12 manfaat bangun pagi yang tak terduga

12 manfaat bangun pagi yang tak terduga

kukuruyuk... petok... petok...
Woey... bangun-bangun!
Ha... ha... siapa yang suka bangun pagi cung tangannya. Bagi sobat yang suka bangun pagi saya ucapkan selamat karena kebiasaanya yang bagus ini. Dan yang masih suka ngebo saya doakan biar nggak jadi kebo beneran ( hi...hi... bercanda)
bangun pagi meski kedengannya simple, tapi buat beberapa orang hal ini cukup berat lho. Padahal bangun pagi punya buayak sekali manfaat buat tubuh dan pikiran. Hem.... penasaran? Nih saya kasih tahu....



Via. Pixabay


1. Dapat udara segar
Tak diragukan lagi, pagi hari memang waktunya udara paling sehat nongol dimana-mana. Karena itu banyak orang yang memilih olahraga di pagi hari. Dengan membiasakan diri bangun lebih pagi sobat bisa menikmati udara segar ini, karena kalau sudah siang udaranya sudah dimix sama polusi dan kawan-kawannya.

2. Bikin sehat paru-paru
Karena udara di pagi hari masih bebas polusi sudah tentu juga sehat untuk paru-paru. Nafas jadi terasa ringan, duh, senangnya. Hal ini membuktikan kalau bangun pagi memang gak ada ruginya sama sekali. Yang mau punya paru-paru sehat, mari bangun pagi!

Baca juga : 13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

3. Kulit sehat dan cantik
Sinar matahari pagi ada apanya sih? Yups, sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sehat untuk kulit sobat. Vitamin D ini dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan mencegah kulit dari gangguan penyakit. Nggak ke salon sinar matahari boleh lah hi... hi... Dengan begitu nggak ada salahnya kan berjemur di pagi hari.

4. Bikin cerdas otakmu
Oksigen bagus di pagi hari bisa membantu mencerdaskan orang. Hem, maksudnya di sini, otak juga memerlukan oksigen untuk berfungsi. Nah, jika otak mendapat suplai oksigen yang masih bersih seperti di pagi hari ia akan berfungsi maksimal dan pastinya sobat-sobat semua bisa berpikir lebih jernih.

Baca juga : ini dia, 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

5. Terhindar dari Rakhitis
Rakhitis biasanya rentan terjadi pada anak-anak. Kondisi di mana tulang tidak dapat terbentuk dengan sempurna begitu juga susunannya. Penyakit ini ternyata dapat dicegah dengan membiasakan anak berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya 15 menit dan juga pemberian makanan bergizi seperti sayuran. Untuk sobat semua yang punya anak atau adik biasakan mereka hidup sehat ya.

6. Menenangkan pikiran
Coba kalau tidak percaya. Bangun pagi, menghirup udara segar, dan menikmati hangatnya cahaya matahari benar-benar bisa meningkatkan mood positif. Apalagi kalau rumah masih dikelilingi pepohonan dan bunga. Wah....
saat pikiran tenang kita juga jadi bersemangat menjalani hari, pekerjaan terasa lebih ringan, dan bersyukur atas karunia tuhan.

7. Menurunkan risiko kanker payudara
Kanker payudara. Mendengarnya saja kita sebagai para wanita sudah takut dan was-was. Banyak sekali kasus kanker payudara yang berakhir dengan kematian. Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini, hal ini karena vitamin D dalam sinar matahari pagi mencegah tumbuhnya sel kanker. Tapi hal ini juga harus diimbangi dengan hidup sehat juga ya sobat.

8. Menjaga tulang
Saking hebatnya vitamin D dalam sinar matahari pagi. Sobat juga bisa menguatkan tulang hanya dengan sering berjemur di bawahnya. Tak hanya vitamin D sinar matahari pagi juga menyebarkan kalium, kalium berfungsi untuk mencegah tulang dari pengeroposan. Jadi tulang sehat dan jauh-jauh dari yang namanya osteoporosis.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

9. Terhindar dari penyakit kuning
Pasti pernah dengar nasihat kalau bayi harus sering dijemur di bawah sinar matahari antara jam 6 sampai jam 9. Hal ini karena bayi rentan terkena penyakit kuning, yakni penyakit yang membuat kulit berwarna kuning (bukan kuning langsat lho) dan keriput. Vitamin D dalam sinar matahari pagi dipercaya para dokter dapat mencegah penyakit kuning tersebut

10. Jantung sehat, kolestrol turun.
Oksigen yang bersih membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Hal ini berdampak sangat baik pada organ-organ lainnya. Karena peredaran darah lancar kolestrol jahat dapat keluar dari tubuh dengan mudah dan jantung juga mendapatkan suplai darah dan oksigen yang baik.

11. Punya tambahan waktu luang
Mungkin sobat punya pekerjaan yang belum selesai tadi malam karena keburu tidur, nah dengan bangun pagi sobat punya waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan sobat yang tertunda atau kalau tidak ada tugas apapun sobat punya waktu tambahan untuk bersantai, bisa membaca koran sambil minum kopi, memasak sarapan sendiri atau jalan-jalan di taman sebelum berangkat kerja atau sekolah.

Baca juga : ternyata artis-artis ini dulu korban bully

12. Rezeki lancar
Yang terakhir ini pasti sudah pada tahu dong. Bangun pagi katanya bisa memperlancar rezeki. Bener nggak sih? Ya bener dong. Asal, setelah bangun pagi kita segera bergerak produktif untuk bekerja. Banyak orang yang malas bangun pagi, dan orang yang bangun lebih awal bisa dapat kesempatan lebih besar untuk sukses dengan kebiasaan ini.

Baca juga : hanya orang sukses yang bisa lalui 4 hal ini, kamu termasuk?

Baca juga : hati-hati, 7 hali ini penyebab cita-citamu nggak terwujud

Nah, setelah membaca artikel di atas saya harap pada semangat buat bangun pagi ya sob. Masak sudah tahu manfaatnya bangun pagi sebegitu banyaknya masih pada males. Ntar rezekinya dipatok ayam lho, ha...ha...
Ok. Sampai di sini dulu saya nulisnya. Jangan lupa besok bangun pagi ya....

See you....

4 comments

  1. Manfaat satu lagi, jarang disebutkan, terutama untuk yang sudah berumahtangga, yaitu : mencegah pertengkaran.

    Banyak pertengkaran suami istri terjadi hanya karena tidak bisa bangun pagi. Percayalah, kalau sudah punya istri/suami, melihat pasangan masih tidur di pagi hari itu sering bisa menjengkelkan.

    :D :D

    Kalau belum punya pasangan, mungkin belum akan merasakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. He..he... Bener juga mas anton. Saya belum berumah tangga sih jadi belum tahu.

      Delete
  2. Hadir jadi pengen bangun pagi terus nih

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon