Jadi cerpenis, "Yang dilupakan ingatan"

Kyaaa... Akhirnya bisa gambar rada mendingan juga, terhura aku tu😭😁
Assalamualaikum😁
Gimana kabarnya sob? Semoga kalian tetap sehat dan semangat menjalani new normal lifenya. Dan nggak bosen juga untuk terus mematuhi protokol kesehatan yang ada☺

Udah lama saya nggak nulis cerpen, kangen juga rasanya. Jadi hari ini saya mau mempersembahkan sebuah cerpen berjudul...

Yang dilupakan ingatan

Kadang orang kalau ingin melupakan, malah makin ingat, nggak tahu deh kenapa. Itu sebabnya banyak orang yang susah move on.
Mana nih orangnya?

Yang dilupakan ingatan

Wanita itu...
Aku tak mengenalnya.
Dia selalu menyelipkan bunga di telinga dan rambutnya yang hitam.
"Aku tak mengenalnya" Kupikir begitu.

Setiap kali melihatnya
Dia selalu balik menatapku. Bukan tatapan biasa, tapi tatapan penuh makna, tatapan yang penuh rasa sedih, kehilangan.

Aku tak pernah berani menatapnya lebih dari 5 detik, karena walaupun aku tidak percaya kata orang, tapi kepalaku berkata "sebaiknya aku mulai menghindarinya"

Suatu hari ketika aku sedang jalan-jalan pagi di taman, aku melihat wanita itu lagi. Ia sedang menyelipkan bunga mawar yang baru dipetiknya di taman itu. Warna merah yang tampak kontras dengan wajah putih dan rambut hitamnya.

Kenapa dia punya wajah secantik itu?

Lagi, mata kami bertatapan.
5 detik yang membuat jantungku berdebar.

Entah mengapa, kadang aku mendapatinya sedang memperhatikanku. Jelas-jelas sedang memandangku. Dia bahkan tak mengalihkan matanya saat ketahuan olehku.
Apa dia ingin mengenalku?
Tapi kenapa diam saja?

Aku pun tak pernah menyapanya selama 2 minggu sejak pertama aku melihatnya. Hidupku sudah cukup aneh, jadi aku tak perlu tambahan kisah aneh seperti berhubungan dengan seorang wanita yang aneh juga.

Bukannya aku kejam, tapi aku tidak suka repot.


Suatu hari juga saat aku berada di taman, wanita itu tiba-tiba saja datang menghampiriku. Wajahnya yang pucat tanpa polesan make up terlihat bercahaya dan senyum tipisnya tampak tak asing buatku.
Dia mengulurkan bunga mawar merah padaku.
  "Untukku?" tanyaku.
Dia mengangguk, "berikan padaku" katanya kemudian.
Aku tak paham maksudnya sampai dia menunjuk bunga mawar di tanganku lalu menyentuh telinganya.
Dengan kikuk aku menyelipkan bunga mawar itu di telinganya, merapikan sedikit rambutnya yang tertiup angin.
Sungguh, dia tampak cantik.
  "Ternyata kamu masih sama"
Dia pergi setelah berucap begitu.

Entah kenapa, kepalaku jadi pusing berhari-hari lamanya. Aku harus minum obat secara teratur dan berbaring seharian di kamar. Berhari-hari pula aku tak melihat wanita itu, tapi semua tentangnya, semua ucapannya di taman waktu itu terbayang terus di kepalaku.

Sebenarnya siapa dia?

Setelah beberapa hari sakit, aku akhirnya bisa menikmati lagi udara segar di taman. Hal yang pertama aku cari adalah wanita itu? Karena kurasa dialah penyebab sakit kepalaku. Aku berkeliling taman dan menemukannya duduk di ayunan sendiri.

Bisa kudengar degup jantungku saat menghampirinya, rasa hangat yang menjalar tiba-tiba ke seluruh tubuhku.
Dia melihatku sebelum aku menyapanya, menunjukan senyum manis sambil membenahi letak bunga di telinganya.

  "Kamu sudah sembuh?"
Dari mana dia tahu aku sakit?
  "Iya, aku sering sakit kepala"
Lagi-lagi dia tersenyum, namun senyumnya tampak dipaksa, matanya terlihat sedih.

  "Apa aku membuatmu sakit lagi?"
Sejujurnya saat ini pun pun kepalaku mulai berdenyut lagi.
  "Seharusnya aku lebih sabar lagi" tambahnya, sambil mengulas senyum di bibirnya, tapi bukan di matanya. Palsu, itulah yang kutangkap dari ekspresinya.
  "Apa kita pernah bertemu?"
Aku bertanya.
Dia memandang kakinya yang terbungkus sepatu putih.
  "Mungkin, menurutmu bagaimana?"
Aku tidak tahu, sepertinya dia mengenalku entah sejak kapan.
  "Aku tidak punya banyak ingatan. Mungkin lusa aku sudah lupa tentang percakapan kita hari ini. Apa kau adalah ingatan yang kulupakan?" 

Dia terdiam bersamaan dengan ayunan yang berhenti. Samar-samar kudengar hembusan nafasnya yang berat.
  "Apa pentingnya sebuah ingatan?" ditatapnya mataku, sepertinya dia sedang kecewa.
Apa karena aku?
Aku tak menjawab pertanyaanya. 
Aku berdiri dan duduk  di depannya, kuambil bunga yang terselip di telinga itu.
  "Bunga ini, pasti...aku pernah memberikannya untukmu. Entah kapan. Aku lupa" keselipkan lagi bunga itu di tempatnya.
Setelah itu aku meninggalkannya dan pulang. Mengurung diri di kamar selama seminggu karena sakit kepala hebat. 

Ketika kondisiku membaik. Aku pergi ke taman dan menemui wanita itu lagi. Wajahnya tampak lebih pucat, lingkaran hitam di bawah matanya menunjukan kalau ia mungkin kesulitan tidur. Aku menghampirinya di ayunan itu.
  "Apa kabar?" tanyaku, membuka percakapan.
   "Apa kamu masih ingat aku?" dia balik bertanya.
Aku mengangguk.
  "Sejak kapan kamu menunggu?" kusentuh sehelai rambutnya.
  "Kali ini 6 bulan" 
  "Kenapa kamu tidak pergi?"
 Dia menggeleng "apa aku bisa? Tidak"
  "Kamu tersiksa karena aku tak mengingatmu"
  "Apa pentingnya sebuah ingatan" lagi dia mengatakan hal yang sama, tapi bukan pertanyaan.
  "Karena itu alasan kita saling peduli" mata kami saling bertatapan, mengungkap kenangan yang lama terlupakan
  "Kamu mungkin lupa, tapi tubuhmu tidak. Kamu selalu menatapku dengan cara yang sama, saat kamu ingat ataupun lupa padaku. Apa kamu sadar itu?"
Aku tersenyum, "aku mencintaimu" kataku pelan.
Dia tersenyum diiringi airmata yang leleh di pipi pucatnya. Kupeluk dia sambil menangis pula. Selama beberapa tahun terakhir aku terus melupakannya. Dan dia menungguku selama itu pula. Entah bagaimana bisa dia terus mencintaiku saat aku terus kehilangan bayangannya di dalam pikiranku. 
Tuju tahun lalu, saat kami baru saja menikah. Aku mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada otakku. Awalnya semua terlihat baik-baik saja. Sampai aku terbangun di pagi hari tanpa ingat siapapun, termasuk istriku. Dengan berat hati dia melepasku untuk berobat di rumah sakit, menjalani perawatan di sini. Setiap hari dia datang saat aku jalan-jalan di taman.
Ingatanku sepeti kaset rusak. Kadang aku bisa mengingatnya selama beberapa waktu dan melupakannya lagi dengan sangat mudah, tanpa sisa. Dan dia dengan setia terus berada di sampingku sebagai orang asing sampai aku mengigatnya. Aku menyuruhnya pergi, tapi dia selalu datang. Dia selalu bilang, masa bodoh dengan ingatan. Dia tahu bahwa aku tak perlu ingat untuk mencintainya, karena dia mencintaiku dan aku memang mencintainya.

Tamat

🙈
Tutup muka dulu. Sumprit saya malu pakai banget bikin cerpen ini. Awalnya saya pikir udah bagus, eh, pas dibaca lagi kok rada gimana gitu. Saya kan nggak ahli dalam bidang perbucinan tapi bikin cerpen cinta begini. 
Tapi..tapi juga, mubazir kalau cuma disimpen jadi draft. Bagaimanapun ini adalah sebuah karya, siapa tahu ada yang suka.

See you....








Yang saya lakukan saat banyak masalah

Bisa seterezz juga si Mara'ah
Assalamualikum😊
Pagi saat saya menulis artikel ini, saya lagi menikmati pagi sambil berjemur di depan rumah. Ada suara burung berkicau, suara sepeda motor lewat, ayam berkokok, dll. Si empus dengan nyamannya bobok di kaki saya, ngiler lagi. Tapi bukan itu yang mau saya bahas.

Jadi gini... Beberapa bulan yang lalu sebelum saya memutuskan untuk resign dari pabrik, saya sedang galau tingkat dewa. Stress lagi setelah sebelumnya juga stress. Jadi orang dewasa memang banyak stressnya, begitu saya pikir😂

Ada masalah yang datangnya barengan kayak undangan pernikahan. Saya yang nggak bisa fokus sama banyak hal bersamaan akhirnya tertekan dan nangis. Ah cengeng...
Terus... Suatu sore, sepulang kerja saya putuskan untuk berhenti sejenak di pinggir jalan. Kebetulan jalan dari rumah ke pabrik dihiasi banyak persawahan.
Kenapa saya berhenti di pinggir jalan?
Yang pasti bukan buat cari perhatian, apalagi nyari sendal yang ilang.

Karena mau cari udara segar ceritanya. Berdasarkan info yang saya dapat ternyata bunyi air mengalir, alam dengan warna hijau bisa mengurangi tingkat stress seseorang.

