9 hantu penyesalan di masa tua

9 hantu penyesalan di masa tua


Via. Pixabay


Masih muda, masih SMA, masih kuliah, masih kerja, masih lajang. Kita semua pasti akan mengalami fase-fase itu, fase paling bebas dalam hidup adalah masa muda. Melakukan apapun semaunya, asal senang dan bahagia. Tapi pernah berpikir nggak apa dampaknya untuk masa tua nanti?
Seringkali karena usia yang belum matang, kita hanya memikirkan hal-hal yang berjangka pendek saja. Kayaknya tua masih luama banget, padahal penting lho memikirkan apa yang kita lakukan sekarang karena dampaknya yang begitu besar untuk masa tua. Hal-hal di bawah ini mungkin bisa jadi pengingat buat sobat semua...


1. Tidak menjaga pola hidup dan kesehatan
Wah, kayaknya yang satu ini sudah sering sekali diingatkan sama banyak orang, juga sudah seringkali diabaikan. Maklum anak muda kan memang suka dengan hal-hal baru, termasuk makanan jadi apa yang ada di depan mata kalau kelihatannya nikmat ya santap. Sayangnya kebiasaan buruk seperti itu ditambah kebiasaan buruk lain seperti begadang dan jarang olahraga justru membuat tubuh jadi merana alias tersiksa bin nggak sehat. Kalau hal seperti ini terus dilakukan besar kemungkinan sebelum usia tua pun sobat bisa sakit, dan kalau sudah sakit biaya berobat mahal maka yang tersisa cuma penyesalan. Benar nggak....

2. Boros
Uang memang paling sulit ditahan kalau sudah ada di dompet, bawaannya pengen beli apa gitu. Apalagi para cewek, sebelum punya uang pun pasti sudah merencanakan belanja apa aja yang mau dibeli. Tapi mulai sekarang kayaknya sobat semua harus pikir-pikir dulu kalau mau belanja barang. Bener-bener butuh atau cuma pengen? Menabung lebih penting dari pada beli baju dan sepatu.

Baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

baca juga : 9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

3. Tidak pernah travelling
usia muda dan badan masih kuat adalah kesempatan sobat yntuk menjelajahi negeri, atau mau ke luar negeri juga boleh. Dengan sering bepergian ke tempat-tempat baru akan memberi banyak pengalaman yang unik dan pastinya tidak terlupakan buat sobat semua. Jangan sampai waktu sudah tua menyesal karena tidak pergi ke sana dan ke sana. Travelling nggak harus ngabisin banyak uang kok, masih ada cara lain seperti pergi bareng rame-rame jadi bisa hemat biaya plus tambah asyik. (Mungkin ada yang mau ngajak saya, monggo... hi.. hi..)

4. Bekerja di luar passion
Pasti pernah dengar kalimat "lakukan pekerjaan yang kamu sukai maka kamu akan bahagia"
Yups, kalimat di atas bener-bener harus dijalankan. Bekerja tanpa minat hanya akan membuat hidup jadi jenuh dan flat aja, datar gitu. Meskipun gajinya besar, tapi kalau kita tidak menyukainya ya lebih baik tinggalkan saja. He... he...
atau kalau resign kedengarannya terlalu ekstrim sobat bisa mencoba bekerja beberapa
Waktu untuk mengumpulkan uang dan mencoba membuka usaha sesuai passion sobat

Baca juga : hanya orang sukses yang bisa lalui 4 hal ini, kamu termasuk?

baca juga : 14 fakta unik valentine's day

5. Tidak berjuang sungguh-sungguh meraih impian
Semua orang dari kecil pasti punya mimpi jadi besar. (Ya iyalah masak kecil mulu) tapi tidak semua orang berhasil mewujudkan impiannya. Sebenarnya ini hanya masalah pilihan. Pilih berjuang atau menerima apa adanya. Tapi kalau masih mampu kenapa nggak pilih berjuang? Coba semua usaha yang sobat pikirkan untuk meraih impian, baik itu kedengaran memalukan atau tidak mungkin. Karena jika sobat tidak mencobanya saya yakin suatu hari nanti pasti akan menyesal, dan masa lalu nggak bisa diulang.

