15 fakta unik televisi yang jarang diketahui orang

15 fakta unik televisi yang jarang diketahui orang

Via.pixabay

Hay sob.... Akhirnya bisa kembali nulis
Setelah masa-masa kelam lemburan kerja yang sukses bikin otak saya mogok nggak mau bikin artikel. He...he...

Kek motor aja, mogok

Kalian pasti pada punya Tv kan, atau paling nggak, tahu lah Tv itu apa.

Itu lo, yang rasanya enak, empuk, tinggal tambahin selai kesukaan cus deh sarapan pagi.

Itu roti mbak.πŸ˜’

Nah, Tv juga punya segudang fakta menarik yang mungkin nggak bikin kalian tertarik, tapi.... Apa salahnya tahu, nambah ilmu biar makin kece.

Makin pinter juga.

(Eta kebalik ya...)

1.  Televisi berasal dari kata "tele"(bahaya yunani) yang artinya jauh dan "visio" (bahasa latin)yang artinya "penglihatan".

Dan kata " televisi" sediri baru digunakan pada tahun 1907. Disingkat menjadi Tv pada tahun 1948. Dan entah sejak kapan kok kakek saya bilangnya tipiπŸ˜•

πŸ‘΄ nyalain tipinya cu...

Adek yang paling kecil bilangnya pipi😒😒

kayaknya saya perlu kopi....☕☕

2. Proses penemuan tv sampai jadi seperti sekarang ini memerlukan proses yang panjang banget lho sob. Kalau bahasa saya "mulek banget" lebih mulek dari hal mulek apapun yang sobat pikirkanπŸ˜‘πŸ˜‘
perlu berpuluh-puluh tahun sampai Televisi bisa sesempurna sekarang. itu sebabnya penemuan Tv dianggap sama pentingnya dengan penemuan roda yang sukses mengubah peradaban dunia.

Seperti menemukan cinta sejati yang sukses mengubah hidupmu...
Eaaaa...πŸ’

3. Kenalkan sob, John lagie baird, bapak penemu televisi. (Ayo sungkem, tanpa dia kalian gak bisa nonton Doraemon ato Upin-Ipin) John lagie baird pertama kali mendemonstrasikan karyanya ini pada tahun 1926 di London. Dimana televisi karyanya ini hanya bisa menghasilkan gambar dengan 30 garis vertikal, jauh dengan Televisi zaman sekarang yang bisa mencapai 1080 garis, bahkan sampai 4000 pixels.
Bayangkan seperti apa gambarnya...πŸ™Ž

Dalam jangka waktu 10 tahun hanya ada 100 set televisi yang berhasil terjual, tentu saja karena harganya yang mahal dan jumlah siaran yang sedikit. Tapi sekarang ada lebih dari 1 miliar set televisi di seluruh dunia lho.πŸ™€πŸ™€

Wowo...

Dan negara yang memiliki tv set paling banyak adalah China.
Wowo...

3. Bukan hanya John lagie baird, tapi ada banyak banget penemu dan peneliti lain yang sudah berusaha menciptakan televisi. Bahkan televisi yang diciptakan John lagie baird adalah sistem televisi yang juga sempat dikembangakan oleh Paul gottlieb nipkow. Ada juga Vladimir zworykin yang membuat televisi dengan teknologi tabung katoda.

Intinya terciptanya televisi ini nggak hanya karena satu orang sob, ada banyak banget penemu yang mencobanya, menambah dan menyempurnakan karya penemu sebelumnya. satu orang aja nggak cukup untuk menciptakan kotak ajaib ini....

Jadi hikmah apakah yang bisa kita ambil?

hal luar biasa itu tercipta dari kesabaran dan kerjasama.
Proses, konsisten, dan telaten....

Haiss... Kapan ya saya begitu....

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

Baca juga : 23 fakta unik mata yang super mengejutkan

5. Televisi dengan gambar berwarna berhasil dibuat pada tahun 1940 oleh ilmuan Peter goldmark. Televisi tersebut mempunyai resolusi yang jauh lebih bagus dari sebelumnya yakni 343 garis.
Lalu pada tahun 1954 perusahaan
Besar RCA dan CBS meluncurkan televisi berwarna ini ke pasaran. Sayangnya karena harga yang mahal dan masih kurangnya siaran berwarna pada masa itu, penjualannya tidak terlalu sukses.

Ya, segala sesuatu yang hebat selalu dimulai dari hal yang sulit dan kecil. Nyatanya sekarang televisi menjadi kebutuhan masyarakat juga. Harganya pun bervariasi dari yang ratusan ribu sampai ratusan juta. Tinggal pilih juga, mau cash apa kredit, dibawa sendiri apa diantarkan....

Eist stop... Kok malah kayak orang jualan.

Via.pixabay

6. Dibalik pembuatan televisi berwarna ini ada fakta uniknya lho. Jadi Tv berwarna ini dibuat setelah perang dunia kedua berakhir. Para warga Amerika yang menjadi korban perang tidak mau mengingat masa lalu yang kelam selama perang dunia, dan gambar Tv yang saat itu hanya hitam putih dianggap sebagai hal yang bisa membuat mereka mengingat masa lalu. Dan dimulailah perjalanan panjang menemukan tv berwarna. Tapi terlepas dari fakta diatas Tv berwarna juga muncul karena perkembangan zaman dan imajinasi para penemunya.

Via.pixabay

7. Dulu nggak ada yang namanya iklan Di Televisi sob. Iklan pertama yang tayang adalah iklan perhiasan yang tayang pada tgl 1 juli 1941 di New york. Sedangkan di Indonesia iklan baru muncul pada tahun 1963. Dan uniknya iklannya nggak kayak sekarang yang super wow dan memikat, yang efek vidionya bikin orang pengen langsung beli, ( atau langsung ngutangπŸ˜›πŸ˜›) tapi hanya berupa slide show dari gambar yang dicetak. Iklan yang muncul pun juga jarang, hanya ada beberapa seperti susu indomilk, hotel tjipajung, bir anker dll.

