18 tips alami mencerahkan wajahmu

18 tips alami mencerahkan wajahmu

Selamat pagi, siang, sore, malam....
Pokoknya salam untuk sobat semua. Hari ini saya kembali bawa buah-buahhan lho. Buat apa ya? He... he... tenang, saya nggak mau jualan buah kok, tapi ini buat posting. Posting khusus buat cewek-cewek (cowok boleh lihat juga, apalagi yang kayak cewek)
Pertama, saya mau tanya siapa yang pengen putih?
Wah, pada angkat tangan semua ya, saya ikutan juga.
Rata-rata cewek indonesia memang pengen punya kulit putih, mungkin karena sudah bosan dengan kulit sawo matang. Padahal sawo matang itu manis lho, banyak bule yang ngiri sama kulit wanita indonesia. Meskipun begitu kulit putih memang identik dengan kata cantik. Karena itu saya bawa buah-buhan di bawah untuk sobat semua yang pengen putih.


1. Lidah buaya.

Via.pixabay

Pasti sudah pada tahu apa itu lidah buaya kan? Apalagi buaya darat (untuk para cewek jauh-jauh dari buaya darat!)
Tanaman ini sering digunakan dalam produk untuk rambut, seperti shampo. Tapi lidah buaya ternyata juga digunakan dalam industri farmasi sebagai bahan baku (penyembuh luka) dan kosmetik.
Wah... keren juga ya si lidah buaya.
Lidah buaya ini bersifat anti jamur, anti inflamasi, anti bakteri, dan membantu proses regenerasi sel.
Tak hanya itu lidah punya punya kandungan vitamin A dan vitamin C. Tanaman ini cocok untuk kamu yang punya kulit kering, berjerawat, atau kusam.
Cara penggunaaanya juga sangat simple.
Kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada wajah secara merata, diamkan selama setengah jam setelah itu bilas sampai bersih.
Lakukan dengan rutin ya.

baca juga : 5 makanan enak ini penyebab jerawat

2. Tomat


Via.pixabay

Tak diragukan lagi, tomat sudah sangat terkenal dalam menangani masalah wajah. Manfaatnya banyak sekali. Pokoknya tidak rugi jika kamu menggunakan tomat untuk perawatan wajahmu. Tidak hanya kulit putih yang kamu dapatkan, tapi masalah-masalah seperti jerawat, pori-pori besar, keriput, dll, tidak akan berani muncul di wajahmu. Duh... si tomat hebat juga ya.
Untuk menggunakannya, kamu bisa membuatnya menjadi masker. Kalau ingin dicampur dengan bahan lain, khasiatnya jadi double.

baca juga : manfaat si cantik tomat buat kecantikan

3. Lemon


Via.pixabay

Lemon ini sering sekali jadi bahan baku produk pencerah wajah. Buah ini mengandung Vitamin C dan asam alpha hidroksi, apaan tuh?
Saya nggak tahu juga bentuknya, he... he...

Intinya kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi ini mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Selain mencerahkan, lemon juga dapat memudarkan bintik-bintik hitam. Saya lebih merekomendasikan lemon buat kamu yang punya kulit berminyak, karena lemon bersifat agak keras jadi tidak cocok untuk yang punya kulit kering.
Usapkan perasan lemon menggunakan kapas ke seluruh wajah, diamkan selama lima belas menit lalu bersihkan.
Ingat! Harus rutin digunakan, tidak harus setiap hari, cukup seminggu sekali atau dua kali.

4. Pepaya


Via.pixabay

Kalau saya lebih suka makannya daripada dibuat maskeran. Tapi mungkin sobat punya banyak pepaya di rumah atau tidak suka dengan pepaya. Nah, bisa dipakai untuk perawatan.
Sama seperti buah lainnya, pepaya juga punya kandungan vitamin yang berlimpah. Itu sebabnya pepaya mampu mencerahkan dengan menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Cocok untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan.
Bersihkan wajahmu dengan masker pepaya 2-3 kali dalam seminggu. Dan lihat hasilnya.

5. Ketimun


Via.pixabay

Ketimun ini termasuk buah yang banyak airnya, karena itu ketimun juga dapat digunakan sebagai penyegar. Selain mencerahkan kulit wajah ketimun juga dapat menghilangkan noda hitam, mengecangkan, melembabkan, dan menghaluskan. Selain untuk kecantikan, ketimun juga baik untuk kesehatan jantung.


6. Alpukat

Via.pixabay

Buah yang punya nama ilmiah Percea americana ini terkenal dapat melembabakan kulit dengan baik. Kandungan vitamin A, B, C, E, dan K nya memang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, termasuk dari radikal bebas. Alpukat sendiri sering digunakan sebagai bahan masker di salon kecantikan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah jika malas pergi ke salon, itung-itung buat hemat uang juga.

baca juga : mitos-mitos kehamilan di berbagai negara


7. Kentang
Via.pixabay

Ingat kentang jadi ingat perkedel. Tapi sobat jangan pikirkan kalimat saya barusan.
Jadi, kentang ini sudah eksis sejak zaman nenek moyang untuk menyamarkan noda hitam dan bekas luka.
Umbi kentang ini punya segudang manfaat yang baik untuk kulit, salah satunya untuk mencerahkan. Mungkin masih agak jarang ya produk kosmetik yang mengandung kentang, tapi jangan ragu. Kentang dapat mencerahkan wajah secara efektif. Kandungan antioksidan dalam kentang juga bagus untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

8. Susu.

Via.pixabay

Jangan gunakan susu untuk diminum aja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mencerahkan wajah kusammu. Pasti pernah dengar kan yang namanya mandi susu, atau kosmetik yang punya kandungan susu. Itu karena susu memang ampuh mencerahkan kulit.

