Kamu suka musik? wajib tahu 23 fakta unik musik ini

Kamu suka musik? wajib tahu 23 fakta unik musik ini

Via.pixabay
La...la...la...aku sayang sekali doraemon...
La...la...la...aku sayang sekali doraemon
Lho, lho kok malah nyanyi sendiri.
He...he... sorry ya sobat semua. Keasyikan nyanyi jadi lupa mau nulis.
Tapi nggak papa lah, kan topiknya kali ini nggak jauh dari doraemon, eh dari lagu maksudnya.
Siapa sih yang nggak suka nyanyi, semua pasti pada suka kan. Hidup tanpa musik kayaknya nggak lengkap, nggak asyik, nggak enak pokoknya.
Tapi ngaku pecinta musik, udah tahu fakta2 uniknya belom?
Belom...belom...
He...he... saya yang belom maksudnya. Karena itu di sini saya mau bagi-bagi fakta unik si musik...
Jom...jom...


1. Ada yang kenal Agnes monica?
Ha...ha... kenal sih enggak tapi semua orang tahu dong penyanyi cantik yang multi talent ini.
Ternyata Agnes monica adalah satu-satunya orang Indonesia yang pernah dapat kesempatan untuk jadi presenter di red carpet American music award pada tahun 2010 lalu.
Wow... keren nggak tuh
Dan nggak hanya itu Agnes monica juga berkesempatan menyanyi di sana.

2. Musik emang nggak punya kekuatan gaib, tapi percaya deh kalau mendengarkan musik tertentu seperti musik faforit bisa mengurangi rasa sakit dan depresi lho. Orang yang mendengarkan musik sebelum dan sesudah operasi berlangsung atau bahkan ketika operasi sedang berlangsung terbukti dapat mengurangi rasa sakit.

Via.pixabay

3. Coba sebutkan judul lagu terpanjang yang pernah sobat baca! Saya yakin pasti nggak lebih panjang dari yang satu ini.
    " i'm Cranky Old Yanky In a Clanky Old Tank on the streets of Yokohama with my Honolulu Mama doin’ Those beat-o, Beat-o, Beat-o Flaon-my seat-o, hirohito blues"
Tuh kan panjang banget, kalau judulnya sepanjang itu lagunya kayak gimana?
Tenang, ini cuma judulnya aja yang panjang kayak jalan tol sob. Lagu ini ditulis oleh
Hoagy Carmichael pada tahun 1943.
Lucunya, judul lagu ini jadi puanjang banget karena Hoagy Carmichael lagi pengen bikin lelucon. Padahal awalnya judulnya cuma I’m a Cranky Old Yank lho.
Ha...ha... nggak papa lah, dari lelucon sekarang jadi rekor.

Baca juga : 14 fakta unik stress yang sebenarnya
Baca juga : Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

4. Penasaran kapan lagu pertama kali dikenal secara luas oleh dunia. Dari zaman dulu kala pasti udah ada yang namanya musik, tapi lagu benar-benar mendunia pertama kali pada tahun 1876, tahun yang sama ketika telepon diciptakan.

5. Michael jackson emang bener-benar musisi yang melegenda. Buktinya dia adalah satu-satunya musisi yang meraih piala grammy terbanyak dalam sejarah, yakni sebanyak 8 buah sampai kematiannya. Nggak hanya itu vidio klip lagu biilie jean miliknya, adalah vidio klip pertama dari musisi kulit hitam yang ditayangkan di mtv lho.

6.siapa di sini yang penggemar music jazz. Wah... kalau gitu cocok banget pergi ke Kanada.
Kenapa? Karena Kanada merupakan negara yang paling sering menyelenggarakan festifal musik jazz, kalau di kira-kira dalam setahun ada 40 festifal music jazz di sana.

