30 fakta unik si imut kucing

30 fakta unik si imut kucing

Duh, binatang yang satu ini selalu jadi primadona peliharaan rumah. Jenisnya yang banyak dan tingkahnya yang gemesin bisa bantu menghilangkan stress. Ha... ha... memang kucing itu lucu ya sobat, bahkan nabi Muhammad saw pun juga seorang pecinta kucing. Selain bentuknya yang imut itu ada banyak fakta unik kucing yang akan bikin kita makin suka sama binatang ini. Apa saja ya.....?


Via pixabay

1. Pernah menghitung berapa jumplah jari pada kucing? Saya sich nggak pernah, hi... hi... tapi rupanya kucing punya jumplah jari yang berbeda depan belakang lho. Umumnya jari depan kucing ada 5 dan jari belakangnya 4. Tapi pada beberapa kucing ada yang memiliki 7 jari atau lebih dengan tambahan tulang sekaligus.

2. Jangan bilang kucing binatang jorok meski kenyataanya emang nggak pernah cebok. Kucing justru termasuk salah satu binatang yang sangat menjaga kebersihan. Ia membersihkan tubuhnya dengan cara menjilati diri, pasti sering lihat kan. Air liur kucing atau saliva ternyata punya daya pembersih yang kuat, tapi jangan mencobanya pada manusia karena akan menimbulkan reaksi alergi. (Apalagi mncoba membersihkan diri dengan menjilati seluruh tubuh, huek....)

3. Kucing itu peliharaan yang memang benar-benar suka tidur, dalam sehari 70% hidup mereka digunakan untuk tidur. Mereka bisa menghabiskan hari dengan tidur nyenyak. Rata-rata kucing tidur 12-16 jam per hari. Ada juga yang sampai 20 jam perhari. Anak kucing bahkan tidur lebih lama karena ketika tidur ia akan menghasilkan hormon pertumbuan (biar cepet gedenya)

Baca juga : ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

4. Tahu kenapa kucing punya kumis? Bahkan kucing betina juga. Ternyata eh tenyata nih, kumis pada kucing berfungsi seperti radar lho sobat. Jadi ketika berada dalam kegelapan kucing bisa tetap berjalan dan berburu tanpa nabrak pohon karena bantuan kumis imutnya itu lho, selain itu kucing tahu ia bisa masuk sebuah lubqng atau tidak melalui kumisnya juga. Hi...hi... lucu juga ya...

5. Tidak hanya manusia yang bisa lahir cacat. Kucing juga, biasanya kucing yang memiliki bulu berwarna putih dan mata biru, pendengarannya tidak akan berfungsi dengan baik alias tuli. Tapi karena tuhan maha adil indera yang lainnya berkembang dengan sangat baik.

6. Air kencing kucing ternyata nggak cuma jadi sumber bau, tapi juga bisa jadi sinar uv yang bisa menyala dalam gelap. (Wuih.... canggih juga pipisnya kucing ya)

7. Setiap kucing punya hidung yang berbeda, hal ini sama dengan sidik jari manusia yang berbeda-beda.

8. Kucing paling kecilll... di dunia berukuran sekitar 2,75 inci atau 7 cm (benar-benar minimalis) nama kucing tersebut adalah tinker toy.

9. Ada yang bilang kucing itu membawa penyakit, tapi memelihara kucing terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke sampai 3 kali lipat. Hal ini karena saat bermain dengan kucing atau mengelus-ngelusnya kita selalu merasa senang dan gemas.

Baca juga : 9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi

10. Meskipun tubuh kucing kelihatannya kecil, tapi jumplah tulangnya lebih banyak daripada mqnusia. Kucing punya sekitar 30 ruas tulang belakang, 5 kali lebih banyak dari manusia dan juga punya 230 tulang, 24 kali lebih banyak dari manusia.

11. Kucing memilih makanan kesukaanya bukan berdasarkan rasa, tapi lebih berdasarkan bau. Hal ini kerena indera  perasa pada lidah kucing tidak begitu kuat. Syaraf perasa pada lidahnya hanya ada 473 buah sedangkan manusia punya 9000 sensor syaraf.

12. Kadang-kadang kucing suka bersikap manja dengan menggosok-gosokkan badannya ke tubuh seseorang, biasanya sich pemiliknya. Tujuannya untuk menandai bahwa seseorang itu adalah majikannya atau orang yang memeliharanya.