Baca juga : 9 hal konyol yang kamu alami semasa cinta monyet

6. Tidak menyatakan cinta
sumpah, kalau memendam perasaan suka itu rasanya cuma menderita. Pasti ada kan seseorang yang sobat suka sejak lama, atau pernah sobat suka, tapi karena dianya nggak ada respon balik jadi sobat mundur. Yach, kadang-kadang kita memang pernah merasa buruk buat suka sama orang. Tetapi, coba pikir! Apa yang akan terjadi kalau sobat bilang " aku suka sama kamu, plisss jadi pacarku" (lebay, ha...ha...)
Nggak perlu sedrama itu, hanya saja kalau sobat berani menyatakan cinta mungkin ada kemungkinan dia juga punya perasaan yang sama dengan sobat. Dan mungkin juga kalian adalah jodoh. Cie....

7. Mengabaikan nasihat orangtua
Ngaku! Siapa yang sering begini?
Jujur saya pun juga pernah kok mengabaikan nasihat orangtua. Rasanya apa yang mereka katakan kadang terlalu nggak enak buat kita lakukan, tahu juga kalau mereka benar, tapi jiwa muda ini masih suka menyangkal. He... he.. yach gitu deh. Sayangnya keseringan berpikir perkataan orangtua kita terlalu kuno dan nyebelin bisa bikin kita menyesal nantinya. Apa yang mereka ucapkan pastinya berasal dari pengalaman jadi ada baiknya pikirkan perkataan mereka sebagai salah satu jawaban dari masalah kita.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

8. Tidak mencoba kemampuan diri
Jangan berpikir diri sobat lemah kalau belum pernah mencoba. Sobat akan menyesal nantinya. Kita tidak tahu seberapa besar kemampuan kita tanpa mencobanya, dan besar kemungkinan sobat akan kagum pada diri sendiri ketika tahu betapa mengaggumkannya sobat. Setiap orang selalu punya titik dimana ia terlihat keren dan luar biasa.

9. Menyakiti hati seseorang
Coba ingat apa sobat pernah bertengkar dengan seseorang sampai membutnya sakit hati? Jika ada, akan lebih baik kalau sobat minta maaf. Entah siapa yang salah, tapi menyakiti hati seseorang itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Justru sobat akan didatangi penyesalan ketika tua nanti karena pernah menyakiti hatinya, dan buruknya hal tersebut biasanya akan berlanjut sampai anak cucu.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

Masa tua adalah hasil dari apa yang kita perbuat di masa muda. Kalau ingin masa tua bahagia dan damai, duduk di depan rumah dengan pasangan sambil minum secangkir kopi dan roti. Wah, kebayang gimana rasa syukurnya, saya juga pengen kayak gitu. Untuk itu lakukan hal-hal positif mulai dari sekarang.

See you....




30 fakta unik si imut kucing

30 fakta unik si imut kucing

Duh, binatang yang satu ini selalu jadi primadona peliharaan rumah. Jenisnya yang banyak dan tingkahnya yang gemesin bisa bantu menghilangkan stress. Ha... ha... memang kucing itu lucu ya sobat, bahkan nabi Muhammad saw pun juga seorang pecinta kucing. Selain bentuknya yang imut itu ada banyak fakta unik kucing yang akan bikin kita makin suka sama binatang ini. Apa saja ya.....?


Via pixabay

1. Pernah menghitung berapa jumplah jari pada kucing? Saya sich nggak pernah, hi... hi... tapi rupanya kucing punya jumplah jari yang berbeda depan belakang lho. Umumnya jari depan kucing ada 5 dan jari belakangnya 4. Tapi pada beberapa kucing ada yang memiliki 7 jari atau lebih dengan tambahan tulang sekaligus.

2. Jangan bilang kucing binatang jorok meski kenyataanya emang nggak pernah cebok. Kucing justru termasuk salah satu binatang yang sangat menjaga kebersihan. Ia membersihkan tubuhnya dengan cara menjilati diri, pasti sering lihat kan. Air liur kucing atau saliva ternyata punya daya pembersih yang kuat, tapi jangan mencobanya pada manusia karena akan menimbulkan reaksi alergi. (Apalagi mncoba membersihkan diri dengan menjilati seluruh tubuh, huek....)

3. Kucing itu peliharaan yang memang benar-benar suka tidur, dalam sehari 70% hidup mereka digunakan untuk tidur. Mereka bisa menghabiskan hari dengan tidur nyenyak. Rata-rata kucing tidur 12-16 jam per hari. Ada juga yang sampai 20 jam perhari. Anak kucing bahkan tidur lebih lama karena ketika tidur ia akan menghasilkan hormon pertumbuan (biar cepet gedenya)

Baca juga : ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

4. Tahu kenapa kucing punya kumis? Bahkan kucing betina juga. Ternyata eh tenyata nih, kumis pada kucing berfungsi seperti radar lho sobat. Jadi ketika berada dalam kegelapan kucing bisa tetap berjalan dan berburu tanpa nabrak pohon karena bantuan kumis imutnya itu lho, selain itu kucing tahu ia bisa masuk sebuah lubqng atau tidak melalui kumisnya juga. Hi...hi... lucu juga ya...

5. Tidak hanya manusia yang bisa lahir cacat. Kucing juga, biasanya kucing yang memiliki bulu berwarna putih dan mata biru, pendengarannya tidak akan berfungsi dengan baik alias tuli. Tapi karena tuhan maha adil indera yang lainnya berkembang dengan sangat baik.

6. Air kencing kucing ternyata nggak cuma jadi sumber bau, tapi juga bisa jadi sinar uv yang bisa menyala dalam gelap. (Wuih.... canggih juga pipisnya kucing ya)

7. Setiap kucing punya hidung yang berbeda, hal ini sama dengan sidik jari manusia yang berbeda-beda.

8. Kucing paling kecilll... di dunia berukuran sekitar 2,75 inci atau 7 cm (benar-benar minimalis) nama kucing tersebut adalah tinker toy.

9. Ada yang bilang kucing itu membawa penyakit, tapi memelihara kucing terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke sampai 3 kali lipat. Hal ini karena saat bermain dengan kucing atau mengelus-ngelusnya kita selalu merasa senang dan gemas.

Baca juga : 9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

10. Meskipun tubuh kucing kelihatannya kecil, tapi jumplah tulangnya lebih banyak daripada mqnusia. Kucing punya sekitar 30 ruas tulang belakang, 5 kali lebih banyak dari manusia dan juga punya 230 tulang, 24 kali lebih banyak dari manusia.

11. Kucing memilih makanan kesukaanya bukan berdasarkan rasa, tapi lebih berdasarkan bau. Hal ini kerena indera  perasa pada lidah kucing tidak begitu kuat. Syaraf perasa pada lidahnya hanya ada 473 buah sedangkan manusia punya 9000 sensor syaraf.

12. Kadang-kadang kucing suka bersikap manja dengan menggosok-gosokkan badannya ke tubuh seseorang, biasanya sich pemiliknya. Tujuannya untuk menandai bahwa seseorang itu adalah majikannya atau orang yang memeliharanya.

13. Kucing memiliki keseimbangan yang sangat baik, gerakan yang cepat, dan tentunya reflek yang bagus. Kelebihan kucing ini membuatnya seting disebut memiliki 9 nyawa karena bisa selamat setiap dalam kondisi bahaya.

14. Kucing selalu menutup kotorannya dengan tanah, tapi jika kucing tidak melakukannya di deoan sobat, berarti kucing itu tidak takut pada sobat (atau mungkin menyepelekan hi... hi...)

15. Telinga kucing dapat bergerak memutar sampai 180 derajat

16. Kucing dapat mengenali suara pemiliknya, itu sebabnya kalau sobat memanggil kucing sobat " pusss...!" Ia akan langsung datang sedangkan jika dipanggil orang lain kadang malah kabur.

17. Kalau kelelahan kucing juga bisa berkeringat, tapi kucing berkeringat melalui telapak kakinya.

18. Kita berpikir memberikan susu pada kucing itu baik, kenyataanya tubuh kucing justru tidak bisa menghasilkan enzim laktase yang digunakan untuk mencerna laktosa pada susu. Mulai sekarang jangan memberi kucing sobat susu lagi ya.

Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

19. Alzheimer atau melemahnya ingatan seseorang tidak hanya ternjadi pada manusia. Kucing juga bisa mengalaminya ketika usianya sudah tua, biasanya mereka akan sering mengeong karena lupa pada sesuatu.

