23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

23 fakta unik nyamuk yang jarang diketahui orang

Via. Pixabay

Nyamuk. Binatang penghisap darah ini makin melejit namanya sejak kasus DBD dan Zika, juga beberapa kasus lainnya yang sangat merugikan manusia, bahkan menyebabkan kematian.
He... he... pembukaan awal yang seperti berita.
Halo sobat semua. Siapa yang tidak pernah digigit nyamuk? Saya yakin tidak ada. Nyamuk adalah binatang yang benar-benar bisa bikin jengkel manusia, kehadiran nyamuk seringkali dianggap pengganggu dan pembawa penyakit. Tapi namanya makhluk hidup selalu punya kelebihan dan kekurangan, termasuk nyamuk ini.
Jom! Kita lihat fakta uniknya

1. Nyamuk betina yang menggigit
saya tidak tahu bagaimana cara membedakan jenis kelamin nyamuk, (membayangkannya saja sudah bikin pusing) tapi yang mau saya kasih tahu di sini adalah fakta kalau nyamuk yang menghisap darah dan menimbulkan beberapa penyakit adalah nyamuk betina. Nyamuk jantan justru lebih memilih nektar untuk dikonsumsi.

2. Bau yang bikin nyamuk bingung
Nyamuk tertarik pada manusia karena Carbon dioksida yang kita keluarkan, tapi tidak perlu menahan nafas untuk mengusir nyamuk (yang ada malah mengusir nyawa) ada beberapa bau yang tidak disukai nyamuk, seperti aroma mint, coklat , karamel, dan buah-buahan. Sobat bisa membeli lotion dengan aroma di atas untuk mengusir si nyamuk.

3. Penyebab gatal saat digigit nyamuk
Gigitan nyamuk pasti meninggalkan rasa gatal dan bentol, ternyata hal itu terjadi karena ketika nyamuk menggigit kulit ia akan meninggalkan bekas air liurnya, hal ini untuk mencegah darah membeku saat dihisap. Nah ilernya nyamuk nih yang bikin gatel.

Baca juga : 20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

4. Kenapa nyamuk suka terbang di depan wajah
Seperti saya bilang tadi nyamuk sangat tertarik dengan Carbon dioksida, bahkan nyamuk bisa mencium baunya dari jarak 100 meter. Karena kita mengeluarkan Carbon dioksida dari mulut dan hidung nyamuk akan terbang di sekitar area itu untuk mencari tempat mendarat dan minum yang pas. Suaranya akan makin keras saat terbang di dekat telinga. (Biasanya nih, kita jadi nabok muka sendiri saking sebelnya)

5. Ringan dan lambat
Nyamuk itu binatang yang kecil dan ringan, berat badannya si nyamuk ini rata-rata hanya 2-2,5 miligram. Kecil sekali bukan, dengan berat yang seringan itu harusnya nyamuk bisa terbang dengan sangat cepat. Tapi anehnya nyamuk terbang dengan kecepatan hanya 1-1,5 mil per jam. (Pantas saja nyamuk suka keroyokan ya)

6. Kecil tapi mematikan
Itu slogan yang cocok sekali dengan serangga ini. Nyamuk kelihatannya memang kecil, tipis, lambat yang kalau ditepuk langsung mati. Tapi sobat jangan meremehkan binatang yang kelihatannya kecil dan lemah ini. Nyamuk ternyata adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia akibat demam kuning, malaria, encephalitis, demam berdarah, dan masih banyak penyakit lainnya. Satu ekor nyamuk bahkan dapat menjakiti sekitar 100 orang. Badan kesehatan PBB, WHO mengatakan bahwa setiap 45 detik satu anak meninggal karena malaria di Afrika.

7. Jumlah organ tubuh nyamuk
Biarpun badannya kecil, ternyata nyamuk punya banyak sekali organ tubuh lho sobat. Kita pasti nggak pernah mikir gitu kan, kelihatannya sich nyamuk malah transparan. Padahal dibalik tubuh transparannya itu nyamuk mempunyai mata yang mencapai jumplah seratus. Wow... tak hanya itu nyamuk juga memiliki 48 gigi dan tiga jantung (Ck... ck... ck... ini nyamuk apa siluman ya)

Baca juga : 13 fakta kesehatan yang jarang diketahui
Baca juga : Ini dia, 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

8. Nyamuk lebih suka wanita hamil
Nyamuk sering menggigit wanita yqng sedang hamil, terutama di bagian perutnya. ini karena ketika hamil janin dalam perut juga ikut bernafas dan mengeluarkan Carbon dioksida. (Untuk sobat ibu hamil semua waspada nyamuk ya)

9. Nyamuk suka menggigit orang yang berada di pinggir
Alasan nyamuk lebih sering menggigit orang yang berada di pinggir, sangat simple sekali. Yaitu karena mudah dijangkau daripada yang di tengah dan tentunya lebih aman. Coba kalau nyamuknya nekad gigit yang di tengah, sebelum sampai pasti sudah di tepok sama orang yang lain.

10. Suka dengan bir
Hah, nyamuk suka mabuk juga? Hi... hi... nggak kok sobat. Maksudnya dalah nyamuk akan cenderung menyukai seseorang yang sering mengkonsumsi bir. Hal ini karena bir menyebabkan perubahan senyawa kimia pada tubuh manusia yang akan menarik perhatian nyamuk. (Bir memang selalu tidak baik)

11. Alasan nyamuk menghisap darah
Seperti kata saya tadi nyamuk yang menghisap darah hanya nyamuk betina. Mereka membutuhkannya untuk bertelur, nyamuk tidak dapat menghasilkan asam amino dalam tubuhnya sehingga mereka mengambil darah kita yang kaya akan asam amino. Tanpa darah dari makhluk lain nyamuk tidak akan bisa berkembang biak dengan baik.

12. Bukan menggigit, tapi membedah
Kecil-kecil, tapi nyamuk jago soal membedah kulit lho. Mungkin ketika nyamuk hinggap di kulit kita, rasanya hanya seperti digigit/kadang sama sekali tidak terasa. Padahal sebenarnya sebelum menghisap darah kita, nyamuk akan menggunakan pisau yang dimiliki di tubuhnya untuk merobek kulit maju mundur sampai menemukan urat darah yang tepat. (Untung kecil, serem kalau gede)

13. Nyamuk jadi haus darah saat terkena virus
Sebuah penelitian mengatakan bahwa nyamuk yang terinfeksi virus demam berdarah akan lebih sering menghisap darah manusia. Virus menyebabkan insting berburu mereka lebih peka, dan keinginan untuk minum akan lebih besar. Itu sebabnya jika ada satu orang terkena Deman berdarah satu kampung bisa ketularan.

14. Penyebab kematian Alexander yang agung
Alexander yang agung begitu terkenal sebagai penakhluk kerajaan Persia, ia bahkan di sebut sebagai salah satu komandan paling sukses dalam sejarah karena tidak pernah kalah dalam peperangan. Namun, siapa yang menyangka kalau kematiannya justru dikarenakan seekor nyamuk yang terinfeksi virus west nile. Virus west nile adalah virus yang disebabkan oleh nyamuk yang menyebabkan penderintanya mengalami radang otak. Kebanyakan orang yang terkena virus ini tidak menunjukan gejala yang jelas. Mereka bisa tiba-tiba merasa nyeri, pingsan, koma dan meninggal. Selain terdapat pada nyamuk virus ini juga ada pada binatang seperti burung robin, burung northern cardinals, dan burung pipit.

