23 fakta unik hiu yang harus kamu tahu

23 fakta unik hiu yang harus kamu tahu


Via pixabay


Hiu.... hiu....
Yang terbayang di pikiran saya adalah badannya yang guede dan giginya yang taring semua. Hiu memang termasuk binatang laut yang ditakuti dan berkuasa. Banyak juga kasus kematian dan cidera berat yang disebabkan oleh hiu. Binatang ini punya kesan menakutkan dan musuh berat bagi beberapa binatang laut lainnya. Tapi semenakutkan apapun si hiu ini, dia tetap ciptaan tuhan yang punya keistimewaan. (He... he... sok bijak)
Yah, pokoknya saya mau bagi info soal istimewanya si hiu ini,
Monggo dibaca ya....

1. Kayaknya bohong banget kalau ada yang bilang ikan bisa tenggelam. Tapi demi tuhan saya nggak bohong (lebay lagi)
Hiu akan tenggelam apabila mereka berhenti bergerak. Jadi untuk menghindari hal ini mereka memilih untuk pergi ke goa di dasar laut yang berarus tenang untuk beristirahat. Namun ada beberapa spesies hiu juga yang masih dapat hidup meski mereka berhenti bergerak yakni white tip shark dan sand tiger shark.

2. Hiu pada umumnya sudah besar, tapi masih ada hiu terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Yakni hiu paus atau whale shark yang memiliki panjang tubuh mencapai 14 meter.
(Makin serem aja)

Baca juga : ini nih, 8 fakta luar biasa lautan

Baca juga : mitos-mitos kehamilan di berbagai negara

3. Kalau ada yang besar pasti ada yang kecil. Nah, hiu terkecil di dunia juga ada. Hiu dwarf lantern hanya memiliki panjang 15,24 cm. Duh, imutnya... tapi saya yakin giginya masih sama kayak gigi hiu mana pun. Hiu imut ini termasuk ikan yang tertutup, mereka dapat ditemukan di kedalaman 1.440 kaki di bawah air. (Kecil kalau kroyokan ya sama aja)

4. Hiu paling berat yang pernah ditimbang adalah hiu paus, beratnya mencapai 13,6 ton. (Mungkin ini salah satu contoh hiu obesitas hi...hi...)

5. Hiu yang masih kecil atau baru lahir biasanya akan memakan giginya sendiri. (Rakus bener...)

6. Hiu punya penciuman yang luar biasa, mereka bisa mendeteksi setetes darah yang jatuh ke air. Untuk itu berhati-hatilah ketika berada di laut, jangan sampai terluka apalagi sampai mengeluarkan darah. Hiu mengintai di mana-mana.

7. Hiu diperkirakan sudah berada di bumi dan berenang menjelajahi lautan sejak 400 an juta tahun yang lalu, tentunya mereka juga berevolusi mengikuti zaman.

8. Kita pasti benci dan takut pada bintang ini karena mereka adalah penyebab kematian manusia terbanyak yang disebabkan oleh hewan. Tapi pada kenyataannya manusia justru bertindak lebih kejam dengan memburu para hiu. Setiap tahunnya hiu membunuh sekitar 12 manusia, sementara manusia membunuh 11.417 hiu per jamnya untuk diambil minyak ikan, sirip dan dagingnya. Sekarang manusialah yang jadi predator utama ikan hiu. Kondisi ini sudah sangat parah, mengingat jumplah hiu yang semakin berkurang dari tahun ke tahun, bahkan 48 spesies hiu terancam punah karena perburuan sirip-sirip mereka. (Miris bukan?)

Baca juga :ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

9. Hiu termasuk binatang yang hidup soliter atau tidak berkelompok, mereka suka berburu sendirian. Tapi mereka akan berkumpul bersama ketika musim kawin tiba untuk mencari pasangan.

10. Hiu memiliki gigi yang sangat tajam dan runcing. Hanya dengan melihat gambarnya saja kita tahu apapun yang digigitnya akan langsung patah. Tapi meskipun begitu gigi hiu juga sangat mudah lepas. Mereka kehilangan sekitar 6000 buah gigi dalam waktu satu tahun, namun ajaibnya. Gigi tersebut juga akan tumbuh kembali hanya dalam waktu 24 jam.

