london, ada juga Api naga hitam (busyet, kayak makhluk fantasi dalam film) api naga hitam adalah peristiwa kebakaran terparah yang terjadi di era modern pada tahun 1987 di China dan Uni soviet. Kebakaran ini melahap lahan seluas 20 juta hektar atau hampir setara dengan pulau jawa.

Via.pixabay

9. Gimana ya rasanya jadi pengendali api? Mungkin terdengar aneh juga mengerikan. Tapi katanya seseorang bisa mengendalikan atau memanipulasi api melalui pikiran.
Hah...๐Ÿ˜ฑ
Kemampuan tersebut disebut dengan pyrokinesis. Kata pyrokinesis sendiri mulai dikenal masyarakat tahun 1980 melalui novel karya stephen king yang berjudul firestarter.
Pyrokinesis belum benar-benar terbukti alias diragukan oleh banyak orang karena dianggap mustahil, tapi beberapa praktisi bela diri dan biksu di Tibet bisa melakukannya lho.
Sebenarnya pyrokinesis hampir mirip dengam telekinesis, yaitu kemampuan menggerakkan benda melalui pikiran.

Via.pixabay

10. Ada juga beberapa material yang tahan api atau biasa disebut fire resistan material. Biasanya digunakan untuk pakaian para pemadam kebakaran. Pakaian pemadam kebakaran itu berlapis-lapis lho bahannya supaya mereka bisa lebih tahan terhadap api. Lapisan terluar dari pakaian mereka terbuat dari nomex/kevlar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari api, lalu moisture barrier, dan thermal barrier sebagai lapisan paling dalam untuk mencegah para pemadam merasa kepanasan.
Selain pakaian pemadam kebakaram ada juga material lain yang tahan api, seperti kain yang terbuat dari fiberglass, dam pakaian para pekerja pabrik yang terbuat dari modacrylics.

Baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia

Lagi-lagi saya inget sesuatu nih, dulu waktu masih kecil saya suka main masak-masakan pakai api, ada suatu kejadian dimana bukan kayunya yang saya bakar tapi malah rambut saya yang kebakar. Untung Cuma sedikit.
Pernah juga saya hampir bakar rumah orang gegara main api di tumpukan kapuk yang buanyak banget (soalnya mau dijual). Alhasil saya dapat hadiah berupa jeweran di telinga.
Atau pas kakak saya main api pakai plastik dan tetesannya jatuh pas di tangan saya. Sampai sekarang bekasnya masih ada. Dan yang terakhir saya hampir bakar rumah sendiri, karena ketiduran dan biarin lilin melahap meja pas mati lampu.

Ini isyarat, saya nggak boleh deket sama si api. Kayaknya api sensi banget sama saya…
Oke, dah, saatnya berpisah sejenak.
Dan...
See you….

48 comments

  1. Setelah baca postingan ini baru tau bahwa ternyata api ada level panasnya, sebelumnya yg saya tau api itu ya panas aja... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan buat nambah ilmu mas๐Ÿ˜„
      Walaupun ada yang paling panas ato nggak terlalu panas tetep aja nggak berani deket-deket.
      Soalnya... Ya... Panas...
      He..he...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Delete
  2. api berguna untuk kehidupan kita, tapi bisa juga berbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak pisau, bisa buat masak, bisa juga buat bunuh... Ayam trus dimasak. Intinya ingat kata orang bijak.
      "Jangam bermain api๐Ÿ˜ˆ"
      Main badminton aja, siapa tahu bisa kayal jojo☺

      Delete
  3. Replies
    1. Iya, amit-amit, jabang bayik mas๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–, Semoga kita semua terhindar dari perbuatan tercela, sehingga bisa terhindar dari api neraka juga.
      Ingat! Ibadah, sedekah, bakti sama orang tua, (kok malah ceramah....๐Ÿ˜‚)

      Delete
  4. Replies
    1. Wk..wk... Namanya juga api mas, kalau dingin namanya air es.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  5. Di Madura juga ada api abadi mbak, namanya api tak kunjung padam. Apinya kadang dibuat untuk memanaskan bahan wkatu pembuatan clurit madura.

