uniknya 12 fakta bintang laut ini

Uniknya 12 fakta bintang laut ini

Via.pixabay

Bintang laut, hemmm....
Sudah pernah lihat bintang laut atau belum? (Kalau saya jujur belum, bintang langit aja yang keseringan he...he...)
Bintang laut atau bahasa inggrisnya starfish ini merupakan salah satu penghuni laut yang menarik bukan. Bentuknya yang seperti bintang (namanya juga BINTANG laut) dan warnanya yang lucu bikin banyak orang menyukainya.
Tapi belum lengkap kalau sobat belum tahu fakta unik apa yang tersembunyi dari si bintang laut ini...
Jom. Saya kasih tempe....
Eh, keliru, kasih tahu maksudnya...
Hi...hi...

1. Berapa sih jumplah lengan bintang laut, 5 ya?
Kalau sobat juga berpikir begitu berarti sobat salah. Faktanya tidak semua bintang laut memiliki 5 lengan. Bahkan ada juga yang punya 40 lengan lho.

2. Bintang laut memiliki ukuran 12 cm sampai 24 cm dan bisa mencapai berat 5 kg. (Berat juga yak....)

Baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia

3. Ada banyak sekali jenis bintang laut, diperkirakan ada sekitar 2000 spesies bintang laut yang hidup tersebar di lautan, seperti di zona interdial, perairan dalam. Perairan dingin, dan di wilayah tropis.

4. Meskipun bintang laut tinggal di laut tapi binatang ini bukan termasuk ikan lho.

5. Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana sih cara bintang laut melindungi diri. Apa dia bisa lari terbitit-birit secara mendadak jika terancam. Ternyata ketika bintang laut merasa terancam ia akan memutuskan satu lengannya dan lengan tersebut dapat tumbuh kembali. Tapi perlu waktu setahun agar lengan yang putus bisa utuh lagi. (Mirip cicak ya....) selain itu bagian atas tubuh bintang laut memiliki permukaan kasar dan berduri.


Via.pixabay

6. Tahu makhluk apa yang nggak punya otak? Yups bintang laut. Selain tidak punya otak bintang laut juga tidak memiliki darah yang mengalir di tubuhnya. Sistem saraf binatang ini menyebar di seluruh tubuhnya. Ia menggunakan sistem vaskular air untuk bertahan hidup yakni menyaring air laut melaului sebuah piring atau lempeng yang ada di tubuhnya.

7. Mulut bintang laut berada di bawah tubuhnya. Meski bentuknya kecil tapi bintang laut bisa memakan apa saja yang lebih besar dari ukuran tubuhnya. Ini karena cara makan binatang ini sangat unik dan agak seram. Pertama bintang laut akan mengunci mangsanya dengan lengan kemudian ia akan mendorong perutnya keluar dari mulut dan memasukannya kembali bersama mangsanya.( untung kagak ada bintang laut raksasa ya)

8. Dalam kondisi tertentu bintang laut bisa merubah jenis kelaminnnya.

9. Jangan mengira bintang laut nggak punya kaki. Kaki bintang laut jumplahnya bahkan mencapai ratusan, kaki-kaki tersebut terletak di bawah dan bernama kaki tabung yang bergerak seperti gelombang.

10. Pergerakan bintang laut memang lamban, dan pergerakan tercepat yang pernah dilakukan bintang laut adalah 2 m dalam satu menit. Dalam bergerak bintang laut juga bisa memanfaatkan arus air.

Baca juga : Hati-hati 7 hal ini penyebab cita-citamu nggak terwujud

11. Di mana mata bintang laut ya? Ha... ha... ternyata mata bintang laut ada di ujung lengan-lengannya dan biasanya berupa titik berwarna merah. Meskipun tidak bisa melihat secara jelas tapi mereka bisa melihat gelap dan terang.

12. Meskipun bintang laut itu imut-imut tapi ada juga lho yang bikin emosi. Yakni bintang laut mahkota duri yang bisa memakan terumbu karang. Seekor bintang laut mahkota duri saja bisa memakan 5-6 meter persegi terumbu karang dalam setahun. Bayangkan jika ada puluhan. Duh, bisa abiz terumbu karang di laut.

Dulu saya kiranya bintang laut itu nggak hidup lho, alias benda mati kayak batu. Eh, ternyata...

See you sob....

0 comments

Post a comment