INILAH 17 FAKTA UNIK SEPUTAR UANG

INILAH 17 FAKTA UNIK SEPUTAR UANG


Via.pixabay

Ada yang mau saya kasih uang?
Hi...hi... enggak ding, saya lagi ngak punya uang.

Uang emang menggiurkan ya, lebih menggiurkan daripada makanan apapun, soalnya kalau ada uang mau beli apa aja ya ayok....
Sayangnya dapet uang nggak semudah dapet musibah. Mesti kerja keras dulu baru tuh uang mau keluar. (Kerja trus gajian maksudnya)

Nah, tapi penasaran nggak sih menariknya uang selain nominalnya yang makin gede makin bikin seneng, ada apa lagi ya....?

1. Zaman dulu semua uang itu berbentuk koin lho. Uang kertas pertama kali muncul pada 618-907M di Cina pada masa dinasti Tang, jauh sebelum Eropa membuat uang kertas. Namun sayangnya pada tahun 1455 uang kertas benar-benar lenyap dari Cina karena melonjaknya inflasi pada masa itu. Dan butuh waktu beratus-ratus tahun kemudian sebelum uang kertas muncul lagi di negara Cina.

Baca juga : Uniknya 12 fakta bintang laut ini


Via.pixabay

2. Kalau ada uang pasti butuh ATM. Nggak juga sih, tapi kalau dengar ATM pasti mikirnya uang kan...
Ya iyalah masak mikir tahu. (Kidding sob)
ATM atau kepanjangannya automatic teller machine ini ditemukan oleh seorang penemu dari Skotlandia yakni John Sheperd Barron. Dan pertama kali muncul di london pada tahun 1967 setelah beliau menyampaikan idenya pada bank bernama Barclays. Bedanya mesin ATM pada masa itu dan sekarang terletak pada biaya, kalau dulu nggak perlu ada biaya apapun untuk transaksi alias gratis... Tis... Tis....
Ngomong-ngomong John sheperd barron itu membuat mesin ATM karena dia pengen ada mesin yang bisa mengeluarkan uang sepanjang waktu, kan nggak masuk akal ya. Tapi nyatanya sekarang ATM ada dimana-mana.

3. Pegang-pegang uang emang nyenengin ya apalagi yang warnanya merah itu, duh... Di kepala udah ada macam-macam ide melayang.
Tapi, udah tahu kalau uang itu kotor sama halnya dengan ponsel. Dalam sebuah penelitian uang bisa
Tercemar macam-macam kuman, bakteri patogen, dan kotoran manusia juga (ih... Siapa yang pake uang buat tisyu toilet, huek...)
Dan bahkan banyak juga uang yang terkontaminasi dengan kokain.
Lho, kok bisa? Soalnya para pengedar narkoba langsung melakukan transaksi walau habis memegang kokain dan tidak mencucinya terlebih dulu.
(Tapi jangam dibuang uangnya ya...)

4. Siapa yang suka main monopoli?
Saya... saya....
Hue... he... Angkat tangan duluan. Emang sih main monopoli itu asyik banget, berasa jadi orang bisnis yang kaya raya, kecuali kalo lagi masuk penjara.
Dan tahu nggak kalau ternyata uang monopoli dicetak lebih banyak tiap tahunnya daripada uang asli lho. Aneh memang, tapi dapat uang di permainan ini emang lebih mudah daripada di kehidupan nyata.
Meskipun begitu, jangan pake uang monopoli di kehidupan nyata ya sob, ntar disangka nggak waras (apaan sih, bercanda)


Via.pixabay

5. Pernah bertanya-tanya kenapa pingiran uang logam bergaris-garis?
Jadi, zaman dulu uang logam dibuat dari logam mulia seperti emas dan perak, sehingga para pencuri sering memotong tepiannya untuk dijual.
Karena itu pemerintah mengubah desain uang logam menjadi bergerigi. Selain itu desain baru ini juga mempersulit para pemalsu uang.

6. Sekitar 65% uang dollar Amerika ternyata tersebar ke berbagai negara lho. Jadi nggak semua uang dollar ada di Amerika, meski dibuatnya di Amerika.

7. Satu menit bisa dapat uang berapa ya?
Ha...ha... Ngimpi kali dapat uang dalam satu menit.

Baca juga : 14 fakta unik stress yang sebenarnya

 Apple inc adalah perusahaan yang bisa menghasilkan uang 300 ribu dollar atau 3,9 milyar hanya dalam satu menit. (Pengen)
Tapi tentunya itu semua berkat usaha keras para pendiri dan karyawannya ya sob. Ingat! nggak ada yang instan. (Kecuali mi instan pastinya, laper)

7. Kenapa uang dolar warnanya ijo?
1. Warna hijau lebih tahan akan perubahan kimiawi, sehingga nggak gampang rusak.
2. Jumplah tinta warna hijau selalu tersedia dalam jumplah banyak, jadi nggak repot-repot cari.
3. Warna hijau melambangkan kredit pemerintahan AS yang kuat dan stabil.
Oo.. Jadi gitu, saya juga baru tahu

8. Jangan sekali-kali jadi tukang PUP!
Eh, PUP? Apaan tuh.
PUP : pemberi atau pembuat uang palsu
Serius lho sob, hukuman bagi para pengedar atau pembuat uang palsu itu besar.
Bahkan pada tahun 1817 negara Inggris menghukum 313 ekor pemalsu uang (eh, 313 orang maksudnya he..he...) dengan cara hukum gantung, kalau sudah begitu kan pada nggak berani jadi PUP

9. Kalau di Indonesia, pecahan uang paling besar itu 100.000 kan.
Nah, Amerika pernah lho mengeluarkan uang dengan pecahan yang fantastic, yakni 100 ribu dollar atau 1,3 milyar.
Wow,...
Tapi... Ada tapinya nih, uang ini nggak dicetak untuk umum. Dan hanya digunakan untuk transaki di pemerintahan.


