14 fakta unik stress yang sebenarnya

14 fakta unik stress yang sebenarnya

Via.pixabay

Stress....
Pekerjaan numpuk, duit habis, pacar selingkuh, hp rusak.
Oh my god....
Stress tingkat dewa.
Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya stress. Ini bukan penyakit, tapi bener-bener bisa bikin sakit, sakit badan juga sakit jiwa.
Apalagi di zaman sekarang ini, tingkat stress makin meningkat. Seseorang bisa mengalami stress berkali-kali dalam sebulan atau bahkan seminggu.
Mungkin dengan membaca fakta-fakta stress ini, sobat yang sedang ada masalah bisa sedikit tenang dan menghindari stress ya....

1. Banyak yang bilang kalau rambut beruban sebelum waktunya itu karena faktor stress, padahal faktanya stress justru menyebabkan rambut rontok. (Aduh, kalau gk mau botak sebelum waktunya, hindari stress ya...)

2. Jadi takut, ternyata stress juga dapat memperburuk kondisi kulit. Keriput dapat lebih cepat muncul dan artinya jadi lebih mudah tua. Dan yang lebih buruk lagi stress memicu jerawat muncul dan makin meradang. Produksi sebum pada kulit akan meningkat karena stress, dan menyebabkan jerawat bermunculan di wajah sobat. (Waduh, jerawat juga nambah stress kan....)

3. Mungkin ada di antara kita yang mengalami stress namun tidak menyadarinya atau mengabaikannya, padahal stress memiliki dampak yang mengerikan juga lho. Pernah dengar istilah 'silent killer? Stress dianggap sebagai salah satu pembunuh diam-diam, tidak terlihat tapi bisa mengakibatkan kematian. Banyak alasannya, stress membuat kondisi tubuh tidak karuan karena pola hidup kita juga terganggu dan akibatnya penyakit seperti diabetes, darah tinggi, bahkan jantung lebih mudah masuk dalam tubuh. Sobat semua pasti tahu kalau penyakit-penyakit itu penyebab kematian banyak orang di dunia.

Baca juga : 9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

4. Sakit kepala ketika sedang banyak pikiran? Bisa jadi itu merupakan gejala stress. Ketika sedang stress aliran darah akan terganggu dan kepala akan terasa seperti ditekan-tekan. Hal itu adalah tanda bahwa sobat sedang dalam stress tingkat kronis (duh bahasanya...). Jalan singkatnya, cobalah untuk menenangkan pikiran dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya pelan-pelan, jangan memikirkan masalah secara berlebihan.

5. Ada banyak terapi untuk menurunkan tingkat stress, dan ada juga alternatif murah untuk melakukannya.
Yups, tertawa. Tertawa itu obat dari banyak hal, dengan tertawa kita sudah menurunkan hormon stress dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan. Sering-seringlah tertawa dalam hidup (asal jangan tertawa di atas penderitaan orang ya sob....)

Via.pixabay

6. Banyak sekali masalah kesehatan yang ditimbulkan dari stress, mood yang labil membuat tubuh jadi lemah. Gula darah pun juga naik. Stress juga bisa memicu pembekuan darah dan penyumbatan aliran darah yang tentunya sangat berbahaya.

7. Susah tidur atau insomnia juga bisa disebabkan karena stress, padahal tidur sangat penting untuk kesehatan. Tubuh memperbarui diri ketika kita tidur, dan kalau kita kurang tidur maka fungai tubuh juga tidak maksimal.

Baca juga : 13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

8. Kalau sedang stress biasanya apa yang sobat lakukan? Makan? Saya sendiri suka makan kalau sedang banyak pikiran. Hal ini benar-benar tidak baik untuk tubuh, badan jadi gemuk dan tidak sehat, sama sekali tidak ada manfaatnya. Mulai sekarang hindarilah kebiasan makan saat stress dan menggantinya dengan hal lain seperti nonton film atau berolahraga (atau baca artikel saya di carasimplecantik.blogspot.com hi... hi... promo colongan)

9. Stress sangat mempengaruhi kerja otak sehingga kita tidak bisa melakukan yang terbaik karena banyaknya pikiran negatif. Peneliti menyebutkan bahwa stress bisa membuat seseorang menjadi bodoh, fenomena ini disebut dengan 'cortical inhibition'.

10. Kebal, kedengarannya sesuatu yang hebat ya. Orang yang sedang mengalami stress maka tubuhnya juga bisa terasa seolah-olah kebal. Atau lebih tepatnya mati rasa, karena begitu banyaknya masalah, rasa sakit jadi hal kecil yang terabaikan, dan hal ini sangat bahaya. Bahkan memicu tindakan bunuh diri...