20. Di Belgia pada tahun 1879 pernah menggunakan jasa kucing untuk mengantarkan surat, tapi sayangnya hal ini gagal total. ( ada-ada aja)

21.  Pada malam hari di Disneyland tidak hanya dilenuhi lampu-lampu yang cantik, tapi juga kucing-kucing yang lucu. Para penjaga di sana akan merawat dan memberi makan kumpulan kucing tersebut supaya populasi tikus tidak meningkat pesat.

22. Biasanya kucing betina lebih sering menggunakan kaki kanan mereka, sedangkan kucing jantan cenderung menggunakan kaki kirinya.

23. Kucing akan sering menggoyang-nggoyangkan ekornya jika senang melihatmu.

24. Kucing juga pernah dikirim ke luar angkasa sebagai astronot, nama kucing hebat tersebut adalah felicette yang berasal dari Prancia.

25. Kucing juga akan sering mengeong pada sobat kalau sobat sering mengajaknya berbicara.

26. Mungkin nggak sih, kalau kucing jadi mata-mata. Ha... ha... kedengarannya tidak masuk akal. Tapi CIA benar-benar pernah melatih seekor kucing untuk memata-matai Uni soviet, sayangnya kucing tersebut malah mati tertabrak taxi. Padahal biaya untuk pelatihannya mencapai 20 juta dolar Amerika.

27. Kalau manusia menyapa orang lain dengan bersalaman, kucing menyapa kucing lainnya dengan menempelkan hidung mereka atau salam hidung.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

28. Denyut nadi pada kucing itu luar biasa cepatnya. Yakni mencapai 160-2240 per menit. Tapi hal ini juga tergantung dari usianya, semakin muda, semakin cepat.

29. Kita mengenal suara kucing itu "meong" tapi dalam bahasa lain suara kucing berbeda-beda.
Dalam bahasa inggris yang digunakan di Amerika suara kucing ditulis dengan "meow" dalam bahasa inggris di negara Inggris sendiri ditulis dengan "miaow" dan dalam bahasa jepang ditulis "nya"

30. Pada abad ke-14 di Eropa menyebar wabah black death atau wabah pes.  Para ahli sejarah menduga hal ini karena pada masa itu kucing dianggap punya hubugan dengan penyihir sehingga mereka dibasmi dengan cara dibakar atau dilempar dari tebing tinggi, itu menyebabkan jumplah tikus meningkat dengan sangat cepat.

Unik bukan si kucing ini. Banyak sekali hal-hal unik pada tiap makhluk hidup kalau kjta mencari tahunya. Semoga artikel saya kali ini ada manfaatnha ya.... saya sudah capek-calek menulis di tengah kesibukan bekerja. He... he... sedikit curhat nggak papa lah.
Ok.... tunggu artikel saya selanjutya.

See you....

ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

Ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

Via. Pixabay


Hay sobat semua. Bicara soal kematian, rasa-rasanya semua orang langsung berdoa berumur panjang. Kematian memang sesuatu yang kedengarannya gelap dan menakutkan, akhir dari segalanya. Tapi mau bagaiamana lagi, semua orang juga akan mati pada akhirnya, entah kapan.
Kali ini saya mau bahas soal tradisi kematian dari tiap negara. Biasanya orang yang meninggal pasti akan didoakan lalu dikubur, tapi apa benar semua begitu? Kayaknya nggak deh, kita lihat aja yang di bawah ini
Cekidot....

1. Ritual pemakaman langit (Tibet)
Para penganut Budha di Tibet mempunyai tradisi pemakaman yanga cukup mengerikan. Mereka akan meletakan jasad orang yang sudah meninggal di atas gunung untuk dimakan burung pemakan bangkai. Bahkan untuk mempercepat prosesnya mereka akan menghancurkan jasad tersebut dengan memotong-motongnya terlebih dahulu (terdengar seperti mutilasi) Hal ini dilakukan karena mereka percaya tubuh hanyalah wadah sementara untuk roh yang tidak ada gunanya lagi jika orangnya sudah meninggal.

