Tentang warna hidup, dari anime "colorful"



Assalamualaikum. Indahnya hari ini harus dimulai dengan salam dulu😊
Jangan lupa senyum juga, nggak perlu ditambahin gula karena takutnya terlalu manis wkwk😂

Hari ini saya mau mereview sebuah anime movie berjudul colorful. 
Sekilas saya akan berpikir anime ini bercerita tentang kehidupan anak remaja yang penuh warna. Biasa lah, abg abg labil yang jatuh cinta gitu. Tapi... Ternyata enggak ding.

Colorful bercerita tentang seorang manusia yang sudah mati dan terbangun di alam baka tanpa ingat siapa dirinya, kita sebut saja "ia" biar mudah. Tiba-tiba ia dikejutkan dengan kedatangan seorang anak kecil bernama purapura yang mengatakan kalau ia adalah roh yang terpilih untuk hidup kembali setelah melakukan dosa besar di kehidupan sebelumnya. Ia bisa bereinkarnasi kembali kalau ia bisa menebus dosanya dengan hidup lebih baik dalam tubuh orang lain selama 6 bulan, dan selama itu pula ia harus bersikap baik.
Tanpa tahu info lebih lanjutnya tiba-tiba ia terbangun lagi dalam tubuh seorang anak smp bernama kobayashi makoto Yang mati karena melakukan bunuh diri.

 
Awalnya ia merasa semua berjalan secara normal, keluarga makoto Sangat baik dan hangat. Sebuah keluarga yang terlihat sederhana dan bahagia. Ia heran kenapa makoto sampai melakukan bunuh diri? 
Setelah kembali ke rumah, purapura menjelaskan padanya tentang kehidupan makoto. Tentang ayah makoto yang selalu sibuk bekerja, ibunya yang berselingkuh dan kakaknya yang pintar namun memandang rendah makoto.
Pura-pura juga menjelaskan bahwa makoto melakukan bunuh diri setelah melihat gadis yang disukainya keluar dari sebuah hotel cinta bersama om om, dan yang lebih mengejutkan ia juga melihat ibunya keluar dari hotel tersebut bersama seorang pria asing.


Sejak mendengar penjelasan tersebut ia mulai bersikap cuek dan kasar pada ibunya. Mengabaikan semua perhatian yang diberikan ibunya.
Bahkan ada adegan dimana saya kasihan banget sama ibunya, yaitu ketika makoto makan bersama ibunya dan ia bilang "makan berdua denganmu rasanya membuatku ingin muntah"
Duh, siapa yang sedih lihat ini. Padahal okasan baik banget banget lho 

Singat cerita ia pun memutuskan untuk kembali ke sekolah sebagai makoto karena bosan berada di rumah terus.

Semua anak di kelas tampak meremehkan saat ia masuk ke dalam kelas, apalagi diam-diam mereka tahu kalau makoto tidak masuk karena percobaan bunuh diri. tapi mereka terkejut letika mendengar makoto berbicara. Ia terlihat agak puas karena sebelumnya pura-pura sudah bercerita kalau makoto tidak punya satupun teman. Tapi sepertinya makoto jauh lebih payah dari itu.
Bagi ia kehidupan makoto sangat menyedihkan. Dosa besar apa yang sudah ia lakukan sampai harus masuk ke dalam tubuh makoto?

Untuk menghilangkan rasa kesalnya, ia mulai menikmati kehidupannya dengan bertingkah seenaknya tanpa peduli bagaimana makoto di kehidupan sebelumnya. Ia mengubah gaya rambut dan membeli sepatu keren yang mahal.

Karena makoto ikut klub seni maka ia juga harus pergi ke klub seni. di sana ia hanya duduk di depan lukisan milik makoto Yang belum selesai. Sebuah lukisan kuda dengan latar biru laut. Saat itu ia bertanya-tanya apa yang mau dilukis makoto? Di kelas itu juga ia bertemu dengan gadis aneh berkacamata yang menurutnya sangat menganggu  bernama sano shoko.  Sano selalu mengatakan kalau makoto terlihat berbeda seperti bukan makoto. Makoto tidak peduli lagipula ia memang bukan makoto. Di sana juga ia bertemu dengan hiroka, gadis yang disukai makoto. Rasanya ia tidak percaya kalau hiroka pergi ke hotel cinta bersama om om. Tapi suatu hari ia melihat kejadian itu secara langsung ketika mengikuti hiroka pergi. 



Tanpa mengingat masa lalunya dan dosa besar apa yang telah dilakukan, ia hidup sebagai makoto. Selama 6 bulan itu ia mengalamai banyak kejadian yang perlahan menjelaskan rahasia di kehidupan makoto. Kejadian-kejadian yang tak terduga. Ada banyak banget pelajaran dalam anime movie ini. Menurut saya ceritanya sederhana tapi di akhir saya terkejut dengan plot twist yang disuguhkan. Saya sampai berkaget ria😂
Judulnya pun sesuai "colorful" seperti pelajaran dalam anime ini. 

"Manusia bukan terdiri dari satu warna, tapi beraneka macam warna.warna kita yang sesungguhnya. Warna kita sendiri tidak seorangpun tahu. Majulah dengan penuh warna. Jalanilah hidup dengan penuh warna"

Dan juga anime ini mengajarkan kita untuk tidak menyia-nyikan hidup karena belum tentu ada kesempatan kedua. Ada satu lagi kata-kata yang saya suka di sini.
"Kamu memang sudah mati, harusnya sudah cukup kan? Jangan mati lagi"


Padahal awalnya saya nggak begitu tertarik debgan anime ini karena visualnya yang terkesan kuno, tapi setelah nonton saya kebablasan sampai endingnya😂
Nggak kecewa dan bahkan bisa diulang lagi.

Penasaran?
Bisa cari di google dengan kata kunci" anime colorful sub indo" banyak banget websitenya, tinggal pilih aja.

Btw saya suka warna pink😊
Nggak penting🙄


See you...



Kisah mordake, lelaki bermuka 2 dan arti munafik

Via.pixabay

Kalau mendengar kata muka 2, pasti kita langsung terpikir dengan kata munafik atau malah kebayang seseorang?  Tapi sebelum membahas tentang itu, saya mau berbagi cerita tentang lelaki bermuka dua.
Buaya darat?😠
Bukan, sabar dulu permisah.

Muka dua yang saya maksud kali ini ya memang muka dua.

Mungkin udah ada yang tahu kisah ini, mungkin juga belum.

Tentang seorang pria bernama Edward mordake yang lahir dengan dua wajah.
Bukan 2 kepala.
Menurut catatan sejarah, Mordake adalah seorang pria tampan yang sangat ramah dan lahir di keluarga bangsawan Inggris. Ia selalu bicara sambil tersenyum sehingga orang-orang menyukainya, tapi ketika ia berbalik orang akan melihat wajahnya yang lain. Wajah yang tampak menyeramkan.
Terdengar seperti dongeng ya sob.

Menurut catatan sejarah lagi, wajah kedua Mordake itu laki-laki karena yang namanya kembar parasit pasti punya jenis kelamin sama. Wajah itu juga tidak bisa makan dan bicara. Bisa dibilang hanya seperti topeng yang menempel di belakang kepalanya.

Nggak berhenti sampai di situ. Wajah ke dua mordake ini mengandung cerita horor. Konon katanya ketika malam tiba wajah itu sering membisikan sesuatu seperti setan sehingga membuat Mordake tidak bisa tidur. Selama hidupnya ia berusaha untuk melenyapkan wajah itu tapi pada masa itu tidak ada dokter yang sanggup melakukannya. Akhirnya karena tertekan Mordake memutuskan untuk bunuh diri di usianya yang ke 23 tahun. Sebelum bunuh diri mordake sempat menulis surat yang berisi permintaan untuk membuang wajah keduanya sebelum ia dimakamkan. Karena ia takut wajah itu akan mengikutinya dan berbisik padanya di dalam kuburan.

Wah.. Serem ya sob😖


Meninggalkan kisah Mordake di atas. Kita akan membahas sedikit tentang arti kata "munafik"
Munafik atau nifak sendiri sebenarnya digunakan untuk menyebut seseorang yang berpura-pura mempercayai agama islam alias beriman tapi hatinya memungkiri hal tersebut. Orang munafik adalah orang yang suka berbohong dan tidak bisa dipercaya. 

Sekarang, gampang banget bagi seseorang ngatain orang lain munafik.
  "Dasar muna"
Mana nyebutnya nggak lengkap. Kan kasihan yang namanya muna. Korban perasaan jadinya.

Padahal masalahnya sepele, cuma salah paham tapi udah dikatain munafik. 
Emang gampang ya ngejudge orang seenaknya. 
Kita mengartikan munafik adalah, apa yang diucap nggak sama dengan apa yang dipikirin.
Kalau gitu saya ini juga pernah munafik dunk...kalian juga pasti pernah munafik dunk. Karena ngakunya udah kenyang padahal masih laper (efek diet), ngakunya suka keju padahal lebih doyan singkong (biar gaul), ngakunya benci padahal cinta😍(karena gengsi)
Ngakunya single padahal punya 5 (ABG tua)

Gubrak, sape tuh?😠
Calmdown, lock down.

