25 fakta semut yang bikin kagum

25 fakta semut yang bikin kagum

Via.pixabay

Apa yang akan sobat lakukan kalau melihat semut di rumah? Injak, tiup, atau biarkan. Yang jelas kehadiran semut di rumah itu bisa bikin jengkel pemilik rumah. Apalagi kalau itu semut gatal, haduh.... langsung ambil obat serangga dan semprot... semprot...

Terlepas dari kehadirannya yang tidak diingankan, ternyata semut ini punya banyak fakta mengaggumkan lho sobat.

Semut adalah serangga yang masuk dalam ordo Hymenoptera. Menurut beberapa ahli, semut sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dengan kata lain semut sudah hidup sejak periode Cretaceous. (Wah, tua amat ya si semut). Binatang yang hidup dalam koloni besar ini juga terkenal punya kekompakan yang tinggi.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak yang di bawah ini....

1. Jenis semut apa saja yang sobat tahu? Semut hitam, semut rangrang, semut gula, semut apa lagi? akan capek menyebutkannya karena ternyata jumplah spesies semut di muka bumi ini mencapai 20.000 spesias. (Luar biasa)

2. Umur semut tergolong singkat, yaitu hanya 45-60 hari. Kecuali ratu semut yang mampu hidup sampai 20 tahun. Tapi jika ratu semut mati, maka koloni semut itu hanya mamou bertahan beberapa bulan.

3. Semut mampu mengangkat beban yang beratnya 50 kali lebih berat dari tubuhnya.

4. Pernahkan sobat memperhatikan badan semut? Semut ternyata punya 2 perut lho. Satu perut untuk menyimpan makanannya sendiri dan satu perut lagi untuk menyimpan makanan yang bisa dibagi ke teman-temannya (semut rajin sedekah juga ya....)

baca juga : ritual kematian paling sadis dan mengerikan di dunia

5. Semut adalah serangga yang pintar. Otak semut punya ukaran paling besar di antara serangga-serangga lain, di mana di dalam otaknya ada sekitar 250.000 sel otak. Pemrosesan dalam otak semut ini katanya hampir sama dengan komputer macintosh II.

6. Tidak hanya manusia yang bercocok tanam, semut juga melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan makan koloninya. Bahkan semut sudah tahu cara bertani jauh sebelum manusia melakukannya. Mereka menggunakan tekhnik hortikultura yang sangat canggih dengan mensekresikan zat kimia yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. Bahkan semut juga membangun sarangnya dengan sistem yang canggih untuk mengatur kelembapan dan temperatur suhu.

7. Selain mencari makanan dan merawat bayi, semut pekerja juga mempunyai tugas mengumpulkan sampah di sarang dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah. (Yang suka buang sampah sembarangan, malu dong sama semut)

8. Semut adalah serangga yang pandai dalam strategi perang. Jika wilayah mereka diganggu oleh koloni lain maka bum... akan terjadilah perang semut. Perang ini bahkan bisa berlangsung sampai berhari-hari lho. Di Argentina pernah terjadi perang antar semut yang menewaskan jutaan semut dalam sehari (jadi kayak breaking news ya, hi... hi...)

9. Pernahkah sobat melihat semut yang jatuh dari ketinggian tapi masih hidup? Hal ini karena semut memiliki tubuh yang ringan dan kaki-kaki yang sangat kuat. Dengan kakinya ini semut mampu berjalan sangat cepat meski membawa benda yang jauh lebih besar dari tubuhnya.

baca juga : 23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

10. Indra penciuman semut adalah yang paling tajam di antara serangga lain. Reseptor penciuman semut diperkiran 4-5 kali lebih tajam dari serannga lainnya. Tahu di mana letak indra penciumannya? Di antenanya.

11. Semut berhenti sejenak saat bertemu dengan sesama koloninya. Ternyata hal ini dilakukan semut untuk memberi tahu temannya dengan cara menyebarkan zat kimia yang berasal dari makanan atau musuh yang di temuinya.

12. Di dalam dunia semut ada yang namanya kasta juga lho. Ratu semut memiliki tubuh yang paling besar, dan mampu memproduksi ribuan telur dalam hidupnya. Masa hidup ratu semut ini bisa mencapai 20 tahun.
Semut jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dan hanya bertugas membuahi ratu semut saat ritual perkawinan, setelah beberapa hari semut jantan biasanya akan mati. (Kasihan)
Semut pekerja bertugas untuk mencari makan, menjaga sarang, menjaga bayi dan menjaga koloni.
Sedangkan semut tentara bertugas untuk menjaga sarang dari musuh, bentuk kepala semut tentara biasanya lebih besar.

13. Sebagian besar semut adalah omnivora, mereka akan memakan apa saja seperti remah royi, minyak, biji, gula, bahkan serangga lain.

14.kita mungkin berpikir semut terus bekerja sepanjang hari, Mereka memang bintang yang rajin. Padahal faktanya semut pekerja tidur sebayak 253 kali dalam sehari, di mana satu kali tidur hanya berlangsung selama 1,1 menit saja. Tapi ada lho jenis semut yang tidur sampai 7 jam sehari.

15. Dalam setiap koloni semut, setidaknya ada 700.000 semut tentara (wow....)

16. Ukuran semut biasanya hanya 2-7 mm, kecuali Carpenter ant yang dapat meregang sampai 2 cm.

17. Kebanyakan semut memang omnivora, tapi ada juga lho semut karnivora. Semut ini dikenal dengan nama driver ant, safari ant, dan siafu. Jenis semut ini adalah jenis semut pemburu yang sangat kuat. Mereka memanfaatkan jumplah koloni yang begitu besar untuk melumpuhkan mangsanya. Saking ganasnya semut ini pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang diikat di kayu. Mereka akan membunuh apa saja yang mendekati sarang mereka. 100.000 binatang mati dalam sehari karena koloni ganas semut ini. Semut ini berada di kawasan afrika dan asia.

baca juga : ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu 

18. Tidak hanya bertani semut juga pandai beternak. Mereka merawat sejenis kumbang semut madu yang bernama aphid. Para semut akan merawat dan menjaga mereka, memilihkan tempat tinggal yang aman untuk aphid. Jika ada predator atau parasit yang mengganggu aphid, maka koloni semut akan memindahkan mereka. (Multi talent juga si semut)

19. Perbudakan teryata juga berlaku di dunia semut lho sobat. Sejenis semut yang bernama Slave maker ant adalah semut yang suka mencuri pupa dari koloni lain dan merawatnya. Ketika pupa menetas dan menjadi semut, Slave maker ant akan menjadikan mereka budak di koloni. (Kejam juga)

20. Di Calofornia, As ada koloni semut argentina yang disebut superkoloni semut karena jumplahnya yang luar biasa banyak. Semut-semut itu membuat jutaan sarang yang menjangkau sampai ratusan kilometer. Tidak tanggung-tanggung kedalaman sarang mereka mencapi 6 meter ke bawah. Meski berbeda koloni, sangat jarang ada peperangan di antara semut-semut ini. Superkoloni terbesar ada di California selatan dengan panjang sekitar 965 kilometer.

21. Semut selalu jatuh ke kanan saat diracuni.

22. Semut punya macam-macam warna, yaitu hitam merah, coklat, hijau, dan ungu (seperti pelangi ya....)

23. Semut yang sudah dewasa ternyata tidak dapat menelan makannan padat, mereka tergantung pada sari dari makanan padat yang mereka ambil.

24. Semut hitam dan semut kayu tidak memiliki sengat seperti semut merah. Mereka mempertahankan diri dengan cara yang unik, yakni dengan mengeluarkan cairan asam formiat. Cairan ini berbau asam sekali. Itu sebabnya ketika kita membunuh semut hitam besar kita akan mencium bau yang tidak enak.

25. Ada jenis semut yang sangat berbahaya bagi manusia. Semut ini dikenal dengan nama semut harvester. Semut harvester tergolong salah satu serangga yang paling berbisa di dunia.

baca juga :ini nih 8 fakta luar biasa lautan

Sudah tahu kan, jadi mulai sekarang jangan remehkan bintang kecil ini ya. Untung tuhan mencipatakn semut dalam bentuk yang kecil, coba kalau semut segede gajah, bisa punah manusia di muka bumi ini.

See you....


0 komentar

Posting Komentar