hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa

Hujan dan 13 fakta uniknya yang luar biasa


Via.pixabay

Tik... tik... tik... bunyi hujan di atas genting.
Masih ingatkah dengan lagu itu? Kalau saya sih masih banget, itu lagu zamannya saya masih Tk dan Sd, udah luama banget. Tapi bukan itu yang mau saya bahas sekarang. Kali ini saya mau berbagi tentang fakta uniknya hujan pada sobat semua.
Mumpung sekarang juga lagi musim hujan.

Langsung aja ya....

1. Awan hujan memiliki ketinggian yang berbeda-beda, ada yang tuinggi, sedang, ada juga yang rendah. Awan hujan paling tinggi mencapai ketinggian 10.000 meter sementara yang paling rendah sekitar 1.200 meter (deket banget yak....) air yang jatuh dari ketinggian 1.200 meter ini sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Mungkin sobat pernah kehujanan tapi rasanya kayak diserang ratusan jarum, nah bisa jadi awannya lagi nongkrong nggak jauh di atas kepala sobat, cuma 1.200 meter.

2. Kecepatan rata-rata air hujan hanya 8-10 km, dan kecepatan maksimalnya sekitar 35 km/jam. Kita harus bersyukur karena hal ini, padahal faktanya hujan yang jatuh dari ketinggian 1.200 meter mempunyai kecepatan yang setara dengan 2 kali kecepatan mobil balap F1, tapi karena pengaruh gaya gesek kecepatan hujan melambat saat jatuh ke bumi. Bayangkan jika kecepatannnya tak berkurang... tak ada orang yang berani keluar waktu hujan, dan tak ada masa-masa kecil yang asyik he... he...
Tuhan memang maha adil

Baca juga : 20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

Baca juga : ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

3. Dalam satu detik air yang jatuh ke bumi mencapai satu juta ton, sama dengan air yang menguap dari bumi dalam satu detik juga. Tapi hal ini dapat berubah sesuai dengan daurnya.

4. Kalau hujan sedang turun, kita sering mencium bau yang khas. Iya kan... padahal sebenarnya air hujan tidak memiliki aroma. Tapi, ketika air hujan berinteraksi dengan tanah, tumbuan dan lainnya akan muncul aroma itu. Yang disebut dengan petrichor, berasal dari istilah yunani 'petra' yang berarti batu dan 'ichor' yang berarti darah yang mengalir dalam nadi dewa. Semakin kecil intensitas hujannya maka semakin besar aroma itu akan tercium.

5. Bentuk air hujan itu sebenarnya kayak apa sih? Kita sering melihat hujan tapi tidak benar-benar tahu bentuk hujan seperti apa. Jadi bentuk air hujan ada dua, bulat dan parasut. Bentuk bulat merupakan butiran hujan yang paling kecil sementara parasut berbentuk memanjang. Air hujan paling besar tercatat pernah terjadi di Brazil, dan kepulauan marshal dengan ukuran 10 mm. Gak kebayang deresnya kayak apa tuh....

6. Hujan tidak hanya terjadi di bumi lho, di planet lain juga bisa turun hujan, tapi nih... kandungannya beda-beda. Misalnya di planet saturnus, hujan di sana mengandung gas metana, tahu kan gas metana apa, kentut sob.
Ya ampun....


Via.pixabay

7. Dan yang tidak masuk akal dari fakta hujan adalah, hujan bisa digunakan sebagai terapi. Suara rintik hujan bisa membuat perasaan seseorang menjadi tenang, itu sebabnya kadang kita kepingin tidur kalau lagi hujan. Dan yang lucu, hujan juga bisa membuat seseorang ingat akan masa lalunya, mengenang hal-hal sedih atau orang yang dirindukan. Ada yang pernah begitu?

8. Untungnya musim hujan di negara kita berlangsung hanya 6 bulan ya, di Hawai, tepatnya di mt. Waialeale di kavai sekitar 350 hari dalam setahunnya diisi oleh musim hujan.

9. Kalau hujan pakai apa?
Payung....
Pinter, kalau musim hujan tiba pasti payung bertebaran dimana-mana, jadi kebutuhan wajib bagi tiap orang yang mau keluar pas hujan turun, tapi sebenarnya zaman dulu payung dibuat untuk melindungi kepala dari panas matahari lho dan merupakan aksesoris untuk kaum wanita.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

10. Jika ada tempat yang selalu didatangi hujan, juga ada tempat yang tidak pernah dikunjungi si hujan. Di Peru tepatnya, hujan hanya akan turun hujan sekali dalam 20 tahun. Tapi ajaibnya di sana banyak tumbuhan dan udaranya juga sejuk lho, ternyata ini karena penduduk Peru selalu memasang jaring polipropilena ketika musim dingin tiba. Jaring ini dapat mengumpulkan kabut yang nantinya akan berkondensasi menjadi air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

11. Sudah tahu kan kalau bentuk hujan sebelum sampai di bumi adalah kristal es yang beku, tapi dalam perjalanannya ke bumi dan suhu yang panas kristal tersebut mencair, kecuali di beberapa tempat yang tetap menjadi kristal salju. (jadi pengen main salju)

12. Waktu kecil dulu kalau hujan selalu semangat buat langsung terjun ke lapangan dan lari-lari, tapi ibu masti melarang dengan bilang
"Jangan hujan-hujan nanti sakit!"
Sebenarnya air hujan nggak bikin sakit. Tapi ketika tubuh terguyur hujan, maka suhu badan akan jadi lebih dingin. Secara otomatis tubuh berusaha untuk mengurangi rasa dingin dengan mengeluarkan energi yang lebih besqr, itu sebabnya kadang kita sakit kepala setelah kehujanan, berlanjut dengan pilek dan batuk.

13. Hujan yang pertama kali turun atau mengawali musim hujan ternyata kotor dan tidak baik untuk kesehatan lho. Selain itu juga dapat merusak rambut, jadi pastikan kalau ingin hujan-hujannan di awal musim hujan tunggu 5 menit dulu ya.

Baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

Luar biasa, segala sesuatu yang ada di sekitar kita selalu punya fakta-fakta yang mengangggumkan, tak terkecuali dengan hujan. Ngomong-ngomong siapa yang suka galau kalau lagi hujan....
Hi... hi...

See you sob....
Jangan lupa datang lagi ya....

2 komentar

  1. Tapi ada fakta penting juga dari hujan,,,,yaitu hujan selalu mengingatkanku pada seonggok mantan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, seonggok mantan, tinggi banget bahasanya mas wkwk. 😂😂

      Hapus


EmoticonEmoticon