14 fakta unik warna ini pasti bikin kamu penasaran

14 fakta unik warna ini pasti bikin kamu penasaran

Jadi, kamu suka warna apa? Merah ya?, atau pink?, atau biru?
Ha..ha...
Mau bahas fakta unik warna aja pakai tanya begitu. Tapi nggak papa lah ya, kan biar makin deket sama sobat semua. Tak dekat maka tak sayang (perasaaan, tak kenal maka tak sayang deh)
Salah dikit... Hi..hi...
Gak papa lah.

Via.pixabay

1. Tahu nggak sih, tahu nggak sih.... Itu low tetangga sebelah kok mobilnya baru lagi.
Eh, eh, stop!
Haduh, kliru he..he... Kok malah ngrumpi.
Serius nih, udah pada tahu kah, kalau warna bisa mempengaruhi cita rasa makanan atau minuman.
Dalam sebuah penelitian menunjukan kalau kopi lebih nikmat diminum dari cangkir yang berwarna coklat, sedangkan coklat dari cangkir berwarna orange. (Silahkan dicoba untuk membuktikan, saya sih cangkirnya bening semua jadi nggak bisa coba, gelas maksudnya) mungkin ada yang mau kasih saya cangkir?
Hi...hi...
Monggo.

Via.pixabay

2. Apa sobat semua sadar kalau restauran restauran fast food seperti KFC, McDonalds dll, mempunyai logo dengan background warna merah.
Hem, kenapa ya?
Jadi, ternyata warna merah itu emang bisa membangkitkan selera makan kita, sebanyak 84,7% orang membeli suatu makanan karena tertarik oleh warnanya. Menurut ahli psikologi warna merah dan kuning memang bisa membangkitkan selera makan. mungkin makanannya jadi kelihatan seksi gitu ya hi...hi....

Baca juga : 10 hal sederhana yang membuat bahagia

3. Meskipun warna merah bisa membangkitkan selera makan, tapi warna merah juga bisa bikin kita jadi Down lho. Dalam kegiatan belajar sekolah ketika guru memberi nilai dengan warna merah hal tersebut ternyata dapat membuat siswanya jadi makin malas untuk belajar.
Murid : kalau gitu bu guru, jangan kasih nilai merah lagi ya.
Bu guru: iya nilainya udah hitam semua kok.
Ye...ye...
Ternyata... Hitam sih hitam tapi tetep aja cuma 50. Remedi lagi, remedi lagi
Ha..ha...
Sekilas short story.

Via.pixabay

4. Siapa nih pecinta warna pink? Pasti kebanyakan cewek kan. Warna pink adalah salah satu warna yang bisa meredakan rasa marah dan bikin hati yang panas jadi dingin lagi. Ha... Ha... Lebay.
Selain itu warna pink juga mencegah rasa gelisah pada seseorang. Karena itu beberapa penjara dan rumah sakit jiwa memiliki tembok berwarna pink untuk mencegah para pasien lepas kendali.

Via.pixabay

5. Biru....
Wow, warna ini adalah warna paling populer di dunia lho. Beberapa perusahan sudah melakukan survei, dan hasilnya biru adalah warna yang disukai oleh 40% karyawan mereka dan ungu menjadi warna populer yang kedua. Karena itu juga kebanyakan website berwarna biru adalah website yang  paling banyak dikunjungi. Kok bisa gitu ya, tapi semua warna bagus sih....
Saya suka, saya suka....

Via.pixabay

6. Sob warna mobil kalian apa? (Jangan tanya saya soalnya saya ngak punya, belum punya maksudnya hi... Hi...)
Punya atau nggak punya saya cuma mau kasih tahu kalau warna teraman dalam berkendara adalah warna putih dan silver. Kenapa? Why? Karena kedua warna tersebut adalah warna yang akan tetap terlihat keadaan gelap atau ada banyak kabut. Gitu lho...

Via.pixabay

7. Bener sih warna biru jadi warna paling populer di dunia, tapi kalau nggak pengen populer di kalangan nyamuk juga, mending hindari warna ini deh. Sebuah study menunjukan kalau nyamuk lebih tertarik sama orang yang memakai pakaian berwarna gelap seperti biru (biru tua sob)

Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

8. Siapa sih yang suka sama sesuatu yang hitam putih kalau menurut saya segala sesuatu itu lebih menarik yang berwarna. Mungkin karena itu ya hal-hal yang hitam putih itu lebih gampang dilupakan. Menurut ahli psikologis
Warna memang mempengaruhi memori otak, kita cenderung akan mengingat segala hal yang berwarna ketimbang yang hitam putih.

Via.pixabay

9. Pernah nggak merasa pusing setelah melihat warna kuning terlalu lama atau tertalu terang? Tenang, itu karena warna kuning memang akan membuat orang merasa pusing dan mual kalau terlalu lama melihatnya. Karena itu pesawat menghindari warna ini. Warna kuning itu tajam... Setajam silet, hi...hi...

10. Eigengrau... EIGENGRAU....
Duh ini ngapalin apaan sih....? Mantra ya...
Itu lho sebutan untuk warna abu-abu yang muncul sesaat sebelum mati lampu. Eigengrau ini merupakan backround yang dilihat orang saat tak ada cahaya.
Kirain eigengrau apaan...

11. Ada juga lho orang yang takut dan panik saat melihat warna warna  yang cerah atau warna warna tertentu. Gangguan seperti ini disebut chromophobia. Semacam fobia gitu lo sob. Mereka bisa jadi sangat panik, gemetar, sesak nafas, sampai detak jantung dan tekanan darah yang meningkat. Hal yang harus dilakukan oleh penderita chromophobia adalah dengan melakukan  terapi dan desensitisasi. Kalau saya sih panik ketika lihat warna gelap pas mati lampu, soalnya takut hi...hi... Kalau nggak ada senter, apa aja ditabrak habis itu marah-marah gak jelas
Ck...ck...ck...

Via.pixabay

12. Tahu nggak sih kalau menurut ilmuan, putih adalah campuran dari semua warna sedangkan hitam adalah ketiadaan warna. Sedangkan pelukis menganggap putih itu bukan warna dan hitam adalah warna. Mungkin karena jiwanya yang beda ya, asal nggak bentrok aja nggak apa-apa.
He...he...

Baca juga : Mitos-mitos kehamilan di berbagai negara
Baca juga : 5 makanan enak ini penyebab jerawat

13. Menurut sebuah situs bernama listverse, wanita lebih peka terhadap warna merah ketimbang pria. Mereka bisa membedakan mana merah darah, merah hati, atau jingga. Sedangka para lelaki hanya melihat merah sebagai satu warna, pokonya kalau merah ya merah, semua merah sama aja. Hal ini ternyata karena wanita memiliki kromosom yang lebih unggul dari pria.

14. Duh, serem nggak sih kalau dengar kata mumi. (Saya sih, enggak. Tapi kalau lihat langsung ogah deh, serem hi...hi... Kabur aja) . menurut brilliant history of color in art, zaman duluu... Banget pokoknya kita belum lahir. Di mesir coklat di deskripsikan dengan kata mumi karena untuk menciptakan nuansa warna coklat mereka menggunakan daging mumi.
Aneh aneh aja ya...

Wow...wow... Tepuk tangan (kayaknya cuma saya yang tepuk tangan) nggak nyangka kan warna juga punya fakta unik. Mungkin setelah ini dari sobat semua ada yang mau bawa bawa warna pink kemana-mana supaya nggak ada yang marahin atau pakai baju warna biru biar populer kayak bintang kpop, atau pakai warna kuning biar, silau men..
Ha... Ha....
Terserah deh mau pakai apa

See you....


2 komentar

  1. Saya paling suka warna hitam. Menurut saya hitam itu elegan hehe

    BalasHapus
  2. Nggak cuma elegan tapi juga misterius, mukin mas ogi orang yang misterius, hi...hi... Salam kenal mas

    BalasHapus


EmoticonEmoticon