Orang akan dikatakan munafik kalau dia memenuhi 3 persyaratan ini : jika bicara berdusta, jika berjanji mengingkari, dan jika dipercaya berkhianat.

Munafik lebih serius dari sekedar, apa yang diucap nggak sesuai perasaan. Apa itu sebabnya ngomongnya pada nggak lengkap, muna?🤔
Bisa jadi... Bisa jadi...

Mungkin kita pernah melakulan satu dari persyaratan munafik di atas.
"Jika bicara berdusta"
Rasanya sekarang nggak ada manusia di dunia ini yang pernah hidup tanpa berbohong. Sampai ada istilah bohong demi kebaikan. Karena memang kebohongan itu erat dengan manusia.

Ceileh. Sok banget ngomongnya🙄

"Jika berjanji mengingkari" saya rasa, pasti ada orang yang pernah melakukan ini. Walaupun sebenarnya janji itu sulit diingkari lho sob. Kalaupun seseorang mengingkarinya pasti ada rasa bersalah. Jadi nggak semua orang sanggup untuk mengingkari janjinya.

"Jika dipercaya berkhianat" ini yang seharusnya paling sulit dilakukan, karena berkhinat setelah dipercaya itu sulit. Ibaratnya kamu sudah diselamatkan seseorang, diperlakukan dengan baik layaknya saudara, tapi kamu mendorongnya ke jurang.
Pasti ada rasa sakit juga yang kamu rasakan. Hanya orang tertentu yang sanggup melakukan ini.

Tunggu..tunggu.. Kayaknya kok saya lgi bikin tutorial jadi orang munafik ya🤔
Nggak...nggak, jangan salah paham dulu sob. Yang saya tulis di atas maksudnya, bahwa nggak semua orang bisa jadi munafik seutuhnya. Mungkin kita pernah bohong tapi nggak lantas menjadikan kita munafik. Munafik itu rumit, nggak baik, tercela. Dan bagaimanapun juga manusia membenci hal yang nggak baik. 

Jadi jangan seenaknya ngatain orang lain munafik, kalau dia sakit hati trus jadi munafik beneran gimana?
Siap-siap didorong ke jurang engkau.

Yah.. Cukup sekian pembahasan soal munafik. Mohon maaf jika ada pendapat yang nggak sependapat, karena pendapatan emang lagi nggak karuan.
Eh, keceplosan🙈
Salam non munafik.

See you....












Makna cinta dalam anime "violet evergarden"


Bagi para penyuka anime atau wibu pasti sudah tahu dong sama anime yang satu ini. Saya sendiri sudah lama dengar tapi baru kemarin-kemarin-kemarinnya sempet nonton. Dan..
Emmm apa ya...
Apa sih, lama🙄

He..he... Biarkan saya mendongeng aja dulu. Jadi Violet evergarden bercerita tentang seorang gadis bernama violet yang mencari makna dari kata "aishiteru" alias "cinta" dengan cara bekerja sebagai boneka auto memory yaitu seseorang yang menuliskan surat berdasarkan permintaaan orang lain.

Kenapa kok sampai segitunya? Kenapa nggak cari aja di google makna dari aishiteru ini? Atau tanya naruto aja gitu.

Tak sesimple itu ferguso...
(Lagian naruto mana ada di sini🙄)

Jadi sejak kecil violet ini dijadikan sebagai alat untuk perang. Itu sebabnya dia ini nggak paham apa yang namanya senang, sedih, dan perasaaan lainnya. Baginya hidup hanya untuk berperang dan mematuhi kata tuannya. Bahkan dia nggak bisa bicara. Lalu suatu hari violet ini dijadikan sebagai kado ulang tahun untuk mayor Gilbert.

Sejak saat itu violet diperlakukan lebih baik. Dia diajar bicara, membaca dan menulis. Sang mayor tak pernah menganggap violet sebagai alat atau anjing untuk perang karena violet adalah manusia sama seperti dirinya. Violet yang awalnya bertingkah kasar seperti binatang lambat laun menjadi lebih kalem karena kasih sayang dari mayor gilbert. Hal itu tanpa violet sadari membuatnya mengaggumi sang mayor. Tapi ia tak paham, dinamakan apa perasaannya itu?



Episode pertama anime ini dibuka dengan adegan violet dan sang mayor yang berada di suatu tempat dalam kondisi sekarat. Sang mayor menangis dan meminta supaya violet hidup dengan bebas. Di akhir, ia juga bilang "aishiteru" yang artinya aku mencintaimu sambil menangis.
Dari semua adegan dalam anime 14 episode ini, saya paling suka adegan ini. Padahal ini adegan tragis lho, tapi bagi saya ini adegan spesial. Inti dari semua ceritanya ada dalam adegan ini. Saya suka ekspresinya sang mayor saat bilang "aishiteru" ngena banget rasanya.

Lalu adegan beralih ke rumah sakit, memperlihatkan violet yang sedang menulis surat untuk sang mayor. Tapi ia masih belum bisa mengendalikan tangan barunya yang terbuat dari besi, sehingga suratnya tidak selesai dan terbang terbawa angin. Tangan violet ini kayak robot gitu low sob karena tangannya yang asli hilang ketika perang. Bahkan awalnya saya kira si violet juga robot.

Kehidupan violet pun berlanjut, ia bekerja di sebuah perusahaan pos milik jendral Hodgins( btw jendral hodgin ini temennya mayor Gilbert) di sana violet bekerja sebagai boneka auto memory yaitu  seorang penulis surat. Karena pada masa itu banyak orang yang belum bisa membaca jadi mereka membayar orang untuk menuliskan surat kepada orang lain.  Tapi karena Violet tidak begitu paham perasaan seseorang ia jadi sering mendapat complain dari pelanggannya. Meski begitu violet tetap berusaha karena ia ingin memahami apa itu makna dari "aishiteru" selama itu pula violet tidak tahu kabar dari mayornya, setiap kali ia bertanya jawaban yang diterima selalu tidak pasti. Padahal dia sangat ingin bertemu mayornya.

Walaupun menurut saya cerita dari anime ini nggak terlalu wah, tapi ada yang menarik banget dari anime ini yang bikin saya nggak bosen nonton sampai episode terakhir.
Latar tempat dari kota liden dengan pemandangan yang so beautifull, suasana, ekspresi yang ngena banget, dan kata-kata yang diucapkan di anime ini tuh keren, rasanya hampir sama ketika saya nonton "shingatsu wa kimi no uso"

Tapi saya paling suka ekspresi dari violet ini. Di sini ia diceritan nggak begitu paham apa itu perasaan senang dan sedih, tapi anehnya tanpa bicara pun kita bisa tahu apa yang violet rasakan. Pokoknya ekspresinya the best deh.

Jadi, sed

Saya ikut terbawa alur ceritanya gitu. Setiap episode dari anime ini akan menunjukan kisah hidup dari pada kliennya violet, dimana hal tersebut membuat violet jadi lebih manusiawi dan semakin memahami arti dari kata aishiteru yang diucapkan mayornya.

Kalau menurut kalian apa sih maknanya aishiteru?
Apakah makan sepiring berdua?
Tiap bulan dikirim paket kuota?
Atau dibawa ke KUA?

Yang terkhir...yang terakhir😍

Mungkin kalian kudu coba nonton kisah violet ini dan melihat makna cinta seperti violet. Nggak cuma cinta tapi juga banyak hal yang bisa kalian pelajari dari anime ini.
Akhir kata saya ucapkan "aishiteru sob😍"

 See you...









Sederhana tapi jengkelnya luar biasa

Via.pixabay

Kayaknya nggak tepat kalau disebut sederhana, tapiiiiiiiiiii nggak tahu mau nyebutnya apa.
Intinya aja, ini adalah beberapa kejadian kecil yang berhasil bikin hampir seluruh penduduk bumi ini jengkelnya warbyasah.
Wah.. Apaan tuh? Sampai seluruh penduduk bumi dilibatkan.

Kasih tempe nggak ya....😂

Wkwk, jangan percaya sob. Saya emang kadang kelebihan kalau ngomong.
Ralat : melebih-lebihkan🙄

Intinya lagi, hal-hal ini emang cukup menganggu dan bikin sebel.

1. Saya sedang berkendara di jalanan, sesekali ngebut buat gaya sesekali pelan buat santai😁.
Tiba-tiba hal terduga terjadi.
Iyup, kepala mendadak gatal.
Mau digaruk terhalang helm, mau berhenti ya nanggung amat.
Alhasil di tahan aja.

Ngaku, siapa yang pernah begini. Saya sering pakai banget. Padahal rambut nggak kutuan.
Mungkin kitian, kataan, atau ketean?
Entahlah, asal jangan kutukan.
Serem banget🙄
Meskipun ini hal sepele tapi bikin saya jengkel banget lho.
Kalian gimana?

2. Ketika hal ini terjadi, maka meja, pintu, kursi bakal jadi benda terkutuk saat itu juga.
Bayangin dong sob, lagi santai mau ngambil apa gitu atau mau mandi gitu sambil nyanyi pakai suara yang merdunya udah kayak angnes monikah.
Tiba-tiba...
Krek
Jari kaki kek patah rasanya😵
Tak dapat dijelaskan, terlalu rumit untuk diungkapkan. Udah, lompat-lompat aja sambil muter. Siapa tahu berat badan turun
Krik🙄

3. Masih muda tapi sering lupa.
Semoga aja ini bukan penyakit ya.
Pernah nggak sih, kalian lagi bawa sesuatu terus kalian taruh. 5 detik kemudian kalian bingung nyariiin itu sesuatu di mana?
Padahal baru dipegang, kok ilang, apa ada tuyul dadakan, masak tuyul sekarang juga doyan nyolong cotton bud?
Wah, fenomena tuyul milenial nih.

Dan setelah bermenit-menit yang panjang berlalu dalam jengkel karena nyariin tapi nggak nemu, kalian menyerah. Tapi tiba-tiba sesuatu itu ketemu, di dalam saku baju, di atas meja, disempilin di telinga, atau yang paling parah dipegang di tangan.



4. Ini adalah hal yang sering saya alami juga. Bikin jengkel banget, tapi udah terbiasa. Terbiasa jengkel maksudnya.

Seperti, saya lagi download game udah 95 % tinggal dikit lagi bakalan selesai.  Tiba-tiba gagal karena memori hape nggak cukup. Hua... Sebel banget rasanya. Atau udah selesai di downlod Tapi nggak bisa diinstal dan hilang. Mubazir deh kuotanya.
Atau kalian bisa beri contoh yang lain?
Semisal tinggal dikit lagi mau nyatain cinta ke dia yang udah 3 tahun dipendam atas dasar pertemanan, tapi tiba-tiba aja dia udah ada yang punya.
Padahal tinggal dikit lagi.
Atau tinggal dikit lagi jadi orang terkaya di dunia, yang kemana-mana naik helikopter berlapis emas, tinggal dikit lagi ice creamnya sampai mulut, tapi dibangunin emak.
 "Bangun tong, mau mak siram pake aer apa pake minyak"

Sepele sih sob tapi emang hal-hal simple kayak gitu kadang bisa bikin perasaan campur aduk. Bisa jadi seneng bisa jadi juga jengkel. 
Kemarin sore saya yang udah mengaggur karena efek covid 19 selama beberapa minggu akhirnya menyadari kalau saya nambah gemuk.
Oh my god.
Maka dari itu saya memutuskan untuk melakukan sesuatu, kebetulan rumput di depan rumah udah banyak dan nggak ada yang bersihin. 
Dan seperti yang diduga saya jadi orang pertama yang bersihin itu rumput. Kemudian yang terjadi, saya kesel banget sampai sakit perut hanya gara-gara ada satu rumput yang susah banget dicabut😠, kayak mau ngajak berantem. Saya ladeni dong.
Yah. Padahal sebenarnya penyelesaiannya simple banget, tinggal di bersihin pakai sabit juga kelar kan tapi dasar saya nya yang kadang suka nggak beres.
Wkwk😂😂😂


Sekian dan trimakasih ya sob, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan.
Semoga kita semua diberi kesempatan untuk jadi lebih baik di tahun depan.
Amin

See you....











Temanya, ngomong nggak jelas

Via.pixabay

Assalamualaikum
Hay sob, gimana kabarnya kalian yang sekarang lagi stay at home?
Semoga aja baek-baek nggak kurang apapun ya.
Meskipun saya yakin pasti kalian pada kurang piknik😂
Sama, saya juga😂, kurang duit juga iya😂
Malah mungkin ada yang kurang cinta.
Jleb.

Udah ketawa aja bareng. Yang penting kita masih sehat.

Hari ini kayaknya udah tiga minggu lebih saya nggak kerja. 24 jam dihabiskan di rumah. Nyapu bentar, makan bentar, mandi bentar, minum bentar, bikin gambar bentar, nonton anime bentar. Buka facebook, IG, youtube, bentar. 
Eh, nggak ding, kalau pegang hape yang lama jadinya bentar😂
Kayak kalau lagi sama kamu.
Ea...
Intinya, saya jadi pengangguran sekarang. Sedih tapi mau gimana lagi😟

Tema hari ini mungkin sekedar nulis aja.
Saya kehilangan mood menulis karena kelamaaan di rumah. Kayak nggak ada ide yang nyantol di kepala. Padahal seharusnya ini jadi waktu yang tepat buat fokus ngeblog.

Jadi hari ini yang bisa saya bagikan adalah 70 % nggak jelas dan 30 % yang kira-kira adalah nggak jelas juga.

Sama ae tong🙄

Mau bahas apa sih sebenernya?
Biar jelas baca aja langsung.

Bedanya  kali ini keenggak jelasan ini untuk membangun semangat baru. 


Hemm... jadi karena covid 19 ini saya jadi sering main sama adek lelaki saya (anaknya paklek) yang juga lagi libur sekolahnya. Masih kelas 2 SD. Karena dia juga nggak boleh kemana-mana jadilah kami berdua menghabiskan waktu dengan nonton anime bareng, dan saya baru inget kalau saya lebay maksimal saat sedang nonton anime. Anime yang saya tonton kali ini adalah "black clover"
Kyaa...😍
Selama nonton anime ini saya udah kayak orang gila yang ketawa sendiri, senyum sendiri, nabokin adek saya yang ikutan nonton sambil jejeritan, nabokin boneka kalau adek saya nggak ada.
Gimana ya, saya terlalu terbawa suasana😂😂
Mungkin bagi orang yang yang nggak suka anime, saya berlebihan. Tapi kalau kita sesama penyuka anime pasti paham kan rasanya.
😊
Dan karena kelamaan nonton anime, kegiatan sehari-hari juga jadi terpengaruh.
Semisal saya lagi nunggu gabah yang dijemur  di depan rumah sama adek saya. Ketika ada ayam yang mendekat, saya langsung auto teriak.
  "Sofyan, keluarkan jurusmu" 😂😂😂
Dan ini nggak cuma sekali. Atau kalau adek saya lagi duduk saya iseng nyamperin sambil berlagak nyerang dia.
  "Hya...." saya tusuk perutnya pakai tangan ala-ala anime. Benar-benar kehidupan yang menyenangkan. Kadang mau ke dapur aja diselingi gerakan nyeleneh🙈

Selain itu saya juga sering bikin cerita sama adek saya, terispirasi dari ayam-ayam yang suka ngumpul depan rumah.
Ada ayam yang lagi rebutan bangkai anak ayam, saya bilang sama adek saya :

Si ayam betina yang besar datang sambil bilang, "hoey, itu makananku, pergi kalian semua"
Ayam-ayam lain menyingkir sambil mengawasinya, 
Lalu si ayam betina mendekati bangkai ayam dan memperhatikannya, menyadari itu hanya bangkai ayam ia jadi tidak suka dan menyingkir perlahan.
  "Ternyata nggak enak" kata si ayam betina besar"
  "Tadi katanya yang punya" kata ayam lain"
  "Apa lu" marah si ayam betina besar dan mereka pun bubar. cerita tamat. 

Ketawalah saya dan adek saya. Garing banget kan. Tapi seru.

Kemudian saya jadi lebih sering ngobrol sama kyubi.
What?
Iya, kucing saya. Namanya jadi kyubi sekarang. Kemarin sih empus, tadi pagi ucil.
Jadi namanya siapa?
Ya terserah saya.
Kalau kucing saya lagi tidur pasti saya datang. Saya tutup idungnya, biar nggak bisa napas trus bangun. Atau saya ubah posisi tidurnya jadi ngadep atas. Wkwk... Lucunya dia nggak bangun lho. 

Kalau kucing saya laper minta makan, saya kerjain dulu.

Meong....
Opo sih pus, w ke ngomong opo, gak paham aku.
Meong
Hah, opo? Sing jelas tow pus nak ngomong
Meong
Maem?
Meong
Saya ambil makanannya tapi nggak langsung saya kasih saya bawa kesana kemari dulu sambil ketawa sementara si empus ngejar di belakang😂

Kayaknya libur yang amat panjang ini, bikin saya jadi kaum rebahan yang perfeck. Ada kalanya merasa nggak berguna gitu. Seharian cuma di kamar maen hape.
Tiap hari ngobrol sama emak, nanyain kapan si covid mau bubar? Emak juga nanya balik.
Yah, semoga aja semua ini lekas berakhir ya sob. Semoga semuanya kembali seperti semula, atau kalau bisa, jadi lebih baik lagi nantinya.

Sekian keluh kesah yang nggak jelas ini. Walaupun sepertinya ini lebih ke ngumbar aib kegilaan saya ya😂
But, no problem. Saya lega. Menemukan lagi semangat buat ngeblog.