Duduklah saya di atas motor sambil tarik nafas bukan tarik becak.

Bunyi air sungai, angin dari persawahan ternyata ampuh bikin saya merasa lebih baik. 
Tapi tiba-tiba, ketenangan saya itu lenyap seketika. Ambyar kayak balon air yang jatuh ke tanah.
Pyarr...
Gegara ada motor lewat.
Kalau cuma lewat sih nggak apa-apa, namanya juga pinggir jalan pastinya ada motor yang lalu lalang. Yang jadi masalah adalah yang naik motornya. 
  "Sayang golek opo neng kono, hah..."
  "Sayang, cari apa di situ? Hah"
Saya auto tancap gas pergi. Paling risih kalau diteriakin kayak gitu. Tapi saya ngakak juga😂, kalau dipikir kok yo lucu😂. Kayak lagi syahdu menikmati suasana alam terus ada banci lewat. Kan terlalu mendadak perpindahan momentnya😂

Nah, ngomongin soal stress ini pasti kalian juga pernah kan. Nggak peduli kaya, miskin, cantik, jelek, pasti pernah mengalami yang namanya stress.
Masalah pekerjaan, pasangan, rumah tangga, kadang bikin kita merasa down.
Kalau udah gitu, menjalani hari-hari pun jadi berat dan suasana di sekitar terasa kelam. Ibarat warna, stress ini bikin duniamu jadi abu-abu. 
Seandainya ada krayon kehidupan, pasti bakalan saya beli, biar bisa mewarnai hidup tiap hari.
Tapi nggak mungkin lah ya...😂
Nah, selama masa-masa jadi orang stress itu, saya nggak diem aja. Gimana pun caranya saya butuh ketenangan. Saya pun melakukan hal-hal di bawah ini
Kejedot, eh cekidot....
Sengaja sob😂

1. Cari motivasi

Youtube selalu jadi andalan saya untuk cari motivasi. ada banyak banget motivator di sana, tinggal pilih mau yang bahasa inggris apa indonesia. Kalau saya jelas bahasa indonesia dong, kan nggak bisa bahasa inggris😁
Yang penting jangan bahasa qolbu aja, selain nggak ada di youtube juga nggak bakalan paham.
Waktu itu saya dengerin vidionya mbak Gita savitri tentang ikigai. Di vidio tersebut mbak Gita menceritakan kalau dia sempat bosan dan takut dengan rutinitasnya sendiri, mempertanyakan masa depannya nanti bakal gimana? Cocok banget sama saya. Kadang menjalani hari yang sama setiap hari bikin saya bertanya, apa mau begini terus sampai tua? Saya lho ya😁

2. Menulis

Pasti sudah pada tahu kalau menulis juga bisa menjadi self healing. Dulunya saya menulis cuma untuk bikin target atau coret-coret nggak jelas aja. Nulis diary juga asal-asalan. Saya nggak begitu paham gimana menulis bisa jadi self healing, tapi karena udah bingung harus apa akhirnya saya coba menuliskan semua keluh kesah saya, uneg-uneg yang nggak bisa saya sampaikan sama orang lain. Pokoknya keluarkan semua.

Ajaibnya ternyata setelah saya taruh pulpen, saya merasa jauh lebih lega. Kayak semua beban saya udah pindah ke dalam tulisan itu dan saya baik-baik aja.

3. Menggenggam ibu jari

Ini sebenernya salah satu cara yang saya dapat dari internet. Entah apa penjelasan ilmiahnya saya nggak tahu, intinya menggenggam ibu jari bisa bikin saya lebih tenang. Plong secara dadakan. Kayak TV burek yang tiba-tiba jadi bening. Sayangnya ini nggak berlangsung lama.

4. membayangakan skenario terburuk

Kalau biasanya orang lagi stress diharuskan memikirkan hal-hal yang positif, kalau saya malah sebaliknya. Saya bakal membayangkan hal terburuk yang mungkin menimpa saya. Dan masalah saya sekarang nggak lebih buruk dari skenario itu. Jadi harusnya saya baik-baik aja.

5.jalani aja

Iya, kadang hal buruk itu cuma ada di pikiran. Ketika dijalani ternyata semua baik-baik aja. Jadi ya jalani aja. Siapa tahu kamu justru merasa lebih baik setelah menjalaninya. saya sering banget begitu sih. Apa yang saya perkirakan ternyata salah semua, cuma pikiran saya saja yang berlebihan menanggapi masalah di sekitar.
Lebay emang😂

5. Berdoa

Berdoa apalagi sambil curhat dan nangis. Allah pasti bantu kita, dia tahu apa yang terbaik untuk hambanya. Setelah berdoa kita bakal dikasih ketenangan dan kekutan untuk terus maju. Percaya deh.
Seajaib itu berdoa.

Nah kira-kira itulah hal-hal yang saya lakukan kalau lagi stress atau banyak masalah. Terpuruk dan tidur itu nggak menyelesaikan apapun jadi saya benci kalau ketiduran pas lagi stress, bangun-bangun malah makin puyeng😂

Di akhir kata saya masih quotes "jangan cari udara segar di pinggir jalan raya, mending ke tempat wisata aja"
Belajarlah dari pengalaman saya di awal cerita tadi.

See you...











Jadi pengamat film "The call"

Via.wikipedia

Assalamualaikum...😊
Hallo sob, hari ini saya mau membahas film lagi. Sebuah film berjudul "The call.
Atau kalau saya artikan " Panggilan telepon" bukan panggilang sayang.

Film the call ini bergenre Thriller.
Saya suka nih, walaupun bikin dag-dig dug hatiku. Film ini Dirilis pada 15 Maret 2013 lalu, dan disutradarai oleh Brad anderson.  Udah lama ya, tapi ceritanya masih oke punya buat ditonton.

Pertama, bayangin dulu gimana rasanya kalau suatu hari kalian tiba-tiba dibius sama orang terus bangun-bangun ada di dalam bagasi. Dimana orang yang menculik kalian adalah seorang psikopet
Psikopat🙄
Iya, psikopid.
Kira-kira itulah sedikit gambaran tentang film yang saya bahas kali ini.


The call bercerita tentang seorang petugas 911 bernama Jordan (cewek ya sob)  Suatu hari Jordan ini menerima panggilan telepon dari seorang gadis bernama Leah templeton. Dalam panggilan tersebut Leah mengatakan kalau ada seseorang yang mencoba masuk ke dalam rumahnya. Ia sangat ketakutan apalagi ketka pria tersebut memecah kaca jendela dan berhasil masuk ke dalam. 
Jordan berusaha menenangkan si gadis sambil menyuruhnya untuk bersembunyi, awalnya rencana itu berhasil namun karena tindakan Jordan yang tidak fokus dan menelfon balik Leah ketika ponselnya mati. Pria asing itu kembali ke dalam rumah dan berakhir dengan menghilangnya leah templeton. 
Jordan yang merasa sangat bersalah, mengalami trauma apalagi beberapa hari kemudian Leah ditemukan tewas terkubur di suatu tempat.

Di awal film aja kalian sudah dibikin dag-dig dug, seolah-olah kalian adalah Leah yang sendirian di rumah pada malam hari dan tiba-tiba ada orang jahat datang. Kalian  lari sembunyi di bawah ranjang, berkeringat dingin, ketakutan, tahan nafas dan tiba-tiba kaki kalian ditarik.
Uwah.. Parah... Saya ikutan tahan nafas lho.


Adegan kemudian berpindah ke 6 bulan kemudian. Dimana Jordan sudah menjadi seorang pengajar. Mungkin karena traumanya ia tidak lagi mengangkat panggilan. Ia bahkan harus minum obat penenang untuk menenangkan diri.
  "Jangan terlalu terhubung dengan mereka dan jangan pernah membuat janji. Karena kalian tidak selalu bisa menepatinya" begitu kata Jordan kepada para karyawan baru.
Dengerin noh buat yang suka PHP in anak orang😂

Hari itu seperti biasa, Jordan mengajak para pekerja baru unuk mengelilingi kantor dan menjelaskan apa yang harus mereka kerjakan. Semua berjalan lancar sampai tiba-tiba ada sebuah panggilan masuk. 
Seorang gadis yang sangat panik dan ketakutan mengatakan kalau ia diculik. Seketika suasana menjadi mencekam. 
Jordan yang awalnya tidak mau lagi berhubungan dengan hal tersebut akhirnya menggantikan rekannya yang masih baru untuk menerima panggilan dari gadis bernama Casey tersebut. Dengan kata-kata yang tidak jelas dan takut Casey menjelaskan kalau seseorang telah menculiknya dan menaruhnya di dalam bagasi, ia tidak tahu harus berbuat apa dan terus menangis. Dan karena ia menelepon menggunakan telepon prabayar maka keberadaannya tidak dapat dilacak.  
Casey
Casey terus mengatakan kalau ia pasti akan mati, hal tersebut membuat Jordan mengingat kembali masa lalunya. Sangat berat baginya harus membantu Casey karena ia takut hal yang sama akan terulang.


Namun karena dukungan dari atasannya akhirnya Jordan bisa menenangkan diri.

Cerita di film ini cukup sederhana. Tapi ketegangan yang kita rasakan saat menontonnya patut banget diacungi jempol. Casey yamg berada di dalam bagasi mobil harus berusaha mencari pertolongan sambil mengikuti arahan dari Jordan. Apalagi ia sangat ketakutan. Berbagai macam cara dilakukan seperti melubangi lampu belakang mobil dan melambaikan tangannya. Menumpahkan cat yang berada di dalam bagasi keluar supaya polisi bisa menemukannya dengan mudah.
Dan saya yang nonton dibikin geregetan karena polisisnya nggak bisa menemukan Casey dengan cepat. Padahal udah pake helikopter segala, udah tahu kalau warna mobilnya merah dan melaju di jalan tol.
Kok ya masih nggak ketemu.