2. Kanibalisme (papua nugini dan Brazil)
Ini adalah ritual kematian yang menurut saya paling sadis dan tidak wajar. Bayangkan saja, bagaimana rasanya memakan tubuh kerabat kita yang sudah meninggal? (Ok, tidak usah dibayangkan) tapi inilah yang terjadi di beberapa tempat di belahan bumi ini. Mereka yang melakukan tradisi ini percaya bahwa dengan memakan jasad kerabat yang sudah meninggal maka sifat dari orang tersebut akan tertinggal pada keturunannya dan itu adalah cara terbaik untuk menghormatinya. Tradisi ini pernah dilakukan oleh suku Malanesia di papua nugini, suku wari di Brazil, suku Kulina di Amazon, suku Maori di Selandia baru dan mungkin suku-suku lainnya.

Baca juga : 10 tanaman paling beracun di dunia

3. Ritual Sutee (India)
Ritual sutee atau bakar diri ini adalah ritual kematian yang dilakukan pada masa India kuno oleh penganut hindu. Pada masa itu seorang istri yang ditinggal meninggal suaminya harus rela ikut suaminya yang sedang dibakar sebagai bentuk kesetiaan dan untuk menjaga kesucian mereka. Ritual ini juga sering disebut sanskrit sati yang artinya wanita suci. Di India pada masa itu janda dianggap sebagai status tidak terhormat sehingga mereka lebih memilih mati bersama suaminya daripada menanggung status tersebut. Tradisi ini mulai dilarang pada tahun 1829 ketika Inggris datang ke India, tapi tetap dilaksanan oleh beberapa orang sampai tahun 1981.

4. Potong jari (Papua barat)
Papua memang terkenal dengan keaneka ragamann sukunya, dan selain tradisi kanibalisme oleh suku malanesia ternyata masih ada suku lain yang memiliki tardisi tak kalah menyeramkan. Yakni Suku Dani di papua barat yang akan memotong jari mereka jika ada kerabat yang meninggal. Tradisi ini dilakukan sebagai rasa berduka cita, para wanita dari keluarga yang meninggal yang akan melakukannya, bahkan anak-anak pun juga. Caranya pun cukup menyakitkan lho, pertama jari akan diikat dengan benang sampai mati rasa lalu dipotong dengan menggunakan kapak, potongan jari kemudian akan dikeringkan, dibakar dan abunya akan disimpan. Untungnya tradisi mengerikan ini sudah dilarang.

5. Memumikan diri sendiri (Jepang)
Dibalik kehidupan rakyat Jepang yqng terkenal mqju dalam hal teknologi ternyata negeri ini pernah memiliki tradisi memumikan diri sendiri atau sokushinbutshu. Tradisi yang cukup mengerikan dan sangat menyiksa. Tradisi ini serring dilakukan para pendeta atau biksu pada tahun 1900an. Mereka akan melakukan beberapa tahapan untuk memukan diri. Di 1000 hari pertama mereka hanya akan makan biji-bijian dan kacang-kacangan, mereka juga tetap melakukan aktivitas fisik yang berat untuk menguras lemak dalam tubuh. Seribu hari berikutnya mereka hanya akan makan kulit dan akar tumbuh-tumbuhan, juga teh beracun dari getah pohon urushi agar tubuh mereka kebal dari bakteri setelah mati. Tidak sampai di situ, setelah mereka benar-benar kurus, langkah selanjutnya adalah mengurung diri di dalam kuburan batu tanpa makan, minum dan bergerak sedikitpun. Satu-satunya penghubung dengan dunia luar adalah tabung udara dan bel untuk memberi tahu bahwa mereka masih hidup. Sungguh tradisi yang menyiksa.

Baca juga : mitos-mitos kehamilan di berbagai negara

6. Ifugao (filipina)
Penduduk ifugao di benguet filipina punya semacam tradisi aneh jika kerabatnya meninggal. Mereka akan menaruh jasad orang yang sudah mati di kursi depan rumah, mengikat tangan dan kakinya agar tidak berubah posisi dan juga menutup matanya agar tidak melihat penderitaaan orang yang masih hidup. Jasad itu akan tetap ada di sana selama 8 hari sementara orang-orang akan berkabung dan melakukan ritual kematian. (Ngeri juga, ada jasad mati di kursi depan rumah)

7. Dijadikan sup pisang (Venezuela)
Dijamin, sup pisang dari suku Yanomami Venezuela ini akan membuat sobat muntah dan phobia sup pisang seumur hidup. Bagaimana tidak, jika ada orang yang meninggal di suku Yanomami ini mereka akan membawa jasadnya jauh dari desa untuk dibakar sampai menjadi abu. Kemudian tulang yang tersisa dan abu akan dibawa kembali ke desa. Mereka akan menumbuk tulang tersebut untuk dicampur dengan abu dan sup pisang yang akan dibagi-bagikan gratis ke seluruh penduduk. Hal ini dipercaya akan mengabadikan kenangan dari orang yang sudah meninggal tersebut. (Ada yang mau?)

8. Bog body (Eropa utara)
Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat eropa utara pada abat pertengahan. Mereka yang sudah meninggal akan segera ditenggelamkan ke dalam rawa. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi utuh karena kondisi air dengan kadar asam yang tinggi, temperatur rendah dan kurangnya oksigen. Jasad tersebut akan tetap terlihat utuh, hanya kulitnya saja yang berwarna kegosongan.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu
Baca juga : ternyata artis-artis ini dulu korban bully

9. Makam pohon (Australia)
Jikq biasanya orang yang meninggal akan dikubur di dalam tanah, beberapa suku pedalaman di Australia justru memakamkannya di atas pohon. Mereka akan membersihkan jasad dan mendadaninya dengan mengenakan pakaian pada jasad tersebut sebelum kemudian memasukan jasad ke dalam wadah seperti keranjang yang akan ditaruh di atas pohon.

10. Famadihana (Madagascar)
Upacara famadihana ini cukup terkenal meskipun upacaranya sendiri juga terbilang menyeramkan dan aneh. Jasad orang yang sudah dikubur selama kurang lebih 7 tahun akan digali kembali untiluk diganti pakaiannya dan diarak keliling sambil menari dengan lagu yang ceria. Sementara sisa baju yang lama akan digunakan sebagai jimat. Upacara ini akan sangat ramai saat berlangsung, dan terlihat sangat menyenangkan seolah sedang berpesta. (Padahal mengarak mayat)

11. Cryonic
Pernah dengar ini di Tv? Cryonic adalah tindakan membekukan mayat untuk mencegah sel-sel tubuh rusak. Orang yang menemukan metode aneh ini adalah Robert ettinger yang sudah meninggal 23 Juli 2011 lalu, yang juga menggunakan metode buatannya pada jasadnya. Mereka percaya bahwa suatu saat nanti mereka dapat dihidupkan kembali.

Baca juga : 10 hal menenangkan saat masalah datang

12. Ritual pengasapan mayat (papua nugini)
Lagi-lagi suku di papua punya tradisi kematian yang agak nyeleneh dan mengerikan. Yaitu suku kuku-kuku di Aseki yang mengawetkan mayat kerabat mereka dengan mengasapinya dan menaruhnya di dinding-dinding rumah atau tebing-tebing rendah di sepanjang wilayah suku mereka. Sebelum diasapi jasad-jasad tersebut akan ditusuk-tusuk untuk mengeluarkan cairan tubuhnya lalu mengeluarkan organ dalamnya secara paksa melewati anus. Menjijikkan, dan mengerikan ya. Beberapa yang sudah mengenal budaya modern memilih untuk memakamkan mayat seperti cara kristen, tapi sampai saat ini masih ada beberapa orang yang melakukan tradisi mengerikan ini.

Setiap daerah punya caranya sendiri untuk menghormati kematian. Cara-cara di atas terbilang mengerikan dan tidak masuk akal. Tapi yang namanya budaya dan tradisi memang sangat sulit dihilangkan, meskipun zaman sudah secanggih sekarang.

See you....


9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

Kita tahu bumi itu luas. Ada banyak makhluk hidup yang menghuninya, mulai dari manusia,  binatang, tumbuhan, serangga, bahkan kuman dan bakteri. Jumplahnya juga terus bertambah setiap hari. Tapi nih ada beberapa makhluk hidup yang jumplahnya begitu banyak, yang bisa dikatakan hampir ada di seluruh bagian bumi ini. Di bawah ini adalah binatang-binatang dengan populasi terbesar di bumi.
Cekidot....

1. Semut


Via. Pixabay

Nggak salah kalau semut termasuk binatang dengan jumplah populasi terbanyak. Kita sering melihat semut di mana pun, di rumah, di kamar, bahkan di wc juga ada. Ada sekitar 12.000 kelompok semut.

