9 Hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

9 Hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

"Pengen jadi anak kecil lagi"
Banyak orang yang pernah mikir begitu, termasuk saya sendiri. Jadi anak kecil memang sesuatu yang tidak terlupakan, pasti banyak kenangan konyol dan lucu yanh terjadi waktu kita masih anak-anak. Kenakalan-kenakalan, kotor-kotoran, dan nangis sepuasanya cuma bisa dilakukan kalau kita masih anak-anak.
Karena itu ada banyak hal juga yang bisa kita pelajari dari anak kecil, yang lebih pintar mereka lakukan daripada kita yang sudah dewasa.
 apa aja sich....?

via. pixabay

1. Berani bermimpi besar
Anak kecil sesalu punya cita-cita dan mimpi yang luar biasa. Mereka tidak pernah mnginginkan sesuatu yang sepele, pasti hal besar yang ada di benak mereka.
Coba tanya saja, kamu pengen jadi apa?
Kebanyakan anak akan jawab 'pengen jadi dokter, pak polisi, pilot' bahkan ada yang pengen jadi batman atau spiderman. Memang kedengarannya tinggi dan tidak masuk akal, tapi mereka berani bermimpi besar dan mengakuinya pada semua orang, dan hal itulah yang bisa kita contoh. Tentunya dengan usaha dan doa yang sungguh-sungguh.

2. Selalu tertawa

 via. pixabay

Jadi orang dewasa itu punya banyak masalah dan tanggungan, intinya dewasa itu rumit. Karena itulah banyak orang dewasa yang sering terlihat lelah dan putus asa. Hal itulah yang sering membuat kita berpikir pengen jadi anak kecil lagi, mengulang masa paling bebas yang paling menyenangkan. Karena anak kecil selalu dapat menemukan hal yang lucu dimana pun ia berada, bahkan kalau ia baru saja terjatuh dia bisa tetap tertawa dan menganggap itu konyol. Memang masalah anak kecil dan orang dewasa itu beda jauh, tapi itu karena pikiran kita dengan mereka yang juga beda jauh. Kita bisa berpikir lebih matang jadi juga dapat kehidupan yang lebih besar dengan banyak masalah.

 baca juga : 20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

3. Jadi diri sendiri

 via. pixabay

Anak kecil selalu bisa jadi dirinya sendiri tanpa peduli apa kata orang dewasa di sekitarnya. Mereka melakukan apa yang mereka suka dan mau. Mereka juga tidak peduli dengan penampilan, tidak pernah berpikir apa mereka terlihat cantik, tampan, atau jelek. Yang mereka pikirkan hanya bersenang-senang. Dan itulah yang kita, para orang dewasa sering lupakan. Menjadi diri sendiri, kita terlalu sibuk memikirkan perkataan orang dan berpikir soal penampilan luar sampgi melupakan kebahagian kita yang sebenarnya. Cobalah berpikir simple seperti anak kecil dan lihat perbedaannya.

4. Imajinasi luar biasa

 via.pixabay

Tidak diragukan lagi anak kecil punya imajinasi yang sangat menganggumkan, mereka membuat cerita dan membangun dunia yang menyenangkan dalam kehidupannya. Pasti sobat semua juga pernah merasakannya kan. Anak kecil selalu membayangkan hal-hal tak masuk akal yang akan membuat kita terkesan saat mendengarnya. Dan imajinasi itu membuat hidup jadi lebih berwarna.

baca juga : hanya orang sukses yang bisa lalui 4 hal ini, kamu termasuk?

5. Banyak ide

 via. pixabay

Karena mereka punya imajinasi yang tinggi, anak kecil juga cenderung lebih kreatif. Mereka bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk menyusun lego atau membuat layangan yang mereka idam-idamkan. Dan meski hasilnya tidak sempurna, tapi mereka mengerahkan seluruh kemampuannya untuk membuat benda yang diinginkannya. Coba perhatikan kegiatan anak-anak kecil di sekita sobat, pasti mereka pernah membuat sesuatu yang meskipun bagi kita sangat sederhana, tapi kita tidak pernah membayangkan mereka bisa melakukannya.

6. Tidak suka dendam



 via. pixabay


Yups, anak kecil terkadang nemang suka marah dan uring-uringan nggak jelas. Mereka bisa minta ini dan itu yang harus segera dituruti, atau berantem dengan teman sebayanya sampai menangis bersama, dan berantemnya itu low mulai dari jambak-jqmbakkan, tendang-tendangan dan pukul-pukulan nggak jelas. Tapi setelah itu mereka pasti baikan lagi, tiba-tiba sudah main mobil-mobilan bersama. Seakan nggak pernah berantem. Keren bukan, padahal orang dewasa saja bisa marah tahunan katena hal seperti itu tapi anak kecil mampu mengatasinya dengan sangat cepat.

baca juga : hati-hati, 7 hal ini penyebab cita-citamu nggak terwujud

7. Bukan pemalas

 via. pixabay

Anak kecil hobinya memang main, tapi bukan berarti mereka malas. Justru dengan bermain mereka sedang menyibukkan diri. Ibarat orang dewasa, bermain adalah pekerjaan bagi anak kecil, jadi jangan marah kalau mereka bermain. Mereka bukannya tidak bisa diam, tapi tidak suka diam, bagi mereka diam itu membosankan.

8. Super berani
Sebenarnya anak kecil punya keberanian yang melebihi kita para orang dewasa. Mereka berani menunjukan siapa diri mereka dan bermain tanpa peduli dengan apapun, berani berusah payah untuk dapat apa yang mereka inginkan. Sayangnya kita secara tidak sadar sudah mengajarkan pada mereka soal rasa takut dengan melarang mereka melakukan ini dan itu, kita terlalu sering bilang jangan.

baca juga : 20 fakta unik dan menarik dari handphone

9. Hati yang baik

 via pixabay

Memang, beberapa anak kecil punya prilaku yang agak menjengkelkan atau malah sangat menjengkelkan. Istilah singkatnya bandel. Tapi anak kecil selalu punya hati yang baik lho, mereka bisa memperhatikan hal-hal kecil di sekitarnya dan merasa kasihan. Mereka suka pada binatang, pada tumbuhan dan sangat menyanyangi orang-orang di kehidupannya, terutama orangtua. anak kecil punya caranya sendiri untuk menunjukan rasa cintanya.

Belajar memang tidak harus sama orang yang lebih tua, tuh, sama anak kecil juga bisa.

See you.....


2 comments

  1. Ya anak kecil memang kadang membuat serba salah. Karena kepolosan dan kejujuran mereka.
    Beda orang dewasa selalu ada udang dibalik bakwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk...😂 Enak tuh bang, udang di balik bakwan, bisa ditepungin trus digoreng sebagai teman makan siang

      Delete


EmoticonEmoticon