11. Hiu paus adalah spesies ikan hiu yang jinak dan hanya memakan plankton atau organisme kecil lainnya alias vegetarian, padahal mereka memiliki tubuh paling besar diantara spesies hiu lain. Umur hiu paus tergantung berdasarkan iklim tempat ia tinggal namun mereka dapat hidup sampai berumur 100 tahun.

12. Sirip hiu mengandung banyak merkuri. Dan jika hiu hilang dari muka bumi maka keseimbangan bumi ini akan terganggu, untuk itu jaga para hiu. Meski mereka menakutkan, tapi mereka kan cuma hewan yang mengikuti insting untuk hidup. Kita sebagai manusia yang dibekali akal yang lebih baik harus mampu berfikir dengan lebih bijak juga.

13.Hiu mempunyai kulit yang tebal untuk melindungi dirinya. Kulit hiu betina umumnya lebih tebal dibandingkan kulit hiu jantan. Soalnya ketika musim kawin tiba para hiu jantan akan menggigit kulit hiu betina (agresipnya ck...ck...) karena itu mereka perlu perlindungan ekstra.

Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

14. Jika hiu paus mampu hidup sampai berumur 100 tahun. Spesies hiu di greenland yakni hiu greendland mampu hidup sampai 200 tahun.
Mereka adalah salah satu hewan bertulang punggung yang mampu hidup begitu lama. Hiu ini biasanya memiliki panjang 6,4 meter dan berada di kedalaman 6.600 kaki di bawah laut.

15. Hiu martil adalah salah satu hiu yang sangat unik. Para betinanya bisa memiliki anak meski tanpa ada pejantan. Lho kok bisa...? Hiu martil dapat menyimpan sperma pejantannya dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan sampai 3 tahun.

16. Di Hawai dan India pernah ada ritual dimana manusia dikorbankan untuk dewa hiu. Zaman dulu memang ada beberapa kelompok yang menjadikan binatang laut ini sebagai dewa. Lebih anehnya lagi pengorbanan manusia ini bukan karena paksaan, tapi karena keinginan sendiri. (Ingin mati pastinya, ck... ck....) salah satu nama dewanya adalah dewa hiu kauhuhu.

17. Embrio hiu macan akan saling memakan di dalam rahim induknya untuk bertahan hidup.

18. Meskipun hiu punya tubuh yang besar, tapi ada juga hiu yang mampu berenang dengan sangat cepat layaknya mobil sport. Hiu shortfin mako (isurus oxyrinchus) atau hiu mako bisa berenang dengan kecepatan sampai 100 km/jam. Mereka tinggal di perairan yang hangat, dengan kedalaman 490 kaki, biasanya di perairan atlantika, dari Argentina ke teluk meksiko.

Baca juga : 30 fakta unik si imut kucing

Baca juga : 12 manfaat bangun pagi yang tak terduga

19. Tidak seperti binatang lainnya, hiu yang baru lahir akan langsung ditinggal ibunya. Kedengarannya kejam, tapi hal ini dilakukan supaya si induk tidak memangsa anaknya sendiri saat sedang lapar.

20. Kerangka tubuh hiu terdiri dari tulang rawan atau muda seperti pada telinga manusia, hal ini memudahkan mereka bergerak dengan lentur. (Fleksibel maksudnya)

21. Tahu film jaws, film yang mengisahkan tentang teror ikan hiu ini sangat terkenal. Tapi rupanya peter benchley, seorang penulis yang menginspirasi dibuatnya film ini merasa sangat menyesal telah menulisnya karena dampak buruk yang terjadi pada para hiu.

22. Hiu memang ditakuti oleh banyak binatang laut lainnya, tapi mereka tetap bisa akrab dengan sesama ikan, yaitu ikan remora. Pasti tahu kan remora ikan apa? Itu low, ikan yang suka ngebersihin giginya si hiu.

23. Ada kira-kira 400 spesies hiu yang sudah diketahui, dan dari banyaknya spesies ini sebenarnya hanya ada 38 spesies yqng berbahaya bagi manusia. Jadi nggak semua hiu ganas ya sob.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

Yep, kayaknya mulai dari sekarang kita harus lebih sayang sama binatang bahkan yang kelihatannya menakutkan seperti hiu. Jangan sampai keberadaan mereka benar-benar akan punah. Kita sendiri yang akan menyesal nantinya.
akhir kata saya ucapkan...
Salam hiu, he... he...

See you.... maksudnya. Dan jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya ya.
Carasimplecantik.blogspot.com

See you....

0 comments

Post a comment