9. Bengkoang.

Yang ini tidak perlu dijelaskan pun, sobat semua pasti sudah pada ngerti. Bengkoang sudah teruji dari zaman dulu. Di negara mana pun bengkoang terkenal sebagai bahan pencerah kulit. Mulai dari perawatan wajah, kaki, tangan. Bengkoang jadi bahan paling laris di industri kecantikan. Ibarat artis, bengkoang ini sudah go internasional manfaatnya.

10. Beras.

Via.pixabay

Bahan yang simpel, yang tiap hari ada di rumah. Rajanya urusan perut ini ternyata punya kemampuan untuk mencerahkan wajah. Beras juga digunakan di berbagai negara secara turun-temurun, seperti jepang, cina dan juga indonesia.

baca juga : manfaat beras untuk kecantikan

11. Madu.

Via.pixabay

Hasil dari kerja keras para lebah ini selain enak untuk dikonsumsi juga enak untuk perawatan. Teksturnya yang lembut dan kental dapat melembabkan wajah sobat sekaligus mencerahkannya.

12. Kulit jeruk.

Via.pixabay

Yang ini agak jarang kedengaran. Biasanya kalau makan jeruk saya akan membuang kulitnya ke tempat sampah. Tapi ternyata, saya baru tahu kalau vitamin C pada kulit jeruk ini jauh lebih banyak daripada buahnya.
Wow....
Itu sebabnya kulit jeruk dapat digunakan untuk mencerahkan wajah.

13. Jeruk nipis


Via.pixabay

Masih dari golongan jeruk, tapi ini buahnya ya.
Jeruk nipis termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Tahu sendiri kan vitamin C sangat bagus untuk kulit. Mempercepat proses penyembuahan luka yang berarti dapat menghilangkan bekas jerawat, mengencangkan kulit yang bikin awet muda. Tak ketinggalan mencerahkan kulit wajahmu. Kandungan kolagen pada jeruk nipis membantu kulit tetap sehat, kencang dan cerah. Hayoo... siapa yang mau kulit begitu?
Jeruk nipis juga mampu menangkal radikal bebas yang mengintai kulitmu. Jadi semacam bodiguard kulit ya, he... he...


14. Pisang


Via.pixabay

Buah kesukaan para monyet ini, selain bagus untuk pencernaan, pisang juga kaya akan macam-macam vitamin dan zat-zat yang baik untuk kulit. Tidak hanya buahnya, kulit pisang sendiri juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan. Karena banyaknya vitamin dalam buah ini, pisang dipercaya bisa mencerahkan kulit dan bonusnya dapat menghaluskan kulit, mengusir jerawat dan bekasnya.

15. Putih telur


Via.pixabay

Saya suka sekali dengan putih telur ini. Meskipun baunya agak amis, tapi putih telur terbukti ampuh mencerahkan wajah. Komedo dan kulit kasar juga dapat diatasi dengan putih telur. Saya pernah melakukan perawatan ini dan hasilnya memang memuaskan, kalau sobat semua ingin mencoba caranya sangat gampang. Oleskan putih telur pada wajah dan diamkan sampai mengering, atau bisa juga menggunakan tisu. Oleskan putih telur ke seluruh wajah, jika sudah tempelkan tisunya, jangan lupa diberi lubang ya, nanti nggak bisa nafas. Hi...hi...
Kalau tidak tahan dengan baunya, putih telur juga bisa dicampur dengan jeruk nipis.

16. Kopi.

Via.pixabay

Kebiasaan orang indonesia dari zaman dulu itu ya ngopi. Di indoneaia sendiri kopi jumplahnya memang sangat banyak, bahkan ada kopi luwak yang terkenal mahalnya sampai ke manca negara. Ternyata kopi juga digunakan sebagai bahan pencerah wajah. Kopi bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati. Di beberapa salon kita bisa menemukan kopi sebagai bahan lulur alami. Jadi tidak diragukan lagi kopi bisa menjadi solusimu menghilangkan kulit kusam.

17. Kunyit.

Via.pixabay

Kunyit ini bukan sembarang rempah-rempah lho. Bahkan di negara lain pun kunyit digunakan sebagian besar wanita dari zaman dulu untuk merawat kulit mereka. Manfaat kunyit diantaranya dapat mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, menghilangkan vlek hitam dan masih banyak lagi.

18. Yogurt


Via.pixabay

Salah satu produk fermentasi susu ini juga punya manfaat yang sama dengan susu. Yogurt memiliki beragam nutrisi yang cocok untuk segala macam jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.
Salah satu kandungan dalam yogurt adalah asam laktat yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati. Yogurt ini juga mengandung Lictic Acid yang membantu menghilangkan kusam pada wajah.
kandungan asam laktat dan asam alpha hidroksi pada yogurt dapat menghaluskan permukaan kulit serta melembabkannya. Jika kulit lembab sudah tentu keriput tidak ada. Ya kan....

Nah, itu dia buah-buahhannya. Sudah kebanyakan, berat bawanya. Tapi saya puas karena bisa memberi info pada sobat semua. Selalu ingat yang alami itu lebih baik.

See you....




0 comments

Post a comment