10 tanaman paling beracun di dunia

10 tanaman paling beracun di dunia

Hallo sobat....
Bersemangat sekali mau berbagi informasi. Kali ini saya mau bahas soal tanaman.
Tanaman punya fungsi dan peran penting dalam kehidupan. Seperti sumber oksigen, bahan makanan, estetika, dll. Kita hidup selalu berhubungan dengan alam dan tanaman. Bayangkan jika tidak ada tanaman di bumi ini.... maka tidak akan ada surga dan neraka soalnya saya dan sobat semua juga pasti nggak akan ada. (He... he... just kidding)
Saya serius, tanaman mengisi sebagian besar bumi dan punya arti penting dalam kehidupan. Tapi ada lho beberapa tanaman yang harus dijauhi dan... kalau dalam film tanaman ini punya peran antagonis. Ok, intinya tanaman di bawah ini adalah tanaman paling beracun di dunia.

1. Angel trumpet

 via. Pixabay

Sa yang menyangka kalau tanaman yang namanya punya arti indah ini ternyata salah satu bunga beracun. Kalau kata pepatah sich, bagus di luar busuk di dalam.
Angel trumpet mendapatkan namaya karena bunganya yang menyerupai terompet. Tanaman ini mengandung konsentrat tinggi racun scopolamine yang dapat menyebabkan halusinasi parah dan kematian.
Gejala dari keracunan angel trumpet adalah, gangguan pernafasan, halusinasi, diare, yang kemudian disusul kematian.

2. Oleander

Via. Pixabay

Oleander sempat jadi berita di Indonesia karena tanaman yang sering di tanam sebagai hiasan taman ini ternyata mengandung racun yang berbahaya. Satu bagian dari tanaman ini dapat menimbulkan gangguan pada jantung, pencernaan, hingga saraf secara langsung. Bahkan hanya dengan satu daun dapat digunakan untuk membunuh satu orang manusia dewasa. Kalau tidak percaya jangan dicoba ya, cari info lain aja he... he...

Baca juga : Ini dia, 30 fakta mengejutkan tentang otakmu

3. Water hemlock

Via. Pixabay

Tanaman yang memiliki nama lain Cicuta ini adalah salah satu tanaman paling mematikan di dunia. Water hemlock memiliki bunga kecil berwarna putih atau hijau yang teratur sehingga menyerupai payung. Tanaman ini sangat terkenal di Amerika utara karena racunnya yang sangat berbahaya.
Orang yang secara tidak segaja memakan water hemlock akan mengalami rasa sakit yang sangat parah, muntah-muntah, kebingungan, sakit di daerah perut, gemetar, dan akhirnya kematian karena gagalnya otot jantung.
Hal ini karena water hemlock mengandung racun cicutozin di seluruh bagiannya terutama di bagian akar.

4. Aconitum

Via. Pixabay

Tanaman ini dikenal dengan banyak nama, seperti, wolf's bane, women's bane, devils helmet, leopard's bane, dan blue rocket (susah semua) kita sebut saja di sini Aconitum. Tanaman Aconitum ini memiliki racun alcaloid pseudacontine. Suku ainu di Jepang sering menggunakannya untuk berburu serigala dengan cara mengoleskan di ujung panah.
Saking berbahayanya racun Aconitum ini, dalam waktu 2-6 jam dapat menyebabkan korbannya mengalami muntah-muntah, kelumpuhan, sampai kegagalan organ. Bahkan dosis 20ml dari racun ini dikatakan sudah dapat membunuh orang dewasa. Nama wolf's bane sendiri juga didapat karena sejarahnya yang sering digunakan untuk memburu serigala.

Baca juga : 25 fakta semut yang bikin kagum

5. The rosary pea

Via. Filckr

Tanaman ini juga tumbuh di Indonesia, dikenal dengan nama saga rambat. Mungkin beberapa di atara sobat pernah melihat.
Saga rambat memiliki biji yang berwarna merah terang, kalau dilihat bentuknya memang menarik. Zaman dulu saga rambat ini bahkan digunakan sebagai perhiasan, namun karena kekurangan pengetahuan beberapa orang yang mengenakannya akhirnya meninggal. Kandungan racun abrin dalam tanaman ini sangat berbahaya. Efek racunnya dapat dirasakan hanya dengan menghirupnya. Apabila ada yang nekad mengkonsumsinya, mungkin yang mau bunuh diri. Saya sarankan jangan! Hidup masih panjang sobat. Ok, kembali ke saga rambat. Seseorang yang mengkonsumai saga rambat akan mengalami gejala keracunan mulai dari halusinasi, kegagalan pernafasan, gagal ginjal, dehidrasi, sampai meninggal.
Tapi nih, uniknya orang Indonesia. Tanaman yang terkenal beracun di seluruh dunia ini dijadikan obat di negara kita. Yaitu obat sariawan dengan cara mencampurnya dengan daun sirih.
Warning! Jangan coba bikin sendiri di rumah.