See you



Pengalaman saya, jadi petani lebay

via.pixabay
yang pasti, saya nggak sekece itu pas di sawah

Huft..tarik nafas dulu, ambil posisi duduk yang nyaman.
Kenapa judulnya begitu?
Karena hari ini saya mau membagikan kisah lebay saya tentang susahnya kerja di sawah alias jadi petani, atau farmer.
Udah saya tebelin kata lebay di atas. Karena mungkin cerita ini akan terdengar lebay untuk beberapa orang.
Ehem..ehem.. Batuk bergaya dulu😌

Jadi, hari sabtu beberapa minggu lalu. Saya pergi ke sawah buat bantuin emak panen padi. Karena kondisi bapak sekarang yang lagi sakit dan nggak memungkinkan beliau untuk bekerja, makanya saya harus bantu-bantu dong.

Sebenarnya saya jarang banget bantuin emak bapak di sawah, bisa dibilang nggak pernah sama sekali, karena kalau ke sawah mungkin cuma nganterin doang, trus duduk di pinggir sawah sambil main hape, menikmati sepoi angin dari alam.
Wa.. Jangan dilempar sendal😰

Gue lempar sepatu🙄

Sabtu itu nggak cuma nganterin saya juga melakukan yang namanya "action"
Yaitu, ngarit pari alias motong padi.
Kedengarannya emang gampang ya sob. Saya juga mikirnya gitu.
Jadi pas sampai di sana, saya langsung bilang ke emak mau bantuin. Tinggal sabit-sabit aja entar juga kelar.
Lagian cuma tinggal setengah petak aja. Kecil ini mah.
Tetapi...
Ternyata imajinasi memang tak selalu sesuai dengan kenyataan.
Motong padinya enak, punggungnya yang kayak mau patah karena harus berdiri jongkok, berdiri jongkok, ditambah cuaca yang panas, badan udah kayak dipanggang. Dan yang paling horor buat saya adalah. Ada ulat di sela-sela padi itu.
Hewan yang paling saya takuti seduna akhirat😱
Oekh,.. nggak selebay itu juga. Intinya saya takut sama ulat. Dan untuk menghindari hal memalukan seperti menjerit manja, dan ngibrit ketakutan sampai tanpa sadar tiba di jakarta, saya harus cepet-cepet dan pura-pura nggak tahu kalau ada ulat di sana. Walaupun tetep aja saya lihat dan menjauh. 
Karena saya bukan Mahen yang bisa pura-pura lupa gitu aja😐

Senangnya, ketika acara motong padinya udah kelar. Saya pikir bakalan cepet pulang. Tenyata, masih harus ngusungin padi yang udah di potong ke atas, masih harus gepyok (itu low, mukul-mukul batang padinya ke kayu supaya butiran padinya lepas) dan masukin butiran padinya ke karung.
Oh my god.
Suer sob, saya udah mau pingsan. Perut udah sakit, badan udah kliyengan, dan kulit gatel-gatel keringetan.
Lebay emang, kan udah ada peringatannya di atas.
Rasanya saya mau pingsan aja, siapa tahu ada pangeran yang nangkep😂



Tapi itulah yang saya rasakan. Mungkin karena saya nggak pernah melakukan hal itu sebelumnya, jadi rasanya kayak dipaksa olahraga tanpa pemanasan. Saya berkali-kali minum dan istirahat. Sampai akhirnya saya nggak kuat juga😂
Emak nyuruh saya pulang aja, dan balik lagi entar buat jemput dia. Saya ragu dong, masak ninggalin emak sendirian di sawah.
Durhaka banget kayaknya.

Tapi daripada nggak kuat dan pingsan di sana, maka saya iyain, tapi..tapi.. sebelum itu, saya usungin dulu semua jeraminya dari bawah ke atas. Seenggaknya emak tinggal gepyok aja.

Mulailah saya ngusung jerami.

Masyaallah....
Rasanya ndak kuat aku.
Ada 10 kali an saya naik turun, apalagi di desa bentuk sawah kan terasering.
Kalau bisa menjerit, mungkin kaki saya bakalan kabur karena protes. Walaupun begitu akhirnya dengan kekuatan yang pas-pasan saya berhasil memalui eh, melalui itu semua
Ha..ha. .ha...
Saya pamit pulang, dan langsung mandi. 
Satu jam kemudian saya jemput emak lagi di sawah. Padinya ditinggal, nanti bakal diambil sama kakak saya.

Itu pengalaman pertama saya kerja di sawah, lalu beberapa minggu kemudian saya bantuin emak di sawah lagi. Panen juga, tapi kali ini saya cuma ngusungin padi doang. Alhamdulilahnya lebih mudah, apalagi kali ini saya dibantuin pak lek juga, jadinya cepet kelar😊

Dari pengalaman di atas saya belajar banyak hal. Ternyata kerja orangtua saya selama ini sekeras ini. Saya tahu kalau mereka kerja keras untuk merawat anak-anaknya tapi beda rasanya setelah saya merasakan langsung apa yang mereka kerjakan. Saya jadi lebih paham, jadi lebih sayang, jadi lebih mewek juga😭 ngebayangin perjuangan mereka.
Sedih, masih belum bisa ngasih apa-apa.

Pokoknya rasanya nano-nano, sampai nggak bisa dijelasin. Saya berdoa banyak hal buat mereka. Semoga dikabulkan.

See you sob....






Cobaan ngeblog versi saya

via.pixabay

Halo, selamat pagi siang, sore, malam, dan selamat ulang tahun bagi sobat yang lagi berulang tahun. Hari ini saya mau membahas tentang "cobaan ngeblog"
Sebagai blogger versi saya.

Kita pasti pernah mengalami yang namanya males mau nulis, bingung, mau nulis, sampai nggak mau nulis karena beberapa hal. Bisa jadi karena baru putus cinta atau putus sendal jepitnya wkwk😂
Sa ae lu tong🙄

Saya sendiri tipe orang yang moody'an, kalau lagi bad mood ya alamat blog terabaikan. Selain moodyan saya ini juga tipe orang yang gampang tergoda...
Wkwk.. Bahasanya...😂

Maksudnya kalau ada yang lain yang lebih menarik. Saya bakal pilih yang lebih menarik.
Duh, kok belibet ya ngomongnya, jadi pada salah jalan kan.. Eh salah paham. Salah ngomong nih.
Salah semua🙄

Langsung to the point aja deh. Apa sih godaan ngeblog versi saya?

1. Drama korea
Oppa...sarangheyou...😍
Sebagai wanita yang gampang baper saya langsung jatuh cinta pas pertama kali nonton drama korea di TV. Apalagi pas dapet temen yang sama-sama kpopers
Wah.. Saya langsung menggila. Pikiran jadi gehalu kemana-mana...
Apalagi ngehalunya bareng sesama kpopers.
Ya ampun itu orang cakep bener...
Ya ampun so cwit
Ya ampun ikutan sedih
Ya ampun...ya ampun...
Lupa udah seminggu nggak nulis blog
Gubrak
Bledar....⚡⚡
Tapi selain kisah cintanya, menurut saya drama korea sendiri harus diacungi jempol karena berbagai macam cerita yang tidak terduga dan menarik banget. Bahkan saya sebenarnya lebih suka yang genre mistery dan thriller atau campuran dari keduanya. Dari pada cuma cinta-cinta'an.

2. Baca komik
Webtoon, jadi aplikasi yang nggak pernah sekalipun saya pasang copot di hape saya. Soalnya ini nih tempat baca komik paling super duper asyik. Gratis,  ada banyak genre cerita. Kalau terlanjur masuk webtoon dan suka sama satu komik saya bisa berjam-jam mantengin hape dan lupa segalanya. Dan itu biasanya berlangsung selama berhari-hari.
Wkwk...
Selama-berhari-hari itulah saya bodo amat sama blog. Yang penting lanjoot terus baca komik sampai tamat. Pas udah selesai. Barulah penyesalan tiba.



