5 makanan enak ini penyebab jerawat

5 makanan enak ini penyebab jerawat

Bangun pagi, lihat cermin tiba-tiba...

Aaa... jerawat....
Bagaimana perasaan sobat?
(Ok, mungkin pembukaan saya terlalu lebay.)
Jerawat biar kedengarannya sederhana, tapi jerawat ini masalah kulit yang wah. Baik laki-laki maupun prempuan pasti pernah perang dengan si jerawat ini. Kemunculan jerawat di wajah bisa bikin pede berkurang beberapa persen, itu kalau jerawatnya satu, nah, kalau lebih dari satu? (Jerawat demo) rasanya muka pengen dipindah ke punggung aja.
Macam-macam cara dicoba buat ngusir jerawat, mulai dari cara lembut, sampai cara kasar yang malah bikin jerawat tambah meradang. Ternyata selain penyebab dari luar seperti debu dan kotoran, jerawat juga dapat dipicu dari makanan yang sobat konsumsi.
Eh, makanan apaan tuh?
Nih, saya kasih daftarnya.

1. Mie instan

Via.pixabay

Padahal mie instan ini makanan yang murah, meriah, dan enak. Penggemar mie instan juga luar biasa banyaknya. Karena cara masaknya yang cepat dan simple, mie instan jadi menu utama kala sedang malas masak.
Tapi waspada, dibalik rasanya yang yummi, mie instan dapat mengundang jerawat bermunculan di wajah. Kandungan pengawet dan lemak jenuh yang tinggi pada pada mie instan sangat sulit dicerna oleh tubuh. Lemak jenuh ini akan tertimbun di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Buat sobat yang suka mie instan, dikurangi ya.... (anak kost, inget nih!)

2. Coklat

Via.pixabay

Tidak ada yang menolak coklat (kecuali yang tidak suka) Coklat itu manis, enak, dan bikin bahagia (katanya). Para cewek-cewek pasti luluh hatinya kalau dikasih coklat sama cowoknya, apalagi pas hari valentine, ditambah bunga dan makan malam. Sayangnya, kabar buruk buat para pecinta coklat. Karena Coklat yang manis ini bisa memicu tumbuhnya jerawat. Makanan manis seperti coklat dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh sehingga timbulah jerawat.
Coklat, manis di mulut, pahit di wajah.

3. Susu

Via.pixabay

lho, padahal susu ini termasuk dalam empat sehat lima sempurna kan, tapi kok....?
Susu, sama halnya dengan coklat juga punya rasa manis. Mengkonsumsi susu dalam jangka lama bisa melonjakkan kadar hormon sobat. Susu juga menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak, itu berarti jerawat jadi lebih gampang muncul.
(Wah, yang manis-manis ternyata bikin jerawatan. Mulut manis termasuk nggak ya?)

4. Gorengan

Via.pixabay

Satu lagi makanan murah dan enak yang suka mengundang jerawat. Lemak yang dihasilkan oleh gorengan akan menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan sebum sulit keluar, sehingga wajah mudah berjerawat. Tidak hanya buruk untuk kulit, konsumsi gorengan dalam jumplah banyak dan sering juga berdampak buruk bagi kesehatan. Gorengan mengandung minyak trans yang dapat menyempitkan pembuluh darah, jantung, dan stroke.

5. Kopi

Via.pixabay

Kopi ini sering jadi obat anti ngantuk. Bagi orang yang suka kerja lembur kopi jadi alternatif pilihan untuk menyelesaikan pekerjaan. Zaman sekarang kopi juga semakin banyak diminati orang karena dapat dicampur dengan bahan lain seperti susu dan coklat. Tapi tahukah sobat, kalau mengkonsumsi kopi dalam jumplah berlebih dapat menyebabkan munculnya jerawat? Kandungan kafein dalam kopi memicu stress dan kurang tidur. Padahal, tidur dan stress berpengaruh besar pada kesehatan kulit. Itu sebabnya konsumsi kopi dapat menimbulkan jerawat. Kita perlu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan kafein pada kopi membuat orang sulit untuk tidur.

Itu dia 5 makanan enak yang ternyata dapat memicu jerawat bermunculan. Saya juga tidak menolak kalau dikasih gratis 5 makanan di atas (yang gratis kan emang selalu enak, he... he...)
Sebenarnya jerawat muncul karena pola hidup kita yang tidak teratur. Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan tubuh, sistem imun menurun dan jerawat membiak di wajah sobat. Tapi jika memang ingin mengkonsumsi salah satu makanan di atas, tidak ada larangan kok. Hanya saja, harus dibatasi. Jangan setiap hari memasukannya ke dalam mulut. Beri tubuh nutrisi dan istirahat yang cukup. Dan ingat jangan stress!
Akhir kata saya ucapakan...

See you....
Eh, emang orang gila banyak jerawatnya ya?

0 comments

Post a comment