Ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

Ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

Via.pixabay


Bersyukurlah buat sobat-sobat semua yang punya otak. (Saya yakin punya semua) Otak adalah bagian paling penting dalam tubuh manusia. Seseorang bisa bekerja dan beraktivitas dengan baik itu karena peran otak yang luar biasa. Banyak lho ilmuan yang menghabiskan waktunya untuk meneliti bagaimana kerja otak manusia. Jadi untuk mengarhagai otak sobat-sobat semua ada baiknya kalian harus tahu apa saja sich fakta tentang otak?

1. Kenapa sobat tidak merasa geli waktu menggelitik diri sendiri? Jawabanya karena otak menumpulkan sensasi geli saat kita melakukannya, otak bisa membedakan sentuhan dari diri sobat dan dari luar. Bayangkan jika otak tidak melakukan itu!

2. Otak membuat sobat tidak sadar sudah mengedipkan mata. Itu karena saat seseorang berkedip otak akan menjaga penglihatan tetap terang. Padahal rata-rata orang bisa berkedip sampai 20.000 kali dalam sehari. (Dan akan lebih banyak kalau orang itu suka godain orang lain)

3. Tahukah sobat, kenapa dokter bisa sukses melakukan operasi otak meski pasien dalam keadaan sadar( buka mata maksudnya). Hal itu karena otak tidak bisa merasakan sakit. Otak bisa menafsirkan rasa sakit pada tubuh yang terluka karena adanya sinyal dari jaringan saraf yang terluka, tapi jika hal itu terjadi pada otak, otak justru tak bisa merasakannya karena tidak ada bagian pada otak yang dapat memproses sinyal tersebut.

4. Gelombang otak akan lebih aktif pada saat seseorang tidur. Otak mengulang kejadian-kejadian dalam sehari melalui mimpi kita. Otak terus bekerja menjaga tubuh ketika orang tidak sadar. (Trimakasih otak)

5. Cairan yang ada dalam otak dapat mengisi
1,5 liter air pada botol. Karena 75% bagian otak ternyata adalah air. Itu kenapa minum air putih sangat dianjurkan untuk kesehatan. Kalau otak kekurangan air, mungkin kamu akan lambat berpikir. (Ada iklannya lho)

6. Otak memproses informasi lebih cepat daripada mobil balap tercepat di dunia. Kira-kira 120 meter/detik. Hebat bukan.... karena kecepatannya ini kita aja nggak pernah mikirin.

7. Otak akan kehilangan kemampuan membuat memori baru saat seseorang terpengaruh alkohol. Itu mengapa orang-orang yang mabuk tidak dapat mengingat apa-apa. Kandungan pada alkohol ini juga menyebabkan gerakan otot menjadi tidak stabil. Selain mempengaruhi kerja otak alkohol juga berdampak buruk bagi organ-organ tubuh lain.

baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

baca juga : 20 fakta unik dan menarik dari handphone 

8. Saat seorang wanita sedang hamil otak akan mengalami penyusutan. Perlu waktu sampai 6 bulan untuk otak kembali seperti semula.

9. Otak memiliki 100 milyar neuron.

10. Otak akan berhenti tumbuh pada usia 18 tahun. Pada akhir masa remaja ini seseorang akan bisa berfikir lebih matang dalam mengambil keputusan.

11. Otak manusia akan tetap hidup meski tidak mendapat suplai oksigen selama 4-5 mnit. Tapi lebih dari itu otak akan mengalami kerusakan permanen atau bahkan kematian, karena otak adalah organ tubuh yang memerlukan banyak oksigen.

12. Stress berlebihan dapat mengubah fungsi, struktur, dan sel-sel pada otak. Pada saat stress tubuh manusia akan melepaskan hormon kortisol, di mana hormon ini dapat memperkecil ukuran otak, membunuh sel-sel saraf dan menghambat proses regenerasinya. Lebih buruknya lagi, daya ingat akan menurun bahkan memicu alzhemeir dan demensia.