11. Tahukah sobat, apa penyebab stress paling banyak. Berdasarkan penilitian CNN pada tahun 2009 lalu, uang adalah pemicu utama orang mengalami stress. Di negara-negara maju seperti Amerika, Rusia, Prancis, Singapura, Tiongkok dan banyak negara lainnya mengatakan bahwa uang adalah masalah yang menyebabkan warganya mengalami stress. (Setuju banget....)

Baca juga : 9 hantu penyesalan di masa tua

12. Faktanya pria memang lebih rentan terhadap stress, mereka dapat lebih mudah marah dan frustasi dibandingkan dengan wanita yang dapat mengontrol emosinya. Biasanya gangguan stress pada pria berupa prilaku agresif, hipertensi dan bahkan pemakaian obat-obatan terlarang.

13. Kira-kira pekerjaan apa ya yang bikin orang gampang stress? Nih, saya kasih daftarnya.
2014 :
personel militer, jendral militer, pemadam kebakaran, pilot maskapai penerbangan, dan koordinator acara.
2015 :
audiolog, penata rambut, profesor universitas, dan penjahit (ngomong-ngomong saya penjahit lho...)
Dan untuk 2017:
Kebanyakan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti jadi tentara, pemadam kebakaran, pilot, polisi, wartawan, dan pastinya pekerjaan yang dijalani tanpa hati. (Iya nggak sih)

Baca juga : 9 hal konyol yang kamu alami semasa cinta monyet

14. Stress pada ibu hamil juga berdampak buruk terhadap kesehatan janin, bahkan juga bisa membuat janin lahir prematur, pertumbuhannya, dan mentalnya juga bisa terganggu. Penting sekali bagi ibu hamil untuk selalu merasa senang.
Untuk yang lagi hamil jaga kesehatannya ya....

Semoga nggak makin stress setelah baca artikel saya, semoga makin ketagihan dan berkunjung lagi. Hi... hi...
Hidup itu memang banyak masalah, tapi bukan untuk di tangisi, itu cuma sekedar jalan yang harus dilewati.

See you...





11 comments

  1. Waaahh!! Ternyata gejala stres buaanyak banget penyebabnya..jika didiamkan waah2 bisa2 jadi penyakit stroke. Jadi intinya hidup ini bawa santai saja. Tetapi tetap pada norma2 dan aturannya..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, hidup itu dibawa santai aja. Santai kayak di pantai. Masalah ada kan buat dihadapi secara berani
      (Padahal suka nangis juga kalau dapat masalah😭)
      Tapi nangis atau nggak tetap harus bisa berpikir rasional supaya nggal bikin otak stress...

      Delete
  2. Waaahh!! Ternyata gejala stres buaanyak banget penyebabnya..jika didiamkan waah2 bisa2 jadi penyakit stroke. Jadi intinya hidup ini bawa santai saja. Tetapi tetap pada norma2 dan aturannya..πŸ˜„πŸ˜„

    ReplyDelete
  3. Jadi, penyebab paling banyak stress itu uang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang begitu mas,nggak bisa dipungkiri semua orang butuh uang walaupun uang bukan segalanya (sok bijak..😁) apalagi kalau ada kenaikan harga, stress menjadi-jadi.

      Delete
  4. Sakit kepala ini yang benar-benar menyiksa. Bawaannya inginnya emosi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh... Jangan mas djangkaru, kalau sakit kepala mending segera istirahat dan minum obat. Atau mungkin lagi butuh refreshing alias piknik, kalau bahasanya anak sekarang "kurang piknik"

      Delete
  5. Ternyata ada banyak fakta tentang stres, dan ternyata cowok lebih mudah stres, wah... Harus banyak piknik nih biar nggak stres πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha..ha.. Iya mas rudi, pikniklah banyak-banyak biar nggak gampang stress. 😁😁 kalau udah stress, wadouh... Puseng jadinya.

      Delete
  6. Baru tahu kalau penata rambut masuk dalam daftar profesi yang sering stress, dampak dari dimarahi pelanggan kali ya, hehehe.
    Saya kalau stress dibanyakin tidur mbak, biasanya setelah bangun berkurang, kalau belum ya balik lagi tidur, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kok malah banyakin makan ya, makannya pipi ikut melebar
      Wkwk...πŸ˜‚πŸ˜‚
      Udah gitu habis makan langsung tiduran. Lengkap sudah...

      Delete


EmoticonEmoticon