Bumi kita, punya 17 fakta unik ini lho

Bumi kita, punya 17 fakta unik ini lho

Via.pixabay

Tinggal di mana neng?
Di bumi bang.
Ha... Ha... Aneh, pembukaam saya maksudnya.

Emang tu abang tinggal di mars....

Bumi merupakan planet ke tiga dalam tatasurya kita. Dan merupakan satu-satunya planet yang sampai saat ini bisa ditinggali manusia. ( dan makhluk-makhluk gaib tentunya)
Bersyukurlah sob karena bumi sekarang masih dalam keadaan baik, nggak tahu beberapa tahun ke depan akan kayak apa. Makanya sayangin dong buminya jangan sayang sama pacar mulu.
Kidding, eh, serius deh.
Mencintai bumi itu penting juga sob, karena kita tinggal di dalamnya.
Dan dalam kisah kali ini(kisah?😯)
Dalam wawancara kali ini(wawancara?😑)
Dalam pengajian kali ini(pengajian?😡)

Dalam ARTIKEL kali iniiii...
Yey betul.
(Ck...ck...ck...)

Ya sudahlah daripada saya makin ngelantur kagak jelas langsung aja ke point pertama
Cekidot...

Via.pixabay

1. Apa jadinya kalau kamu hidup di tempat paling kering di bumi?
Ya nggak hidup lah.
Untungnya nggak semua tempat di bumi ini kering kerontang ya sob. Seperti di gurun Atacama, chile, Peru, yang merupakan tempat paling kering di bumi atau gurun paling kering. Bahkan beberapa tempat di sana sama sekali nggak pernah kena air hujan lho. Udah pasti nggak ada yang nanem padi di sana....
Pasti haus banget tuh guru...
(Gurun😡)
Ok...ok....

2. Masih ingat dengan gaya gravitasi kan sob. Masih lah, masak harus dijelasin lagi. Intinya benda bisa jatuh ke tanah, kita bisa napak di tanah itu karena gaya gravitasi. Nah, tapi gaya gravitasi nggak merata di seluruh bumi, jadi ada beberapa tempat yang gaya gravitasinya lebih rendah dari tempat lainnya, seperti  teluk Hudson di Kanada. Banyak wilayah di kanada mengalami missing gravity atau gravitasi hilang. Hal ini di ketahui pertama kali pada tahun 1960 saat para ahli memetakan gaya gavitasi di seluruh bumi. Belum diketahui secara pasti apa sebabnya. Tapi ada 2 teori yang berkembang. Pertama karena perut bumi di Kanada berongga sehingga memperlemah gaya gravitasinya dan yang kedua karena beribu- ribu tahun lalu ada lapisan es di bawah Kanada yang ketika mencair menimbulkan guncangan, efek dari guncangan tersebut meredam gravitasi di Kanada sampai saat ini.
(Ngomong-ngomong hantu yang melayang itu pengaruh gravitasi ato apa yak😶)

3. Pasti sudah sering dengar kalau bumi ini punya kembaran, atau ada planet lain yang konon katanya bisa dihuni selain bumi. Bener atau enggaknya masih belum tahu sih, soalnya sampe sekarang kan masih diteliti. (Kalaupun ada... Entahlah)
Dan planet kepler 22-b adalah salah satu  planet yang katanya mirip dengan bumi karena memiliki zona habitat yang memang mirip.
Dan masih banyak banget planet-planet lain yang katanya mirip dengan bumi. Mirip doang kan nggak cukup ya,  (Buat saya bumi nggak tergantikan.. Love you bumi)
Eh, katanya juga bumi itu dulunya emang punya kembaran yang namanya Theia, ukurannya hampir sama dengan mars. Tapi Theia ini lenyap setelah mengalami tabrakan dengan bumi, salah satu pecahannya kemudian menjadi material pembetukan bulan.

Baca juga : Mitos-mitos kehamilan di berbagai negara
Baca juga : 14 fakta unik warna ini pasti bikin kamu penasaran

4. Mungkin kita nggak menyadarinya kalau setiap harinya bumi dijatuhi material antar planet seperti debu-debu dari luar angkasa yang kalau disatukan beratnya bisa mencapai 100 ton.
(Banyak banget...)

5. Di bumi juga ada tempat yang panasnya minta ampun, yaitu di El azizia libya. Berdasarkan data dari Nasa eart observatory, pada tanggal 13 september 1922 suhu di tempat tersebut  mencapai 57,8°C (panas....)
Pasti kagak ada yabg mau liburan kesana walaupun dibayar sebanyak apapun... (Tapi nggak tahu juga ya... Ha.. Ha...)
Tapi, ingat masih ada yang lebih panas sob. Apa tuh?
Neraka.
Maka dari itu, hindarilah perbuatan jahat dan tercela sobat semua ( hadeh, nyolong ceramah lagi, ceramah kok nyolong-nyolong. Dosa woe...)

Via.pixabay

6. Bumi kita ini udah renta sob, udah capek, ibarat manusia, udah keriput, banyak luka. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, bumi diperkirakan berumur sekitar 4,54 miliar tahun (busyet, tua banget kan) penelitian ini dilakuan dilakukan dengan cara menghitung umur dari batu tertua di bumi lho yang letaknya ada di teluk hudson kanada juga. Nama si batu tua ini "nuvvuagittuq belt.
Banyak bukti yang menunjukan kalau bumi kita memang semakin tua, pasti kamu sering banget kan lihat berita di tv tentang iklim yang semakin berantakan, pemanasan global, longsor, gempa.
Bumi ini sedang dalam masa sakit, kritis, tidak bisa lagi menyeimbangkan alam.
Jadi kalau sudah sadar bumi ini udah tua, apa masih nggak mau merawatnya. Orang aja kalau udah tua butuh bantuan orang lain untuk tetap hidup, apalagi bumi, pasti butuh bantuan kita untuk tetap layak dihuni, ingat sob nggak ada rumahsakit untuk bumi. (siap bu ir.alam)
Ir.alam? Emang ada....?

7. Antartika adalah tempat paling dingin di dunia...
Eits, jangan percaya. Hoax... Tempat terdingin di bumi bukan antartika sob. Meskipun antartika dinginnya luar biasa dengan suhu mencapai -73°C tapi masih ada tempat yang jauh lebih dingin. Pada tanggal 21 juli 1983 di vostok rusia suhunya tercatat mencapai -89,2 °C
(Masyaallah, kayaknya kalau saya kesana langsung beku)
Kalau jualan kopi jahe angeg disana, laku kali ya...

Via.pixabay

8. Apa yang sobat lakukan kalau melihat matahari terbit selama 24 jam penuh? Siang terus tanpa malam.
Wah, kayaknya bakalan jerit-jerit sambil baca ayat kursi ya, tobat dadakan gitu. Karena disangka mau kiamat.
Tapi ini bukan kiamat sob, peristiwa alam ini emang udah biasa terjadi.
Midnight sun, dimana matahari akan terbit selama 24 jam penuh. Biasanya tejadi di beberapa tempat di kutub utara dan selatan. Bukan di Indonesia ya, kalau sampai ada midnight sun di Indonesia kayaknya kiamat emang udah dekat

Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

9. Kebanyakan planet yang kita kenal saat ini pasti memiliki nama yang berasal dari mitologi yunani atau romawi. (Jadi inget percy jackson) Dan bumi adalah planet yang namanya tidak bersal dari mitologi manapun. Hem...
Kalau di Indonesia kita memang menyebutnya bumi, karena dalam bahasa sanserkerta bhumi artinya tanah, sedangkan dalam bahasa inggris, bumi adalah earth. Yang berasal dari kata aglo saxon "erda'' yang artinya tanah. Penyebutan earth sendiri dimulai sekitar 1000 tahun yang lalu. Wow....