3. Baca cerita
Selain webtoon saya juga suka wattpad dan noveltoon. Sama aja. Kalau lagi kecanduan baca cerita di sana saya nggak bakalan mau berhenti untuk melakukan aktivitas lain. Kecuali makan, minum, mandi, makan lagi, minum lagi biar nggak keselek, mandi cukup sekali aja
Wkwk😂😂
(Pengakuan pilu)
Saya nggak suka kepo lama-lama jadi kudu dituntaskan secepatnya.
Dan juga, by the way..  Saya juga kadang ikutan nulis di sana. Permisih promosi bentar. Kalian yang kepo sama cerita karya saya bisa baca di noveltoon yak, judulnya gadis jerami.
Ah, Aku malu🙈

4. Terlalu bahagia, terlalu sedih.
Nah, harusnya kan kalau dalam kondisi begitu saya punya banyak ide. Misal lagi sedih banget karena gebetan jalan sama wanita lain, saya harusnya bisa bikin puisi tentang hati yang tersakiti seperti ditusuk pisau belati.
Wkwk.. Nggak-nggak, kayaknya contohnya nggak tepat banget😂

Intinya, dalam kondisi tersebut saya malah terjerumus. Kalau terlanjur senang, misal 2 hari lagi mau pergi liburan dari beberapa hari sebelumnya, Udah senyum-senyum excited sendiri. Bayangin ntar mau gini gitu di sana dan saking senengnya bikin rencana lupa sama blog deh. Dan kalau terlanjur sedih. Misal...
Misal apa lagi ya, pokoknya kalau lagi sedih saya bakal bergalau ria sepuasnya. Kalau galaunya belum tuntas, nggak mau ngurusin hal-hal lain.
Jadi, situasi aman buat saya. adalah yang datar-datar aja.😂

5. Ngegame teros
Sebenarnya saya bukan tipe orang yang hobi ngegame. Dari dulu hape saya nggak pernah ada gamenya.. Tapi mendadak...
Karena beberapa waktu lalu saya sakit dan bosan berada di rumah maka saya coba-coba download game di playstore. Itu juga berkat anak paklek saya yang masih kecil tapi ngeracuni pikiran saya supaya download game aja. Waktu itu saya download game broken dawn, game yang permainanya tentang melawan para alien.
Dari situlah, saya jadi kecanduan game. Sumpah... Ini pertama kalinya saya nggak bisa berhenti ngegame. Ternyata inilah yang dirasakan para manusia pecinta dunia game alias gamers.
Selama beberapa waktu saya merasa jadi blogger berjiwa gamers, kadang ngoceh sendiri kayak para gamers di youtube😂.

Untungnya makin ke sini, saya mulai bosan juga. Walaupun kalau ada game baru yang menarik saya bisa kumat jadi gamers dadakan. Anehnya saya nggak suka mainin game yang udah populer. Semacam pubg, free fire, mobile legend. Karena emang nggak bisa main wkwk😂😂🙈

Baca juga : Kangen dunia jadulku

Kira-kira itulah beberapa hal yang bikin saya sering banget lupa sama blog. dan kalau dipikir lagi sepertinya isi dari artikel ini mirip banget sama artikel saya terdahulu, tentang apa yang saya lakukan kalau lagi nggak ngeblog🤔

Ya aun, baru nyadar, tapi udah kelar. Gak papa lah ya😂
By the way, on the way, bagaikan rambut kamu yang melamway-lamway.
Lambai oey🙄

Saya sebenernya lagi cemas dan nggak tenang karena virus corona yang sudah masuk ke Indonesia dan menyerang ratusan orang. Walaupun di sini masih cukup aman. Tapi tetep aja, lihat masker di toko udah nggak ada, jalanan yang sepi karena anak sekolah libur semua dan hand sanitizer yang mulai di taruh di mana-mana bikin saya jadi kepikiran terus. Tiap hari lihat berita di tv atau hape supaya tahu perkembangannya, tapi makin ke sini saya makin khawatir aja. Stay cool di rumah aja, nggak ding, saya mana pernah cool😂
Huft...
Berdoa aja semoga semua baik-baik aja. Semoga orang-orang yang kita cintai selalu aman dari si corona. Dan semoga tahun ini berjalan dengan baik.
Amin...

See you....





Membongkar hubungan trauma dan rasa sakit

via.pixabay

Waduh.. Judulnya udah kayak berita-berita viral di tv. Tapi kalau di tv tokohnya si anu and si ani,
(Moon maap ani, pinjam namanya bentar🙏)
Di artikel ini tokohnya adalah trauma dan rasa sakit.
Memang apa sih yang mau dibongkar dari ke dua hal tersebut?

Ehem..ehem...
Batuk, diPHP in aja🙄
Krik...

Jadi dulu saya pernah mengalami kecelakan sepeda. Dimana kecelakaan itu berdampak pada tangan saya yang akhirnya sering sakit walaupun kata dokter nggak ada yang patah. Anehnya rasa sakit tersebut bisa timbul ketika saya dibonceng dngan kecepatan yang bikin bablas angine. Karena ketakutan dan teringat kejadiannya, saya bisa merasa tangan saya jadi sakit lagi.
Aneh, saya pikir karena kalau sepeda berhenti rasa sakitnya perlahan hilang
Saya yang punya jiwa kepo ini akhirnya mencari tofu.
Tofu : tahu

Apakah ada hubungan terselubung diantara trauma dan rasa sakit? Apakah hubungan ini sudah terjalin lama tanpa diketahui yang lain? Hemmm... Mari kita bahas bersama pemirsah budiman😁

Pernah dengar tentang fibromyalgia?
Apaaan dah tu?🙄
Kalau belum mari saya jelaskan secara mubeng-mubeng.

Fibromyalgia adalah suatu kondisi dimana sebagian atau seluruh tubuh terasa sakit saat mengalami suatu hal yang berkaitan  dengan kejadian di masa lalu seperti trauma, kecelakaan atau bahkan masalah keluarga.
Dikutip dari halosehat,
Fibromyalgia biasanya terjadi dan memicu rasa stress pada penderitanya
Nah, rasa stress dan trauma inilah yang membuat reseptor rasa sakit di otak jadi makin sensitif persis kayak kamu pas lagi potek hatinya😂 dan kemudian orang membentuk memory rasa sakit yang akan muncul di saat tertentu.

Biasanya orang menganggap Rasa sakit  adalah perasaan yang timbul karena serangan fisik.
Tapi oh tape...
Makan tape enak nih😋
Ternyata sakit hati pun juga bisa memicu rasa sakit pada tubuh. Hal seperti ini disebut dengan gangguan psikosomatis, yakni ketika pikiran menyebabkan penyakit fisik.
Kalau bahasa gaulnya "sakit tapi tak berdarah"
Itu, ya itu.
Ha..ha...😂
Pasti pernah kan mengalami hal kayak gitu. Contoh simplenya nih. Ketika kita terlalu cemas dan grogi, tiba-tiba perut jadi mual, keringetan, deg-degan. Kirain jatuh cinta nggak tahunya deep colector lewat....😂
Jiwa para pengutang bergejolak.



Gangguan psikomatis ini hanya dirasakan oleh pasien tapi dicek ke dokter keadaan tubuh sehat wal afiat. Masalah utamanya berada dalam pikiran. Karena otak kita yang mengatur segalanya termasuk rasa sakit, jadi ketika kita sedih memory dari rasa sakit akan kesedihan itu terasa oleh tubuh. Seringkali orang yang mengalami itu dianggap lebay, bohong dll. Padahal emang terasa sakit walaupun tanpa bukti nyata.
Nah, saya mungkin bukan guru, bukan pelukis, bukan artis, bukan selebritis, singkatnya saya bukan dokter atau psikiater😁 tapi nggak salah kan ya kalau saya kasih tips-tipa di bawah ini untuk menangani gangguan psikosomatis

1. Pergi ke psikiater
Karena semuanya berasal dari pikiran maka cara yang efektif sebenarnya dengan berkonsultasi ke psikiater. Cari masalahnya, kenapa bisa begitu?
Kenapa setiap lihat tempe bersanding dengan tahu di atas piring rasanya perut sakit banget?
Kenapa lihat sambel dan lalapan di sebelah tempe dan tahu perut makin sakit?
Apakah trauma di masa lalu penyebabnya?
Mungkin tidak😂
Ok, back to the topic.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk ikut psikoterapi juga kalau merasa dibutuhkan.
Ingat psikiater, jangan ke dukun.
  "Mbah, saya kalau lihat pak dosen kok deg-degan, keringetan dingin. Apakah saya di santet?"
  "Skripsi udah kelar?"
  "Belum mbah"
Nah itu, itu masalahnya😂
Byur, lalu disembur.

Gaje🙄

2. Belajar mengelola stress
Iyups.. Stress yang jadi biang keladi rasa sakit tersebut. Jadi kamu harus belajar caranya mengelola stress tersebut. Cari tahu apa yang bikin kamu stress dan hadapi secara perlahan. Jangan memaksa, pelan-pelan aja guys.
Atau kamu bisa mengalihakan stressmu dengan melakukan hal-hal yang membuatmu senang. Misal seharian penuh rebahan di rumah sambil internetan sepuasnya, cemilan tinggal makan, minum tinggal minum. Wah.. Itu tuh yang paling saya sukai😍tapi ya jangan lama-lama, nggak baik juga. Berat badan naik malah makin stress😂


3. Minum obat
Kalau rasa sakit yang dirasakan tidak bisa ditahan lagi. Kamu bisa minum obat anti depresan dan obat-obat lain yang dianjurkan oleh dokter. Bukan obat sembarangan ya.


4. Yoga
Yoga...yoga kamu di mana?, aku butuh kamu untjk menghilangkan rasa sakit dari pedihnya dunia ini.
Wkwk.. Nggak gitu juga ya sob. Yoga di sini artinya adalah olahraga yoga itu lho. Karena di dalam yoga banyak gerakan yang bisa digunakan untuk meditasi.
Mencari ketenangan dalam jiwa.

Kira-kira itulah tips singkat dari saya yang bukan polisi, pilot, pelukis, guru, artis, bakwan, mie goreng, tempe penyet, gado-gado, ayam goreng, betul..betul..betul...

Stop🙄

Efek laper, butuh sarapan.😂

Quotes singkat dari artikel ini adalah, jangan lupa sarapan sebelum bayar utang.

