9 fakta unik pelangi yang menganggumkan

9 fakta unik pelangi yang mengaggumkan


Via.pixabay

Pelangi oh pelangi....
Indah warnamu, memikat duniaku
Ha...ha...
Topik kali ini adalah pe-la-ngi
Pelangi-pelangi alangkah indahnya itu low...
Dari pada bingung-bingung mau nulis apa lagi langsung aja ke nomer satu ya sob...
(Hi...hi.... Ketahuan lagi nge blank nih)

1.  Tiap orang mendefinisikan pelangi dengan cara yang beda-beda lho, soalnya karena pelangi emang kelihatan berbeda kalau dilihat dari tempat yang beda juga walaupun jaraknya cuma beberapa centi aja.

2. Kalau kita orang Indonesia menghafal warna pelangi kan pakai "mejikuhibiniu" nah, kalau orang luar sana juga punya singkatannya lho. Mereka pakai akronim "roy. G. Biv"
Ada yang tahu kepanjangannya nggak?
Hi...hi... Saya kasih tahu langsung deh,
"Roy. G. Biv" : red, orange, yellow, green, blue, indigo, violet.
Indigo itu nila ya sob.
Saya perjelas soalnya waktu pertama kali baca saya juga kagak tahu
Hue...he...
(Mukin kalian udah pada tahu, saya aja yang enggak, tepok jidat)

Baca juga : Kamu suka musik? Wajib tahu 23 fakta unik musik ini
Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

3. Pelangi itu terbentuk karena apa sih sob? Pelajaran kapan nih, kok ditanyain lagi. Kali aja pada lupa jadi saya ingatkan.
Jadi singkatnya pelangi itu terbentuk dari pembiasan cahaya saat hujan turun dan cahaya matahari masih ada. Cahaya matahari yang awalnya cuma putih menjadi warna-warni setelah terjadi pembiasan sama air hujan.
Dan, pada nyadar nggak kalau setiap kali muncul pelangi, hujan selalu berada di depan kita sementara matahari ada di belakang kita.
Jika baru nyadar setelah baca artikel ini, berarti saya sudah menyadarkan kalian semua (apaan sih)

4. Kenyataannya warna pelangi itu nggak cuma "mejikuhibiniu" lho.
Lha, trus apa lagi dong.
Karena kemampuan mata manusia yang terbatas kita hanya mampu melihat 7 warna tersebut, padahal aslinya pelangi terdiri dari jutaan warna yang berbeda, yang ada di seluruh dunia.
Wow....
Bayangkan kalau kita bisa melihat semua warnanya.

5. Bentuk pelangi itu nggak gitu lho sob,
Gimana sih maksudnya?
Nggak kayak busur alias setengah lingkaran. Pelangi aslinya memiliki bentuk lingkaran penuh. Cuma kita nggak bisa lihat sepenuhnya karena terhalang banyak benda.
Coba kalau sobat lihatnya dari gedung atau tempat yang tuinggiii (biasa aja kali tingginya) pasti kelihatan bentuk pelangi bulatnya.

6. Pelangi juga punya banyak jenis lho sob, selain ada pelangi 7 warna, ada juga pelangi 4 warna. Trus ada juga tuh pelangi yang muncul pas malem karena cahaya bulan. Ada lagi, ada lagi, yakni pelangi senja atau red rainbow yang muncul waktu matahari mau bobok (tenggelam maksudnya). Red rainbow berwarna merah kadang orange, hal ini karena ketika sore atmosfer berwarna biru sehingga hasil pembiasannya merah gitu.

Via.pixabay

7. Yang bisa menemukan ujung pelangi katanya nih bisa menemukan sekotak emas juga. Tapi itu kan dongeng zaman kecil. Kenyataannya kalau sobat mencoba mengikuti pelangi, mau sambil lari, naik sepeda, naik mobil, atau naik roller coaster sekalipun...
Nggak bakalan nemu itu ujung pelangi. Bukan karena pelanginya lari juga, tapi karana sudut pembiasaan cahaya untuk menciptakan pelangi sekitar 42° ke mata manusia.

Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

8. Selain di bumi di  luar angkasa pun juga ada pelangi lho sob. Pihak NASA punya dugaan pelangi muncul di titan, titan adalah bulannya planet saturnus. Tapi karena letak titan sangat jauh dari matahari, warna pelangi di sana pun juga lebih pucat dan redup.

9. Coba diingat lagi...
Kalau lihat pelangi biasanya jam berapa ya?
Stop! Saya jelaskan aja. (Gimana sih, yang tanya siapa? Yang jawab siapa?)
He...he... Pelangi pasti selalu muncul di waktu pagi atau sore hari. Nggak pernah ada pelangi yang muncul di siang bolong.
Soalnya seperti fakta di atas, kalau pelangi selalu terbentuk saat air hujan dan sinar matahari letaknya berlawanan.

Sekian dulu ya sob, semoga artikel kali ini bermanfaat. Sebenernya saya udah jarang lihat pelangi. Terakhir kali liat pelangi pas pulang kerja dan kejadian setelahnya tragis, pelanginya muncul cuma buat kasih kode kalau ada angin gede banget. Saya lari-larian pakai jas hujan plus helm, udah kayak apa gitu
Ha....ha....

See you....

2 comments

  1. Pengin deh lihat fenomena Red Rainbow ...
    Seumur-umur aku belum pernah lihat kayak gimana tampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seumur-umur saya juga belum pernah lihat red rainbow mas, pengen lihat juga, sayangnya sekarang lagi musim hujan di tempat saya....

      Delete


EmoticonEmoticon