10. Bumi memang sering dilanda bencana alam, seperi gempa dan gunung meletus. Hal tersebut ternyata karena bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki lempeng tektonik, yang akan bergerak setiap tahunnya. Nah, pergerakan lempeng inilah yang kadangkala menimbulkan gempa,Tapi meskipun bencana tersebut menimbulkan banyak kerugian, ini adalah cara bumi untuk tetap menjaga keseimbangan alam lho, misalnya kalau habis gunung meletus tanah tanah di sekitarnya akan subur, nanam apa aja langsung jadi (emang mi instan)
Dan yang terpenting, mengingatkan kita sama yang maha kuasa.

Via.pixabay

11. Siapa nih yang suka mendaki gunung?
Walapun bukan pencinta hobi panjat gunung (eh, panjat gunung?)
Yah, itulah pokoknya. Sobat pasti pernah dengan kalau puncak tertinggi bumi adalah puncak everest yang tingginya mencapai 8.848 m di atas permukaan laut.  Ya, emang tinggi banget sih, tapi ada lho gunung yang jauh lebih tinggi dari everest. Yakni mauna kea.
Yups, mauna kea yang ada di hawai. Ketinggian mauna kea hanya 4.250 m,
Lho kok,
tapi.....
Itu karena kaki dari gunung ini tersembunyi di dalam laut, yang kalau dihitung dari dasarnya, tingginya bisa mencapai 10 ribu meter lho.

Baca juga : 20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

12. Dulu orang berpikir kalau bumi itu adalah pusat tata surya lho sob. Semua benda antariksa berputar mengitari bumi, tapi anggapan ini kemudian dipatahkan oleh nicolaus copernicus. Dialah astronom pertama yang membuktikan bahwa bumi bukan pusat tata surya, dan bumi berputar mengitari matahari, begitu juga planet-planet lainnya. Teori ini disebut dengan teori "heliosentris"

13. Bumi berputar dengan kecepatan yang luar biasa, yakni 1670 km/jam
Widih, mobil balap manapun lewat nih.
Beruntungnya kita karena dengan kecepatannya yang sedimikian rupa kita tidak merasakan apapun. Gravitasi bumi juga berperan besar dalam hal ini. Gak kebayang kan kalau ketika bumi berputar secepat itu trus kita oleng kesana kemari kayak ada angin ribut dimana-mana, pengangan tiang liastrik, pegangan pohon, pegangin tangannya pacar orang (trus digampar) yang tadinya di Indonesia tiba-tiba nyampe Amerika Hua..ha... Ha
Imajinasi macam apa ini

14. Mungkin sudah pada tahu kalau sekitar 70 ℅ bagian bumi adalah permukaan air, (sekali lagi saya ingatkan makin hari permukaan laut makin tinggi)
dimana samudra terbesar adalah samudra pasifik dengan luas 181 juta km², disusul oleh atlantik 94 juta km², kemudian hindia 74 juta km².
Di mana mana air, pantas sering banjir. Gak kebayang kalau misal kutub utara dan selatan nanti mencair, kebagian berapa persen kita sob....
Saya kan mau punya rumah buesar dengan halaman yang luas banget.

15.  Penasaran nggak berapa jumlah manusia yang pernah hidup di bumi ini?
Saat ini bumi dihuni oleh sekitar 7,4 miliar manusia (yang masih hidup ya sob.)
Karena rasa penasaran kita terhadap jumplah manusia yang sudah menghuni bumi. Sebuah lembaga di Amerika yakni RPB, melakukan penghitungan tersebut dengan memperkirakan jumlah manusia sejak 50.000 tahun sebelum masehi. Dan hasilnya menunjukan
108, 2 miliar.
Yups, sekitar 108,2 miliar manusia sudah pernah lahir dan mati di bumi ini.