See you...





Malu, udah jelas nggak mau

Via.pixabay

He..he..
Ketawa dulu, biar manis😁
Kalau biasanya kita seringnya dengar malu-malu tapi mau. Kali ini saya mau bahas malu, udah jelas nggak mau.
Hadeh, bahasannya aneh sanget.
Tapi mohon mangap sebelumnya, eh mohon maaf sebelumnya karena judul di atas agak nggak nyambung dengan cerita sebenarnya, tapi ya biar menarik di sambung-sambungin sendiri ya.

Malu sendiri dalam bahasa indonesia dijelaskan sebagai suatu emosi yang timbul dari tindakan yabg kita lakukan sebelumnya yang ingin ditutupi.

Singkatnya, nggak mau ada orang lain yang tahu. Cukup diri sendiri dan tuhan aja.

Nah, dalam hidup ini kita pasti pernah mengalami yang namanya malu, saya sih sering. Dan salah satu sering tersebut terjadi beberapa waktu yang lalu.

Jadi alkisah, saya ini punya kebiasaan nulis petuah di buku orang. Biasanya saya tulis di lembar buku paling akhir punya temen. Kebiasaan ini nggak hilang walaupun saya udah kerja. Baik banget kan saya😁

Curiga aku🙄

Namun, siapa yang menyangka petuah yang saya tulis tersebut berujung pada kejadian memalukan. Ceritanya, temen saya yang inisialnya "C" ninggalin buku catetannya di suatu tempat dimana tempat itu lagi direnovasi. Nah, tiba-tiba beberapa waktu yang lalu ketua regu di tempat saya kerja datang ke saya sambil bawa buku catetan tersebut.
  "Ni bukunya siapa ya?" seketika orang-orang yang denger pada noleh. Untungnya karena berisik nggak banyak yang denger.
Dibukalah buku itu tepat di halaman paling akhir. Dalam hati terdalam saya sudah punya firasat buruk. Dan dengan lantang dibacanya petuah yang saya tulis di sana :

"Halo nama saya astria tri ajani.
Saya kasih tanda tangan saya di sini karena biar nanti kalau saya jadi artis kamu nggak susah-susah minta tanda tangan😁

Gubrak...
Petir menyambar, angin bertiup, banjir melanda, dan..

Yah begitulah saya pun ditertawakan. Inilah yang saya maksud malu, udah jelas nggak mau.
Kenapa saya selalu kebagian momen bikin malu gini. Tapi, ya sudahlah, karena terlalu sering saya jadi B Aja. Habisnya saya emang suka melakukan hal tersebut, dan nggak bakalan kapok nulis petuah di buku orang😁
Banyak hal memalukan dalam hidup ini, seperti ketika saya nyebrang jalan dan sendal yang sebelah kanan ternyata ketinggalan di seberang dan harus balik lagi. Atau pas saya merasa dipanggil dan menjawab dengan lantang sambil celingukan tapi ternyata zonk, nggak ada yang manggil woey....



Ini juga yang dinamakan hidup tak sejalan dengan keinginan. Pengennya tampil keren kayak di cerita-cerita novel atau komik gitu, yang tokoh utamanya diem tapi ternya pinter alias diam-diam menghayutkan. Tapi apa daya, nggak ada bakat kek gitu....
Untuk itu saya pengen temenan sama spongebob dan patrick aja.

Kejadian malu udah jelas nggak mau kadang juga terjadi saat, kita lagi pergi ke rumah kelaurga jauh karena ada acara. Padahal udah kenyang, tapi disuruh makan aja, katanya "nggak usah malu-malu" bukan begitu sih, tapi emang nggak mau.
Ha..ha.. Ini lah istimewanya orang indonesia, selalu ramah dan bagi-bagi😁

Berikut saya bagikan tips untuk menghadapi kejadian memalukan yang mungkin menimpa hidup anda yang tentram.

1. Ketawain aja
Kunci pertama adalah ketawain aja, kalian mungkin akan ditertawakan orang lain, tapi kalau kalian cuma diem dan merasa malu warbyasah itu bakal bikin suasana "akward"
A..cie pakai bahasa inggris🙄

Sebaliknya kalau kalian tertawa, bisa jadi kalian bakal kelihatan pede dan merasa lucu bukannya malu.

2. Minta tolong temen
Jangan sendirian kalau nanggung malu, punya temen dimanfaatin lah.
Semisal kamu lagi di suatu acara, trus karena kamu belum sarapan kamu makan dan minum tergesa-gesa kayak dikejar utang.
Lah... Kok bawa-bawa utang🙄
Alhasil itu makanan sama minuman tumpah di baju kamu yang udah rapi karena habis disetrika 5 menit sebelum berangkat (tipe kebut sebelum acara)
Semua orang pada menatap kamu dengan tatapan kasihan, lucu, mau ketawa, saat itulah kamu harus manggil temen kamu.
  "Oey, bantuin dong"
Asyik aja berdua, jangan perhatikan orang di sekitar, anggap aja itu kecelakaan tak terduga.


Quotes : Makannya kalau punya utang bayar dulu, kualat kan.

3. Kabur
Tips selanjutnya, adalah kabur. Kalau saya membayangkannya, yah, dari pada kelamaan dilihatin orang dan merasa nggak nyaman mending kabor aja. Pergi keluar kek, ke kamar mandi kek, ke hatimu kek...
Ea...😂
Ke mana aja yang penting nggak ada yang liat.
Ke kuburan🙄

Nah, itulah pembahasan today tentang "malu, udah jelas nggak mau" semoga bermanfaat ya sob, kalau nggak bermanfaat ya semoga menghibur aja lah.


See you....








5 istilah psikologis yang sering terjadi, tapi nggak tahu namanya

via.pixabay

Panjang amat dah judulnya, udah kayak
Jalan kenangan yang rusak wkwk....
abaikan judulnya fokus ke isinya aja ya sob.

Pernah nggak sih, kalian mengalami atau merasakan sesuatu tapi nggak tahu apa istilah dari hal tersebut?
Ha..ha.. Saya mah sering. Alhasil saya menceritakannya secara detail.
Ngalor ngidul, munggah mudun, mubeng-mubeng😂
Dan.. Mereka masih nggak paham😑
Emang sayanya yang nggak bisa menjelaskan😂

Nah, di kesempatan kali ini saya mau membagikan istilah-istilah dari kejadian yang sering kita alami tapi kita nggak tahu istilahnya apa.
Bingung?
Sama, saya juga...
Jadi langsung saja kita bahas yak

1. Accismus
Waduh istilah apaan tuh?
Sebenernya kebanyakan orang pasti pernah mengalami yang namanya accismus, termasuk saya😁. Yaituh... Suatu keadaan dimana kita merasa suka sama seseorang atau tertarik pada sesuatu tapi malah pura-pura nggak suka dan pasang wajah "B aja tuh"
Hayyo.. Siapa yabg pernah gini...
Wah, angkat beban semua😲
Angkat tangan woey🙄

Jadi inget, dulu pernah suka sama orang bukan setan. Tiap kali lihat dari keajauhan jantung langsung berdisko. Tapi giliran dianya lewat dan manatap daku, daku langsung pasang wajah "bodo amat" padahal nahan senyum sama susahnya dengan nahan pipis.

2. Letholigica
Udah mikir mau ngomong apa, bener-bener udah mikir. Tapi tiba-tiba... Cling lupa mau ngomong apa. Kayak orang amnesia sementara.
Itulah yang dinamakan letholigica, keadaan dimana kita sudah memikirjan suatu kata atau istilah di dalam otak tapi mendadak lupa pas mau ngomong. Jadinya marah sendiri...
Saya sering juga tuh...😂
Dan "anu" lah yang menjadi penggantinya...
Maapin aku ya anu🙏

Biasanya saya gini : "maksudnya, itu kan yang bisa muter, emm itu kan yang muter-muter..  Apa sih, iya aku paham maksudnya. Yang bisa muter"

Ternyata malah ngimongnya yang muter-muter😂



3. Vellichor
Inilah perasaan yang sering dirasakan oleh para penikmat buku. Yaituh... Suatu perasaan dimana kita ikut terbawa suasana yang dituangkan dalam bentuk tulisan tersebut. Ikutan sedih, ikutan marah, sebel, dll.
Dulu, waktu sering baca buku saya sering merasakan hal tersebut juga. Tiba-tiba nangis, marah sama tokoh di bukunya.

Sekarang sih, udah jarang baca buku. Seringnya nonton drakor😂
Jadi seringnya juga malah baper.
Plus ngayal.

Ini sih lebih parah, percayalah saat menjadi kpoper tingkat halu itu meningkat 180 derajat gays.





