20 fakta unik dan menarik dari handphone

20 fakta unik dan menarik dari handphone

Via.pixabay

Benda apa yang paling sering sobat pegang tiap hari?
Saya tahu, saya tahu!
Handphone alias smartphone.
Semakin hari memang semakin banyak orang yang menggunakan handphone, terlebih handphone zaman sekarang kan canggih-canggih. Katanya nggak gaul kalau nggak punya handphone. He... he...
Sehari tidak pegang handphone rasanya sudah mau kering mood ini, mata jadi ngantuk, semangat drop 80 %, intinya dunia jadi lempeng. Nggak bisa facebookan, ngggak bisa BBM'an, streaming vidio.
Handphone itu sudah punya derajat yang sama kayak pacar, best friend pokoknya.
bahkan saking besarnya pengaruh handphone di kehidupan, banyak orang yang secara tidak sadar tekena nomophia. Otu lho ketergantungan akut sama handphone. Seseorang yang terserang nomophobia bisa sangat ketakutan, gelisah, sampai stress.
Tapi, kalau kita bisa memanfaatkan handphone kita dengan baik. Banyak juga manfaat yang bisa didapat. Seperti bisnis online, jual pulsa, atau mau kayak saya ngeblog lewat handphone...
Nah, berhubung tiap hari sudah megang handphone, masak nggak tahu apa saja fakta menariknya benda ini. Malu dong sama dunia....

Jadi hari ini saya mau bagi-bagi fakta menariknya si handphone (sedekah ilmu)

Cekidot....

1. Handphone pertama kali dibuat pada tahun 1973 oleh Dr Martin cooper, pemimpin tim insinyur motorola. Berat handphone pertama ini mencapai 1 kilogram, baterainya hanya bisa bertahan selama 20 menit , dan memiliki waktu bicara selama 35 menit. Jauh sekali dari handphone zaman sekarang, tapi itu merupakan penemuan besar lho sobat. Biaya produksi handphone pertama ini pun tidak tanggung-tanggung mencapai 1 juta US dollar, kalau dirupiahkan itu berarti...
Sekitaran 13 milyar. (Ya ampun, itu handphone apa istana ya)

2. Handphone sekarang kalau nggak ada kamera depannya nggak asyik, susah mau selfi. Tapi tahukah sobat, handphone kamera pertama di dunia kameranya hanya memiliki resolusi 110.000 piksel. Diproduksi oleh Sharp J-SH04 di Jepang.

3. Job de hass adalah orang pertama yang membuat virus ponsel. Dia seorang peneliti keamanan komputer di Belanda. Virus buatan Job de hass itu merusak telepon-telepon nokia hanya lewat SMS.

4. SMS pertama kali dikirimkan di Inggris kewat jaringan GSM Vodafone pada tahun 1992. Dan bunyi tulisannya adalah "merry cristmas"

baca juga : 9 hantu penyesalan di masa tua

baca juga : 12 manfaat bangun pagi yang tak terduga

5. China mobile adalah operator telekomunikasi dengan jumplah pelanggan terbesar di dunia, yakni mencapai 200 juta orang lebih. Jumplah ini melampaui pelanggan Vodafone yang mencapai sekitar 186 juta orang.

6. Handphone pertama yang memiliki kemampuan dual mode (GSM/WCDMA) adalah Nokia 6650 yang diluncurkan 26 September 2002.

7. Pernahkan sobat menghitung berapa kali unlocking telepon dalam sehari? Sebuah riset mengatakan bahwa seseorang melakukan unlocking sebanyak 110 kali dalam sehari ketika menggunakan teleponnya, ini bisa lebih banyak lagi lho. (Mau coba hitung sendiri?)

8. Barang elektronik yang terjual paling banyak dalam sejarah adalah Nokia jenis 1100 dengan angka penjualan mencapai 250 juta. Nokia memang produk terkenal ya, sampai sekarang pun Nokia masih jadi incaran banyak orang.