Tapi dulu juga belum ada telenovela ataupun drama korea sob. Jadi wajar lah.

Via.pixabay

8. Seiring kemajuan zaman, televisi pun mengalami yang namanya evolusi.
Eh?
Ha... ha... Kemajuan gitu lo maksudnya sob. Bahkan sekarang ini sudah ada yang namanya tv plasma. Tv plasma terbesar berukuran sekitar 103 inch.

Edah... Tv apa bioskop...

9. monyet oh monyet, monyet itu lucu nggak sih sob?πŸ™ˆπŸ™ˆ
Ini mau bahas monyet apa tv.
Dua-duanya dong, jadi pada tahun 1997 di Afrika ada kejadian lucu, dimana seekor monyet nakal nan usil mencuri antena televisi dikiranya pisang kali ya...

Wkwk...

Baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

Via.pixabay

10. Awalnya Tv tidak menggunakan remote untuk mengganti channel. Remotte control baru dibuat pada 1950 oleh Zenith company, tapi tidak menggunakan teknologi nirkabel seperti sekarang. Barulah pada tahun 1955, Eugene polley menciptakan remot control seperti saat ini.

Yang bisa bikin kita, para cewek melakukan tindakan berbahaya.

Bantal, cemilan, nonton tv dan remot ajaib di tangan...

Esok pagi berat badan nambah satu kilo.

Aaaa..😱😱

11. Sepakbola emang banyak banget penggemarnya ya.. Dari tua sampai muda dari muda sampai tua dari sabang sampai merauke, dari merauke sampai sabang, dari rumah ke sekolah, dari sekolah ke abang bakso.
Eh... 😧
Sepakbola is number one. Karena itu juga tv broadcast yang paling sering ditonton di seluruh alam semesta ini adalah siaran sepak bola / foot ball world cup.

Via.pixabay

12. Tv itu dulu mahal lho sob. Udah tahu?
Yah, basi dong.
Di Amerika pada tahun 1938 Tv yang hanya berukuran 3 inchi saja dijual dengan harga 1,5 juta, sedangkan yang berukuran 12 inchi 5,4 juta.
Dulu 10.000 aja udah banyak apalagi 1.000.000.


Baca juga : Ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

13. Meskipun sepakbola jadi idola tapi acara olahraga yang pertama kali disiarkan di tv adalah sebuah pertandingan baseball para anak SD di Jepang pada bulan September tahun 1947.

14. Tanggal 17 aguatus 1962 merupakan hari bersejarah bangsa Indonesia. Selain bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia, pada hari itu juga merupan hari dimana imdonesia melakukan siaran Tv pertamanya. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Puk angan yang keras.

Siaran Tv pertama itu menyiarkan upacara kemerdekaam indonesia di istana negara yang berlangsung sejak pukul 07.30 sampai 11.02.

15. Meskipun siaran tv pertama kali dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1962 tapi stasiun tv pertama yakni TVRI baru resmi dibentuk pada 24 Agustus 1962. Karena pada tahun itu Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Asian games ke IV.  TVRI menyiarkan semua pertandingan dan menyiarkannya ke seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Wah... Banyak juga ya ternyata, saya sampai belajar kesana kemari, ke kamar, ke dapur, ke depan tv, ke depan nasi, cuma buat nulis ini artikel. (Eh engak ding, sambil makan juga, nonton juga...πŸ˜†πŸ˜†)

Semoga pada puas ya...
Kalau nggak puas bisa nambah mie instan, biar kenyang..😜😜
Wkwkwk...., kayaknya saya sudah jadwalnya nonton naruto nih.

Dan mohon maaf, saya nggak punya adek, karena saya anak terakhir, kata adek saya nyebutnya pipi cuma buat bahan komedi ya... (yang ternyata enggak lucu sama sekaliπŸ˜‘)

See you....

10 komentar

  1. Haahaaa!! tapi zaman sekarang orang malah aneh..??😱😳 Gonta-ganti TV tetapi malah jarang ditonton...

    Malah senangnya cium2 pipi..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cium-cium pipi...πŸ˜‚πŸ˜‚
      Wkwk... Asal bukan sembarang pipi dicium, misalnya pipiring kotor, pipisang tinggal kulitnya. Ha...ha..
      Orang zaman sekarang memang aneh, aneh tapi nyata, nyata tapi kok aneh...

      Hapus
  2. awas... kebablasan makan cemilannya..nanti pipi-nya embul. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahu aja mas masandi, yang bikin artikel pipinya udah embul duluan...
      Wkwk..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  3. Faktnanya banyak yang belum saya tahu, ternyata begitu lah televisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas idris, kadang banyak hal sepele yang ternyata bisa bikin kita bilang "wow.." "oh..ternyata gitu"πŸ˜ƒπŸ˜

      Hapus
  4. Poin enam ini, saya baru mengerti. Memang benar juga ya, warna hitam-putih itu mudah mengingatkan akan sama lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He"eh mas, saya juga jadi ingat masa lalu...πŸ˜”
      Masa kecil maksudnya, πŸ˜‚πŸ˜‚dulu di rumah tetangga ada tv yang layarnya masih hitam putih.

      Hapus
  5. Dengan TV, pesta olahraga bisa dinikmati oleh banyak orang tanpa harus ke stadion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan selamatlah nasib kita-kita yang jauh dari stadion.
      Tetep bisa teriak penuh semangat, lompat-lompat, sampe nangis karena terharu.

      Hapus


EmoticonEmoticon