20 keunikan Indonesia yang wajib kamu banggakan

20 keunikan indonesia yang wajib kamu banggakan

Via.pixabay

Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku. Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku marilah kita berseru Indonesia bersatu...
Setiap hari senin semua anak sekolah di Indonesia pasti menyanyikan lagu ini. Tujuannya supaya kita tidak lupa pada perjuangan untuk memerdekakan Indonesia. Tapi nyatanya masih banyak orang yang cuek dengan Indonesia. Iya kan...
Prihatin juga kalau melihat perkembangan generasi Indonesia sekarang. Rata-rata remaja Indonesia malah lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri.
Saya harap sobat semua bukan tipe remaja begitu ya, kalaupun kagum dengan budaya luar,  kita tetap harus bangga pada budaya sendiri. Indonesia itu kaya lho, cuman banyak yang nggak tahu.
Karena itu saya akan kasih tahu apa saja yang bisa bikin sobat semua bangga pada Indonesia.


1. Negara dengan budaya terbanyak di dunia
Kita patut bangga, karena Indonesia punya begitu banyak kebudayaan unik yang hanya ada di tanah ini. Dari jumplah suku, ras, dan kebudayaan, Indonesia sangatlah kaya. Menurut survei tahun 2012 lalu Indonesia memiliki 1.128 suku, dan 546 bahasa daerah. Luar biasa bukan.

2. Yang paling ramah
Orang Indonesia itu disukai oleh banyak turis karena terkenal sangat ramah. Sobat merasa? Itu karena kita pasti akan sering tersenyum kalau bertemu orang baru, kita juga bicara dengan logat yang halus. Sudah dasarnya dari zaman dulu orang Indonesia untuk menghormati orang lain. Semoga saja makin banyak orang ramah di Indonesia.

3. Negara kepulauan terbesar di dunia
Seperti lirik lagu dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau.... Indonesia memang punya ribuan pulau yang unik-unik. Ada sekitar 17.504 pulau di Indonesia, di mana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6000 pulau tidak berpenghuni. Bayangkan, itu semua milik indonesia. Dan 3 dari seluruh pulau itu adalah pulau terbesar di Indonesia. Yakni, Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

4. Pemilik monemen budha terbesar di dunia
Siapa yang pernah berkunjung ke borobudur? Kita harus bangga karena borobudur adalah candi terbesar di dunia. Borobudur bahkan pernah masuk 7 keajaiban dunia. Candi yang teletak di Yogyakarta, jawa tengah ini memiliki ketinggian 42 meter yang terdiri dari 10 tingkat, dan panjang relief lebih dari 1 km. Luar biasa....

5. Tempat ditemukannya manusia purba tertua
manusia purba tertua Pithecantropus erectus yang diperkirakan hidup 1,8 juta tahun yang lalu ternyata ditemukan di Indonesia. Tepatnya di Trinil, Jawa tengah oleh Eugene dubois. Ini adalah penemuan besar dalam sejarah, selain Pithecantropus erectus masih banyak lagi kerangka manusia purba yang ditemukan di indonesia. Benar-benar membanggakan. Ini membuktikan kalau tanah Indonesia sejak dulu memang kaya sehingga jadi tempat tinggal para manusia.

6. Pemilik pulau terpadat di dunia
Karena banyaknya pulau di Indonesai selain punya 3 pulau terbesar di dunia Indonesia juga punya pulau dengan penduduk terpadat di dunia. Yaitu pulau Jawa. Ada sekitar 130 juta jiwa yang menempati pulau ini atau sekitar 60% dari penduduk Indonesia. Padahal luas pulau jawa hanya 7% dari seluruh wilayah Ri. (Duh, banyak juga ya, untung saya tinggal di gunung jadi gak merasa sesak hi... hi...)

7. Pemilik kopi termahal dunia
Yang ini pasti sudah pada tahu. Kopi luwak, kopi paling mahal di dunia ini dimiliki oleh Indonesia. Kopi yang berasal dari kotoran luwak ini terkenal karena cita rasanya yang khas,  harganya juga luar biasa tinggi. Padahal awalnya kopi luwak ini ada di masa penjajahan,  para rakyat Indonesia yang ingin mencicipi kopi dilarang memetik kopi dari kebun, mereka kemudian secara tidak sengaja mengetahui bahwa luwak memakan kopi, tapi mengeluarkannya lewat feses dalam bentuk utuh. (Siapa yang mau bereksprimen dengan feses binatang lain?)

8. Pemilik binatang purba yang masih hidup
Wah si kodomo ini, eh komodo maksudnya adalah salah satu binatang purba  milik Indonesia. Binatang yang bisa mencapai panjang hingga 3 meter dan berat 90 kg ini hanya ada di pulai komodo, Nusa tenggara timur. Komodo ini juga sudah jadi warisan dunia lho.

9. Gamelan jadi pelajaran di luar negeri
Salah satu alat musik Indonesia yang terkenal ini, ternyata dijadikan pelajaran wajib di beberapa negara lho sobat, seperti Singapura, Jepang, dan New zaeland. Keren kan.
Bahkan konser gamelan pertama kali diadakan di kanada pada tahun 1986. (Tepuk tangan yang riuh....)

10. Bunga khas Korea utara
Korea utara punya bunga khas yang bernama kimilsungia. Ternyata bunga nasional korea utara itu berasal dari Indonesia. Kok bisa....? Pada tanggal 13 april 1965 presiden korea utara Kim II sung mengadakan kunjungan ke Indonesia. Ketika presiden Soekarno mengajaknya berkeliling kebun raya bogor presiden kim II sung tertarik dengan salah satu anggrek jenis dendrobium. Presiden Soekarno kemudian memberikan bunga aggrek itu sebagai hadiah. Dan jadilah bunga aggrek bunga kimillsungia.

11. Tempat ditemukannya ular tepanjang di dunia
Ngeri nih, tapi kita harus bangga karena ular terpanjang di dunia ditemukan di Indonesia. Yaitu ular jenis Phiton recitulates yang bisa mencapai panjang 10 meter.

12. Peringkat pertama produk pertanian
Alam Indonesia memang kaya, luas sekali. Itu sebabnya Indonesia jadi penghasil   cengkeh dan pala terbesar di dunia. Dan penghasil karet alam dan minyak sawit terbesar ke dua di dunia.

13. Penghasil gas alam cair terbesar
20 % suplai gas cair dunia berasal dari Indonesia. Indonesia juga merupakan pengekspor timah terbesar ke 2 di dunia. Bahkan timah dari Bangka belitung merupakan bahan baku penting untuk pembuatan smartphone di seluruh dunia.

14. Pemilik Batik
Batik sudah terkenal sampai ke mancanegara. Warisan Indonesia yang sempat jadi rebutan dengan negara tetangga ini sekarang sudah diakui milik Indonesia oleh Unesco dan PBB. Saking terkenalnya batik ini, batik pernah dipakai oleh ratu Elizabet II, ratu Sophie, ratu Juliana bahkan Bill clinton. Yang dari luar saja cinta batik masak kita anak negeri nggak bangga.

15. Kekuatan militer indonesia nomer 1 di Asia tenggara
Militer Indonesia berada di urutan ke-14 dari 47  kekuatan militer di Dunia. Wow... baru tahu saya. Dan merupakan yang terkuat di Asia tenggara, dan ke-5 di Asia. Kita patut bersyukur, karena meskipun kekuatan militer Indonesia luar biasa, negara kita tetap negara yang cinta damai.

16. Lagu go internasional
Beberapa lagu Indonesia seperti Nina bobo dan Bengawan solo terkenal sampai ke luar negeri. Lagu bengawan solo bahkan sangat tekenal di Jepang dan sudah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa. Saking sukanya orang jepang dengan lagu ini di sana ada perkumpulan orang-orang penganggum lagu Gesang yang benama kai. (Saya juga kagum sama Gesang)

17. Negara muslim terbesar
Meski di Indonesia ada bermacam-macam agama, tapi Indonesia dalah negara dengan jumplah muslim terbanyak di dunia, yakni 88% dari total penduduk Indonesia. Itu sebabnya Indonesia juga punya masjid terbanyak di dunia, selain itu jemaah haji paling banyak berasal dari Indonesia.

18. Makanan terbaik ada di Indonesia
Nasi goreng indonesia dan rendang adalah makanan terbaik di dunia. (Kalau nasi goreng buatan saya gimana ya....) lupakan nasi goreng saya. Yang jelas Indonesia punya banyak makanan khas yang menjadi ciri khas negeri ini. Dan itu sudah diakui dunia.

19. Desainer hebat indonesia
Kita harus bangga nih karena beberapa desainer asal Indonesia sukses di manca negara. Ada Tex saverio yang rancangan bajunya pernah digunakan oleh artis tekenal seperti Lady gaga dan Jenifer lawrance dalam film hunger games. Lalu ada Nancy go pendiri perusahaan tas ekspor bagteria yang dipakai
Paris hilton, Emma thomshon, dan putri zarra philips.

20. Seragam serdadu NATO ternyata dibuat oleh salah satu pabrik di Indonesia, yaitu pt. Sritek yang ada di Solo.

Tuh kan, Indonesia memang sangat membanggakan. Jadi kita sebagai generasi bangsa harus lebih mencintai Indonesia dengan bersikap lebih baik.

Hidup Indonesia!
Hidup Indonesia!
Hidup carasimplecantik!
He...he... sekalian promo.

See you....



1 comment

  1. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2MBC6vZ

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon