23 fakta unik mata yang super mengejutkan

23 Fakta unik mata yang super mengejutkan

 via.pixabay

Kalau sedang mati lampu, saya sering berpikir
"Begini kah kehidupan orang buta?
Gelap dan hitam.
Dan itu bikin saya sangat bersyukur karena saya diberi mata yang dapat melihat dunia dan segala macam warnanya. Tidak bisa saya bayangkan jika harus melihat gelap setiap waktu.
Mata, memang organ tubuh yang sangat penting dan punya banyak fakta luar biasa yang akan bikin kita kagum pada apa yang sudah diberikan tuhan pada kita.
Nggak ada salahnya mengenal mata kita lebih dekat, dan siap-siap tercenganga ya.

Cekidot....

1. Kita pasti sering tidak sadar saat berkedip, padahal mata berkedip sampai 15.000 kali setiap hari lho. Dalam satu menit mata bisa berkedip 12 kali, dan dalam satu tahun manusia mengedipkan matanya sekitar 4.200.000 kali. Berkedip juga bukan hal tidak berguna, kita berkedip ketika mata merasa lelah. Justru jika kita jarang berkedip mata akan terasa kering dan perih, biasanya kalau sedang membaca buku atau bermain laptop.
(Saya penasaran, siapa yang dengan rajinnya menghitung kedipan mata orang sampai setahun hi...hi... just kiding sob)

via.pixabay


2. Mata manusia di seluruh dunia ini umumnya berwarna coklat dan aslinya memang coklat. Namun ada beberapa orang yang memiliki warna mata hijau atau biru, warna mata biru diduga pertama kali dimiliki manusia 6000-10.000 tahun yang lalu karena adanya mutasi genetik, dan uniknya lagi semua orang yang bermata biru masih memiliki hubungan saudara lho. Namun ada beberapa kasus dimana seseorang memiliki warna mata yang berbeda kiri dan kanan. Kondisi seperti ini disebut dengan heterochromia.

3. Sidik jari merupakan hal yang rumit karena memiliki 40 karakteristik unik dan berbeda-beda pada setiap orang, tapi mata memiliki 256 karakteristik unik, jauh lebih banyak dari sidik jari. Itu sebabnya scan renita semakin banyak dilakukan untuk tujuan keamanan.

Baca juga :10 tanaman paling beracun di dunia

4. Beberapa hewan seperti hiu dan ubur-ubur memiliki kornea mata yang sama dengan manusia lho. Bahkan dalam beberapa kasus operasi mata, kornea mata hiu sering digunakan untuk menggantikan kornea yang asli karena bentuknya yang dianggap paling mirip dengan kornea mata manusia.

 via.pixabay

5. Sekarang ini teknologi semakin canggih, begitu juga dengan kamera. Tapi secanggih apapun kamera di dunia ini, tidak ada yang bisa mengalahkan kehebatan mata. Lensa mata bisa bergerak lebih cepat dari kamera manapun. Meski tidak bisa digunakan untuk memotret, tapi mata justru merekam kejadian di sekitar kita dan menyimpannya dengan baik di otak. Selain itu mata sebenarnya memang betfungsi sebagai kamera yang menangkap cahaya dan gambar untuk dikirim dan diproses oleh otak.

6. Luar biasanya mata karena dapat melihat banyak sekali warna, yakni 10 juta macam warna, yang bahkan belum kita tahu warna apa itu. Dan juga mata mampu membedakan 500 warna abu-abu yang berbeda.

7. Sudah tahu belom, kalau kornea adalah satu
-satunya jaringan dalam tubuh yang tidak memiliki pembuluh darah lho. Kornea berfungsi sebagai penutup iris dan pupil yang transparan.

8. Berat mata hanya sekitar 28 gram. Tapi fungsinya benar-benar tidak tergantikan. (Kecil... kecil cabe rawit)

9. Sekitar 80% informasi yang kita dapat berasal dari penglihatan atau mata, dan sisanya berasal dari indra lainnya.

10. Penyakit diabetes dapat dideteksi melalui mata seseorang. Apalagi jika orang tersebut menderita diabetes tipe 2. Hal ini terlihat melalui pembuluh darah pada mata yang tampak jelas dan lensa mata yang keruh. Selain diabetes, mata juga dapat mendeteksi penyakit lain seperti tekanan darah tinggi.
(Bisa juga mendeteksi patah hati)

11. Beberapa organ tubuh yang mengalami kerusakan mungkin dapat ditransplantasikan, tapi berbeda dengan mata yang tidak dapat ditransplantasikan karena banyaknya saraf optik yang menghubungkan mata ke otak, dan saraf-saraf ini sangat rapuh.

Baca juga :23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

12. Meskipun mata sangat rapuh, tapi mata juga dapat menyebuhkan diri dengan sangat cepat saat mengalami luka, yaitu sekitar 48 jam.

 via.pixabay

13. Fungsi airmata yang sebenarnya adalah untuk membersihkan mata dan mencegah mata kering. Kenapa kita menangis saat sedang sedih atau marah, hal itu belum dapat dijelaskan oleh para ilmuan.

14. Otot manakah yang paling kuat dalam tubuh? Hem... apa otot lengan? Ternyata jawabannya, otot mata. Otot yang bertugas menggerakkan mata bergerak dengan sangat cepat dan 100 kali lebih kuat dari fungsi yang diperlukan. Luar biasa bukan....

15. Para wanita harus lebih berhati-hati dalam penggunaan maskara. Karena faktanya cidera mata paling sering dialamj oleh wanita dan penyebabnya adalah maskara.

Baca juga :9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

16. Mata juga satu-satunya organ tubuh yang tidak bertumbuh sejak kita lahir. Kelopak mata mengalami perluasan, tapi mata tetap pada ukurannya dari bayi sampai tua.

17. Airmata mengandung komponen yang berbeda-beda, hal itu tergantung dari penyebab apa kita menangis. Unik ya....

18. Sebenarnga mata melihat gambar di depan kita secara terbalik, tapi untungnya otak memprosesnya dan memberikan gambaran benda yang sebenarnya.

19. Katanya nih, orang yang punya mata biru dapat melihat lebih jelas di kegelapan dibandingkan dengan orang yang bermata gelap atau coklat.

20.biasanya orang akan membaca 25 kali lebih lambat di layar monitor dari pada di atas buku.

21. Tidak hanya manusia yang bisa memahami perasaan seseorang melalui mata, anjing juga dapat melakukannya dan anjing hanya bisa melakukan interaksi itu dengan manusia.

22. Ada yang bisa bersin dengan mata melotot? Jawabannya, tidak ada.

Baca juga :9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

Baca juga :15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

23. Mungkin kebanyakan orang tahunya airmata itu adalah air biasa, padahal airmata mengandung 3 komponen, yaitu air, lemak, dan mukus. Itulah mengapa airmata tidak mudah menguap. (Bayangkan jika airmata langsung menguap saat anda menangis.... aneh)

Well, sudah selesai. Masih ada banyak fakta menarik lain dari mata. Tapi intinya, jaga hati, jaga mata.... (apaaan sich...)
He... he...

See you sob....

2 comments

  1. Soal sidik jari ini memang unik ya, pantas sekarang dimana-mana sidik mata ini sangat diperlukan. Mirip kayak di film-film itulah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak waktu bikin KTP. sidik mata ini dinilai lebih aman dan terpercaya.
      (Kok kyak iklan...😂)

      Delete


EmoticonEmoticon