7.  Hi...hi... nggak cuma manusia lho yang suka dengerin musik. Ternyata anjing dan kucing juga suka lho. Bedanya kalau anjing lebih suka musik klasik sementara kucing sukanya musik ballad.
(Nggak percaya? Coba aja di test kali aja kucingnya joged)

8. ,vidio klip pertama yang ditayangkan di mtv adalah vidio klip milik buggles yang berjudul "vidio killed the radio star" ditayangkan pad 1 agustus 1981 (duh saya masih belum lahir waktu itu) dan pada 27 februari tahun 2000 sekitar 16 tahun kemudian, vidio klip tersebut ditayangkan kembali dan menjadi vidio ke satu juta yang mtv tayangkan.
Wow... ada yang tahu lagunya nggak? Saya jadi penasaran.

9. Hi...hi... lucu nih, tahu nggak apa hubungannya rayap sama heavy metal? Langsung aja saya jelaskan. Ternyata rayap akan memakan kayu 2 kali lebih cepat jika mendengarkan lagu-lagu dari heavy metal. Kok bisa gitu ya? Saking semangatnya kali ya...

10. Yunani adalah pemegang rekor pemilik lagu kebangsaan terpanjang di dunia. Lagu yang bejudul " Imnos pros tin Eleftherian" ini memiliki 158 bait dan 8 baris di setiap bait.
(Wah, luar biasa)

Baca juga : 9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

11. Nggak semua negara punya lagu kebangsaan lho, ada sebuah negara bernama Cyprus  yang sebagian besar penduduknya terdiri dari keturunan Yunani dan sisanya keturunan Turki. Negara ini menjadi satu-satunya negara yang nggak punya lagu kebangsaan. (Kalau upacara nyanyi lagu apa dong)

12. Erik satie adalah orang yang telah membuat komposisi piano terpanjang dalam sejarah dengan judul vexations. Vexations ini terdiri dari 180 not dan harus diulang sebanyak 840 kali. Vexations pertama kali dipentaskan di pocket  teater, New york city pada september 1963 dan memerlukan 10 orang pianis untuk menyelesaikannya. (Luar biasa....)

13. Ada banyak cerita unik dan lucu soal musik, salah satunya yang terjadi di stasiun kereta api Rathenau, Bradenburg, Inggris pada 9 februari 1909. Waktu itu band militer Jerman harus menyanyikan lagu "god save the king" sebanyak 27 kali berturut-turut ketika upacara penyambutan sang raja . Lho kok bisa?
Hal ini terjadi karena raja Edward VII kesulitan mengenakan seragam field marshall jerman. Sehingga para penyanyi harus terus menyanyi sampai sang raja selesai memakai seragam dan keluar dari gerbong kereta.

Via.pixabay

14.  Hayoo ngaku siapa yang sering download lagu di internet?
Duh, saya angkat tangan lagi hi...hi...
Ternyata ada sekitar 40 milyar lagu yang diunduh secara ileggal setiap tahunnya, dan 90 persennya berasal dari internet, seperti situs download musik.

15.  Yang penggemarnya the beatles pasti tahu kalau mereka berada dalam posisi pertama penjualan album terbanyak di Amerika serikat, yakni sekitar 106 juta kopi dan mencapai satu milyar kopi di seluruh dunia. Disusul oleh Garth brooks  92 juta kopi, Led zeppelin 83 juta kopi, Elvis presley 77 juta kopi, Eagles 65 juta kopi.
  (Ingat sob kebanyakan kopi bikin susah bobog
Hi...hi... bercanda)

16. Philips dan sony adalah perusahan yang pertama kali mengembangkan CD pada tahun 1980

17. lagu berjudul "bohemian rhapsody" dari Queen adalah lagu pop pertama yang dirilis di dunia pada tahun 1975.

18. Banyak penggemar musik rock, banyak juga yang tidak suka dan menganggapnya musik rendahan dan tidak berkualitas atau musik pengganggu karena berisiknya. Karena itu pada 4 mei 1959 mulai diadakan grammy award yang pertama hingga saat ini. Pada dasarnya semua musik itu bagus, hanya tergantung selera tiap-tiap orang.

