Gajah dan 20 fakta uniknya yang bikin takjub

Gajah dan 20 fakta uniknya yang bikin takjub

Via.pixabay

Gajah? Binatang besar dan kuat ini sangat menarik lho sob. Mungkin sobat semua yang suka main ke kebun binatang sering banget lihat si gajah ini. Yups, gajah memang termasuk binatang yang dilindungi.
Kabar buruknya...
Banyak kasus kematian gajah yang terjadi karena ulah manusia-manusia nakal yang cuma mengincar gadingnya gajah.
Sedih kan...
Tapi... Tetep aja kebesaran badannya itu nggak ada yang menandingi.
nggak cuma badan dan kekuatannya aja yang besar, gajah pun menyimpan fakta-fakta unik yang bakal bikin kalian semua makin sayang sama binatang ini.
Sayang... Sayang... Bin takjub😍
Mo tahu... Mo tahu?
Okey...

1.  Ada beberapa spesies gajah yang masih bisa kita lihat sampai saat ini. Yakni, gajah hutan afrika, gajah asia, gajah semak afrika, dan ada pula gajah kerdil atau pygmy elephants yang ukurannya cuma 2,5 meter (yang ini pasti lebih imut yak...) dan... Si pygmy elephant ini tinggal di kedalaman borneo lho.
Dari beberapa gajah di atas, gajah afrika adalah gajah yang memiliki ukuran paling besar. Tingginya bisa sampai 3,7 m dan panjangnya 7,5 m.
W-O-W banget kan. Ditambah lagi beratnya itu low, bisa sampai 6 ton. Ya iyalah karena dalam sehari gajah afrika ini bisa makan 100-150 kg makanan dan 200 liter air. (Nggak ada niatan diet sama sekali. Ha..ha...)

2. Di Jawa pun dulu juga ada gajahnya lho, tepatnya di sleman, yogyakarta.  Tahu Sleman artinya apa?
Nggak usah tahu dulu, biar saya kasih tahu aja he..he..
Sleman berasal dari kata alasing liman, yang artinya adalah...
Hutannya gajah.

Via.pixabay

3. Kepalanya segede itu, otaknya segede apa ya?...
Otak gajah memiliki ukuran yang paling besar di antara otak binatang darat lainnya, beratnya sekitar 5 kg atau 4-5 kali ukuran otak kita.
(kita, siapa?
Ya manusia dongπŸ˜’
Ohhhh...😌)
Tapi nggak cuma badan gede, otak gede. Gajah juga salah satu binatang yang cerdas lho. Mereka bisa mengingat berbagai hal dengan baik. Karena itu banyak gajah yang ikut dalam sirkus, bahkan mereka bisa mengingat tempat atau orang yang pernah mereka datangi atau temui bertahun-tahun lalu. Mereka juga ingat kalau seseorang pernah menyakitinya.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

4. Masa kandungan gajah itu lama banget sob. Kalau manusia cuma 9 bulan. Gajah mengandung bayinya selama 22 bulan (hampir 2 tahun😡)
Dalam kehidupan mereka pun gajah hanya bisa memiliki 4 anak, jarang sekali yang lebih dari itu. Itulah sebabnya gajah terancam punah dan dilindungi pemerintah.

5. Gajah termasuk binatang yang memiliki umur panjang. Mereka bisa hidup sampai usia 70 tahun, dan gajah dengan umur tertua, tercatat berumur 82 tahun. Alhamdulilah panjang umur juga ya...

6. Gajah juga punya dongeng, atau legenda lho.
Katanya ketika seekor gajah akan mati maka ia akan berjalan sendirian ke suatu tempat yang bernama kuburan gajah dan menunggu malaikat maut mencabut nyawanya di sana.  Beberapa orang percaya kalau mereka bisa menemukan tempat itu sudah pasti akan langsung kaya mendadak. Bahkan ada yang sampai menjelajahi dunia untuk menemukan kuburan gajah itu lho.
Benar atau tidaknya, saya sendiri nggak tahu. (Maap yak, maap...)

7. Jarang ada binatang yang bisa mengenali dirinya sendiri di cermin selain lumba-lumba dan monyet. Tapi... gajah, karena kecerdasannya ia bisa tahu lho kalau makhluk besar dalam cermin itu dirinya. Hi..hi... Lucu.
Coba tambahin bando pink, atau topi kira-kira ketiwi kagak ya..

Via.pixabay

8. Agak sedikit sadis, ketika anak gajah lahir maka si induk akan langsung menendangnya.
What.. 😱
Jangan kaget dulu, hal ini dilakukan untuk melihat apakah bayi gajah lahir sehat dan bisa bernafas dengan baik. Setelah lulus tes kesehatan ini barulah si induk akan menjilati anaknya sebagai bentuk kasih sayang.
(Tesnya berat...seberat kata-kata dilan)


9. Kalau mau main lompat tali jangan ngajak gajah ya sob. Ha..ha... (Kurang kerjaan juga)
Soalnya gajah adalah mamalia yang tidak bisa melompat. Kenapa?
Karena meskipun gajah memiliki 4 kaki, tapi ia tidak memiliki tempurung lutut.
Jadi hal mustahil, bisa melihat gajah lompat
Selain itu gajah ternyata juga berjalan dengam cara berjinjit, hal ini karena bagian belakang kaki mereka adalah lemak tanpa tulang.

Baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia
Baca juga : 23 fakta unik mata yang super mengejutkan

10. Kulit gajah itu sangat tebal lho sob. Yakni sekitar 1 inchi, dan uniknya gajah juga menggunakan lipatan-lipatan di kulitnya untuk membunuh nyamuk yang hinggap.
Jadi...
Hup, langsung dilipatπŸ˜†πŸ˜†

11. 50 kg kotoran gajah bisa dijadikan bahan baku untuk membuat 115 lembar kertas dan... Tahukah sobat kalau kopi yang berasal dari kotoran gajah harganya 2 kali lipatnya kopi luwak  nama kopi ini adalah black ivory coffee. Ada yang mau mencoba...?

Via.pixabay

12. Belalai gajah itu banyak banget fungsinya, mulai dari gayung buat mandi, tangan buat ngangkat-ngangkat sesuatu, sendok buat makan. Dan bla...bla... Lainnya. Fungsi belalai pada gajah ini memang hampir sama dengan tangan manusia. Bahkan nggak hanya buat angkat angkat beban berat aja. Belalai gajah juga bisa mengambil telur tanpa memecahkannya.
Ketika minum gajah bisa menyedot 14 liter air dalam sekali sedot lho ( nggak kembung apa...)
Dan meskipun badannya gemuk banget, gajah juga merupakan perenang yang handal, mereka bisa berenang selama 6 jam untuk menempuh jarak 50 km. Dan ketika berenang belalai gajah ini berfungsi sebagai snorkel yang super wow.
Tahu snorkel itu apa????
Hem, saya juga baru tahu. Itu low... Yang ada di atas air kalau lagi berenang.  Duh, bingung jelasinnya...

13. Manusia punya sidik jari, gajah punya lipatan kaki. Lipatan kaki pada tiap-tiap gajah selalu berbeda-beda.

14. Gading gajah sebenarnya adalah gigi seri yang terus tumbuh memanjang. Pada gajah jantan setiap tahunnya gading mereka akan tumbuh sepanjang 18 Cm. Fungsi gading pun sama pentingnya dengan belalai.
Pada gajah asia hanya yang jantan saja yang memiliki gading, sedangkan gajah afrika jantan maupun betina memiliki gading. Gajah menggunakan gadingnya untuk menggali, memindahkan batang pohon yang menghalangi jalan, menandai wilayah mereka dan bahkan juga sebagai senjata ketika bertarung.

Via.pixabay

15. Gajah memang binatang yang besar dan kuat. Dan hampir tidak memiliki predator sama sekali. Para singa atau harimau biasanya hanya memburu gajah yang lemah atau sendirian. Tapi tahu ndak kalau lucunya gajah justru takut pada dua binatang kecil ini...
Apaan tuh...
Tikus dan lebah.
Ha..ha.. Gajah ada-ada aja ya...

16. Kenapa sih telinga gajah lebar banget dan selalu bergerak-gerak begitu. Ternyata hal ini karena telinga besar gajah yang melambai-lambai itu (melambai?πŸ˜•)
Berfungi untuk mengatur suhu badan gajah, agar udara di tubuhnya nggak terlalu panas. Semakin lebar telinganya semakin banyak pembuluh darahnya dan semakin tinggi pula fungsi mengatur suhunya. Gajah semak afrika memiliki telinga yang paling lebar karena mereka tinggal di wilayah yang selalu panas.

17. Udah ketebak kan kalau gajah itu binatang yang sukanya makan. Yeps, mereka memang demen banget makan. Gajah menghabiskan sekitar 16 jam dalam sehari untuk kegiatan makannya ini, karena itu mereka juga hanya tidur sebentar yakni sekitar 4-5 jam. Dan gajah bisa tidur sambil berdiri lho.

18. Gajah itu punya perasaan yang ajaib lho sob, mereka bisa merasa sedih juga senang. Ketika ada gajah lain yang mati gajah akan berkabung bahkan menguburnya, atau ketika melihat tulang gajah lain yang mati mereka akan memberi penghormatan. Mereka juga bisa menangis ketika sedih. Saking emosionalnya gajah, pernah lho ada kejadian seekor gajah bernama Aisha yang mati katena patah hati. Saat jatuh cinta pun gajah akan sangat senang sampai bisa menimbulkan gempa kecil.
Woooo....