4. Jouska
Ha..ha.. Ini nih hal yang peling sering saya lakukan. Baru tahu juga istilahnya sekarang. Dan saya yakin kalian juga sering mengalaminya.
Apa sih?
Yaitu suatu keadaan dimana kita lagi bicara dengan diri sendiri. Semacam berdiskusi atau curhat gitu.
Ya kan kadang ada hal yang nggak bisa diomongin sama orang lain, jadinya ngomong sama diri sendiri aja...
Gilanya diri sendiri yang tahu😂
Kalau ditanya apa saya pernah ngelamun, kayaknya jawabannya nggak pernah, karena kalau lagi diem bae biasanya otak malah rame bener. Lagi kerja nih, lagi jahit, tapi pikiran udah melayang kemana-mana. Mikirin sarapan tadi pagi, mikirin mau nonton pilem apa akhir pekan nanti, mikirin mau beli masket juag sebelum harga masker naik.

5. Pareidolia
Pareidolia adalah suatu kondisi psikologis yang...
Pernah nggak sih kalian melihat bentu wajah atau lukisan yang keren banget pada suatu benda mati seperti tas, dinding dll. Padahal orang lain menganggapnya biasa aja, tapi kalian bisa langsung melihat ada bentuk wajah disana.
Pernah?
Saya sering banget ini... Kadang pengen saya lukis ulang tapi kagak bisa wkwk...  Bagi saya jelas banget itu mirip mukanya si jepri tapi temen saya bilang "emang muka si jepri mirip tas sih"
Just contoh👆

Maapkan aku jepri, aku nggak kenal kamu tapi pinjem namamu.

Dari ke lima fenomena psikologis di atas, mana nih yang paling sering atau seenggaknya pernah kalian alami? Atau malah sudah kelimanya? Kalau dibahas lebih lama masih banyak fenomena psikologis yang kita nggak tahu istilahnya, tapi untuk sementara ini saya bagi 5 aja🖐

See you....



Jadi pengamat film baper, "Wedding Agreement"


Aaa...  Saya baper sob, gimana dong😍
Tolongin ini anak orang baper.

Gue timpuk sendal nih🙄

Ada yang sudah nonton wedding aggrement?
Udah pasti banyak sih, saya termasuk yang ketinggalan nonton film ini. Sudah lama sebenernya tahu film ini dari status WA temen saya dan detik itu pula saya langsung pengen nonton, tapi cari di youtube kagak ada.

Ya iyalah...🙄

Akhirnya kemarin saya bisa menontonnya melaui iflix.
Dan saya sukak Banget.
I love you so much sama film ini.
Wedding aggrement merupakan film indonesia yang rilis pada 8 agustus 2019 dan disutradarai oleh Archie hekagery.

Film ini sebenernya punya topik yang jelas, dan alur yang simpel. Tentang pernikahan yang terjadi karena perjodohan. Dan ya, semua nggak berjalan dengan baik karena nggak ada cinta di dalam pernikahan tersebut.

Tokoh utamanya adalah bian dan tari.
Si bian ini terpaksa menikah dengan tari karna mamanya bian sedang sakit. Kayak sinetron gitu kan...
Tapi...
Saya seneng karena di awal sudah ditunjukan masalah besar apa yang mereka hadapi. Saya dibikin mewek padahal baru beberapa menit😭

Di hari pertama mereka tinggal serumah tari ini sudah disodorin surat perjanjian kalau mereka bakalan cerai setelah 1 tahun pernikahan.
Jahat kamu mas. ...
Nggak gitu sih tari ngomongnya🙄

Beserta aturan-aturna lainnya, termasuk pisah kamar dan larangan mencampuri urusan pribadi masing-masing. Bener-bener kan, langsung to the point si bian. Dia dengan santainya bilang kalau tari nggak terima bisa langsung pergi ke kantor agama buat cerai.

Untungnya tari wanita yang kuat. Saya suka banget sama cara bicaranya tari ini. Bahkan kalau lagi marahpun dia ngomongnya juga keren, berkelas, alias nancep di hati, omongannya tu selalu bener. Sholelah banget deh.

Tapi hal tersebut sama sekali nggak bisa mengubah pendirian bian. Karena si bian ini ternyata udah punya tunangan, namanya sarah dan dia sangat cintrong sama si sarah. Bayangin dong sob. Sedih banget kan.

Kalian bakal disuguhkan percakapan yang menguras emosi batin dan bikin jiwa merana.



Meski begitu, tari tetep berusaha buat jadi istri yang baik dan berbakti sama suaminya. Dia nyiapain sarapan tiap pagi dan malam walaupun nggak pernah dimakan. Kebaikan apapun yang dilakukan tari, bian nggak pernah suka karena katanya nggak mau punya utang.
Ckckck.
Mas bian ini jahat banget yak.... ganteng-ganteng jahat

Dalam setahun itu banyak banget hal terjadi pada mereka. Terutama tari yang sering banget harus sakit hati karena perlakuan bian. Nggak menyakiti secara fisik sih, tapi hatinya udah hancur kali.
Apalagi pas untuk pertama kalinya tari ketemu sarah. Si sarah ini tiba-tiba datang ke rumah mereka dan nyariin bian, padahal waktu itu hubungan tari dan bian udah lumayan baik.
Lagi-lagi saya dibikin nangis....😭
Gimana sedih dan nelangsanya tari harus menahan sakit hati karena orang yang dicintainya, cinta sama orang lain. Apalagi mereka sudah diikat dalam pernikahan.
Tapi yang namanya rasa, bisa tumbuh karena terbiasa. Siapa cowok yang nggak bakal luluh dengan kebaikan hatinya tari. Udah cantik, pinter masak, mandiri, sholelah. Paket lengkap udah.
Meski sering nyakitin tari, tapi lama-lama bian juga sadar kalau ia mulai jatuh cinta sama tari, mulai cemburu kalau tari deket cowok lain, marah kalau tari nggak pulang-pulang ,dll.
Di sinilah dia harus meyakinkankan perasaannya, tentang siapa yang sebenarnya ia inginkan. Tari atau sarah?

Film ini mengajarkan banyak banget hal baik, terutama buat pasangan yang mau menikah. Untuk saya pribadi film ini bikin saya pengen jadi wanita yang lebih baik, lebih sabar, lebih tegar, dan lebih sholehah, lebih mandiri juga soalnya tari ini adalah seorang pengusaha. Di film ini juga ada ria ricis yang berperan sebagai ami, sahabat deketnya tari yang kocak banget.

Walaupun topiknya sederhana banget, tapi emosi yang ditinggalkan setelah nonton film ini luar biasa buat saya. Sebuah film yang mengispirasi.


See you...


Sedih kalau ngomongin bumi sekarang

via.pixabay

Pernah nggak sih sob kalian bertanya-tanya soal usia bumi? Mungkin pernah walaupun cuma sepintas.
Saya sendiri juga nggak begitu memikirkannya secara mendalam. Tapi jadi kepikiran banget setelah lihat vidio di youtube, sebenernya isi vidionya nggak membahas soal usia bumi, melainkan virus corona yang merebak dan jadi momok menakutkan di awal tahun 2020 ini.
Nah, di akhir vidio milik nessie judge itu, ia sedikit membahas soal usia bumi. Intinya kita para manusia berperan besar dalam membuat bumi menderita.

Mulai dari penebangan pohon, pembakaran hutan, buang sampah sembarangan, penggunaan plastik berlebihan, penggunaan parfum semprot dan bla bla bla lainnya yang bikin malu kalau disebutin.
Semua hal tersebut berdampak pada mencairkan es di kutub sana. Bumi mulai nggak bisa menjaga iklim lagi, musim hujan, musim kemarau, musim dingin, salju, musim nikahan
Mohon konsennya dikondisikan🙄
Oke maap-maap...

udah nggak bisa diprediksi kayak dulu.
Dari zamannya saya masih SD, global warming ini udah dibahas dan makin parah di zaman sekarang ini. Tapi nggak tahu kenapa banyak banget orang yang nggak peduli alias bodo amat😞
Seakan-akan berita pemanasan global ini cuma angin lalu yang perlu dicemaskan. Nggak lebih penting dari stalking IG doi.

Padahal luas daratan di bumi ini lebih kecil ketimbang luas lautan lho dan kalau sampai es di kutub mencair maka secara otomatis air laut bakalan bertambah.

Jangan bayangin es di kutub segede es batu yang kalian bikin di kulkas, karena fix itu nggak masuk akal.
Es yang mencair tersebut gedenya bisa segede gunung dengan berat  berton-ton.
Jika masalah global warming ini nggak segera diatasi, maka akan ada banyak banget kota-kota di dunia dengan dataran rendah yang bakalan tenggelam, seperti :

1. Amsterdam, belanda.
2. Venice, italia
3. Banjul, gambia
5. New orleans
6. Shanghai.
7. Bahkan jakarta. Pasti udah tahu kan kalau setiap tahunnya air laut di pinggiran jakarta mengalami kenaikan.

Pemanasan global ini jadi masalah serius sejak tahun 1880, dan pada tahun 1995 es yang ada di antartika sudah menurun sebanyak 40%.
Nggak cuma masalah daratan yang akan hilang aja, tapi mencairnya es di kutub juga bakal menimbulkan bencana lain yang bikin merinding bulu domba, eh bulu roma✌ kalau kita bahas secara mendalam.