Baca juga : 20 fakta unik dan menarik dari handphone
Baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

16. Kira-kira apa spesialnya 22 april sob?
Earth day, hari bumi jatuh pada tanggal 22 april yang merupakan hari resmi pertama musim gugur di belahan bumi selatan dan musim semi di belahan bumi utara. Yang tanggal lahirnya 22 april pasti bangga banget ya, dan harus lebih cinta alam dong. Kan ulang tahunnya samaan sama bumi.

17. Bentuk bumi itu katanya emang bulat, (kayak pipi saya😩) tapi nggak bulat sempurna lho.  Karena di wilayah khatulistiwa lebih menonjol yang disebabkan oleh gaya gravitasi. Seiring berjalannya waktu bentuk bumi juga bisa berubah. Karena bagaimanapun juga bumi juga memiliki elastisitas.

Lanjutan...
Emang abang tinggal dimana?
Di mars neng...
Hah, ternyata abangnya alien...
Aneh lagi, penutupan saya maksudnya

Ha... ha... Saya harap artikel ini bisa bermanfaat dan bikin kita semua makin sayang sama bumi. Mari siapkan rumah yang layak dihuni untuk anak cucu kita kelak, udara yang sehat, alam yang hijau, dan limpahan air bersih. Duh, udah kayak bu ir. Alam... (Ir alam lagi, emang ada ...)

Ok sob, kalau kangen saya datang kemari lagi ya. Gratis kok... He... he...

See you....
Muach...muach...

19 komentar

  1. bumi gak lelah yah terus berputar tapi sdh banyak kerusakan yang bikin bumi berat untuk terus berputar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan bumi, sudah tua. Sebagai calon penghuni yang baik, he..he... Mari sama-sama menjaga bumi😄

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. udah tonton flat earth 101 blum??
      coba deh tonton ��

      Hapus
    4. udah tonton flat earth 101 blum??
      coba deh tonton ��

      Hapus
  2. Aku paling penasaran pengin lihat Midnight Sun ....

    Kayak apa rasanya ya berada di negara yang nonstop 24 jam bermatahari penuh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga penasaran mas himawan,
      Kalau saya ngebayangin, mukin rasanya antara takjub sama ngeri.

      Hapus
    2. Betul 😁
      Kita juga pasti sulit merem tidur saat waktunya malam hari,ya ...

      Biar gimanapun,meski pakai AC kalau malam hari ada penampakan matahari ... temperatur udara sekitar tetap beda.

      Hapus
  3. sungguh mencengangkan fakta2nya Mbak, apalagi Bumi setiap harinya dijatuhi material dari luar Angkasa, jadi kebayang bagaimana klu tidak ada Atmosfir, bisa2 benda tersebut nimpuk kepala kita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa.. Ha..ha.. Iya kang nata. Saya juga baru tahu waktu cari bacaan buat nulis artikel (jujur amat) hidup kita itu tergantung sama adanya atmosfir.

      Hapus
  4. Mirip pelajaran kelas 4 SD nih, kemarin baru menyampaikan materi ini.. Hhh

    BalasHapus
  5. coba tonton flat earth 101 deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, belom. Tp kyaknya bgus. Saya suka film-film yang berkaitan tentang bumi dan angkasa

      Hapus
  6. coba tonton flat earth 101 deh

    BalasHapus
  7. sungguh sempurna ciptaan Allah raja sekalian alam ya mas.

    semoga dengan mengetahui fkta2 unik diatas menjadikan kita semakin takwa kepadanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas yanto cungkup. Tapi ngomong-ngomong saya kok d panggil mas ya😂😂😂😂

      Hapus
  8. Bumi sampai saat ini masih menjadi "misteri pribadi" bagi saya. Saya masih bertanya-tanya, kenapa ya ada wanita-wanita cantik yang dilahirkan di bumi? Apakah mereka semua "tercipta" untuk saya...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa ha...ha.. Ngakak bca komennya mas dody purwanto. 😂😂😂
      Kalau semua wanita cantik buat mas dody kasihan atuh temennya.

      Hapus


EmoticonEmoticon