    Saya tahunya biru terpanas karena berhubungan dengan warna yang memiliki kekuatan paling tinggi. Lupa, kalau ada transparan yang merupakan gabungan dari berbagai warna, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, di madura juga ada tow... ๐Ÿ˜ฎ
      Iya mabk, coba perhatikan kalau nyalain lilin bagian bawahnya pasti berwarna transparan atau hitam...

      Delete
  6. Mau dong jadi pengendali api, kaya flim anime jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak filmnya aang, the legend of avatar atau kayak sasuke...(saya tetap mau kayak naruto๐Ÿ˜)

      Delete
  7. Sepertinya saya lebih cocok jadi pengendali api sajalah. Biar tidak ada lagi istilah api abadi, ya itu pemadam api cemburu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ide bagus tuh mas,
      "Tuan djangkaru si pemadam api cemburu"
      Ha..ha...
      Biar dunia ini lebih damai tanpa rasa cemburu.
      Ea...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  8. Versi unik terbaru adalah soal api, membaca tulisan ini membuat saya harus refleksi diri. Mengingat di dunia ini hanyalah semantara. Perjalanan akhirnya adalah...#berbuat baik

    Terima kasih mbak Astria. tulisan ini jika dilihat dari sudut yang berbeda, membuat kita harus melihat diri kita ya, sudah benar atau belum...? hehehe

    Terima kasih, saya suka bangat, tulisannya sangat reflektif

    ReplyDelete
    Replies
    1. He...he... Makasih lho kaka vila sudah mau melihat tulisan saya secara lebih mendalam dan mengambil sisi positifnya. Saya merasa tersanjung dan seneng banget nih๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
      Malah, komentarnya kaka vila yang bikin saya refleksi diri.
      He..he...

      Delete
    2. Benar mbak Astri, postingan ini sangat suka. coba baca secara seksama dan melihat diri, sudahkah solat 5 waktu, ke gereja, wihara, dan lain sebagainya. Jika tidak dan belum lihat api unggun ini kwkkwkw. salam hangat dan tetap semangat ya. salam

      Delete
    3. Wkwk, semoga yang lain juga bisa menilai seperti itu ya. Biar saya nambah kebaikan juga.
      Salam hangat kembali kaka vila
      Semangat... Semangat...๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Delete
    4. Hallo mbak Astria. mana tulisan terbarunya..#menunggu

      Tetap semangat dan jaga kesehatan,, salam

      Delete
    5. He...he.. Musti belajar dulu nih, berasa kayak anak sekolah lagi๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
      kalau ada yang mnanti jdi lebih semangat.
      Salam kembali kaka vila

      Delete
    6. Hehhee menulis sambil riset terlebih dahulu itu hebat, tetap semangat mbak... Pasti bisa...

      Delete
    7. Yo'i kak tetep semangat dan pantang menyerah biar kayak kaka vila dan lainya๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

      Delete
  9. Dan yang gua tau, api itu panas ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang saya tahu es itu dingin, ha..ha...
      Api boleh panas, tapi hati jangan mudah memanas....
      Keep calm...๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Delete
    2. Hati gua nggak pernah panas, kalau sampai panas, gua bilangin " hati jangan sampai panas, cukup yang panas itu api aja " ckck

      Delete
    3. Enaknya kalau berlaku juga pas sakit hati, tinggal bilang "woe hati jangan sakit dong, gue jadi nggak doyan makan nih"
      Dan si hati nurut. Wkwk...

      Delete
  10. Wah...kalau "Api Asmara" warnanya apa ya mba Astria? hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hem... Kalau ditrawang-trawang warnanya warna-warni nih, cinta kan memang penuh warna...
      Ha..ha...