Baca juga : Ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu
Baca juga : Kamu suka musik? Wajib tahu 23 fakta unik musik ini

19. Eh, siapa nih yang waktu kecil suka isap-isap jempolnya? Atau malah sampai sekarang
Ha..ha...
Bayi gajah juga punya kebiasaan yang sama lho.
Tapi kan gajah nggak punya jempol, jadi sebagai gantinya mereka suka menghisap belalainya sendiri.
Ih Lucunya....

20. Gajah memiliki indra penciuman yang bagus, mereka bisa mencium bau air dari jarak 3,2 km jauhnya.
Saya juga gitu, ibu masak di dapur, baunya menggoda sampai kamar wkwkwk..
Tak hanya itu gajah juga bisa berkomunikasi melalui getaran di tanah lho.

Hemmm....
Semoga kita makin sayang sama gajah ya sob, dan jangan menyakiti binatang apapun untuk mendapatkan keuntungan materi. Yah.. Kecuali ayam potong... Kalau itu saya juga suka. He..he..
Dan maafkan kalau ada kekurangan dalam artikel ini ya, saya cuma mau berbagi aja.

See you..... You.. You... You... (Bergema)
See you😊




24 comments

  1. Fakta terakhir, gajah adalah hewan yang kecil, jika tidak ada hewan kecil, gajah baru dikatakan besar, apabila ada hewan kecil ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Fakta yang paling unik dari yang terunik itu.
      Ha..ha..

      Delete
  2. Kalau mitos tentang gajah hewan yang punya ingatan kuat itu betul gak, sih? Senang baca post ini, banyak pengetahuan baru yang aku dapat. Mereka kuat sekali ya, mengandung begitu lama. Aku gemas baca gajah hisap belalai, soalnya dulu aku hobi ngedot, hihihihi πŸ˜πŸ™ˆ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas kunjungannya ya gemes juga baca komentarnya, dan alhamdulilah kalau tulisan saya kasih banyak manfaat.
      Hi..hi...

      Delete
  3. Telinga gajah melambai-lambai ternyata itu fungsinya ya
    kirain mengipas-ngipas mengusir serangga yang ada disekitarnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi juga mbk maya, kalau telinganya gerak-gerak terus serangga juga nggak berani mendekat kecuali serangganya frustasi dan mau bunuh diri di telinga gajah.
      Ha...ha... (Garing amat becandaan saya)😢

      Delete
  4. Poin 15 gajah takut tikus itu beneran fakta ya? Kirain cuma becandaan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he. Iy mas heri, dulu saya kira juga cuma ada di kartun, ternyata eh ternyata.
      Setiap makhluk punya kekurangan..😁😁

      Delete
  5. Dari sekian fakta yg sudah disebutkan diatas, ada mitos loh seputar gajah, yaitu prihal Mani gajah yang sering digembar gemborkan orang sebagai alat pelet, kebenarannya saya kurang tahu sich... sepertinya cuma mitos saja, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, ada ya mitos begitu. Saya baru dengar...

      Delete
  6. Uniknya fakta tentang gajah ini ..
    Aku baru tau kalo dulu Sleman Yogyakarta itu pernah jadi markas kawanan gajah purba.

    Nice post,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya juga. Juga baru tahu, juga baru belajar....
      Waktu pertama tahu aja, langsung bilang wow... Trus kasih tahu ke bapak.
      Wkwk... Soalnya bapak saya suka sejarah

      Delete
  7. Ooo, Sleman itu berasal dari kata "alasing liman" ya, saya baru tahu ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, nambah ilmu baru buat orang lain😊😊

      Delete
  8. Baru tahu kalo anak gajah baru lahir malah ditendang sama induknya untuk mengetes, apakah bayi nya sehat atau ga.
    Emang pernah liat langsung ya? 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya bilang, tesnya berat. Ha..ha...
      Maaf mas, saya lihat gajah baru sekali waktu ke kebun binatang di surabaya. Tapi insyallah nggak bohong kok mas, soalnya referensinya buanyak banget..
      Datang lagi ya....

      Delete
    2. Ini datang lagi, tapi belum dikasih kopi sama cemilan, mumpung belum puasa.πŸ˜‚

      Delete
    3. Waduh, minta kopi sama cemilan ya..
      Ok..ok..☕☕☕πŸ©πŸ”πŸͺ
      Masih banyak mas kalau mau nambah ha...ha...

      Delete
  9. wah saya baru tahu nih tentang si belalai panjang, hehe
    menarik cara njelasinnya bikin ketawa sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.... Saya yang baca, malah ngetawain diri sendiri.

      Delete
  10. Haha, kebayang lucunya kalau gajah pakai bando, Mbak..bagus kali yaa buat fabel..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy mbk, pasti lucu bangetπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚, apalagi kalau gajahnya masih kecil.

      Delete
  11. Otaknya aja 5kg ya..he
    Aku penasaran pengen naik gajah, asik kali ya..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti asyik banget mas, saya juga pengen. Pasti berasa naik gajah (lha emang gajah...wkwkwk...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚)

      Delete


EmoticonEmoticon