14 fakta unik valentine's day

14 fakta unik valentine's day

 via. pixabay

Bulan februari pasti jadi bulan paling indah buat para pasangan kekasih. Yups.... hari Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 februari ini selalu penuh dengan nuansa cinta dan kasih sayang. Yang namanya coklat, bunga, hadiah nggak pernah kelewatan.
But...
Sobat semua pada tahu nggak sih, bagaimana awal mulanya hari valentine ini. Kenapa 14 februari bisa jadi hari kasih sayang? Dan apa saja fakta mengejutkan dari harinya para kekasih ini?

Jom, kita cari tahu!

1. Pasti sudah pernah mendengar tentang sejarah hari Valentine. Dari banyaknya kisah-kisah yang berbeda, ada satu kisah yang paling terkenal dan menyentuh hati. Yakni, kisah dari seorang saint romawi bernama valentine/valentinus yang dihukum mati pada tanggal 14 februari 270 sebelum masehi karena ia menikahi wanita yang dicintainya. Pada masa itu menikah adalah larangan bagi para lelaki yang menolak wajib militer.

2. Di beberapa negara hari valentine tidak jatuh pada tanggal 14 februari. Misalnya di Brazil, hari valentine dirayakan pada bulan Juni dan di Kolombia dirayakan pada bulan September. Yang jelas kasih sayang bisa dirayakan kapan aja ya, setiap hari juga boleh banget. Hi... hi...

baca juga : ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

3. Masih ingatkah dengan kisah romeo dan juliet? Masih dong. Nah, di kota Verona, Italia, setiap hari valentine akan ada banyak surat yang dikirimkan oleh orang-orang dari penjuru dunia untuk Juliet, jumplah surat-surat itu bahkan mencapai seribu surat lho. Yang udah nggak ada aja masih dapet, kamu gimana?

 via. pixabay
4. Kalau hari valentine biasanya seorang cowok akan kasih bunga mawar merah buat ceweknya. Kenapa mawar merah ya? Kenapa nggak putih atau pink? Atau hitam (ngaco....) Ternyata karena mawar merah merupakan bunga kesukaan dewi venus / dewi cinta dan melambangkan perasaan cinta yang sangat kuat. (mungkin ada yang suka bunga kuburan....)

baca juga : 8 fakta unik kaum wanita

5. Tak hanya bunga mawar, hari valentine juga identik dengan kartu valentine. Dan kartu valentine, pertama kali dikirimkan oleh Charles, Duke of orleans seorang narapidana dari penjara di menara london kepada istrinya, Charles merupakan tahanan perang yang dipenjara selama 24 tahun. Kartu tersebut sekarang disimpan di museum london Inggris. (miris, pilu, dan romantis)

6. Di Amerika banyak sekali orang yang memilih kartu sebagai hal yang spesial untuk merayakan valentine. Ada sekitar 180 juta kartu yang dikirim setiap tanggal 14 februari. Waduh, kaya dadakan nih kantor posnya....
Atau pusing dadakan....

 via. pixabay

7. Coklat jadi senjata ampuh di hari valentine sejak tahun 1868 semenjak Richard cadbury memberi gagasan tentang romantisnya sekotak coklat untuk hari Valentine.

8. Pada abad pertengahan para gadis akan memakan makanan yang aneh di hari valentine supaya mereka bisa memimpikan seperti apa calon suami mereka dan berharap mendapatkan jodoh yang baik. Mereka juga percaya orang pertama yang mereka temui di hari kasih sayang dan masih berstatus single alias jomblo nih, adalah jodoh mereka kelak.

baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

9. Hari valentine juga tidak luput dari mitos-mitos yang unik. Seperti, jika sobat melihat burung gereja terbang di hari valentine maka sobat akan menikah dengan pelaut, dan jika yang sobat lihat burung gagak berarti sobat akan menikah dengan seseorang yang miskin tapi memiliki kehidupan yang bahagia. Yang paling beruntung kalau sobat melihat burung gologinch, itu pertanda sobat bakal menikah dengan milyuner. Kalau lihat burung pemakan bangkai artinya apa ya....

 via. pixabay

10. Hari valentine memang nggak lengkap kalau nggak ada bunga. Dan sekitar 74% bunga dibawa pria untuk kekasihnya sementara 23% bunga dibawa wanita untuk dirinya sendiri (malangnya nasib jomblowati)

11. Hari valentine dijadikan hari libur resmi sejak tahun 1537 oleh raja henry VIII di Inggris.

12. Para pria akan mengeluarkan uang lebih banyak pada hari valentine dibandingkan para wanita. Di Amerika rata-rata pria akan menghabiskan sekitar $ 150 untuk pacarnya, sementara wanita hanya menghabiskan $ 85 saja.

13. Karena banyaknya bunga yang dibutuhkan pada hari valentine, jangan kaget kalau harga bunga juga meningkat pada hari itu.

baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

14. Sudah biasa kalau pria kasih hadiah buat pacarnya di hari valentine. Nah, di korea dan Jepang agak beda nih. Di sana wanita lah yang akan memberi coklat untuk para pria. Ada 2 jenis coklat yang berbeda, yaitu honmei-choko dan giri-choko.
Dan nggak boleh asal diberikan. Honmei-choko hanya diberikan pada pria yang benar-benar disukai si wanita, arti dari honmei-choko sendiri adalah " true love chocolate " dan coklat ini sangat spesial karena biasanya dibuat sendiri. Sedangkan giri-choko atau " oblogation chocolate " diberikan untuk teman pria atau rekan kerja. Di sana hari valentine juga dirayakan 2 kali lho, yakni pada 14 februari dan 14 maret (satu kali aja kurang...)


Ya, bagaimanapun juga hari valentine memang hari spesial buat banyak orang ya. Tapi buat menunjukan kasih sayang dan cinta nggak perlu nunggu hari valentine kan, ntar keburu basi kalau kelamaan he... he...
Dan kasih sayang juga nggak harus sama pacar, kan masih ada orangtua dan sahabat. Nggak kalah seru juga kok merayakan valentine' day sama orangtua atau sahabat

Selamat hari valentine....
See you....



0 comments

Post a Comment