Via.pixabay

10. Info! Di negara maju seperti Amerika dan negara-negara Eropa untuk membuat 1 sen uang koin diperlukam biaya 2,5 sen. Eh, eh kok malah rugi.
Dan uang ini harus dibuat dalam jumplah banyak untuk disebarkan ke berbagai tempat.

Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa
Baca juga : 20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu


11. Siapa yang berani bilang kalau uang nggak bisa membeli kebahagian.
Nyatanya uang itu emang bisa bikin bahagia lho. Ada uang, makan enak, ada uang baju bagus, ada uang badan sehat, ada uang pacar keren (cye... Pacarnya matre)
Tapi, tentu aja kalau uangnya dipergunakan dengan baik ya sob, dan dapetnya juga nggak gratis, kerja keras dulu, jadi bisa menghargai setiap uang.


Via.pixabay

12. Banyak uang yang dicetak, banyak juga uang yang rusak. Di Inggris setiap tahunnya hampir 18 juta poundsterling uang rusak, penyebabnya bisa karena digigit hewan, tertinggal di mesin cuci, terbakar, dan bahkan hilang entah kemana. (Temen saya ada yang pernah ditelan, tragis)

13. Zimbabwe adalah negara yang pernah mengalami inflasi paling tinggi sepanjang sejarah, saking tingginya harga sepotong roti mencapai 300 miliar dollar Zimbabwe, pemerintah juga sampai harus mencetak  pecahan uang 100 dollar triliun dan ini yang paling tinggi dalam sejaah lho.

14. Kata "rupiah" berasal dari "rupee". Jadi sebelum Indonesia memakai rupiah sebagai mata uang resmi, Indonesia sudah beberapa kali menggunakan mata uang lain.

Pada tahun 1610-1817 Indonesia menggunakan mata uang gulden belanda.
 Setelah 1817 Indonesia berganti menggunakan mata uang gulden hindia belanda. Waktu itu Indonesia memang masih di bawah kekuasaan Belanda.

 Sebelum menjadi rupiah pun Indonesia masih berganti mengunakan rupiah hindia belanda yang diresmikan ketika Jepang menduduki Indonesia
Barulah ketika Indonesia merdeka bank jawa (sekarang bank Indonesia) menggantinya dengan rupiah jawa.
4 tahun setelah itu, tepatnya pada 2 November 1949 rupiah jawa menjadi rupiah.
Ye....
Rupiah yang dicintai semua orang 
indonesia sampai sekarang.

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

15. Tupai itu kayak gimana sih sob, sumprit, seumur-umur saya belum pernah lihat tupai. Padahal katanya di Rusia bagian tubuh tupai mati seperti kuku, hidung, kuping dianggap sebagai " receh"
Saya jadi penasaran, emang tupai mahal ya?

16. Hungaria pun juga pernah mencetak uang dengan nominal yang sangat besar pada tahun 1946. Yakni 100 juta triliun pengo.
Wow, bayangin tuh...
Sayangnya jika berdasarkan kurs USD saat itu nilainya hanya setara dengan 20 cent.

17. Tahu ngak sih, kalau rupiah pernah digunakan dalam laga final antara Jerman barat dan Belanda  untuk menentukan siapa yang berhak memegang bola. Adalah Jack Taylor, wasit berkebangsaan Inggris yang melakukannya.
Dan yang lebih menganggumkan koin dengan nominal Rp. 2000 bergambar harimau jawa dan garuda pancasila itu hanya dibuat sebanyak 3 keping. Koin tersebut memang khusus dibuat bank indonesia untuk bekerja sama dengan WWF, organisasi pecinta alam dunia.



Yach, gitu deh.
Gitu apaan?
Uang, uang itu masih tetap hal yang paling dicari sama semua orang, nggak ada uang nggak hidup.
Intinya pesan saya kali ini adalah, hargai uang sekecil apapun nilainya, karena itu juga hasil kerja kerasmu.
(Nggak paham)
Pokoknya see you aja deh...

See you...

6 komentar

  1. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya pasti membutuhkan uang hehehe :)

    Semoga blognya sukses ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang izal, makasih udah mau berkunjung balik. Seneng banget, jadi tambah semangat
      He...he...

      Hapus
  2. Tapi ada satu Fakta yang ketinggalan Mbak....:)

    Yaitu Uang bisa membuat orang yang demam bisa menjadi sehat dan Jatuh Cinta, bahkan bisa masuk rumah sakit jiwa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kang nata, ha... Ha... Uang bener-bener kayak sihir. Di dompet tinggal 20000 aja rasanya dunia sudah mau kiamat. Ha..ha...

      Hapus
  3. Yang pasti dengan uang aku bisa membeli tempe mendoan yang didekat pengkolan,,itu fakta yang paling pentingnya,,,wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga buat beli tahu bulat lima ratusan digoreng dadakan yabg suka keliling pakai mobil item itu😂

      Hapus


EmoticonEmoticon