Karena menumpahkan cat tersebut, seseoramg merasa curiga. Ia kemudian mengatakan kepada si penculik kalau ada yang tumpah dari bagasinya.

Wadaw... Saya udah deg-deg'an di sini. Si penculik kemudian membelokkan mobilnya ke tempat yang sepi sementara Casey ketakutan setengah mati di dalam bagasi. Bagasi di buka dan si penculik marah-marah. Anehnya dia ini nggak mau menyakiti Casey dan hanya berniat membiusnya. Tapi tiba-tiba...
Ada orang yang datang.
O-o-o
Si bapak ini menayakan pada si penculik, ada masalah apa?
Sambil mengancam Casey agar diam, dia menjawab tidak ada masalah serius dan tidak perlu bantuan. Karena curiga akhirnya bapak ini kembali ke mobil untuk menelfon polisi, tapi belum kelar teleponnya, eh, tiba-tiba kaca mobilnya dipecah si penculik dari luar. Dan.. Yah berakhir dengan si bapak yang dipukul, pingsan, dan ditaruh di dalam bagasi bersama Casey.
Di sini kekejaman si penculik mulai terlihat. Pada akhirnya bapak ini mati karena ditusuk berkali-kali pakai obeng (seingat saya) karena ia teriak minta dilepasin. 

Usaha Casey untuk kabur ternyata membuat orang-orang yang ingin menolongnya berakhir mengenaskan.  Karena kesal si penculik akhirnya memukul Casey sampai pingsan

Adegan jadi semakin menegangkan ketika si penculik berhasil membawa Casey dalam ruangan bawah tanah.

Pokoknya nonton film ini kayak senam jantung buat saya. Ngeri lihat si penculiknya. Ekspresinya itu low...
Jadi takut jalan sendirian ke mana-mana. Yang jomblo buruan cari pasangan biar nggak sendirian aja😁

Sementara Jordan dan tim kepolisian Akhirnya berhasil mengungkap identitas si penculik yang bernama Michael foster, mereka juga sudah berhasil melacak keberadaan Casey. 
Tapi karena ada di ruang bawah tanah para polisi tidak menemukan keberadaan mereka dan pergi.
Jordan yang dihinggapi rasa bersalah karena telah membuat janji untuk menyelamatkan Casey datang ke rumah  itu dan tanpa sengaja mengetahui pintu ruangan bawah  berkat rekaman terakhir pembicaraannya dengan Casey.

Para polisi sempat mendatangi rumah Michael yang ternyata sudah memilik istri dan anak. Tapi Michael tidak ada di sana. Di rumah itulah para polisi menemukan foto seorang wanita yang memiliki rambut seperti Casey. 

Nah lho... Kira-kira apa tujuan si psikopet itu nyulik Casey? Di mana sebenarnya Casey ini disembunyikan?
Penasaran?
Tonton sendiri aja ya sob.. Ntar saya jadi ngiler dong
Spoiler🙄
He..he...
Ada saat dimana saya pengen spoiler dan ada saat di mana saya mau bikin penasaran aja.

Udah ah

See you....

Apa bedanya berpikir, melamun, dan mengkhayal?


Assalamualaikum😁

Hay sob. Hari ini saya benar-benar berpikir keras. Kemarin kan saya bikin artikel tentang manfaat dari melamun. nah, di  kolom komentar, beberapa orang jadi mempertanyakan apa bedanya berpikir,melamun, sama mengkhayal.
Uwah...😂 saya nggak kepikiran sebelumnya. Tapi karena bertanyaan itu saya jadi harus berpikir. 
Jadi satu detik setelah buka mata saya lihat hape. Trus ngecek komentar di blog. Yang kelihatan pertama kali tuh komentarnya mas Agus "apa bedanya melamun sama berkhayal?"
Sebelumnya juga ada komentar serupa dari mas Bondan dan mbk Heny.

Kayaknya kalau dijawab di komen entar kepanjangan. Saya juga masih gamang sama jawabannya. Akhirnya, bangun tidur, mata masih sepet saya langsung memikirkan hal itu.
Sampai ke WC pun saya masih mikir lho😂 sampai saya ngelamun dan lupa, saya udah BAB apa belom sih?

Perkataan di atas sedikit menunjukan bedanya berpikir dan melamun👆

Kemudian saya riset, cari-cari apa bedanya 3 kata itu? Tapi saya malah makin bingung. Garuk-garak ketombe dulu.
Jadi saya putuskan cari di KBBI.
Apa kata KBBI?

BERPIKIR : menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan atau memikirkan sesuatu. Meninbang-nimbang dalam ingatan.
MELAMUN : termenung sambil pikiran ke mana-mana
BERKHAYAL : melihat sesuatu yang hanya ada dalam angan-angan.

Nah, di KBBI aja ditulis beda jadi artinya pasti beda donk. Tapi kalau dipikir lagi, saya bakal miringin kepala dan bertanya "Apa bedanya?"
Ribet dah. 😂😂
Sumpah, saya ketawa mulu sambil mikir. Udah lama banget kayaknya nggak mikir beginian. 
Saya harus membuka kunci dan pakai otak saya yang standart ini. Hu..hu.. Belum sarapan padahal. Tapi enggak apa-apa sekalian olahraga otak.


Menurut saya:

Berpikir

Kita semua selalu memikirkan sesuatu. Bahkan hal-hal yang sepele dan nggak masuk akal. Intinya kita selalu pakai otak kita untuk menanggapi hal-hal di sekitar. Dan itu hanya kita yang tahu.
Baik berpikir, melamun, maupun menghkayal semuanya sama-sama menggunakan pikiran. 
Berpikir membuat kita mencari jawaban dan kita melakukanya secara sadar. Kita bahkan akan mencari sumber informasi untuk menyelesaikannya. Contohnya saya yang lagi mikir apa bedanya berpikir, melamum sama mengkhayal? 

Melamun

Tapi melamun. Orang yang melamun biasanya akan putus kontak sama dunianya. Dia nggak sadar temennya lagi manggil, nggak sadar sama sekitarnya. Melamun ini juga berpikir, yang dilamunkan biasanya hal-hal yang sudah terjadi dan saking seriusnya terkadang kita melamun sambil mencari sebab akibat juga penyelesaian. Seperti saya yang lupa udah BAB apa belum karena mikirin apa bedanya berpikir, melamun, dan menghkayal?

Berkhayal

Nah berkhayal juga pakai pikiran. Berkhayal biasanya dilakukan untuk memuasakan pikiran. Jadi sering kali nggak masuk akal alias ketinggian. Misal saya yang dulu suka ngayal pergi ke desa konoha buat ketemu Naruto atau berkhayal jadi temennya Harry potter. Saya tahu itu nggak mungkin tapi tetap dipikirin.
Bedanya sama melamun, saya masih sadar. Malah kadang sambil ngomong sama temen "wah.. Enaknya kalau bisa temenan sama Harry potter" 
Dan saya nggak berusaha mencari cara untuk mewujudkannya. Stop sampai di situ.

Itulah perbedaannya berdasarkan riset saya? Biasanya jam segini saya udah cuci muka tapi karena menyelesakan pertanyaan ini saya masih tampil mengenaskan, belum cuci muka, belum gosok gisi, belum sisiran. 
Tapi saya puas setelah memikirkannya😁
Menurut saya ketiga hal di atas beda tapi saling berkaitan. Kayak 2 orang yang saling mencintai.
Ea...
Saya sampai bikin coretan, saya pikirin ,saya lamunin, pas keluar kamar eh, udah terang aja di luar. 

Membuka pagi dengan coretan

Ada satu hal lagi yang saya dapat. Kita semua pernah melamun, namun orang yang melamun sampai berlebihan bisa jadi mengalamai maladaptive daydreaming. Kondisi dimana sebuah lamunan jadi terlihat masuk akal dan nyata. Orang yang mengalami kondisi ini bisa tertawa dan menangis tanpa sadar. Jangan sampai gitu ya sob.
Udah ya saya mau cuci muka dulu.  Semoga jawaban ini memuaskan. Dan kalau masih ada yang ingin bertanya, kayaknya saya bakal puyeng😂
Dan terima kasih saya jadi ada ide buat bikin artikel, uhuy.. Senengnya😁

See you...





Melamun, ada manfaatnya juga lho

Cye... Mara'ah jadi model nih, kayaknya dia lagi ngelamunin, gimana caranya membuat semua manusia jadi rasional🤔

Assalamualaikum😁
Haiya.. Ngaku siapa yang suka ngelamun?
Ih, ternyata saya juga iya. Kebiasaan melamun ini biasanya timbul kalau lagi stress, lagi sendiri, lagi banyak masalah, dll. Tergantung ngelamunin apa tuh. Kalau jatuh cinta ya, ngelamunnya happy.

Melamun itu sebenarnya apa sih? Apakah sayur yang biasanya buat lalap itu?
Mentimun🙄
He..he...
Melamun atau bahasa inggrisnya daydreaming adalah kondisi ketika pikiran seseorang putus kontak dengan lingkungan sekitarnya. Digantikan dengan khayalan visual, seperti hal yang menyenangkan, masalah, impian dll.
Dimana terjadi secara sadar.

Ada yang bilang melamun tak ada gunanya. Ah, masak iya, masak aer aja.  Enggak deh perasaan. Mari kita cek apa aja manfaat melamun.

1. Instropeksi diri

Kadang karena kesibukan harian, kita jadi lupa banyak hal. Seperti instropeksi diri. Melamun, secara nggak sadar bikin kita menyadari apa yang sudah kita lakukan.
Semisal, tadi marah-marah nggak jelas sama temen hanya karena kita lagi bete sama tokoh di drama korea, ckckck....
Lebih dalam lagi kita instropeksi sikap dan sifat kita selama ini. 
"Eh, gue udah setahun hobi banget rebahan nggak bosen-bosen, padahal nggak ada manfaatnya, yang ada, pas keluar rumah dikatain makin berisi aja"

Kita jadi berani mengakui kesalahan dan  dan bisa memperbaiki diri ke depannya.

2. Mempertajam daya ingat

Udah kayak pisau aja dipertajam😂

Kalau lagi ngelamun kita pasti bakal mengingat kembali beberapa hal yang sudah terjadi. Secara nggak langsung kita lagi menjelajah ke masa lalu. Hal ini bikin kita nggak gampang lupa dan nggak pikun pastinya.
Lagipula, lebih baik melamun mempertajam daya ingat daripada nyerocos memperdajam daya lidah, makin lama nyerocos makin pedes ngomongnya. Makin buanyak juga dosanya.
Bahaya nih bahaya....

3. Menyelesaikan masalah

Nggak semua lamunan itu isinya stress semua. Kadang kita ngelamun bukan karena lagi badmood. Tapi sedang menjadi agen FBI yang berusaha menyelesaikan kasus yang sulit. He..he...
"Bagaimana caranya membuat dia jatuh cinta? Apa harus dikasih coklat, tapi dia udah manis, nanti kalau makin manis gimana? Apa harus dikasih bunga? Kasih puisi"
Yah begitualah, melamun dengan tujuan menyelesaikan masalah hati😌
Atau ngelamunin gimana caranya supaya si empus ngaku kalau dia yang nyolong ikan di dapur🤔, atau gimana cara mencerdaskan kehidupan bangsa ini, menghapus kemiskinan dari dunia ini.
Wah berat nih🤔🤔

4. Turunkan tekanan darah

Iya, ternyata melamun juga bisa menurunkan tekanan darah. Ini sudah dibuktikan kleh peneliti di anti stress center. Ketika sedang marah lalu duduk untuk melamun, kita akan merasa lebih lega dan plong.  Apalagi kalau ditemani secangkir susu hangat atau dingin 
(Kalau iut iah tambahan dari saya😁)

5. Kreatif

Ketika melamun, biasanya kita akan memikirkan banyak hal secara acak. Mulai dari sarapan tadi pagi, cicilan sepeda bulan depan, sabun yang mau habis sampai bungkus mie yang lupa belum dibuang. Nggak jarang, kadang kita akan menemukan ide yang nyeleneh atau cemerlang. 
Misal, bikin sepatu roda yang bisa dipakai diberbagai medan termasuk tanjakan tajam dan jalan berbatu dengan kecematan setara mobil balap F1.
Itu ide saya sih😁

Nah...gimana mentimun udah ada manfaatnya kan
Melamun🙄

Kira-kira itulah manfaat dari mentimun banyak getahnya, alias melamun tak ada gunanya, tapi teryata ada tuh....
Iya kan...kan...
Iyain aja lah, biar kelar ini tulisan😁

See you...






Teruntuk saya dan kamu yang masih jadi pemalas

Waktunya jewer si Uyul....
Assalamualaikum😊

Bermimpi besar dan memilih untuk menjadi pemalas adalah cara paling indah untuk menjadi gila.
Kira-kira itulah kalimat yang telah menyadarkan saya.

Yang lagi rebahan, buruan bangun baca baik-baik. Teruntuk saya dan siapapun kalian yang masih sering nggak mood dan menunda segala macam hal.

Saya pernah bilang bahwa saya tipe orang yang melakukan sesuatu berdasarkan mood, kalau nggak mood ya udah tinggal. Tapi kemarin saya tertampar dengan kalimat di atas👆
Kayaknya selama ini secara diam-diam tanpa sepengetahuan saya sendiri, saya merencanakan kegilaan saya.

Jadi kemarin, seperti biasa, saya yang suka rebahan memutuskan untuk buka Youtube untuk menghibur jiwa yang nganggur.
Jewer kuping saya...👃
Itu hidung🙄
Lalu saya menemukan sebuah vidio yang sudah beberapa kali nongol di beranda youtube, tapi nggak pernah saya buka. Karena penasaran akhirnya saya putar aja tanpa niat mau memperhatikan beneran.
Palingan juga motivasi seperti biasa.
Tapi kalimat pertama dari vidio itu ternyata mengguncang jiwa nganggur saya, langsung deh pasang kuping dan hati.

Iya, katanya lebih baik orang yang bodoh tapi rajin dari pada orang pintar tapi pemalas.
Btw saya nggak pintar kok, biasa aja😁
Tapi pemalas, iya saya pemalas. Saya yang suka menunda-nunda banyak hal karena nggak mood dan males. Saya merasa orang dalam vidio itu lagi nyindir saya. Atau emang saya yang sensi?

Jiwa pemalas saya berasa ditampar berkali-kali. Betapa banyak kesempatan yang kita lewatkan karena kita suka menunda dan malas. Lebih suka menghindari masalah dan pergi keluar rumah untuk nongkrong saat orang lain bekerja keras. Buang-buang waktu....
Saya nggak sering nongkrong sih, kan saya nggak banyak duit, tapi rebahan di kamar, jadi sama aja.

Dalam vidio berdurasi nggak sampai 10 menit itu saya mendapat banyak pelajaran yang masuk kuping saya langsung belok ke otak dan nempel. karena biasanya kalau masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Tapi kali ini beda.
Wow. Emejing banget bang Abdi suardin ini👍 kalian harus tonton vidionya dan subscribe, banyak banget bidio motivasi di sana.
Lanjoot ke pambahasan kita...

Dunia ini nggak butuh orang yang sukanya cuma rebahan dan berkhayal akan ada uang sekarung jatuh dari genteng, atau menang lotere dadakan.

Dunia ini tempat orang berjuang. 
Nggak peduli mood kamu lagi buruk atau baik, dunia akan tetap berjalan. Jadi kalau kita nggak bangkit dan mengejar apa yang sudah kita impikan maka kita akan tertinggal. Yang rugi siapa? Kita sendiri, 
Simplenya, kita yang menentukan mau seperti apa kita nanti, mau jadi orang sukses atau cuma orang yang pernah berkhayal jadi sukses.
Kita punya pilihan untuk maju dan berani melewati banyak risiko, tantangan yang mungkin nggak pernah kita bayangkan. Atau mau mundur dan menyerah dengan jaminan, suatu hari akan ada penyesalan. 
tahu sendiri kan, gimana rasanya menyesal.....

Saya pernah baca kalimat yang bunyinya gini "untuk mendapatkam sesuatu yang kita suka, kita harus melakukan sesuatu yang nggak kita suka"
Itu artinya akan ada banyak sakit hati, kecewa dan rasa pengen putus asa. 
Enggak apa-apa, itu wajar kok.
Kita bisa istirahat kalau lelah. Istirahat ya bukan berhenti.

Jadi pengamat film "No mercy" 2019


Asalamuikum😁
Watsapp guys...
Ngomong apa sih🙄

Gimana kabar kalian hari ini? Yang lagi psbb, lagi dirumah aja atau work from home semoga kalian nggak lupa buat mandi ya. He..he..  Karena jujur aja, selama di rumah pasti males banget kan mau bersihin badan, orang kagak ada yang lihat😂 ya bodo amat sama bau badan, yang penting mah internet lancar.
Atau mungkin cuma saya😳

Hari ini saya mau mereview sebuah film korea yang udah saya tonton entah kapan. lupa.
Pokoknya judul filmnya adalah "No mercy"
Iyups, kalau saya artikan itu artinya "Nggak ada ampun"
Dan saya nonton lagi kemarin karena gabut.
Film No mercy ini rilis pada 1 Januari 2019 lalu, pas banget sama tahun baru. Disutradarai sama Im gyeong taek.
Jangan tanya saya, dia siapa, saya belum kenalan.

Bagi kalian penyuka film action yang tokohnya demen main tendang, mukul, jambak, ini adalah salah satu film yang seperti itu. Di tambah, tokoh dalam film ini tuh cewek.
Oho....

Adegan pertama film dimulai dengan seorang wanita berpakaian serba merah yang turun dari mobil di sebuah bengkel. Sekilas terlihat wow banget.
Sexy lady💃

Tapi jadi horor pas dia ngambil senjata yang buat mecahin batu itu low (nggak tahu dah apa namanya)
Bunyi besi yang diseret dari senjatanya bikin saya dag dig dug sendiri. Wah ini kayaknya mau pukul-pukulan. Merem-merem dulu deh saya.
  "Apakah ada o chang seok?"
Seorang pria setengah baya yang sedang memperbaiki truk muncul dari bawah truk sambil menatap mesum si cewek. Dasar tua-tua keladi.
  "Siapa?" mata jelalatan
  "O chang seok"
  "O chang seok... Saya sendiri" makin jelalatan.
Senjata diangkat, pak tua menjerit.
Dan bum....adegan dipotong


No mercy, bercertita tentang seorang wanita bernama Park in ae Yang baru saja keluar dari penjara, saya nggak tahu dia masuk penjara karena apa, tapi kayaknya karena sebagai polisi dia nggak mematuhi perintah atasan (iya, dia polisi sob). Park in ae punya seorang adik bernama Park in hye, Dimana adiknya ini punya keterbelakangan mental, nggak gila sih cuman sifatnya nggak kayak remaja pada umumnya, kayak anak kecil gitu. Meski begitu Park in hye bersekolah di sekolah biasa dan tumbuh jadi gadis yang Cantik banget. 

Karena keterbelakangan mentalnya di sekolah Park in hye Mendapat perlakuan yang nggak begitu baik dari ketiga temannya. Dan anggak ada satu pun anak yang berani nolongin. 

Nah suatu hari  Park in hye Ini nggak pulang-pulang ke rumah padahal udah malem. Si kakak yang nungguin jadi khawatir banget donk, apalagi adiknya kan nggak kayak anak-anak lain. Park in ae makin menyesal karena malam sebelumnya adiknya bilang kalau dia nggak suka sekolah dan nggak mau sekolah, sampai memohon-mohon supaya besok dia bisa bolos dan nemenin kakaknya aja, tapi tentu aja nggak diizinin sama kakaknya.
Di sinilah bau-bau action mulai tercium.