13. Kucing memiliki keseimbangan yang sangat baik, gerakan yang cepat, dan tentunya reflek yang bagus. Kelebihan kucing ini membuatnya seting disebut memiliki 9 nyawa karena bisa selamat setiap dalam kondisi bahaya.

14. Kucing selalu menutup kotorannya dengan tanah, tapi jika kucing tidak melakukannya di deoan sobat, berarti kucing itu tidak takut pada sobat (atau mungkin menyepelekan hi... hi...)

15. Telinga kucing dapat bergerak memutar sampai 180 derajat

16. Kucing dapat mengenali suara pemiliknya, itu sebabnya kalau sobat memanggil kucing sobat " pusss...!" Ia akan langsung datang sedangkan jika dipanggil orang lain kadang malah kabur.

17. Kalau kelelahan kucing juga bisa berkeringat, tapi kucing berkeringat melalui telapak kakinya.

18. Kita berpikir memberikan susu pada kucing itu baik, kenyataanya tubuh kucing justru tidak bisa menghasilkan enzim laktase yang digunakan untuk mencerna laktosa pada susu. Mulai sekarang jangan memberi kucing sobat susu lagi ya.

Baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

19. Alzheimer atau melemahnya ingatan seseorang tidak hanya ternjadi pada manusia. Kucing juga bisa mengalaminya ketika usianya sudah tua, biasanya mereka akan sering mengeong karena lupa pada sesuatu.

20. Di Belgia pada tahun 1879 pernah menggunakan jasa kucing untuk mengantarkan surat, tapi sayangnya hal ini gagal total. ( ada-ada aja)

21.  Pada malam hari di Disneyland tidak hanya dilenuhi lampu-lampu yang cantik, tapi juga kucing-kucing yang lucu. Para penjaga di sana akan merawat dan memberi makan kumpulan kucing tersebut supaya populasi tikus tidak meningkat pesat.

22. Biasanya kucing betina lebih sering menggunakan kaki kanan mereka, sedangkan kucing jantan cenderung menggunakan kaki kirinya.

23. Kucing akan sering menggoyang-nggoyangkan ekornya jika senang melihatmu.

24. Kucing juga pernah dikirim ke luar angkasa sebagai astronot, nama kucing hebat tersebut adalah felicette yang berasal dari Prancia.

25. Kucing juga akan sering mengeong pada sobat kalau sobat sering mengajaknya berbicara.

26. Mungkin nggak sih, kalau kucing jadi mata-mata. Ha... ha... kedengarannya tidak masuk akal. Tapi CIA benar-benar pernah melatih seekor kucing untuk memata-matai Uni soviet, sayangnya kucing tersebut malah mati tertabrak taxi. Padahal biaya untuk pelatihannya mencapai 20 juta dolar Amerika.

27. Kalau manusia menyapa orang lain dengan bersalaman, kucing menyapa kucing lainnya dengan menempelkan hidung mereka atau salam hidung.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

28. Denyut nadi pada kucing itu luar biasa cepatnya. Yakni mencapai 160-2240 per menit. Tapi hal ini juga tergantung dari usianya, semakin muda, semakin cepat.

29. Kita mengenal suara kucing itu "meong" tapi dalam bahasa lain suara kucing berbeda-beda.
Dalam bahasa inggris yang digunakan di Amerika suara kucing ditulis dengan "meow" dalam bahasa inggris di negara Inggris sendiri ditulis dengan "miaow" dan dalam bahasa jepang ditulis "nya"

30. Pada abad ke-14 di Eropa menyebar wabah black death atau wabah pes.  Para ahli sejarah menduga hal ini karena pada masa itu kucing dianggap punya hubugan dengan penyihir sehingga mereka dibasmi dengan cara dibakar atau dilempar dari tebing tinggi, itu menyebabkan jumplah tikus meningkat dengan sangat cepat.

Unik bukan si kucing ini. Banyak sekali hal-hal unik pada tiap makhluk hidup kalau kjta mencari tahunya. Semoga artikel saya kali ini ada manfaatnha ya.... saya sudah capek-calek menulis di tengah kesibukan bekerja. He... he... sedikit curhat nggak papa lah.
Ok.... tunggu artikel saya selanjutya.

See you....

0 comments

Post a comment