9. Jangan pikir smartphone sobat sudah bersih, telepon genggam mempunyai bakteri lebih banyak dari pada bakteri di toilet umum. Untuk itu ingat untuk selalu cuci tangan setelah pegang handphone. Dan kalau tidak malas bersihkan smartphone sobat secara berkala (kalau malas ya bersihkan secara suka-suka)

10. Jangan terlalu sering menggunakan handphone ya sobat, karena radiasi dari handphone bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia, sakit kepala dan kebingungan. radiasi ini akan memberi dampak yang lebih buruk jika sobat tidak bisa lepas dari handphone. Itu sebabnya anak kecil terutama balita tidak boleh diperkenalkan pada handphone sebelum usianya cukup.

baca juga : ini dia 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

baca juga :16 fakta unik kecoa yang jarang kamu ketahui 

12. Pada tahun 2012 Apple menjual 340.000 iphone setiap hari. Meskipun gadget buatan perusahaan Steve jobs ini terkenal sangat malah, tapi masih banyak sekali orang berebut untuk dapat membelinya. Hal ini karena iphone mempunyai keamannan lebih baik daripada android yang berplatform terbuka sehingga mudah diserang virus/malware.

13. Jumplah pemilik ponsel di seluruh dunia lebih banyak dari jumplah pemilik toilet. (Waduh, pada bisa BAB online kali ya)

14. Saking banyaknya orang yang tidak bisa lepas dari ponsel, mereka akan membawanya ke mana pun, bahkan ke toilet. Di Inggris ada sekitar 100.000 ponsel jatuh ke toilet setiap tahunnya (Ck...ck...ck...)

15. Ponsel termahal di dunia diproduksi oleh perusahaan Apple dengan harga mencapai 15 juta dollar atau Rp. 214. 875.000.000. (Siapa yang mau beli? Jangan lupa beliin saya ya, he... he...)

16. Android adalah smartphone yang paling banyak dimiliki orang karena harganya yang murah meriah, tapi android juga adalah smartphone yang jadi target utama virus dan malware.

17. Ponsel paling kuat dan tahan banting di dunia adalah Sonim XP3300. Ponsel ini masih dapat dioperasikan meski jatuh dari ketinggian 84 kaki. Karena kekuatannya ini Sonim XP3300 masuk dalam Guinness world record.

baca juga : ini nih 8 fakta luar biasa lautan 

baca juga : 9 binatang dengan populasi terbanyak di bumi 

18. Punya ponsel itu harus dirawat dengan baik, disayang-sayang biar awet. Tapi di Finlandia ponsel dijadikan suatu olahraga dengan cara melemparnya. (Daripada dilempar-lempar lebih baik kasih ke saya)

19. Friedhem hillebrand adalah seorang ilmuan Jerman yang berhasil menemukan SMS, awalnya hanya bisa mengirimkan teks sebanyak 160 karakter.

20. 70% smartphone di dunia ini ternyata dibuat di China.

Nah, selesai juga. Sekarang saya yakin saya dan sobat semua yang baca sampai selesai sudah jadi pengguna ponsel yang pintar. Nggak malu lagi sama dunia....

See you....



7 komentar

  1. Halo,

    Saya Ivan dari blogivan.com, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    Artikel yang menarik : )

    Masih ingat betul, zaman sekolah dulu handphone adalah barang super mevah. Padahal belum ada kamera, layarnya masih hitam putih dan game paling hitz saat itu adalah 'snake'.

    Sekarang, gak kebayang kalau sampai harus ketinggalan handphone. Berasa jadi manusia gua.

    Tetap semangat menulis ya.

    Salam,
    Ivan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy, makasih ms ivan sudah mau berkunjung balik....

      Hapus
  2. wah artikelnya buat nostalgia balik lagi nih hehehe ingat hp hp jadul yang pernah gw pake ,,,good job ,,salam kenal blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, hp hp jadul emang punya kenangan sendiri he... he...
      salam kenal juga

      Hapus
  3. untuk keawetan baterai sendiri lebih bagus hp jadul hehe. yuk baca siapa tahu nambah ilmu internet cepat di bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju banget mas lucky.
      Salam kenal blogger...
      Maaf bru dibales komennya, karena sibuk kerja jadi nggak fokus sama blog (he..he... Mlah curcol)

      Hapus
    2. Iya setuju banget mas lucky.
      Salam kenal blogger...
      Maaf bru dibales komennya, karena sibuk kerja jadi nggak fokus sama blog (he..he... Mlah curcol)

      Hapus


EmoticonEmoticon