13. Seseorang tidak dapat merasakan humor jika mengalami kerusakan pada lobus frontal (ini salah satu bagian otak)

14. Sinar matahari yang terlalu terang menyebabkan beberapa orang bersin karena serabut syaraf yang bersinggungan diotak mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung. (Bukan dari mata ke hati ya)

baca juga : 25 fakta semut yang bikin kagum

15. Otak dapat menyimpan data sampai 3.584 terabyte dan melakukan 38 operasi perdetiknya. Dalam sehari otak sanggup menerima sampai 70.000 gagasan (berlaku untuk orang pintar kayaknya) Wow..., itu sebabnya kita bisa mengingat kejadian-kejadian di masa lalu dengan baik.

16. Pernah dengar usia emas adalah 1 -2 tahun? Ya, itu benar. Perkembangan otak pada bayi sangat cepat, otak mereka akan bertumbuh 3 kali ukuran semula pada tahun pertama, dan yang lebih mencengangkan jumplah sel pada otak bayi lebih banyak dari jumplah penduduk di planet ini. (Mungkin karena pikiran bayi belum macam-macam ya) Karena itu penting sekali memberikan asupan gizi pada balita.

17. Otak memerlukan 12 watt daya atau 17% dari total energi tubuh untuk terus bekerja. Daya pada otak ini bisa digunakan untuk menyalakan bola lampu lho.

18. Otak lebih gampang mengingat hal-hal buruk.
Hal-hal buruk sangat gampang diingat oleh otak, bahkan kalau kita tidak menginginkannya otak akan tetap merekamnya. Hal ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Itu sebabnya jangan membentak anak dengan perkataan buruk karena itu akan menjadi trauma baginya dan mengganggu perkembangan otaknya.

19. Ukuran otak tidak menentukan kepandaian seseorang. Albert einstein memiliki otak yang lebih kecil dari rata-rata orang, tapi ia adalah salah satu manusia terpandai di dunia. Belajar dengan rajin dapat membantu perkembangan otak untuk mengingat materi pelajaran.

baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda 

baca juga : ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia 

20. Kita akan kesulitan berbicara melalui telepon di ruangan yang bising. Karena otak tidak dapat membedakan suara orang-orang dan suara dari telepon.

21. Pembuluh darah pada otak jika dibentangkan dapat mencapai 400 mil.

22. Otak manusia sangat lembut seperti kue sehingga dapat dipotong hanya dengan pisau mentega, karena itu otak dilindungi oleh tempurung kepala. (Untungnya ya)

23. Saat kita lapar dan tidak segera makan, maka neuron pada otak akan memakan dirinya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan penyakit seperti Bulimia dan Anorexia nurvosa.

24. Pada saat seseorang berada di ketinggian, pandangan visual akan menjadi aneh. Hal ini karena otak tidak menerima cukup oksigen. Semakin tinggi suatu tempat maka akan semakin sedikit oksigennya.

25. Membaca buku dengan keras dan mendengarkan musik dapat membantu perkembangan otak lebih cepat daripada berhitung.

26. Penggunaan obat dalam jangkan panjang tidak baik untuk otak karena dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pada otak secara permanen. Itu sebabnya sulit menyembuhkan seorang pecandu narkoba.

baca juga : 13 fakta kesehatan yang jarang diketahui orang

27. Ada yang tahu apa fungsi menguap. Bukan bikin ngantuk, menguapa ternyata dapat membangunkan otak. Saat kita menguap udara yang masuk ke paru-paru akan lebih banyak sehingga meningkatkan suplai oksigen ke otak.

28. Setiap orang di planet ini punya pola unik yang berbeda pada lipatan otak mereka. Ini sama dengan sidik jari yang juga berbeda pada masing-masing orang.

29. Janin di dalam perut ibu hamil juga sudah mengalami perkembangan otak. Otak mereka akan mengalami kemajuan seperempat juta per
Menit selama trisemester pertama.

30. Saat kita tidur otak melepaskan senyawa kimia yang berfungsi untuk melumpuhkan tubuh agar tidak bergerak.

baca juga : mitos-mitos kehamilan di berbagai negara


Hebat, kalau dipikir-pikir kerja tubuh itu ajaib sekali. Mulai dari otak, sistem syaraf, panca indra. Semuanya bekerja sama untuk menjaga tubuh manusia. Tapi kadang-kadang kitanya yang tidak tahu trimakasih dengan tidak menjaga kesehatan. Saya harap setelah membaca artikel di atas sobat semua jadi lebih menghargai tubuh masing-masing, terutama kelapa, eh, kepala maksudnya.

See you....


0 komentar

Posting Komentar