Karena saya bukan ahlinya, jadi saya bakal bahas sepengatahuan saya aja ya.



limbah nuklir
Ada alasan kenapa lebih baik es di kutub nggak pernah mencair dan jangan sampai mencair. Cukup hati ini yang mecair melihat senyumanmu😁
Karena kita nggak pernah tahu apa yang sebenarnya tertimbun di balik tebalnya gunung es tersebut.
Coba kalian imajinasikan, kira-kira apa yang ada di dalam bongkahan es raksasa tersebut?
Apa iya cuma air aja?
Apa ada istana di sana, harta karun, kembarannya jungkook?
kpoper minggir dulu

Masalah serius yang akan dihadapi saat es mulai mencair adalah banyaknya limbah nuklir yang berada di sana. Pasti tahu dong betapa besarnya bahaya radiasi nuklir bagi manusia. Dan sejak lama beberapa negara maju seperti amerika dan jepang memutuskan untuk mengubur reaktor dan limbah nuklir yang berbahaya ke antartika. Hal ini karena di sana dianggap sebagai tempat yang aman dan tepat, dimana nggak ada manusia yang tinggal di sana. Jika sampai es di kutub mencair maka diperkirakan radiasi dari limbah nuklir yang terkubur akan menyebar melalui udara ke berbagai tempat. Menimbulkan banyak masalah bagi umat manusia.

Mayat
Baru-baru ini es yang ada di gunung everest mencair. Dan tahu nggak apa yang ditemukan di balik es yang mencair tersebut.
Mayat para pendaki yang hilang di sana. Jadi banyak banget orang mendaki gunung everest dan nggak pernah kembali karena meninggal di sana, mayat mereka dibiarkan karena berbagai alasan seperti biaya pengambilan mayat yang mahal buanget, nggak ada yang kuat membawa mereka karena area yang terlalu ekstrem dll. Mereka ini mati dan terkubur di dalam lapisan es. Entah sudah berapa lama. Dan ketika ditemukan keadaan mereka ini masih bagus karena suhu dingin yang mencegah terjadinya pembusukan.
Kalau di gunung everest aja kayak gitu, gimana dengan kutub?
Katanya, kutub itu dulu merupakan daerah yang nggak dipenuhi es seperti sekarang. Dimana di sana juga pernah ada kehidupan.
Bener atau nggak, jangan tanya saya....😁

Virus mematikan
Ini yang paling bikin saya merinding. Karena kan tahu sendiri, awal tahun ini dibuka dengan berita virus corona yang bahaya banget, menyebar melaui udara dan sudah memakan banyak korban jiwa. Jujur saya jadi parno karena berita tersebut. Sampai tiap hari lihat youtube buat cari informasi terbaru. Tergesa-gesa beli masker ke toko, karena makin parno tiap lihat beritanya.

Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuan pada tahun 2015 lalu di tibet. Mereka menemukan bahwa di dalam es yang membeku terdapat berbagai jenis virus baru yang sangat mematikan. Virus tersebut masih terperangkap di dalam es, tapi jika es tersebut mencair, mengalir di air, dimakan ikan, ikan ditangkap manusia dan dimakan. Saya nggak sanggup membayangkannya. katanya virus kuno tersebut jauh lebih berbahaya dan mematikan dari virus yang pernah menjangkiti manusia di era kita ini. Contohnya saja wabah antrax yang terjadi beberapa tahun lalu, wabah tersebut menjakiti ribuan rusa dan menewasakan 13 manusia. Di duga wabah antrax tersebut berasal dari es yang digigit oleh rusa yang kemudian menular ke manusia.

Semoga saja hal-hal buruk tersebut nggak pernah terjadi ya sob.

Mari kita sama-sama mencintai bumi ini, bucin lah sama tempat tinggal kita. Jangan bucin sama punya orang mulu...
Wkwk....

Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Karena menyesal nggak ada hasilnya.

See you....






Sebuah surat cinta yang bikin baper

via.pixabay


Apa makna cinta bagi anda?
Apakah sesuatu yang lebih berharga dari hidup? Atau cinta itu sendiri yang membuat anda hidup?
Semua orang memaknai cinta dengan cara berbeda, tapi satu yang sama, semua orang pasti memiliki cinta.
Huft....
Duh, bener nggak sih yang saya bilang?
Suka serba salah kalau ngomongin cinta. Tapi kali ini saya mau membahas topik itu lagi. Bagaimanapun juga saya adalah kaum hawa yang bawaannya baper kalau lihat yang so cwit so cwit.😁
Kebetulan juga ini adalah waktunya baper day alias hari valentine 
Dan sebuah surat cinta yang singkat sederhana sudah bikin saya baper, lumer, dan terharu, begini bunyi suratnya:


  "Ketika perang usai, kita akan menikah. Dan bumi akan menumbuhkan bunga seperti kamu, dan rahimmu akan membawa gadis cantik di alam semesta"

Dari kalimat di atas udah jelas itu bukan buat saya.

Surat tersebut ditulis pada zaman-zaman perang. Ditemukan di dalam saku seorang tentara yang tewas pada tahun 1939.
Pengen nangis aku tu😭

Karena itu artinya harapan dalam surat itu nggak pernah terwujud kan. Saya membayangkan mereka adalah sepasang kekasih yang saling mencintai, namun hidup di era yang salah. Dimana cinta terhalang bom dan ledakan.
Huwa..😭, si pria pasti tahu, ia mungkin nggak bakal selamat makannya dia menulis sebuah surat untuk kekasihnya, berharap sang kekasih bisa tahu betapa tulus cintanya bahkan sampai ia mati.

Saya tahu puisi itu dari instagramnya favyourinfo.

Di sinilah, tingkat kebaperan saya meningkat. Dan saya teringat kata-kata ayah saya di suatu hari.
"Kenapa 2 orang yang nggak hidup bersama dari lahir bisa saling mencintai, menyanyangi, sampai rela mati?"
Itu menjelaskan banyak hal tentang cinta kan.
Kekuatan cinta, juga betapa luasnya makna cinta. Hanya sekedar kata-kata nggak bisa menggambarkan kesuciannya. Jadi buat yang suka ngeggombal, mohon belajar lagi tentang makna cinta yang hakiki
Peace✌

Kalau ada orang yang bilang "jatuh cinta pada pandangan pertama" saya rasa itu nggak bener, cinta itu butuh waktu. Pandangan pertama hanya berisi ketertarikan belaka. Entah karena fisik atau fiksi.
Fiksi semacam "sikapnya, perkataanya, ekspresinya, tatapannya, dll, yang hanya dirasakan oleh si orang yang lagi falling in Love.
Aduh, saya udah kayak pakarnya aja nih😁




Ngomongim perihal surat cinta gini, saya
Juga punya pengalaman surat cinta lho.
Cie..🙄
Yapi bukannya bikin baper malah bikin ngakak. Surat cinta pertama ada di zaman SD.
Sd aja udah gegayaan bikin suarat cinta😂😂
Ya, jadi dulu itu saya suka sama keluaraga jauhnya temen saya. Pas ada acara nikahan tetangga cowok itu datang ke acara tersebut dan saya terlibat jatuh cinta pada pandangan pertama.
Itulah yang dinamakan cinta bayi monyet😂
Karena lagi bucin, saya bikin surat cinta dimana-mana. Nulis di genteng rusak, di kertas, di buku dan terakhir terjadi tragedi mengerikan aka memalukan.
Saya nulis surat cinta itu di sekolah dimana ada banyak anak cowok yang suka iseng. Entah gimana ceritanya surat itu jadi beredar kemana-mana. Sampai ke tangan guru dan saya jadi bahan gosip deh. Sumpah malunya nggak ketulungan, saya sampai nangis lho. Itu juga mengakhiri kisah cinta bayi monyet😂😂
Isi suratnya apa, udah lupa juga.

Dan surat cinta ke dua, pas smp. Saya suka sama seseorang yang manis kayak brownis, begitulah bunyi surat cinta monyet yang nggak pernah sampai ke tujuan. Masih tersimpan di kotak rahasia, penuh debu dan bakteri😂

Duh, masa-masa apa itu, ternyata daku pernah sealay itu. Lebih alay lagi, suka curi-curi pandang dan kalau nggak sengaja tatapan, maka langsung dengan dengan pedenya bilang.
"Wah, jodoh nih😍"
Atau yang lebih alay, saya ikutin tutorial di tv. Yaitu, kalau pas lagi upacara saya baris di belakang, sementara target baris paling depan. Jauh banget jaraknya. Trus saya bakal komat-kamit baca mantra.
  "Nengok sini song, ayo.. Satu.. Dua...tiga"
Eh, dia beneran nengok. Saya auto mengalihkan pandangan sambil nahan tawa.


Setelah itu, saya nggak pernah bikin surat-surat cinta lagi. Palingan bikin surat izin nggak masuk kerja karena sakit😂
Udah beda umur, beda urusannya juga.

Yaudah. Segitu aja bahas surat cintanya. Saya pamit dulu sob. Jangan lupa merindukanku ya...
Minta ditabok nih🙄


See you....