6. Tanaman jarak/ Castor

Via. Filckr

Salah satu tanaman beracun ini juga banyak tumbuh di Indonesia. Bagian yang berbahaya dari tanaman jarak adalah pada bijinya. Bahkan jarak sudah tercatat di rekor dunia sebagai tanaman yang paling mematikan. Kandungannsenyawa ricin pada biji jaraklah yang paling bertanggung jawab atas berbahayanya tanaman ini. Ricin dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah dan pernafasan. Seseorang yang keracunan ricin akan mengalami rasa terbakar pada mulut, leher, perut yang berujung kematian. Sejumplah ahli mengatakan bahwa ricin sama berbahayanya dengan virus anthrax. Hal ini karena ricin dapat membunuh manusia dalam waktu kurang lebih 2 hari. Sampai saat ini belum ada yang menemukan penawar dari racun ini.

Baca juga : 20 fakta unik dan menarik dari handphone

7. Pohon upas
Banyak juga tanaman beracun di Indonesia, termasuk pohon upas ini atau yang lebih dikenal denagn nama pohon Ancar. Tanaman ini sudah terkenal berbahaya sejak zaman Belanda. Bahkan VOC sempat dibuat kebingungan karena rakyat Indonesia menggunakan pohon upas untuk berperang, banyak tentara Belanda yang mati karena terkena racun dari pohon ini. Karena banyaknya korban yang berjatuhan akhirnya letnan gubernur Thomas stamford raffes mengutus Thomas horsfield seorang naturalis dari Amerika serikat untuk meneliti pohon tersebut. Dari penelitian itu membuktikan bahwa getah pohon upas memang mematikan. Sekali terkena racun dari pohon tersebut, orang akan mengalami kejang-kejang lalu mati.

8. Pohon strycnine

Via. Versesofuniverse.blogspot.com

Pohon strycnine mempunyai kandungan yang sama dengan nama buahnya yakni racun strycnine. Seberapa berbahayanya racun ini bagi manusia sudah dibuktikan sejak zaman dulu pada masa Cleopatra.
Cleopatra berniat bunuh diri dengan cara yang mudah, ia lalu menyuruh bawahannya untuk mencoba biji pohon strycnine. Beberapa saat setelah menelannya bawahan itu mengalami kejang-kejang dan kesakitan yang mengerikan. Melihat itu Cleopatra mengurungkan niatnya karena gejala dari keracunan strycnine sangat menakutkan, dimulai dari kejang-kejang, gemetar, muntah-muntah, kehilangan kesadaran dan akhirnya mati.

9. The suicide tree
Pohon ini dikenal juga dengan nama pohon bunuh diri, pong-pong, dan othalanga. Suicide tree memiliki bunga berwarna putih seperti melati dengan ukuran yang lebih besar, bentuknya mirip dengan bunga oleander karena memang masih dalam satu famili. Kandungan racun dalam pohon ini adalah cerberin yang dapat memberikan efek gangguan otot jantung, gagal pernafasan dan kematian. Alasan dari penamaan pohon ini juga karena pohon suicide sering digunangan untuk bunuh diri dan pembunuhan berencana. Mudah sekali membuat seseorang menelan racunnya karena dapat dicampur dengan makanan tanpa menimbulkan bau.

10. Gympie-gympie

Via. Kidnesia.com

Sekilas, namanya terdengar imut ya sobat. Tapi ternyata tanaman yang banyak tumbuh di hutan Maluku Indonesia dan hutan timur Australia ini memiliki racun yang cukup berbahaya. Jika sobat menemuinya di hutan lebih baik langsung menjauh karena racun dari tanaman ini terletak pada daunnya. Orang luar negeri bahkan menyebutnya sebagai tumbuhan penyengat karena rasa panas terbakar setelah terkena bulu dari gympie-gympie dapat bertahan sampai berbulan-bulan. Saking mengerikannya gympie-gympie seorang manusia dan seekor hewan pernah mati karena racunnya. Racun yang terkandung dalam tanaman ini sendiri adalah racun moroidin. Meski daun dari gympie-gympie ini sudah kering racunnya tetap akan melekat. Tentara Inggris sempat berencana menjadikan tanaman ini sebagai senjata pada tahun 1960.

Baca juga : 16 fakta unik kecoa yang jarang kamu ketahui

Masih banyak tanaman beracun di sekitar kita yang belum terdeteksi, untuk itu sobat semua harus hati-hati ya. Jangan sembarangan makan sesuatu. Semoga artikel saya kali ini membantu dan bermanfaat.

Kunjungi carasimplecantik.blogspot.com untuk informasi lainnya.

See you....





0 comments

Post a Comment