15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

15 hal yang harus kamu lakukan selagi muda

via. Pixabay


Wah, nggak terasa sudah mau masuk tahun baru ya. Perasaan baru kemarin naik kelas 12, terus ujian, terus lulus, terus kerja. Eh, sekarang sudah mau 19 tahun. (Cepet banget tuanya)
Kadang-kadang tahun berjalan emang nggak terasa ya sobat, tahu-tahu kita sudah gede aja. Padahal kan masih pengen jadi Abg hi... hi...
Tapi mumpung belum tua-tua amat, kita harus memanfaatkan waktu kita untuk hal-hal yang positif dan menyenangkan. Supaya tidak menyesal di masa tua nanti...
Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa sobat coba.

1. Mencoba banyak hal
Seperti kata saya tadi, mumpung belum tua-tua amat, jadi kita masih punyak banyak kesempatan buat mencoba banyak hal. Misal, belajar melukis, belajar menjahit, belajar masak, atau bahkan belajar bahasa asing (siapa tahu tahun depan bisa keluar negeri) belajar bahasa asing juga bisa membantu karir sobat ke depannya.
Dengan mencoba banyak hal kita juga sedang mencari passion dan bakat apa yang paling cocok dengan kita. Jadi tinggal kita kembangkan saat sudah dewasa.
Jangan berhenti untuk mencoba hal-hal baru di sekitar sobat, bahkan kalau hal baru itu kelihatan tidak bisa sobat lakukan, coba saja. Siapa tahu malah jadi ahli.

2. Tidur sampai puas
Kedengarnya pemalas sekali ya, tapi nggak papa sobat. Kita harus memanfaatkan masa muda dengan tidur sampai puas. Tapi bukan tidur dari pagi sampai malem ya (itu namanya tak bernyawa), juga bukan tidur karena memang malas.
maksudnya tidur sampai puas itu, kalau ada waktu senggang dan nggak ada tugas, sobat bisa manfaatkannya buat tidur. Soalnya kalau sudah dewasa nanti, kita nggak akan punya banyak waktu buat tidur. Mungkin kita akan kerja dan lembur sampai malam. Mending kelihatan males sekarang daripada waktu gede kan....

3. Bertingkah alay
Anak muda kan memang masih labil pikirannya, jadi kalau sobat mau beralay ria, ya silahkan saja. Coba lakukan hal-hal yang kedengaran gila dan nggak masuk akal, seperti mengecat kedua sisi rambut dengan warna berbeda, ngamen ke rumah tetangga (hanya misalnya lho....) atau mau yang lebih gila lagi, gangguin orang gila, hi... hi... Tapi ingat ya sobat, jangan sampai merugikan orang lain.

4. Cari teman sebanyak-banyaknya.
Cari teman itu paling mudah waktu masih muda. Supaya ketika dewasa nanti kita tahu mana teman yang benar-benar baik dan menganggap kita temannya. Banyak orang yang asyik dijadikan teman main dan bersenang-senang, tapi mencari teman yang tetep nempel sama kita meski dalam keadaan sulit itu susah. Kadang kita pikir orang yang jadi teman kita selama ini sahabat sejati kita, tapi waktu kita dapat masalah, eh dia kabur. Jadi mumpung masih muda perluas pergaulan dengan siapa saja, jangan pilih-pilih teman, kumpulkan kenalan sebanyak-banyaknya. Bikin audisi teman sejati.

5. Menjaga kesehatan
Penting banget nih, kesehatan itu mahal harganya. Pola hidup yang salah waktu muda bisa berakibat buruk di masa tua. Sobat semua tidak mau kan sakit-sakitan karena kesalahan sobat sendiri.
Nah, mulai sekarang luangkan waktu beberapa menit dalam sehari atau waktu di akhir pekan untuk berolahraga. Atur juga kebiasan buruk sobat sedikit demi sedikit.

6. Menabung
Dari kecil kita sudah dikasih tahu kalau rajin itu pangkal kaya. Jadi meskipun sobat belum bekerja dan punya penghasillan tetap alias masih minta-minta sama orangtua, sobat harus mulai rajin menabung. Dengan menabung sobat juga melatih diri untuk bersikap hemat. Nantinya tabungan itu bisa sobat manfaatkan untuk hal-hal berguna. Atau untuk modal bikin usaha, itu lebih bagus.

7. Meluangkan waktu dengan keluarga
Meski sobat sibuk dengan kegiatan sobat, baik itu jelas maupun nggak jelas, sobat harus tetap punya waktu buat keluarga. Makan malam bersama, nonton tv bersama sambil rebutan remot, bercanda bersama. Intinya jangan sampai lupa sama keluarga, apalagi orang tua. Nanti kalau sobat sudah dewasa dan punya keluarga sendiri, waktu buat ayah dan ibu pasti akan sulit dicari karena sudah punya keluarga sendiri. Jadi, nikmati waktu bermanja-manja dengan kelurga.