Baca juga : mitos-mitos kehamilan di berbagai negara

15. Seseorang bisa kebal digigit nyamuk
Pernah lihat orang yang dikeroyok nyamuk, tapi santai aja. Atau sobat sendiri pernah begitu? Itu karena seseorang bisa saja kebal terhadap gigitan nyamuk, tapi bukan kebal nyamuknya nggak bisa gigit lho. Mereka tetap menghisap darah kita dengn leluasa, hanya kita tidak merasakannya karena sudah keseringan digigit nyamuk. Harus hati-hati nih! (Dikira manusia anti nyamuk, ternyata....)

16. Nyamuk juga suka darah hewan
Jangan pikir nyamuk hanya suka darah manusia. Nyamuk sebenarnya juga menyukai darah binatang seperti kerbau dan tikus, tapi karena jumplah manusia lebih banyak dan mudah, ya kenapa nggak. Nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam kuning dan chikungunya akan menggigt mamalia lain jika tidak bisa mengggigit manusia, bahkan beberapa jenis nyamuk suka pada darah burung, hewan ternak, dan, peliharaan (wah, kucingku mesti dikasih lotion anti nyamuk juga)

17. Menembus baju
Sudah pakai baju tebal, tapi nyamuk masih saja menggiigit. Ternyata hal ini karena pisau pada tubuh nyamuk sangat tajam sampai bisa menembus pakaian.

Baca juga : 15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

18.suka pada orang dengan golongan darah O
Nyamuk ternyata cenderung menyukai orang dengan golongan darah O. Menurut sebuah penelitian golongan darah O mampu memberi sinyal senyawa kepada nyamuk melalui hasil sekresi seperti keringat dan air liur.

19. Nyamuk suka kaki yang bau
Ini peringatan bagi sobat yang jarang cuci kaki. Nyamuk menyukai kaki yang bau karena banyak bakteri yang bersarang di sana. Untuk itu saya sarankan untuk mencuci kaki sebelum tidur atau setelah beraktivitas, dan yang paling penting... jangan lupa cuci badan juga (masak kaki doang yang dicuci)

20. Alat pemancing nyamuk menyebabkan nyamuk semakin banyak
Ada beberapa orang yang memilih alat pemancing nyamuk untuk membunuhnya, tapi tahukah sobat alat pemancing nyamuk justru mengundang lebih banyak nyamuk berdatangan. Hal ini karena karbon dioksida yang dikeluarkan alat tersebut menarik nyamuk untuk datang.

Baca juga : 30 fakta unik cinta yang harus kamu tahu

21. Umur nyamuk
Nyamuk mempunyai umur yang tidak begitu panjang. Nyamuk jantan umumnya hanya dapat bertahan sampai 10 hari, sedangkan nyamuk betina bisa hidup sampai 2 bulan dengan kondisi lingkungan yang baik. Tapi nyamuk betina, terutama yang tinggal di daerah dingin atau bersalju biasanya sanggup hidup selama 6 bulan jika mereka melakukan hibernasi.

22.. spesies nyamuk
Kita tidak pernah mengenal nyamuk lebih dalam, yang kita tahu nyamuk ya nyamuk. Padahal kenyataannya ada sekitar 3500 spesies nyamuk yang sudah teridentifikasi hingga saat ini. (Wah, banyak ya)

23. Minum melebihi kapasitas
meski badan nyamuk kecil, nyamuk mampu mengisi darah sebanyak 3 kali berat tubuhnya.
Tapi sobat semua tidak perlu khawatir kehabisan darah, karena butuh 1,2 juta gigitan nyamuk untuk menghabiskan darah manusia.

Baca juga : Ternyata artis-artis ini dulu korban bully

Nah, itu dia fakta unik tentang vampir kecil nyamuk. Meskipun bentuknya kecil, tapi nyamuk tidak bisa dianggap sepele. Banyak kasus kematian karena nyamuk di berbagai negara. Untuk itu kita harus selalu waspada ya sobat.


See you....

2 komentar

  1. Kirain nyamuk betani hanya menggigit cwo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting punya darah bang, nyamuknya pasti doyan😂

      Hapus


EmoticonEmoticon