30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

Via.pixabay

Kalau ngomong soal cinta. Banyak orang setuju, nggak ada habisnya. Cinta itu seperti apa, semua orang punya penjelasan yang beda-beda. Yang jelas, Cinta itu sesuatu yang harus tulus dan suci. (Lebay)
Hi... hi... kayaknya itu terlalu serius. Intinya saya mau ngebahas soal fakta cinta di sini. Hal yang paling dicintai orang di dunia adalah cinta itu sendiri, banyak sekali ungkapan soal cinta. Ya, karena cinta ada di seluruh penjuru bumi. Ada yang bilang hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga, atau cinta bisa bikin buta, atau cintaku kepadamu bagaikan bola salju yang....
Eh, stop! Stop! Kok malah nyanyi.
Hi... hi...
Daripada makin ruwet dan nggak karuan, kita langsung saja menuju faktanya.
Cekitdot....

1. Pernahkah sobat dengar kalimat ini
"Orang jatuh cinta hanya 7 kali dalam hidupnya"
Faktanya ini tergantung masing-masing orang. Ada orang yang hanya jatuh cinta sekali dan langsung menikah, tapi banyak juga yang bilang mereka jatuh cinta kebih dari 7 kali dalam hidupnya (biasanya sich, kaum playboy)

2. Katanya jodoh kita punya wajah yang mirip dengan kita. Padahal sebenarnya hal ini terjadi karena ketika seseorang mencintai pasangannya, ia akan mencari kemiripan apapun di antara mereka untuk mengimbangi pasangannya tersebut.

3. Umumnya pria berjalan lebih cepat daripada wanita. Tapi ketika sedang jatuh cinta pria akan berjalan dengan lambat untuk bisa menyamai langkah orang yang dicintainya.

4. Cincin pernikahan diletakan di jari manis karena saat jatuh cinta detak jantung akan mengalami peningkatan. Meletakan cincin di jari manis dipercaya bisa mengontrol pembuluh darah yang tersambung langsung ke jantung. Jadi jangan asal-asalan pasang cincin ya, apalagi di jempol kaki (gak masuk akal....)

5. Cinta bisa menyebabkan seseorang jadi bodoh. Maksudnya beberapa orang yang sedang jatuh cinta cenderung tidak dapat membedakan mana yang benar dan salah. Mereka akan melakukan apa saja untuk orang yang dicintainya meski itu jelas-jelas tidak benar. Sehebat apapun orang kalau sedang jatuh cinta ia akan merasa gelisah seperti orang bodoh.
Hal ini juga dibuktikan melalui studi di universitas laiden.

Baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

baca juga : 14 fakta unik valentine's day

5. Bukan cuma alkohol yang bikin mabuk. Cinta juga bisa menyebabkan sensasi memabukan. Ini karena ketika orang jatuh cinta tubuh akan memproduksi hormon dopmain dalam jumplah berlebih. Jadi cinta bukan cuma perasaan, cinta ternyata juga reaksi kimia yang bikin mabuk (dimabuk cinta, cye...)

6. Bau atau wewangin tertentu bisa mengingatkan kita pada seseorang yang kita cintai. Hal ini terjadi karena adanya hormon feromon yang bisa mengembalikan ingatan. Bahkan bau juga bisa membuat seseorang jatuh cinta lho.

7. Beberapa orang yang saling mencintai akan melakukan pertunangan sebelum memutuskan menikah. Tahukah sobat siapa orang pertama yang melakukan tradisi pertunangan ini?
Dia adalah Archduke Maximillian yang melamar kekasihnya mary. Pertunangn mereka adalah pertunangan pertama di dunia pada abad ke-15.

8. Perasaan cinta yang bikin jantung dag dig dug... ternyata hanya bisa bertahan paling lama satu tahun. Banyak pasangan yang putus setelah menjalin hubungan selama 3-5 bulan. Tapi tenang, karena jika sobat bisa melewati masa satu tahun ini dengan baik maka setelah satu tahun hubungan sobat dengan orang yang dicintai akan lebih stabil, alias lebih serius dan berkomitmen.

9. Cinta bisa merubah orang. Seseorang yang sedang jatuh cinta biasanya akan berperilaku lebih lembut dan halus. Ia akan sering tersenyum dan ramah pada setiap orang. Bahkan jika orang itu orang yang kaku dan pemarah. Dan juga, orang yang jatuh cinta akan menyukai musik melow yang penuh dengan lirik cinta.

Baca juga : 20 fakta unik dan menarik dari handphone

10. Cinta pada pandangan pertama? Sebenarnya itu tidak benar-benar ada. Cinta itu hadir karena sudah saling mengenal lama, menghabiskan waktu bersama, memahami satu sama lain. Jika sobat merasa sedang jatuh cinta pada pandangan pertama, itu mungkin karena sobat hanya tertarik pada tampilan fisiknya saja. Coba pikir, bagaimana kita bisa langsung jatuh cinta pada seseorang yang belum pernah kita lihat? Biasanya seseorang akan merasa kagum atau terpesona saat melihat sesuatu yang indah, jadi bukan jatuh cinta pada pandangan pertama, itu hanya sebatas kekaguman saja. Manusia kan memang selalu menilai sesuatu dari luar dulu. Dan istilah 'love at first sight' ini sering menghiggapi para kaum remaja.

11. Dalam hubungan pertemanan antara laki-laki dan prempuan pasti pernah ada yang namanya perasaan cinta. Perasaan ini biasanya timbul karena kita sudah mengenalnya dengan jauh, tahu semua kebiasaan buruk dan baiknya. Atau karena sering curhat masalah bersama. Seperti kata pepatah 'bisa karena biasa' cinta juga bisa tumbuh karena terbiasa.

12. Sebuah penelitian mengatakan bahwa cinta bisa meredakan rasa sakit dan stress, berpelukan atau bergandegan tangan dengan orang yang sobat cintai ketika sobat sedang sakit dipercaya dapat meredakan rasa sakit selama 4 jam, hal ini karena tubuh mengeluarkan hormon pereda sakit alami yaitu oxytoxin. (Warning: khusus yang sudah halal ya)

13. Sebuah studi membuktikan, ketika cinta seseorang ditolak maka otak akan memiliki aktivitas yang kuat yang berhubungan dengan korteks insular. Bagian dari otak yang mengalami sakit fisik. Kehilangan seseorang yang kita cintai , putus cinta, perceraian dan lain sebagainya juga dapat menyebabkan rasa sakit yang berujung pada serangan jantung.

14. Selama ini orang-orang berpikir lambang dari cinta adalah hati (heart) padahal lambang dari cinta yang sesungguhnya adalah jantung. Kita merasa jantung berdetak tidak karuan kalau sedang jatuh cinta kan.... tapi sekedar informasi, lambang hati untuk cinta pertama kali digunakam pada tahun 1250, sebelumnya lambang itu hanya dianggap lambang dedaunan.

15. Apakah sobat pernah merasa hubungan cinta sobat tidak romantis? Hati-hati! Bisa jadi sobat menderita hipopituitarisme. Yaitu sejenis penyakit langka di mana penderitanya tidak bisa merasakan yang namanya cinta. Penyakit ini hanya menyerang 300-455 orang dari satu juta penduduk.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

16. Di dalam sejarah, keringat pernah di jadikan sebagai bahan dasar parfum lho. (Idih, gimana baunya ya....)

17. Orang akan mudah jatuh cinta ketika bertemu atau mengalami sesuatu yang berbahaya dengan orang lain. Mungkin karena bahaya bisa menunjukan sifat asli orang ya, penakut atau pemberani.

18. Gila karena cinta. Ini bisa dijelaskan secara medis lho sobat. Ketika jatuh cinta hormon serotonin dalam tubuh manusia akan meningkat pesat. Hormon ini menyebabkan seseorang merasa riang, senang, pokoknya hari-hari jadi berwarna saat jatuh cinta. Kita pasti akan merasa sangat sehat dan ingin tersenyum sepanjang hari. Benar-benar mirip orang gila....

19. Cinta punya banyak dampak positif dalam kehidupan seseorang, tapi tahukqn sobat bahwa ketika seseorang jatuh cinta ia akan kehilangan 2 orang teman terdekatnya. Ini terjadi karena sahabat akan jadi orang ke sekian yang akan kita perhatikan setelah pacar, pacar, dan pacar.