8. Jatuh cinta
Jatuh cinta itu sesuatu yang tidak bisa dihindari. Dan pengalaman jatuh cinta yang paling berharga itu adalah di masa remaja. Nikmati perasaan sobat yang masih alay-alynya. Jatuh cintalah sepuas-puasnya. Suatu hari nanti sobat akan ketawa sendiri kalau ingat pengalaman cinta sobat ketika remaja. Tapi jatuh cinta harus tetap ada batasnya ya, jangan sampai kebabalasan. Dan tetap ingat masa depan sobat, jangan isi otak hanya dengan cinta, pikirkan juga cita-cita dan tujuan sobat.

Baca juga : 9 hal konyol yang kamu alami semasa cinta monyet

9. Jangan takut salah
Anak muda itu punya rasa penasaran yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal yang baru.
Tapi kadang-kadang kita takut salah. Nah, mulai sekarang buang jauh-jauh si takut salah. Soalnya itu akan menghambat perkembangan kita. Salah itu kan wajar, apalagi kalu masih pertama. Selagi muda buatlah banyak kesalahan untuk belajar. Jadi waktu dewasa sudah super ahli.

10. Jalan-jalan sepuasnya
Apa ada tempat yang ingin sobat kunjungi, tapi beluk terlaksana sampai sekarang? Kalau ada, saya sarankan sekarang juga mandi dan siap-siap buat pergi ke sana. Eits tunggu dulu, selesaikan dulu baca artikel saya. He... he...
Pergi jalan-jalan ke tempat baru, bisa menambah wawasan sobat. Berkelilinglah ke seluruh Indonesia (kalau punya uang) Pelajari juga budaya-budaya di berbagai daerah. Pengalaman seperti ini hanya bisa dilakukan dengan bebas waktu masih muda dan pastinya akan jadi kenangan yang berharga di masa tua.

11. Bermimpi besar
Jangan takut buat bermimpi besar. Justru kita harus punya mimpi yang besar untuk mendorong kita jadi sukses. Iringi juga mimpi dengan usaha, isi masa muda dengan hal-hal positif. Berjuang meraih impian ketika remaja akan membuat sobat sukses lebih awal saat dewasa.
Buat target setiap bulannya, tulis apa yang sudah sobat lakukan untuk mimpi sobat supaya lebih bersemangat.

Baca juga : Hati-hati, 7 hal ini penyebab cita-citamu nggak terwujud

12. Temukan stylemu
Tidak semua orang tahu gaya apa yang cocok dengan dirinya. Salah memakai pakaian itu juga jadi nggak enak dilihat lho. Bergonta-ganti style waktu muda itu bisa bantu sobat menemukan style yang cocok. Nggak papalah di cap aneh sama orang, namanya juga lagi cari jati diri.
Tapi ingat, bergonta-ganti style bukan berarti menjadi orang lain lho. Tetap jadi diri sendiri meski dandanan udah berubah. Terima diri apa adanya.

13. Perbanyak membantu orang
Menolong orang itu hukumnya wajib. Bantuan sekecil apapun itu kalau kita bisa, kita harus memberi. Nanti jika kita dalam kesusahan akan ada banyak orang yang membantu juga, selain itu membantu juga bisa memberikan perasaan tenang dan memperbanyak teman. Orang akan suka pada kita jika kita tidak pelit membantu.
Ikutlah beberapa kegiatan sosial di sekolah atau masyarakat, atau sekedar ikut beramal di kotak amal yang ada di tempat umum.

Baca juga : 10 hal yang menenangkan saat masalah datang

14. Belajar agama
Agar kehidupan sobat ke depannya lebih tenang dan tentram, sobat juga harus mulai mementingkan agama. Kita butuh kepercayaan untuk tetap hidup, orang yang tidak punya keyakinan pada tuhan akan gampang putus asa dan menyerah. Jika selama ini sobat masih sering bolong beribadah, paksa diri sobat untuk melakukannya. Awalnya mungkin akan sulit, tapi lama-kelamaan pasti bisa.

15. Lakukan hal yang kamu suka
Lakukan apapun yang sobat suka selagi bisa, misalnya sobat suka menggambar. Belilah pensil warna, buku gambar, cat air, dan kawanan alat lukis lainnya. Menggambarlah sampai puas, buat karya seni sobat sendiri. Siapa tahu bisa jadi bisnis. Intinya bahagiakan diri sobat dengan cara yang sobat inginkan.

Jadi remaja itu hanya sekali seumur hidup. Masa-masanya paling asyik dan bebas, masa paling tidak terlupakan, dan juga masa paling rawan. Banyak remaja yang salah jalur karena kelakuannya sendiri. Padahal masa remaja bisa jadi salah satu penentu kesuksesan kita.
Untuk sobatku semua, waspadalah! Jaga sikap dan pikiran!

See you....


0 comments

Post a comment