Semut memang binatang yang hidup dalam kelompok besar atau biasa di sebut dengan koloni. Jumplah perkoloni bisa mencapai ribuan. Binatang yang masuk dalam ordo Himnenoptera ini mengusai hampir seluruh wilayah di bumi, kecuali di beberapa tempat seperti Greenland, Hawai, dan Islandia.

Baca juga : 25 fakta semut yang bikin kagum

2. Nyamuk


Via. Pixabay

Binatang ini termasuk binatang dengan populasi terbanyak, meskipun nyamuk juga sering dibasmi karena dampak buruknya terhadap kesehatan manusia. Ada sekitar 3.500 spesies nyamuk yang sudah diketahui dan kebanyakan jenis nyamuk memang menularkan penyakit pada manusia, seperti demam berdarah, demam kuning, chikungunya, sampai virus west nile yang sangat berbahaya.


Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

3. Kecoa


Via. Pixabay

Siapa yang menyangka binatang yang terkenal jorok ini punya populasi yang sangat besar. Kecoa memang jarang muncul bersamaan, dan mereka lebih suka tinggal di tempat yang gekap dan lembab. Jumplah spesies mereka mencapai 4.000 dengan 6 familia yang tersebar di seluruh bumi kecuali daerah kutub. Daya tahan tubuh yang kuat dan cepatnya perkembang biakan mereka, membuat jumplah kecoa bertambah dengan sangat cepat. Mungkin saja di rumah sobat sekarang ada ratusan kecoa bersarang, tapi tidak diketahui.


Baca juga : 16 fakta unik kecoa yang jarang kamu ketahui

4. Lebah

via. Pixabay

Lebah sama halnya dengan semut masuk ke dalam ordo himnenoptera. Mereka juga hidup dalam koloni besar yang jumplahnya bisa mencapai ribuan. Ada 20.000 spesies lebah di dunia. Mereka memberi andil yang besar dalam proses penyerbukan bunga.

5. Cacing tanah


Via. Pixabay

Hewan yang hidup di dalam tanah ini, sangat membantu penyuburan tanah. Bentuknya memang terkesan menjijikkan, tapi cacing tanah juga punya banyak manfaat untuk proses pengobatan penyakit tertentu. Cacing tanah masuk dalam binatang dengan populasi terbanyak di dunia, hal ini wajar saja mengingat tanah ada di mana-mana dan cacing tanah tinggal di dalamnya. Jumplah mereka sangat banyak sekali.

Baca juga : ini dia, 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

6. Tikus


Via. Pixabay

TTiku adalah binatang mamalia yang masuk dalam suku muridae. Mereka biasanya tinggal di atap rumah dan di gudang. Spesies tikus yang paling sering kita jumpai adalah tikus mencit dan tikus got, mereka ada hampir di seluruh bagian bumi. Walaupun tikus sering dianggap sebagai hama, tapi tikus juga merupakan organisme yang penting dalam proses biologi. Beberapa jenis tikus juga bisa dijadikan peliharaan lho.

7. Rayap


Via. Pixabay

Rayap masuk dalam bangsa isoptera. Mereka masih berkerabat dengan semut dan memiliki prilaku yang hampir sama. Tapi rayap seringkali menimbulkan kerugian ekonomi karena mereka memakan kayu perabotan atau kerangka rumah. Dalam bahasa inggris rayap disebut dengan semut putih "white ant"

8. Kelelawar


Via. Pixabay

Binatang nokturnal ini biasa hidup di dalam gua dengan jumplah kelompok yang sangat banyak, bahkan dalam satu gua bisa ada 1-5 juta kelelawar, tergantung dari besar guanya. Mereka terdiri dari 400 spesies yang tersebar di tiap wilayah dan yang paling terkenal adalah kelelawar vampir yang mengsihap darah untuk makanannya.

9. Ulat
Via. Pixabay

Membayangkan ulat sudah membuat orang merasa gatal dan jijik. Ulat dianggap sebagai hama oleh para petani dan selalu dibasmi keberadaanya, tapi itu tidak lantas mengurangi populasi ulat karena mereka berkembang biak dengan cepat.


Meskipun binatang-binatang di atas mempunyai jumplah populasi yang luar biasa, kita sebagai manusia harus tetap melindunginya. Jangan sampai beberapa puluh tahun lagi semut dan yang lainnya punah karena perlakuan kita. Sayangilah binatang karena mereka juga makhluk tuhan.

See you....