20. Kita akan memberikan bunga atau coklat ketika menyatakan cinta pada orang yang kita suka. Nah, di budaya yunani kuno cara menunjukan perasaan cinta bisa dilakukan dengan melemparkan apel kepada orang tersebut (jangan dicoba di sini ya! Ntar, dilempar balik.)

21. Pria adalah orang yang suka to the point. Mereka tidak suka menahan sesuatu terlalu lama, itu sebabnya mereka akan mengatakan 'i love u' lebih dulu kepada sobat. (Sobat cewek lho...)

22. 2 orang yang saling mencintai secara tidak sadar akan mensinkronkan detak jantung mereka setelah bertatapan selama 3 menit.

23. Zaman dahulu pernikahan dilakukan karena dasar perjodohan. Hal itu berubah pada abad ke-18 di mana pernikahan di dasarkan pada perasaan cinta.

24. Di dunia ini ada sekitar 3 juta kencan pertama setiap harinya. Wow....

25. Ada sebuah gangguan psikologis di mana seseorang berpikir bahwa ada seorang tokoh terkenal yang menyukainya. Gangguan psikologis ini disebut dengan Erotomania. Apa sobat termasuk?

26. Membuktikan cinta dengan lagu sudah ada sejak zaman dahulu. Lagu cinta tertua di temukan di daerah antara sungai Tigris dan Efrat sekitar 4000 tahun yang lalu.

27. Katanya cinta sejati itu adalah orang yang akan membuat kita terus bahagia. Padahal, cinta tidak melulu soal suka atau tawa. Dalam perjalanan cinta ada kalanya seseorang akan merasa jenuh dan ingin menjauh dari pasangannya lalu tiba-tiba merasa merindukannya.

28. Apa pacar sobat posesif? Kalau baru jadian, hal itu wajar. Orang yang jatuh cinta bisa sangat posesif dan terobsesi terhadap pasangannya. Hal ini karena ia mengalami penurunan hormon tertentu yang membuat dirinya terkena gangguan obsesif-kompulsif. Selama hal itu tidak berlebihan, nggak apa-apa kok sobat. Seseorang bertindak posesif sebagai tanda sayang.

29. Ketika sobat menerima bunga mawar dari seseorang, lihat dulu warnanya ya. Setiap warna punya makna yang berbeda lho.
Mawar merah, sebagai simbol cinta sejati dan gairah.
Mawar merah tua, sebagai rasa terima kasih.
Mawar merah muda, sebagai simbol cinta dan rasa sayang yang lembut.
Mawar kuning, sebagai simbol persahabatan.
Wawar putih, memiliki arti pengabdian dan kebaikan hati.
(Sungguh malang bagi orang yang berharap merah, tapi dapatnya kuning.)

30. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jatuh cinta bisa jadi penyebab seseorang tidak produktif. (Ya, iyalah. Kerjaannya cuma mikirin gebetan. Hi... hi...)

Finish....
Ternyata cinta banyak fakta uniknya ya. Saya juga baru tahu nih. Tapi, terlepas dari semua fakta cinta di atas yang paling vital dari cinta menurut saya adalah ketulusan. Tulus mencintai seseorang tanpa alasan dia keren atau kaya (menurut saya lho....)
Ok, akhir kata saya ucapkan...

See you....





7 comments

  1. Jomblo boleh kan koment di artikel tentang cinta? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya boleh atuh mas, jomblo kan juga manusia...juga punya cinta, sayangnya cintanya belom tersalurkan sama orang yang tepat wkwk..😂😂😂

      Delete
  2. Menurutku masih ada yg kurang,,ada satu fakta lagi tentang cinta,,yaitu cinta ini membunuhku 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadow, kok serem banget. Trus yang komen ini masih idup kan?
      Wkwk.. Becanda mas😁

      Delete
    2. Hahaha...
      Aku baca langsung nyanyi, "Cinta ini.... membunuhku"

      Apalagi pas baca reply mba Astri, "Trus yang komen ini masih hidupkah?"
      Koplaaak, bahahaha.

      Delete
    3. Ha..ha.. Emang lagi koplak tuh mbk😂😂, tapi seru.
      Lumayan bisa bikin ketawa

      Delete
  3. thank nice infonya sangat menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2MiUpB1

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon