9 hantu penyesalan di masa tua

9 hantu penyesalan di masa tua


Via. Pixabay


Masih muda, masih SMA, masih kuliah, masih kerja, masih lajang. Kita semua pasti akan mengalami fase-fase itu, fase paling bebas dalam hidup adalah masa muda. Melakukan apapun semaunya, asal senang dan bahagia. Tapi pernah berpikir nggak apa dampaknya untuk masa tua nanti?
Seringkali karena usia yang belum matang, kita hanya memikirkan hal-hal yang berjangka pendek saja. Kayaknya tua masih luama banget, padahal penting lho memikirkan apa yang kita lakukan sekarang karena dampaknya yang begitu besar untuk masa tua. Hal-hal di bawah ini mungkin bisa jadi pengingat buat sobat semua...


1. Tidak menjaga pola hidup dan kesehatan
Wah, kayaknya yang satu ini sudah sering sekali diingatkan sama banyak orang, juga sudah seringkali diabaikan. Maklum anak muda kan memang suka dengan hal-hal baru, termasuk makanan jadi apa yang ada di depan mata kalau kelihatannya nikmat ya santap. Sayangnya kebiasaan buruk seperti itu ditambah kebiasaan buruk lain seperti begadang dan jarang olahraga justru membuat tubuh jadi merana alias tersiksa bin nggak sehat. Kalau hal seperti ini terus dilakukan besar kemungkinan sebelum usia tua pun sobat bisa sakit, dan kalau sudah sakit biaya berobat mahal maka yang tersisa cuma penyesalan. Benar nggak....

2. Boros
Uang memang paling sulit ditahan kalau sudah ada di dompet, bawaannya pengen beli apa gitu. Apalagi para cewek, sebelum punya uang pun pasti sudah merencanakan belanja apa aja yang mau dibeli. Tapi mulai sekarang kayaknya sobat semua harus pikir-pikir dulu kalau mau belanja barang. Bener-bener butuh atau cuma pengen? Menabung lebih penting dari pada beli baju dan sepatu.

Baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

baca juga : 9 hal yang bisa kamu pelajari dari anak kecil

3. Tidak pernah travelling
usia muda dan badan masih kuat adalah kesempatan sobat yntuk menjelajahi negeri, atau mau ke luar negeri juga boleh. Dengan sering bepergian ke tempat-tempat baru akan memberi banyak pengalaman yang unik dan pastinya tidak terlupakan buat sobat semua. Jangan sampai waktu sudah tua menyesal karena tidak pergi ke sana dan ke sana. Travelling nggak harus ngabisin banyak uang kok, masih ada cara lain seperti pergi bareng rame-rame jadi bisa hemat biaya plus tambah asyik. (Mungkin ada yang mau ngajak saya, monggo... hi.. hi..)

4. Bekerja di luar passion
Pasti pernah dengar kalimat "lakukan pekerjaan yang kamu sukai maka kamu akan bahagia"
Yups, kalimat di atas bener-bener harus dijalankan. Bekerja tanpa minat hanya akan membuat hidup jadi jenuh dan flat aja, datar gitu. Meskipun gajinya besar, tapi kalau kita tidak menyukainya ya lebih baik tinggalkan saja. He... he...
atau kalau resign kedengarannya terlalu ekstrim sobat bisa mencoba bekerja beberapa
Waktu untuk mengumpulkan uang dan mencoba membuka usaha sesuai passion sobat

Baca juga : hanya orang sukses yang bisa lalui 4 hal ini, kamu termasuk?

baca juga : 14 fakta unik valentine's day

5. Tidak berjuang sungguh-sungguh meraih impian
Semua orang dari kecil pasti punya mimpi jadi besar. (Ya iyalah masak kecil mulu) tapi tidak semua orang berhasil mewujudkan impiannya. Sebenarnya ini hanya masalah pilihan. Pilih berjuang atau menerima apa adanya. Tapi kalau masih mampu kenapa nggak pilih berjuang? Coba semua usaha yang sobat pikirkan untuk meraih impian, baik itu kedengaran memalukan atau tidak mungkin. Karena jika sobat tidak mencobanya saya yakin suatu hari nanti pasti akan menyesal, dan masa lalu nggak bisa diulang.

Baca juga : 9 hal konyol yang kamu alami semasa cinta monyet

6. Tidak menyatakan cinta
sumpah, kalau memendam perasaan suka itu rasanya cuma menderita. Pasti ada kan seseorang yang sobat suka sejak lama, atau pernah sobat suka, tapi karena dianya nggak ada respon balik jadi sobat mundur. Yach, kadang-kadang kita memang pernah merasa buruk buat suka sama orang. Tetapi, coba pikir! Apa yang akan terjadi kalau sobat bilang " aku suka sama kamu, plisss jadi pacarku" (lebay, ha...ha...)
Nggak perlu sedrama itu, hanya saja kalau sobat berani menyatakan cinta mungkin ada kemungkinan dia juga punya perasaan yang sama dengan sobat. Dan mungkin juga kalian adalah jodoh. Cie....

7. Mengabaikan nasihat orangtua
Ngaku! Siapa yang sering begini?
Jujur saya pun juga pernah kok mengabaikan nasihat orangtua. Rasanya apa yang mereka katakan kadang terlalu nggak enak buat kita lakukan, tahu juga kalau mereka benar, tapi jiwa muda ini masih suka menyangkal. He... he.. yach gitu deh. Sayangnya keseringan berpikir perkataan orangtua kita terlalu kuno dan nyebelin bisa bikin kita menyesal nantinya. Apa yang mereka ucapkan pastinya berasal dari pengalaman jadi ada baiknya pikirkan perkataan mereka sebagai salah satu jawaban dari masalah kita.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

8. Tidak mencoba kemampuan diri
Jangan berpikir diri sobat lemah kalau belum pernah mencoba. Sobat akan menyesal nantinya. Kita tidak tahu seberapa besar kemampuan kita tanpa mencobanya, dan besar kemungkinan sobat akan kagum pada diri sendiri ketika tahu betapa mengaggumkannya sobat. Setiap orang selalu punya titik dimana ia terlihat keren dan luar biasa.

9. Menyakiti hati seseorang
Coba ingat apa sobat pernah bertengkar dengan seseorang sampai membutnya sakit hati? Jika ada, akan lebih baik kalau sobat minta maaf. Entah siapa yang salah, tapi menyakiti hati seseorang itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Justru sobat akan didatangi penyesalan ketika tua nanti karena pernah menyakiti hatinya, dan buruknya hal tersebut biasanya akan berlanjut sampai anak cucu.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

Masa tua adalah hasil dari apa yang kita perbuat di masa muda. Kalau ingin masa tua bahagia dan damai, duduk di depan rumah dengan pasangan sambil minum secangkir kopi dan roti. Wah, kebayang gimana rasa syukurnya, saya juga pengen kayak gitu. Untuk itu lakukan hal-hal positif mulai dari sekarang.

See you....




0 comments

Post a Comment