      Delete
  11. ada pepatah mengatakan, jangan bermain api. apalagi musim kemarau begini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Betul... Betul.... Bisa kebakaran jenggot entar, wkwk...

      Delete
  12. Waduuuh .., sampai kebakar gitu cemburunya,eh ... maksudku rambutnya kak Astria gegara main masak-masakan waktu kecil dulu ๐Ÿคฏ.

    Yook akh kita ngga usah pada suka 'bermain api' ... , ntar yang ada malah jadi bencana.
    Senengnya cuma sesaat, tapi efek deritanya ... luaaarrr binasa,eh luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk... Iya mas himawant, pengalaman masa kecil yang agak ekstrem tuh.
      Bener, jangan suka main api sembarangan, ada manfaat banyak juga resikonya.
      Tapi jika kamu pengendali api yang baik seperti sasuke dan ang, mukin bisa dicoba (eh, jangan ding.. )

      Delete
  13. sampai sekarang saya masih beranggapan kalau orang punya kekuatan menggerakkan benda dari pikiran itu rasanya mustahil dan seperti film-film aja ya mba. ternyata benaran ada ya wadaw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pikiran kita sama mbk ajeng๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„, tapi yang kedengaran nggak mukin dan mustahil itu kdangkala nyata cuma nggak banyak yang percaya.

      Delete
  14. itu ada kebakaran yang luas banget. berarti bukan di daerah saya aja yang pernah kebakaran. di sono parah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mangs abdul, alhamdulilah kita masih terhindar dari bencana semacam itu. Cukup disana, jangan di sini juga, jangan ada lagi juga...( duh, ini kok kayak puisi jadinya..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚)

      Delete
  15. di neraka, jin yang dicipta dari api pun dibakar dengan api yang nilainya lebih tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan jangan sampai kita masuk dalam pengikut jin itu.
      Istighfar....

      Delete
  16. Yang penting jangan main api ya, hehehe, nanti terbakar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbk tuteh, jangan main api apalagi maiem hati. Wah... Bahaya tuh..

      Delete
  17. hohohooo, aku seperti merecall kembali pengetahuanku tentang api
    banyak yg lupa, banyak yang "oh iya juga ya"
    hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, jadi pengingat he..he...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

      Delete
  18. Bener jangan suka main api kalau nggak ingin terbakar itu pepatah atau kata orang tua ya? Hehehe.. Api..! Aku paling takut terbakar api.. api cemburu.. Hahaha...

    Wah waktu kecil mbak Astria seneng main bakar-bakaran ya? Wkwkwkwk.. Untung nggak sampai kebakaran.

    Hanya satu yang bisa mengalahkan api.. yaitu air tapi kudu banyak airnya ya kalau sedikit nggak mungkin lah yaow..
    Salam sukses mbak Astria..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Api cemburu, emang serem yak, panasnya di dalam nggak diluar, dikasih minum air juga nggak padam-padam.

      Ha..ha.. Iya mbk fidy saya dulu suka banget maen api tapi kok sering kena batunya juga๐Ÿ˜‚.
      Salam sukses kembali mbk fidy๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Delete
  19. Duh jadi banyak api dimana-mana tapi kalau dipikirkan memang api itu banyak guna dan manfaatnya tapi awas hati-hati api juga bisa membuat semua hancur termasuk Api Asmara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata orang lebih peka sama apinya cinta ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚, entah api cemburu, entah api asmara wkwk...

      Delete
  20. Ibarat seblak, ini api ada level2nya? Wah ngeriiii, cacut banet amit2 jangan sampai masuk ke ap neraka ya. Jadi mengevaluasi diri nih dengan ibadah dan perilaku sehari2 semoga menjadi lebih baik aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbak semoga kita selamat dunia akhirat ya..
      Duh, seblak, mendadak saya laper...

      Delete


EmoticonEmoticon