Ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

Ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

via pixabay


Bukan rahasia lagi kalau lautan itu luasnya lebih luas dari daratan. Bahkan semakin hari tanpa kita sadari daratan tempat kita tinggal ini semakin sempit dan lautan semakin luas. Mengerikan memang, tapi ini fakta akibat global warming sehingga es di kutub mencair. Terlepas dari kenyataan tersebut lautan punya begitu banyak fakta yang belum banyak diketahui orang. Untuk itu saya mau membagikannya buat sobat semua di sini.

Cekidot....


1. Emas dalam lautan
Emas? Seriusan ada emas dalam laut?
Hi... hi... ya bener dong sobat, cuma bukan emas batangan ya. Para ilmuan mengatakan bahwa di dalam laut ada sekitar 20 juta emas (wih, bisa kaya nih yang nemuin) tapi tidak mudah juga mendapatkannya karena emas-emas tersebut ada di dasar laut yang dalam dan terbungkus bebatuan. Air laut sendiri sebenarnya memiliki kandungan emas, sayangnya kandungannnya hanya 13/1000000000 gram emas dari satu liter air laut. (Ho... ho... nggak bisa ngarep lagi)

2. Misterius
Pernah berpikir ketika kita naik kapal, kalau di bawah kita adalah sesuatu yang dalam, gelap, dan mengerikan. Di laut ada banyak sekali makhluk hidup dan sebagian besarnya belum dapat diklasifikasikan oleh para ilmuan. Mungkin saja ada ikan raksasa yang berenang di bawah kita saat kita berenang di laut atau naik kapal. Haduh seremnya....

3. Gunung tertinggi ada di laut
Nggak cuma di daratan yang ada gunungnya. Lautan pun juga punya gunung lho. Nggak tanggung-tanggung gunung di lautan bahkan lebih tinggi dari gunung tertinggi di bumi. Gunung everest hanya memiliki tinggi sekitar 8.850 meter sementara sebuah gunung yang bernama mauna kea memiliki tinggi mencapai 10.210 meter di bawah permukaan laut.
Wow.....
(Mungkin ada yang berniat mendakinya?)

4. White shark cafe
Jangan gagal paham dulu, ini bukan nama cafe lho. White shark cafe adalah sebuah perairan di dasar samudera pasifik di mana para hiu putih besar berkumpul. Jumplahnya sangat banyak, namun sampai sekarang para ilmuan masih belum tahu alasan mengapa hiu-hiu tersebut berkumpul di sana. Mereka hanya memperkirakan itu tempat berburu atau kawin untuk para hiu.

baca juga : 16 fakta unik kecoa yang jarang kamu ketahui

baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia 

5. Pegunungan terpanjang
Nggak hanya gunung tertinggi yang letaknya ada di laut, pegunungan terpanjang pun juga dimiliki oleh laut. Mid ocean ridge adalah pegunungungan yang terletak di dasar laut dengan panjang 40.000 mil. Ini 4 kali lebih panjang dari pegunungan andes, himalaya, dan rocky yang digabungkan. Keren ya, mungkin zaman dulu sebelum jadi laut itu daratan kali ya.

6. Terumbu karang juga pakai tabir surya
Waduh, waduh... nggak hanya para manusia saja yang butuh perlindungan untuk kulitnya. Terumbu karang ternyata juga melakukan hal tersebut. Sudah lebih dari jutaan tahun terumbu karang di Great barrier reef, Australia menggunakan cara ini untuk melindungi dirinya dari sinar matahari. Bahkan peneliti dari CSIRO
Tengah bekerja sama dengan perusahaan kulit di Australia untuk membuat produk kecantikan yang terinspirasi dari terumbu karang tersebut.

7. Kehidupan di laut
Seperti saya bilang tadi laut sangat misterius. Kenyataanya, sampai sekarang manusia hanya sanggup menjelajahi 5% bagian dari lautan. Masih begitu banyak hal-hal di dalam lautan yang belum kita ketahui. Baru-baru ini SUNY College of Environmental Science and Forestey telah menemukan 10 spesies baru yang di temukan di lautan. Salah satunya adalah spesies naga laut berwarna merah yang sangat sulit dijumpai dan hidup di perairan dangkal bagian barat Australia. Ada juga ikan ghostly octopod yang dikenal sebagai ikan berwajah paling jelek.

baca juga : 9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia 

8. Sebagian besar oksigen berasal dari laut
Kita mungkin berpikir kalau oksigen itu berasal dari pepohonan dan tumbuh-tumbuhan. Ya memang benar, tapi ternyata laut juga punya peran besar dalam hal ini lho. Fitoplankton, organisme kecil yang hidup di lautan juga melakukan fotosintesis yang menghasilkan oksigen. Para ilmuan berpendapat bahwa sebagian oksigen yang kita hirup berasal dari tanaman laut.

baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

Belum pernah pergi ke laut, tapi ngebahas laut. He... he... nggak papa lah, buat nambah pengetahuan juga. Ok, sobat semua seperti harapan-harapan saya sebelumnya semoga artikel ini bermanfaat dan...

See you....
Wait! Wait! Jangan lupa juga buat berkunjung ke carasimplecantik.blogspot.com
sekarang baru...

See you....

2 comments

  1. Undangan. saya datang mbak. Bagus nichenya. Terus berkarya sukses selalu...

    ReplyDelete
  2. iy, mkasih mbk irma. smoga sya juga bisa kyak mbk irma

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon