20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

20 hal menarik dari bayi yang harus kita tahu

 via.pixabay

Bayi itu...
Kecil, imut, lucu, gemesin, dan punya banyak fakta yang pastinya jarang diketahui banyak orang. Meskipun mereka masih lemah dan belum bisa bicara untuk mengungkapkan perasaannya, tapi mereka adalah ciptaan tuhan yang luar biasa. Coba sobat semua baca yang di bawah ini dan siap-siap buat kagum ya....

1. Apa yang sobat perhatikan kalau ada bayi menangis? Hem, pasti menghiburnya kan. Tapi sudah tahu belom kalau bayi tidak akan mengeluarkan airmata ketika menangis sampai mereka berusia 3-6 minggu.

2. Para orangtua yang melakukam USG pada bayinya pasti sering melihat mereka tersenyum di dalam rahim. Sayangnya ketika sudah lahir bayi tidak tersenyum sama sekali sampai usia mereka memasuki satu bulan, ternyata hal ini karena proses kelahiran merusak suasana hati bayi. (Ngambek gitu ceritanya)

3. Bayi akan memiliki sidik jari ketika mereka sudah berusia 3 bulan. Maksudnya sini adalah sidik jari ini akan dikenali saat bayi sudah berusia 3 bulan. Sidik jari bayi sebenarnya sudah terbentuk sejak usia kandungan 14 sampai 24 minggu, namun karena bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat halus dan tipis, sidik jarinya pun tersamarkan.

baca juga : 23 fakta unik hiu yang harus kamu tahu

baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu 

4. Saat lahir, baik bayi laki-laki maupun prempuan akan memiliki payudara yang sedikit membengkak. Hal ini dikarenakan mereka menerima hormon prempuan dari plasenta sebelum kelahiran. Tapi hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu.

5. Bayi selalu memiliki wajah yang berubah-ubah. Biasanya mereka akan tampak berubah dalam beberapa hari. Kadang mirip ibu, kadang mirip ayah. Yang jelas tetap ngeggemesin lah. (Asal nggak mirip sama tetangga)

6. Bayi yang baru lahir mengenali ibunya dari suara sang ibu ketika ia dilahirkan dan mereka baru mengenali ayahnya 2 minggu kemudian .

7. Bayi yang baru lahir punya begitu banyak tulang dalam tubuhnya, yakni 350 tulang. Seiring pertumbuhannya jumlah tulang tersebut akan berkurang menjadi 206 karena beberapa tulang sudah menyatu.


via.pixabay


8. Jika kita mendekati bayi, seperti mencium atau memeluknya kita pasti akan mencium bau yang khas ala bayi. Bahkan mulut bayi pun meraroma menyenangkan, dan ternyata hal ini dapat dijelaskan lho. Menurut sebuah studi, bau khas milik bayi ini merupakan senyawa kimia yang berfungsi sebagai media komunikasi antara bayi dan ibunya untuk membentuk ikatan batin. Bau ini memberikan perasaan tenang dan senang seperti ketika kita makan makanan enak.

baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

9. Setiap bayi yang lahir di dunia ini selalu lahir dengan memiliki tanda pada tubuhnya. Tanda tersebut biasanya akan menghilang saat anak berusia 3 tahun, tapi ada juga yang menetap dan melebar. (Ada yang punya tanda lahir juga?)

10. Kita pasti sering menjumpai bayi tertidur dengan pulas. Bayi memang akan menghabiskan beberapa minggu di awal kehidupannya dengan tidur, mereka bisa tidur 18-22 jam dalam sehari. Dan yang bikin sebel plus gemez mereka suka bangun tiba-tiba di tengah malam.
Yach, namanya juga anak kecil, pasti butuh perhatian.
Yach, namanya juga orangtua, harus perhatian dong.
Hi... hi...

11. Bayi yang tenang bisa tiba-tiba menangis dengan kencang dan bikin seluruh rumah jadi bingung, padahal dia baru saja disusui. Mau ditanya kenapa, juga belum bisa jawab karena...
Sebenarnya hal ini wajar kok.
Seorang dokter anak di Encinitas, California, Christine wood, MD., menamakan hal tersebut dengan 'kebosanan'
Si bayi merasa bosan dengan suasana di sekitarnya, ia ingin disentuh atau merasakan sesuatu yang baru. Jadi jalan keluarnya adalah dengan mengajaknya bermain atau jalan-jalan.

baca juga : ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

12. Ternyata, bayi yang baru lahir hanya bisa melihat 2 warna saja, yakni hitam dan putih. Pengelihatan mereka akan berkembang dan dapat melihat warna-warna lain ketika memasuki usia 4 bulan. Dan untuk menunjang perkembangan matanya ada baiknya memberikan bayi mainan dengan warna-warna yang cerah. Selain itu pandangan bayi juga masih samar-samar, mereka dapat melihat wajah anda dengan jelas jika anda menatapnya dari jarak 20-38 cm.

13. Ada yang suka menyanyi atau mendengarkan lagu ketika hamil? Hem, bagus nih....
Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di University of helsinki mengatakan kalau bayi dapat mengingat lagu-lagu yang mereka dengarkan saat berada di dalam kandungan sampai 4 bulan setelah kelahirannya. Jadi kalau sobat yang sudah punya anak lagi bingung karena anaknya rewel, bisa coba menyanyikan lagu yang biasa dinyanyikan untuknya dulu.

14. Selain mengenali ibunya dengan suara, bayi juga mengenali ibunya dengan baunya. Hal ini karena bayi punya indra penciuman yang tajam.

15. Para bayi biasanya sering mengalami cegukan dan mengorok saat tidur. Hal ini bukanlah gangguan kesehatan, tapi karena produksi air liur yang meningkat untuk pembentukan giginya.

via.pixabay


16. Bayi tidak menyukai suasana yang terlalu hening. Ketika di dalam rahim mereka biasa mendengar suara aliran darah, desis usus, dll. Karena itu jika bayi menangis dan kita berkata "shhh... shhh" alias mendesis supaya ia tenang, bayi akan lebih mudah didiamkan. Cara seperti ini disebut dengan shusing. (Bukan shusing makanan jepang itu lho, itu shusi)

17. Kaki bayi yang baru lahir pada umumnya akan berbentuk O. Soalnya ketika berada dalam rahim ibunya mereka selalu meringkuk. Kondisi ini wajar dan akan berubah saat anak berusia 1-2 tahun. Namun, kita juga harus berhati-hati saat menggedongnya.

18. Saat bayi kita tidak memiliki tempurung lutut sampai berusia 6 bulan. Jadi hati-hati dalam merawanya ya, bagian tubuh bayi masih sangat rentan dan lemah.

baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

baca juga : 10 hal menenangkan saat masalah datang

19. Orang dewasa bernafas 12-20 kali dalam satu menit, sedangkan bayi bernafas 40 kali dalam satu menit. Ini lebih cepat dari manusia dewasa ya....

20. Reseptor yang paling sensitif dari bayi adalah mulutnya, karena itu mereka suka memasukan apapun ke dalam mulut untuk mengeksplorasi sekelilingnya.

Beruntung ya pernah jadi bayi, hi... hi.... tubuhnya yang kecil dan lemah itu ternyata punya banyak sekali keajaiban di dalamnya. Terbukti kalau hal yang kelihataanya sepele dan biasa aja bisa jadi malah lebih mengaggumkan.

See you....

8 komentar

  1. bayi suka kalau diajak bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ciri khasnya anak kecil itu, dan kita para orang dewasa juga jadi suka main kalau ada bayi. Malah kadang kelihatan konyol luar biasa, macam-macam lawakan dan ekspresi aneh dikeluarkan supaya bisa liat tawanya si bayi.
      Wkwk..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  2. Sidik jari baru tiga bulan, saya baru tahu. saya kira lahir langsung ada sidik jarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas djangkaru, saya pun baru tahu pas bikin artikel. He..he..
      Coba deh ntar dicek kalau ada anak bayi baru lahir, saya pun juga penasaran pengen lihat langsung.

      Hapus
  3. Jadi penasaran kenapa baru ada sidik jari sampai usia 3 bulan ya mbak? Apa mungkin itu artinya baru dikenali setelah 3 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, maaf mbak. Ada kesalahan nih, sidik jari bayi sebenarnya udah terbentuk sejak bayi masih di kandungan, pada usia 13 sampai 24 minggu, tapi karena kulit bayi yang lahir masih sangat tipis dan halus, sidik jarinya baru terlihat jelas saat berumur 3 bulan setelah dilahirkan.
      Duh, harus di edit lagi nih....
      Mohon maaf yak...πŸ™πŸ™

      Hapus
  4. Yang jelas bayi itu imut. Aneh ya wajahnya bisa berubah-ubah, tapi jangan mirip orang lain aja ya, bahaya ini. Anak pertama saya punya tanda lahir sampe sekarang, mirip ibunya wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa perang dunia kalau sampe mirip orang lain, apalagi tetangga sebelah. Tapi kalau tetangganya artis terkenal, gimana ya....πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus


EmoticonEmoticon