Sementara di tempat lain Park in hye ternyata lagi dikerjain teman-temannya yang nakal. Mereka ngajak Park in hye ke tempat karaoke, lalu dengan paksa gantiin bajunya sambil dividioin. Lebih kejamnya setelah itu mereka bikin Park in hye jadi umpan buat dapat duit dari pria-pria tua.
Ga da akhlak emang....


Park in ae yang khawatir akhirnya memutuskan untuk bertanya ke pihak sekolah. Tapi nggak ada yang peduli, bahkan guru pun bilang kalau adiknya pasti cuma kabur kayak anak remaja lain. Park in ae bahkan dimarahi karena seharusnya ia menyekolahkan adiknya di sekolah khusus.

Misteri mulai terkuak satu-persatu setelah salah satu teman Park in hye menunjukan sebuah vidio pembullyam Park in hye di karaoke. 
Marah, Park in ae mendatangi 3 teman adiknya yang jadi tersangka pembullyan.
Dan...
Hya...jambak aja mbak sampai rambutnya gundul.
Itu sih saya yang teriak😁

Dari situlah Park in ae harus mendatangi satu persatu orang yang terkait dengan menghilangnya si adik, tentunya dengan banyak adegan berantem dan tonjok-tonjokan. Dan ternyata masalahnya jadi makin pelik, karena semakin jauh Park in ae mengejar, makin besar juga tantangannya.
Dan semua itu berkaitan dengan masalah yang menyebabkan Park in ae pernah di penjara.
Waduh...
Yang lebih menyakitkan Park in ae juga baru mengetahui bahwa selama ia tidak ada, adiknya mendapat banyak pelecehan seksual dari orang-orang di sekitar, hanya karena adiknya ini punya keterbelakangan mental dan cantik. Jadi sekalian ia balas dendam pada orang-orang tersebut.
Sakit hati dan merasa nggak berguna jadi kakak.

Kira-kira gimana nasib mereka berdua?

menurut saya film ini cukup asyik ditonton buat hiburan.  Apalagi tokohnya cewek, dan lawannya pria-pria semua. Saya sempat mengkhayal, kalau saya bisa berantem kayak gitu kira-kira gimana ya🤔
Sayangnya saya nggak dibolehin bapak ikut pencak silat, padahal kakak-kakak saya ikut semua. Tapi saya emang nggak pengen sih. Bayangin aja saya ikut karate, mau mukul nggak jadi karena nggak tega, mana badan saya letoy banget. Udahlah, di kamar aja. 
Dan karena mengandung konten tonjok-tonjokan dan perkelahian yang lumayan bikin mringis, film ini jangan sampai ditonton sama anak kecil.

Ngomong-ngomong sejujurnya saya bingung menulisnya, karena nama tokohnya mirip-mirip. Park in ae dan Park in hye. Apakah kalian juga bingung?
Kalau iya, balik aja bajunya. Gitu kata temen saya dulu😂
Ga jelas🙄


See you...


Kenalin, ini "Uyul"


Assalamualikum...😁

Saya balik lagi nih, nggak bosen sering-sering nulis karena emang belum bosen. Entar juga kalau lagi mager seharian penuh cuma scrooll facebook, youtube, instagram.
Karena itu, kalau semangat lagi meluap gini, adalah waktu terbaik buat berkarya sebanyak mungkin.
Tul nggak yul
Tul dong....

Jadi tujuan kedatangan saya kali ini adalah untuk memperkenalkan satu lagi tokoh di blog saya. Biar makin rame..., nggak usah basa basi entar mubadzir ini dia kita sambut...
"Uyul"
Via.bikin sendiri
Uyul bukan Tuyul
Jeng-jeng jeng... Lagu Irwansyah "aku memang pecinta wanita...🎶 Mengalun secara mistis.

Halo kenalin nama gue uyul, cowok paling keren seantero negeri. 

Nah... Kayaknya langsung ketahuan uyul manusia seperti apa. Tapi biar saya jelaskan lebih jelas..

Tapi sebelum itu, saya mau mengklarifikasi dulu😁, kenapa gambarnya Uyul kok miring begitu? Itu karena saya sebagai penciptanya nggak fokus waktu bikin, kan karena layar hape yang kecil jadinya saya perbesar biar mudah gambarnya eh nggak taunya pas saya balikin ke ukuran normal, ternyata miring gesss...😂
Males mau benerin, biarin aja begitu.
Biar Uyul nggak marah, saya bilang kalau ketampanannya bikin gaya gravitasinya belok😂

Uyul ini umurnya 10 tahun, satu tahun lebih tua dari Mara'ah. Kenapa namanya Uyul? Karena dulunya mau saya bikin gundul, tapi nggak jadi. Masih dengan warna orange biar ada nuansa Naruto😁.


Walaupun umurnya baru 10 tahun tapi Uyul ini dengan pedenya mengaku kalau dia itu paling kece seantero negeri. Cuma dia satu-satunya pria yang bisa menandingi ketampanan bang Lee min hoo, bang Jungkok, bang Ji chang wook, Bang Hyun bin, dan tentunya bang kang fuckboy di jalanan.
Uyul..Uyul.. Mau jadi apa kamu kalau gede...?

Udah jelas, mau jadi Mr.universe dong...

Emang ada Mr universe?🙄

Ada dong Mara'ah cantik(jawab Uyul sambel tebar pesonah)

Apapun yang dikatakan Uyul saya iyain aja, ketimbang saya uye'in entar dia ngambek dan nggak bilang " betul" kalau saya mintai pendapat.
Betul nggal yul?
Betul dong
Nah seperti itu👆

Saya juga nggak paham, emang ada Mr.universe? Kalau tahu tolong kasih tahu saya ya sob, biar saya daftarin si Uyul. Gimana pun juga si Uyul itu adalah keturunan kolongmerat.
Konglomerat🙄

Si uyul ini spesial banget, karena dia satu-satunya tokoh dari 3 tokoh yang saya kasih kuping...
Kenapa?
Karena kepedeannya itu kadang keterlaluan, jadi saya perlu perantara untuk menghukumnya yaitu, jeweran. Kan kalau nggak ada kupingnya mana bisa dijewer
😂😂😂
Iya nggak yul?
Iya dong....

Okeh, cukup sampai di sini  perkenalan dengan si Uyul...

Eh...uyul kan belom pose-pose tampan(si uyul nggak terima)

Oh iya, ya udah dengan mengucap maaf terlebih dahulu pada pemirsah sekalian, ini dia pose-pose tampan uyul.
Gigit bunga, biar makin cakep
Katanya ini adalah gaya pemikat paling yahut, mau anak bayi, tk, sampi embah-embah, juga bakal tersepona sama ke keceannya uyul. Saya sih enggak😂, gimana kalian?
Saya ketawa aja😂
Dan ini adalah gaya spesial dan unlimited yang bakal dipakai Uyul kalau dia mau serius, saya sih nggak percaya😂

Udah, cukup 2 aja gaya kece Uyul.  Lain waktu bakal saya kenalkan dengan satu tokoh terakhir, siapa dia? Jubaedah...
Tunggu ya sob.

See you...


9 fakta unik ayam, udah tahu apa belom?

Foto oleh Achim Bongard dari Pexels
Apa loe liat-liat

Assalamualaikummm😁😁

Bapak saya itu suka banget sama ayam. Suka melihara maksudnya, makan juga iya sih. Intinya, dulu waktu masih sehat bugar Bapak suka ngelus-ngelus ayam bangkoknya, dipijitin dengan penuh cinta dan sayang.
Nyampe heran saya...
Untung emak nggak cemburu😂😂😂
Saking sayangnya sama ayam, ayam-ayam itu juga dikasih nama lho. Ada si Gaman,Undur-undur dan lain-lain. 
Lupa saya.
Inilah sebabnya saya juga suka banget ngasih nama hewan, emang turunan Bapak sih😁
Karena itu hari ini saya mau coba mengulek, eh mengulik apa aja fakta unik dibalik hewan kecintaan Bapak ini

1. Gallus gallus domesticus

Mau bahas Ayam apa Tikus sih🙄
Itulah nama ilmiahnya si Ayam. Ayam masuk dalam kelas aves atau unggas. Udah tahu lah ya...
Tapi tahu nggak kalau ternyata jumlah ayam itu jauh lebih banyak dari pada jumlah burung atau manusia. Pada tahun 2003 aja jumlah ayam di seluruh dunia ini diperkirakan ada 24 miliar, gimana sekarang yang udah 2020.
Tentu aja hal ini dikarenakan ayam jadi konsumsi kesukaan manusia. Contohnya aja upin ipin...
Ayam juga ada banyak jenisnya karena adanya perkawinan silang. Ada ayam hutan, ayam potong, ayam telur, dan ayam sorry ku tak bisa jauh darimu.
Wkwk... Bisa ae ngegombal bareng ayam😂

2. Hoaks ayam broiler

Ngomongin ayam yang jadi makanan faforit sejuta umat, ada yang bilang kalau ayam broiler itu jadi gendut-gendut unyu karena disuntik hormon. Padahal kenyataannya ayam broiler itu gendut emang karena orangtua dan buyutnya juga gendut, alias secara genetik emang begitu didukung juga oleh pakan yang diberikan dipeternakan. 
Ayam ini memang disuntik selama di peternakan, tapi itu suntik antibiotik bukan suntik hormon apalagi suntik KB 
Bayangin aja kalau Ayam ikutan program 2 anak cukup🤔

3. Ayam multitalent

Walaupun kelihatannya Ayam itu enggak pinter tapi ternyata ayam nggak sebodoh  yang kalian pikir.
Emang kalian mikir apa, suudzon aja saya😁.
Apa dia bisa matematika? Fisika, Kimia?

Ayam bisa dikatakan pintar karena mereka bisa mengingat lebih dari 100 wajah manusia. Pantes aja kalau emak atau bapak keluar rumah, itu ayam-ayam pada ngikutin, karena emang mereka yang biasanya kasih makan. Giliran embah saya yang muncul tu ayam malah pada kabur semua, soalnya embah saya suka bikin ayam takut😁 ya masak nyariin ayamnya sambil bawa kayu.

Selain itu berdasarkan penelitian, ayam juga bisa bermimpi dan mimpinya berwarna. mereka juga berkomunikasi dengan mengeluarkan 30 jenis suara yang berbeda. Kalau yang saya denger sih cuma...
Petok petok.. Kukuruyuk...
yang sering saya translate sendiri sebagai "minta makan, minta makan...."

Yang lebih uwow lagi. Ayam punya kemampyan object permanence, yaitu pemahaman kalau suatu benda tetap ada walaupun tidak dilihat, didengar ataupun disentuh. Jadi walaupun benda itu nggak kelihatan dia tahu kalau benda itu ada. Pantes aja kalau mau kasih makan, walaupun udah disembunyiin mereka masih aja ngejar.
Talenta ayam nggak berhenti sampai di siru. Multitalent banget sih mereka. kenapa nggak ikut ajang pencarian jodoh aja....

Diantaranya adalah : bisa melihat sinar ultraviolet, meregenerasi telinga supaya nggak budek(awas jangan dighibahin), dan menentukan arah dengan bantuan matahari.


4. Berjiwa keibuan

Ayam betina punya jiwa keibuan layaknya seperti hewan lain. Kadang saya suka gemes kalau lihat anak-anak ayam yang nyempil di bawah badan induknya, atau duduk santai di atas badan induknya. Ucul..ucul banget kan...🐥🐥
Jiwa keibuan ayam betina ini udah mereka buktikan sejak telur belum menetas. Induk ayam akan menjaga telurnya tetap hangat sepanjang waktu, membaliknya sampai 50 kali dalam sehari supaya hangatnya merata dan rela nggak makan berhari-hari.
Yang bikin saya sebel kalau mereka udah berhari-hari nggak turun. pas turun sekali aja, pasti suka buang kotoran sembarangan. Mana bau dan banyak banget. Walaupun bapak melihara ayam saya itu nggak suka banget lihat kotoran ayam. Kalian juga kan...

5. Makan kerikil

Saya kadang suka heran ngapain ayam cekerin tempat sampah atau pasir, makan apaan sih. Nggak mungkin kan cariin saya emas...
Ternyata ayam terkadang memang makan kerikil. Bukan tanpa sebab, soalnya kerikil bisa membantu melancarkan pencernaan mereka. Sama kayak kucing yang kadang makan rumput. 

6. Ayam adalah Dinosaurus

Pasti nggak percaya sama fakta yang satu ini, but, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 lalu ternyata ayam masih punya hubungan keluarga sama dinosaurus lho. 
Eh, serius, si ayam itu...?
Hal ini sebenarnya juga masih belum pasti. Karena ada yang bilang ayam emang dinosaurus yang berevolusi.
Hemm.. Kalau bener begitu. Berarti selama ini saya  makan dino donk.

7. Ayam cemani, hitam semua

Pernah dengar tentang ayam cemani?
Ayam cemani adalah ayam yang bulu, kulit, daging darah bahkan tulang dan hampir seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam.
Ayam cemani ini asli Indonesia lho, berasal dari daerah Kedu di Jawa tengah.

Selain warna hitamnya yang unik, harga ayam cemani ini mahal lho sob, bisa sampai jutaan perekornya. Ini karena ayam cemani memiliki nilai mistis. Darah ayam cemani yang berwarna hitam ini biasanya digunakan dalam upacara-upacara pengorbanan.

Kok agak serem ya...

8. Besar telur Ayam

Beda usia beda ukuran telurnya. Iyups.. Semakin tua usia ayam maka ukuran telurnya akan makin besar, hanya saja jumlahnya jadi makin sedikit.

9. Ayam dan bully

Nggak hanya di kalangan manusia, tapi di dunia ayam ada juga yang namanya bully. Siapa yang kuat dia yang berkuasa dan jadi pemimpin. Siapa yang lemah dia yang diinjak. Hal ini terbukti setelah beberapa kali ayam di rumah saya ini terluka gara-gara saudaranya sendiri. Bahkan yang paling parah, pernah suatu kali satu ayam saya mati karena dipatuk keroyokan sama saudaranya di dalam kandang. Waktu itu saya sedih dan nyesel banget karena saya sempet denger tu ayam petok-petok tapi saya ogak dateng. Kirain lapar... Nggak tahunya...

Sampai sekarang pun, kami masih memelihara ayam di rumah, tapi jumlahnya udah nggak sebanyak dulu. Karena bapak juga lagi sakit, maka melihara ayam seperlunya aja. Ada satu ayam saya, namanya undur-undur. Kenapa di kasih nama begitu? Karena suatu ketika si undur-undur ini sakit, sampai kami kira bakalan mati. Eh nggak tahunya dia sehat lagi, cuma anehnya jalannya kok jadi mundur. Kata bapak saya "remotenya rusak😂"
Setelah sekian lama dan udah bisa jalan maju, si undur-undur kadang masih jalan mundur dan tiba-tiba nabrak kaki saya. Karena kebiasaan dimanja sewaktu sakit, dia jadi nggak takut manusia😂

See you....







Kenalin, ini Mara'ah

Assalamualikum..😊

Hari ini adalah acara yang penting nggak penting karena saya mau memperkenalkan sesuatu kepada kalian.
Sesuatu🙄?

Ye... Tepuk angin dulu. Kalian yang sering berkunjung ke blog ini pasti tahu dong kalau saya sering banget pakai "🙄" sebagai bahan pelengkap percakapan.
Apaan dah🙄
Nah itu👆

Dan hari ini saya akan membongkar, siapakah dia sebenarnya.  Biar saya nggak dikira gila, saya bakal ngomong duluan kalau dia enggak nyata dan cuma hiburan semata. 
Mari tunjukan dirmu "Mara'ah"

Jeng... Jeng....
Kenalin sob, ini namanya Mara'ah. Mohon maaf gambarnya pas-pasan banget gegara salah pesen stylus pen😁
Kenapa namanya Mara'ah, jelaslah karena dia suka marah, dan ngak suka sama kelebay'an saya.
Perasaan saya nggak lebay cuma agak berlebihan aja.😁

Udah lama banget saya pengen gambar tokoh Mara'ah ini tapi nggak bisa karena nggak biasa gambar di hape. 
Dan kemarin akhirnya saya putuskan buat gambar si Mara'ah setelah paketan stylus pen saya dateng.
Asyik... Udah saya tungguin berhari-hari nyampe ubinan.
Nggak ding😁
Tapi, sebel kalau ingat ini. Soalnya tuh yang datang nggak sesuai harapan saya.
Kecewa.

Yang bisa buat gambar bagian yang tumpul, yang lancip, pulpen beneran ternyata


Gini mana bisa buat ngeggambar. Tapi ya udahlah, ora popo. Btw ini pengalaman pertama saya belanja online, dan dag dig dug banget nungguin abang pengantarnya. Kira-kira kesasar nggak ya. Akhirnya setelah bertelepon ria dan nggak jelas perihal dimana rumah saya, tu abang nyampe juga, saya udah cengar cengir kayak anak kecil nunguin pesangon lebaran😁


Udah gitu susah banget dibukanya. Efek saya yang enggak sabar. Ada kali 5 menitan saya mengeluarkan tenaga buat bongkar tu paket yang ternyata kudu pakai gunting biar mudah. Bukannya saya nggak tahu, tapi ya namanya lagi nggak sabar pengen buru-buru menatap si stylus pen, ya jadinya rada bodoh😁

Yah walaupun nggak sesuai harapan,
Saya tetep gambar Mara'ah, walaupun lagi hasilnya pas-pasan. Yang penting pan ekspresinya.
Judes...
Nah, Mara'ah ayo introducing your self
🙄
Ayo dong...

Kenalin saya Mara'ah
Sekian dan terimakasih🙄

Yaelah Mara'ah, lagi puasa ngomong?
Yaudah saya aja yang memperkenalkan Mara'ah😁

Mara'ah ini umurnya 9 tahun. Rambutnya saya warna kuning karena saya suka Naruto hehe...😁
Terus alisnya warna coklat karena Mara'ah ini katanya blesteran. Nggak tahu deh blesteran darimana. Pokoknya gitu.
Dia itu hemat ngomong dan rasional banget, makanya kalau omongan saya nyeleneh Mara'ah bakalan datang sebagai pihak yang mengingatkan.
Duh, co cwit deh Mara'ah
Kalau nggak ada Mara'ah di setiap tulisan saya, rasanya hambar banget.
Aku tu butuh kamu Mara'ah.
Jijik🙄🙄
Tuh kan...
Makin suka aku😍

Sebagai bonus perkenalan, saya tunjukin beberapa ekspresi Mara'ah yang berhasil saya gambar seadanya aja😁

Ini Mara'ah lagi seneng. Lihat deh senyumnya manis kayak gula aren. Sampai bikin eneg. Kalau gula kalian abis tapi masih pengen buat kopi, lihat aja senyum Mara'ah... Dijamin, masih pahit😂
Ckck🙄

Ini Mara'ah lagi marah, udah kayak nenek sihir aja. Tapi nggak bikin takut😂, kan saya yang bikin.

Kalau ada yang tanya kenapa Mara'ah matanya begitu? Karena biar pun saya pendek, Mara'ah harus lebih pendek dari saya😂, dan Mara'ah nggak terima. Tapi di sini sayalah yang berkuasa.
Hwa..ha..ha...👹

Tenang sob, saya masih waras kok. Jadi jangan ragu buat sering-sering datang ke blog ini, ketemu saya dan Mara'ah.
Saya ciptakan tokoh Mara'ah, supaya berasa ada temen pas bikin tulisan, supaya tulisan lebih hidup dan rame aja. Soalnya kalau sendiri saya suka malu.
Pret🙄
Iya saya harus ada temennya kemana-mana. 

Selain Mara'ah sebenarnya saya punya 2 tokoh lagi yang udah lama nggak muncul. "Jubaedah" sama "Si Uyul" berhubung masih males ngegambar, ya udah kapan-kapan aja.

See you....




Tentang wanita dan rambut lurus

Via.pexels

Assalamualaikum sob😁
Gimana kabarnya hari ini, masih hidup kan😊?
Pertanyaan anda bikin emosi🙄

Hari ini saya mau bahas tentang pelurusan rambut aja, soalnya kalau bahas pelurusan hidup susah, nggak sanggup, tanya aja pak Mario teguh.
He... he...😁

Zaman saiki, semua prempuan rambutnya rata-rata pada dilurusin alias direbonding atau dismoothing. Jarang banget yang masih alami kalau rambutnya nggak lurus dari lahir. Bahkan cowok pun ada yang rambutnya dilurusin.
pernah lihat nggak?
pernah kan, pernah pasti.
ngeyel.

Saya sendiri masih alami sih, soalnya kan kemana-mana pakai hijab, mubazir donk ke salon buat lurusin rambut. Malah kadang males juga ngerawat rambut. Apalagi pas dulu masih kerja dan lembur gitu.  Berhari-hari lupa nggak cuci rambut(ih, jijay banget yak😂) soalnya saya nggak tahan sama air gunung yang kalau malem menjelma jadi air kulkas.
Brrrr... Bisa masuk angin dadakan ntar. (Anak gunung pun juga manusia yang nggak tahan kalau masuk angin)
Mohon lupakan soal hal jijay di atas.

Karena itu saya jadi penasaran gimana sih awalnya para perempuan kok bisa ngelurusin rambut mereka yang keriting atau bergelombang itu?

Jadi, ternyata sejarah pelurusan rambut ini sudah dimulai pada abad ke-19 lho. Udah satu abad lebih ya ternyata.  Ada yang bilang terinspirasi dari adanya alat pengriting rambut. kalau bisa dikriting ya harusnya bisa dilurusin juga donk, mungkin gitu mikirnya

Dan zaman dulu ini prosesnya lama dan nggak begitu bagus. Bahkan tahap penemuan obat pelurus rambut ini juga nggak langsung jadi. Ada masa dimana obat pelurus rambut malah jadi merusak rambut dan nggak bagus buat kesehatan. Terlalu lama prosesnya sampai bikin kepala capek, terlalu ribet alatnya, dan terlalu... Terlalu lainnya. Untungnya semakin ke sini, meluruskan rambut udah nggak seribet, selama, dan bahaya kayak dulu. Hasilnya pun juga bagus.
Tinggal harganya aja sih😁

Setelah melakukan rebonding atau smoothing biasanya kalian bakal dilarang keramas atau kena air selama beberapa hari. Dulu saya mikir itu beneran jijik, ternyata hal tersebut dilakukan supaya obatnya meresap dan nggak ilang, dan ternyata saya sendiri nggak rebonding juga sering nggak keramas😂

Selain itu makin jarang keramas, makin awet juga katanya.
Entahlah, saya nggak punya pengalaman sih. 


Menurut info yang saya dapat dari Google kalau rambut kalian direbonding atau smoothing, harus rajin-rajin pakai vitamin rambut, nggak boleh kelamaan dikuncir, keseringan pakai hairdryer atau dicatok, apalagi kelamaan dijambak
Sakit euy

Krik..krik...🙄
ya siapa tahu kan, ada yang hobi bergelud ria trus jambak-jambakan.

Jujur kadang saya pengen juga kalau lihat cewek-cewek yang punya rambut bagus😂, tapi cuma sebatas pengen aja kok, nggak niruin. Kecuali kalau sendiri. Suka sok jadi model depan cermin😂
Geli sendiri bayanginnya.

Maklum lah, dulu pas kecil suka main jadi putri-putrian gitu, dan karena nggak punya rambut panjang. Pasti pakai rambut palsu dari jilbab yang dipasangin ke kepala kayak pakai rambut palsu beneran. Sumpah pengen ngakak kalau inget. Zaman dulu, kreatifnya menggelikan deh😂

Atau kalau pengen jadi Cinderala dengan sepatu kaca dan nggak punya sepatu kaca. Bikin sendiri dengan cara meletakan batu di antara kaki dan sendal, jadi batunya diijek tapi ditaruh di atas sendal gitu😂😂, kan kelihatan lebih tinggi. Wkwk... Dulu nyebutnya "Sandal teklik" karena bunyinya yang teklik-teklik kalau dipakai jalan. Dan senengnya saya pas dulu pulang sekolah tiba-tiba dapat kejutan sandal teklik warna biru dari Emak Bapak. Itulah hari yang sangat membahagiakan di masa kecil saya. Saya pakai itu sendal tiap hari sampai rusak.

Yah, malah curhat sendal teklik...
Im sorry sob...🙏🙏
Back to the topik deh.

Siapa penemu asli pelurusan rambut ini nggak ada yang tahu pasti. Kayaknya berjalan begitu aja, karena adanya keinginan para wanita untuk mempercantik kepala mereka. Jadinya orang-orang pun berlomba cari cara untuk mewujudkan hal tersebut.
Saya dulu juga pernah nyetrika rambut biar lurus, tapi kena air ya langsung balik bergelombang lagi.

Entah mengapa sekarang ini wanita cantik emang identik dengan rambut yang lurus, rambut yang lurus identik dengan wanita cantik. 
Hampir semua wanita yang saya lihat dijalanan rambutnya pasti direbonding atau dismooting. 
Tapi kamu yang nggak berambut lurus pun juga cantik kok... Cantik itu kan relatif. Dan makin ke sini model rambut bergelombang dan keriting pun juga mulai banyak yang suka. Di berbagai tempat dan negara standart kecatikan itu beda-beda, yang penting sih nyaman dan PD aja. Saya nggak pandai soal fashion atau gaya tapi daripada ngikutin gaya mending bikin gaya sendiri yang unik dan kamu banget. Apalagi kalau ditutup rambutnya, nggak cuma cantik di mata manusia kamu juga cantik di mata Allah, (kecuali yang cowok ya)
Ehe... Ceramah dadakan 😁 


See you...








Jadi pengamat film "Cry me a sad river"



Halo assalamualikum sob😁
Hari ini setelah sekian lama saya mau mereview sebuah film yang berhasil bikin saya nangis sepanjang cerita. Bahkan di 10 menit pertamanya.
Seperti judul di atas saya baru saja nonton film "Cry me a sad river" film yang berasal dari negerinya si panda unyu ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul "Bei shang ni liu cheng he"
Rilis pada 30 september 2018 lalu, belum lama-lama banget lah. 

Tema dari film ini sendiri adalah perundungan, lagi-lagi...
Sepertinya tindakan bully emang banyak terjadi di kalangan remaja ya.

Film ini bercerita tentang kehidupan seorang gadis SMA bernama Yi yao yang jauh dari kata sempurna. Ia hanya hidup berdua bersama ibunya yang merupakan seorang tukang pijat, dimana semua orang menganggap ibunya Yi yao ini adalah wanita nakal karena pelanggannya kebanyakan pria. Sejak kecil Yi yao bertetangga dengan Qi ming yang merupakan cowok pintar dan terkenal di sekolahnya. Hubungan mereka sangat dekat meskipun kehidupan Qi ming jauh lebih beruntung dari Yi yao.

Kehidupan Yi yao semakin kacau ketika dia divonis mengidap penyakit menular seksual. Padahal ia tidak melakukan hal-hal begituan.
Nggak usah tak jelaskan ya...

Saya sih udah menduga kalau ini ada hubungannya sama pekerjaan ibunya. Karena kata dokternya bisa aja itu menular secara tak langsung, seperti dari pemandian umum, dll.
Seakan nggak cukup, teman sekelas Yi yao (Tang xiao mi) yang merupakan murid pindahan mengetahui tentang penyakit Yi yao dan menyebarkan gosip tersebut ke seluruh sekolah karena ia cemburu dengan kedekatan Yi yao dan Qi ming.
Bisa di duga apa yang terjadi selanjutnya.

Dari situlah Yi yao mulai mendapat perlakuan yang nggak adil, tindak perundungan secara verbal maupun fisik. 

Di film ini kita benar-benar dibawa masuk ke dalam dunia Yi yao melalui sudut pandangnya. Bagaimana caranya melihat situasi di sekitarnya, kesedihanya, rasa putus asanya. Dan siap-siap nangis nonstop kayak saya😭
Saking sedihnya Yi yao pernah berkata bahwa "kematian itu tidak menyakitkan, hiduplah lah yang menyakitkan. Kenapa manusia hidup?"




Untungnya ada Gu senxi, kehadiran Gu senxi yang merupakan cowok agak bandel ini membawa sedikit senyum di kehidupan Yi yao. 
Ya masak, pas gurunya lagi ngomong di panggung buat nasehatin para siswa supaya nggak bertindak kayak Yi yao, tiba-tiba aja Gu senxi lewat depan panggung dan bikin mikrofonnya jatuh karena kesrimpet kakinya. Alasannya mau ke toilet😂, mana ada murid waras yang mau ke toilet di moment kayak gitu, dan nggak lewat situ juga kalau mau ke toilet. Ditambah, dia ikutan ceramah, bilang kalau kabelnya nggak kelihatan gara-gara matanya ditonjok sama Qi ming yang merupakan murid teladan😂. 



Menurut saya Gu senxi sebenernya suka sama Yi yao tapi nggak berani ngomong terang-terangan.
Walaupun tahu penyakit yang di derita Yi yao, Gu senxi nggak peduli sama sekali. Kebersamaan mereka berdua bikin saya mendadak baper 😁. Perlakuan Gu senxi yang manis dan nggak tertebak, bener-bener bikin leleh hati kaum hawa.

Gu senxi ini punya kembaran cewek namanya Gu senxian. Dimana Gu senxian ini punya hubungan deket sama Qi ming.

Karena berteman dekat dengan Gu senxi, Yi yao jadi lebih berani membalas perundungan yang dilakukan teman-temannya. Lumayan puas pas adegan ini, dan saya berharap nantinya kehidupan Yi yao akan berubah jadi lebih baik. 

Hampir semua adegan di film ini bikin saya nangis. Sampai mata saya perih karena selama satu jam lebih mewek terus😭.
Bengkak pula pas bangun pagi-pagi😂

Film ini bernuasa kelam dan berat, pengambilan gambarnya juga keren banget. Ditambah iringan musik yang menyanyat hati. Walaupun tokoh utamanya diceritakan sebagai seorang pelajar SMA, tapi kita bakalan dibawa masuk ke dalam perasaan tokoh yang kacau dan sedih banget. Hanya lihat tatapan matanya Yi yao aja, saya udah nangis....
Sumpah, tokoh utamanya ini pinter banget menunjukan ekspresi hanya melalui tatapan mata.
Gimana dia sebenarnya nggak ingin kehidupan seperti itu, iri dengan gadis lain seusianya yang bisa berdandan cantik dan wangi, bisa hidup bersama keluarga yang bahagia, dan menjalani kehidupan yang normal. Dia ingin satu saja dari hal itu, tapi nggak ada satu orang pun yang paham perasaannya.
Dan by the way...  Ibunya Yi yao ini nggak tahu kalau anaknya lagi sakit, jadi tiap kali Yi yao minta uang ia selalu marah-marah, itu juga hal yang bikin Yi yao tambah stress, karena ibunya suka marah dan berprilaku kasar padanya. Setelah tahu penyakit Yi yao ibunya merasa merasa bersalah karena itu disebabkan pekerjaannya. Sambil menggandeng tangan Yi yao ia membawa putrinya ke rumah sakit. Moment ini bikin saya terharu banget. Akhirnya satu masalah Yi yao terselesaikan.

Tapi, hidup Yi Yao ini emang penuh sama tragedi. Baru juga happy bentar sama Gu Senxi dan ibunya, eh... Ada hal tak terduga yang terjadi. Hal yang menghancurkan hidupnya untuk ke dua kali dan Yi yao merasa nggak sanggup buat bangkit lagi. Apalagi kali ini dia sendirian. Dia udah muak sama semua orang yang terus ngejudge dia seenaknya, tanpa peduli bagaimana perasaanya selama ini. Bagaimana ia nggak akan pernah lupa sama perlakuan buruk mereka sementara mereka bakal lupa begitu saja. Karena itu Yi Yao memutuskan untuk membuat mereka nggak melupakan apa yang sudah  mereka lakukan seumur hidup mereka. Sebuah penyesalan yang dalam.

Aku tidak tahu siapa yang membunuh Gu senxiang, tapi kalian tahu siapa yang membunuhku"

Iya, bunuh diri. Pada akhirnya Yi Yao memutuskan untuk melompat ke dalam sungai (entah sungai apa laut, kayaknya sih laut🤔, tapi terjemahannya sungai) di depan seluruh teman-temannya. Ia mengungkapkan perasaanya yang ia tahan selama ini. Dan saya nanges lagi😭

Tapi, bukan berarti ini sad ending ya. Saya masih agak nggak paham sama endingnya... Kayaknya si Yi Yao ini masih hidup kok. Kasus perundungan itu pun jadi topik hangat di televisi dan pihak sekolah disalahkan karena nggak bertindak dengan benar.

Pelajaran berharga dari film ini banyak banget. Terutama soal dampak perundungan. Tanpa kita ketahui ternyata lingkungan sekolah yang seharusnya merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi anak justru bisa jadi tempat yang bikin mereka stress. Saya belum jadi orangtua sih tapi bagi saya penting banget untuk mengajarkan pada anak bagaimana seharusnya mereka bersikap pada teman. 
Ceilah sok banget saya, ibuk-ibuk jangan bully saya yang sotoy ya😁


Dan sekian dulu review film kali ini. Jujur aja ini mata saya masih perih dan pusing, tapi semangat banget mau nulis soal film ini saking berkesannya. Saya sarankan kalian buat nonton film ini, apalagi buat kalian yang suka film dengan makna dalam gini.


See you....

7 istilah psikologis yang jarang diketahui

Via.pixabay

Assalamualikum sob...😁
Ehehe...hari ini untuk kedua kalinya saya mau membahas tentang beberapa istilah psikologis yang jarang diketahui orang, padahal bisa jadi hal tersebut pernah kita alami atau terjadi pada teman dekat kita.

Saya bukan psikolog seh, tapi dulu pernah mikir pengen jadi psikolog dengan niatan pengen bantu orang yang punya masalah dan dengar cerita mereka, tapi kata kakak saya jadi psikolog malah bikin stress. 
Nggak tahunya...
Nggak jadi psikolog juga banyak stressnya😂

Okeh, lupakan soal stress-stresan, nggak penting banget lah...langsung aja kita ke number one

1. Eccendentesiast
Alamak... Susah banget bacanya ya...😂 udah kayak anak TK belajar baca pertama kali.
Kalau kamu adalah tipe orang yang suka senyum palsu, maka bisa jadi kamu sedang mengalami yang namanya Eccendentiast. Yaitu ketika kamu tetap tersenyum dan menunjukan sisi ceriamu pada semua orang walaupun sebenarnya kamu punya masalah yang membuatmu ingin menangis. 
Saya rasa semua orang pernah merasakan hal ini. Kadang kita nggak mau bikin orang lain khawatir atau memandang diri kita lemah, cukup senyum aja yang ditebar, sakit disimpan sendiri.
padahal mah, sakitnya tuh di sini... di dalam hatiku.

2.  Ruckkehrunrunhe
Mohon maap kalau susah bacanya, tapi emang begitu namanya. Kira-kira artinya apa ya🤔?
Kalian yang pernah merantau pasti pernah merasakan hal ini. 
Ketika sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun kerja di kota lalu kalian pulang ke rumah. Ada perasaan senang yang nggak bisa dijelaskan ketika menginjakkan kaki di halaman rumah, masuk ruang tamu, masuk kamar sendiri, bahkan mencium bau apek kamar yang lama ditinggal aja rasanya seneng banget. Nah, itulah yang namanya Ruckkehrunrunhe.
Kalau saya dulu pas kerja pertama kali, padahal baru satu bulan lho. Tapi pas pulang ke rumah rasanya itu senang gimana gitu, kayak... Inilah tempat ternyaman di dunia.

3. Ecdemomania
Siapa di sini yang suka banget travelling. Saya angkat jemuran, eh angkat tangan, tapi saya akui saya jarang banget travelling. saya mah anak rumahan, yang kalau mau jalan jauh kudu mengeluarkan jurus seribu rayuan supaya diizinin. 
Apa hubunganya sama Ecdemomania?
Ini adalah istilah untuk seseorang yang nggak betah lama-lama di rumah. Pokoknya maunya jalan-jalan terus. Ke sana lah, ke situlah... Nggak ada waktu yang boleh terbuang sia-sia di rumah. Hidup terbaik itu adalah jalan- jalam menjelajah dunia.


4. Eretomania syndrome
Terlalu gampang baper sama perhatian orang bisa jadi merupakan tanda kalau kamu sedang mengalami Erectomania syndrome. Yaitu ketika seseorang merasa bahwa orang lain sangat mencintainya, perhatian padanya, ada rasa padanya. padahal mah enggak. Baru ditatap 3 detik aja, udah dag dig ser, nebak-nebak dia pasti lagi kasih kode.
Hati-hati lho nanti jatuh cinta sendiri patah hati sendiri.

5. Call the void
Pernah nggak sih kalian lagi pegang hape trus berpikir pengen jatuhin hape itu. Atau lagi di jalan raya mendadak kepikiran untuk nabrakin motor kalian, atau lagi di ketinggin trus kepikiran buat lompat. Atau yang paling ekstrem, lihat calon suami idaman di jalan pengan langsung karungin, bawa pulang, trus dihalalin. ha..ha.. 😂
Tapi kalian nggak benar-benar mau melakukannya, hanya kepikiran dan membayangkan. Hal semacam ini dinamakan call the void.

6. Rhotaschim
Kebetulan saya punya seorang teman yang punya kondisi Rhotaschim (halo Defi🖐) saya tebak, mungkin kalian juga punya.
Rhotaschim, kondisi dimana seseorang nggak bisa mengucapkan huruf "R" aka "cadel"
Oalah...
Inget siapa orangnya?
Bukannya aneh, kondisi ini malah bikin orangnya terdengar lucu dan unik lho, kayak anak kecil. Coba aja suruh ngomong "laler menclok neng pager"😂
Tapi kira-kira mereka yang punya kondisi Rhotaschim tahu nggak ya kalau kondisi mereka disebut Rhotaschim.

7. Propioception
Langsung ke intinya. Propioception adalah keadaan ketika kita sadar di mana letak bagian tubuh kita tanpa melihatnya.
Misal, lagi merem tapi masih bisa nyuapin makanan ke mulut tanpa kepleset ke lutut.
Jauh amat🙄

Dari semua istilah psikologis di atas, kira-kira mana yang pernah kalian alami? Kalau saya sih nomber one, two, and seven.

Saya ramal, kalian pasti juga sama.
Kok tempe?
Karena saya nggak suka tahu, eh, karena saya cuma ngeramal. Kebenarannya hanya kalian dan Allah aja yang tahu😁
Krik...

See you....