Baca juga :  20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

19. Tahu the beatles? Tahu koes plus? Tahu apa hubungan keduanya? Tenyata koes plus pernah masuk penjara gara-gara ir. Soekarno menganggap mereka membawakan lagu yang mirip dengam the beatles, sementara ir. Soekarno sangat benci dengan musik yang berbau barat.

20. Penggemar musik rock pasti juga tahu siapa itu Genne simons kan, itu lo personil grup musik kiss. Genne simons ini punya lidah yang lebih panjang dari lidah orang-orang lho, yaitu 7 inchi, sedangkan punya manusia normal hanya 5 inchi. (Ada yang lebih panjang nggak sob?)

21. Yang namanya perceraian itu sulit ya, tapi percaya nggak kalau Cher yang seorang diva pop, rock, dan dance asal Amerika ini memutuskan bercerai dengan suaminya Gregg alman setelah Gregg pingsan di sebuah restoran italia dan wajahnya jatuh tepat di dalam mangkuk spagheti. (Mungkin gregg laper kali, peace)

Baca juga : Uniknya 12 fakta bintang laut ini

23. Rockstar pertama yang ditangkap polisi saat sedang manggung adalah jim morrison, vokalis the doors. Gak kebayang gimana ekspresi para penonton ya.

24. Semua lagu itu punya hak cipta lho, bahkan lagu happy birthday sekalipun. Jadi jangan sembarangan ngaku-nggaku pencipta lagunya orang. Misal ngaku pencipta lagu let it go nya Demi lovato
Hadeh... gak bakalan ada yang percaya, ha...ha..

23. Ketika Cliff burton, basis metalica meninggal
Dave mustain membuat lagu berjudul "in my darkest hours" sebagai rasa duka citanya, yang kemudian dibawakan oleh megadeath.


Masih banyak lagi sebenarnya fakta-fakta unik dan menarik soal musik, mungkin ada yang belum tercantum di atas, sobat bisa kasih tahu saya lewat kolom komentar ya.
See you...

8 komentar

  1. Saya suka musik. Tapi, sejak punya anak suka nggak sempet lagi dengerin musik. Soalnya karena sudah ada anak jd ga bebas lagi dengerin lagu cinta-cintaan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha...ha... Bunda erysha, malu ya bun. Tapi masih bisa dengerin musik sama anak-anaknya, kayak lagu anak-anak gitu....

      Hapus
  2. suka muik hanya sebgi pendengar saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mbk tira, tapi kadang juga sambil ikut nyanyi, biarpun suaranya cempreng gak karuan ha... Ha...

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Aku juga suka musik.
    Karena dalam kondisi yang nggak nyaman pun musik bisa memperbaiki mood kita.
    Misalnya dengan mendengarkan musik pop atau musik instrumentalia sudah memberi energi positif bagi kita yang membuat kita merasa happy n fun.
    Dengan kata lain music makes feeling much better.
    Sering muncul dong mbak Astria biar kita bisa komen2 an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya musik punya kekuatan gaib ya... Tiap kali dengerin musik sedih, ikutan mewek, dengerin musik seneng ikutan seneng, denger musik serem, bdan pun merinding...😖😖

      Wah, saya jadi semangat nih karena diminta sering-sering muncul...
      Insyaallah saya usahakan mbk fidy. Makasih lho udah nyemangatin saya (hidup jomblo tak ada penyemangatnya..😭😭)
      He...he...

      Hapus
    2. Kayaknya musik punya kekuatan gaib ya... Tiap kali dengerin musik sedih, ikutan mewek, dengerin musik seneng ikutan seneng, denger musik serem, bdan pun merinding...😖😖

      Wah, saya jadi semangat nih karena diminta sering-sering muncul...
      Insyaallah saya usahakan mbk fidy. Makasih lho udah nyemangatin saya (hidup jomblo tak ada penyemangatnya..😭😭)
      He...he...

      Hapus


EmoticonEmoticon